close button

24 Alat Komunikasi Tradisional dan Modern, LENGKAP!

  •   Jun 2022  •   7 min read  •   Comment

Alat komunikasi adalah sebuah perangkat  yang difungsikan untuk menjadi perantara saat menyampaikan sebuah informasi dari satu individu ke individu lain.

Pengiriman  bisa menggunakan beragam perantara baik yang terhubung dan yang tidak.

Dengan perkembangan jaman yang terjadi  tentu membuat sebuah transformasi dari jenis alat komunikasi kian mengalami perubahan dan inovasi.

Alat komunikasi dibagi menjadi dua bagian utama yaitu Alat komunikasi tradisional dan alat komunikasi modern.

Pembagian ini berdasarkan dengan perubahan yang terjadi selama perkembangan peradaban kehidupan manusia dan tentunya melakukan banyak cara dalam menyampaikan informasi yang aktual.

Ada banyak informasi seputar Alat Komunikasi Tradisional dan Modern Beserta Gambarnya, LENGKAP! yang bisa kamu ketahui seperti penjelasan di bawah ini.

Pengertian Alat Komunikasi

Pengertian alat komunikasi merupakan sebuah perangkat yang digunakan untuk menyampaikan informasi (berkomunikasi) dari pengirim kepada penerima informasi baik itu satu orang atau kah untuk banyak orang.

Secara umum alat komunikasi terbagi menjadi 2 yaitu alat komunikasi modern dan alat komunikasi tradisional.

Alat komunikasi sudah ada sejak jaman dahulu, bahkan sebelum hadirnya alat komunikasi elektronik yang semakin canggih seperti di era saat ini.

Di jaman dulu, alat komunikasi yang digunakan masih sangat sederhana, dan terbuat dari bahan-bahan yang berasal dari alam atau bahan-bahan yang ada di sekitarnya.

Namun, alat komunikasi tradisional ini tidak bisa digunakan dalam berkomunikasi jarak jauh dan tidak tersematkannya fitur canggih.

Alat Komunikasi Tradisional adalah alat perantara yang belum menggunakan perangkat teknologi ataupun masih bersifat manual dan sering mengandalkan fungsi objek untuk menyampaikan informasi yang dimaksud sebagai perantara .

Beberapa macam Alat komunikasi tradisional bisa membantu seseorang yang tersesat atau dalam kondisi darurat.

Karena itu waktu dalam membalas informasi dari individu yang membalas jawaban dari pesan tradisional akan lebih lama karena butuh adanya resipien yang menerimanya, dan tentu saja jika resipien tidak ada maka informasi akan gagal diterima.

Tokoh Penemu Alat Komunikasi

Alat Komunikasi

Terdapat beberapa tokoh penemu alat komunikasi yang memiliki peran penting dalam perkembangan media komunikasi sampai saat ini, di antara tokoh tersebut bisa di lihat pada tabel dibawah ini :

Alat KomunikasiPenemuTahun
TelegrafSamuel Thomas von Sömmerring1809
TelegramSamuel Finley Breese Morse1837
Mesin FaxAlexander Bain1843
Telepon KabelAlexander Graham Bell1876
Pembaruan TeleponAntonio Meucci1849
Telepon GenggamMartin Cooper1973
RadioGuglielmo Marconi1896
Gelombang Radio FMEdward Howard Armstrong1933
Televisi (TV)John Logie Baird1927
KomputerCharles Babbage1822
InternetLeonard Kleinrock1969
EmailRay Tomlinson1971
SmarphoneMartin Cooper1973
Sosial MediaKarl Bunyan1997

Dari daftar para penemu diatas dapat dilihat bahwa tokoh penemu alat komunikasi pertama adalah Samuel Thomas von Sommerring yang berhasil membuat alat komunikasi modern pertama di dunia bernama Telegraf di tahun 1809.

Sedangkan untuk penemu alat komunikasi telepon yaitu Alexander Graham Bell yang merupakan ilmuwan dari Skotlandia tepatnya di tahun 1876.

Penemuan telepon juga bermula saat Bell meneliti telegraf harmonik yang akhirnya berhasil menemukan perangkat sederhana yang mampu mengubah daya listrik menjadi bentuk suara.

Contoh dari Alat Komunikasi Tradisional

Alat Komunikasi

Di bawah ini beberapa contoh alat komunikasi tradisional yang bisa kamu ketahui:

1. Kentongan

Kentongan masih bisa ditemukan dan masih digunakan oleh masyarakat sampai saat ini.

Fungsi utama alat ini yaitu untuk mengumpulkan orang, digunakan pada ronda malam, yang artinya ketukan pelan berarti kamu harus tetap waspada dan jika bunyinya kencang berarti ada sebuah bahaya datang.

2. Daun Lontar

Daun lontar berfungsi sebagai pengganti kertas jika di jaman sekarang, dimana fungsinya sama seperti untuk menulis pesan dan juga menyimpan catatan penting juga informasi untuk diingat.

3. Lonceng

Alat yang dibuat dari logam yang menghasilkan bunyi dan memiliki arti sesuai dengan daerah atau tempat lonceng dipasang.

Biasanya isyarat yang dihasilkan dari bunyi lonceng ini akan membuat yang mendengarnya tahu jika ada sesuatu yang harus dilakukan.

Juga bisa digunakan untuk mengumpulkan orang, mengingatkan waktu ibadah dan tanda bahaya

4. Hewan

Hewan  yang dilatih untuk dijadikan perantara yang mudah seperti burung merpati, anjing dan juga hewan lainya yang bisa menyampaikan apa yang akan di sampaikan pada penerima pesan.

5. Tongkat

Pada zaman dulu peran tongkat sangat bagi raja yaitu untuk memberikan informasi tanpa harus mengeluarkan suara keras, cukup menghentakan tongkatnya saja dan setiap hentakan memiliki arti yang berbeda yang harus sudah dipahami rakyatnya.

6. Surat

Menggunakan media kertas atau daun bertujuan untuk menyampaikan tulisan yang dibuat secara khusus kepada seseorang , kelompok atau organisasi.

Sampai saat ini Surat menyurat masih dilakukan walau sudah terganti dengan banyaknya aplikasi komunikasi.

7. Terompet

Di berbagai daerah di Eropa dan Barat penggunaan Terompet identik dengan sebuah perayaan, karena itu jika terdengar suara terompet maka artinya ada sebuah acara meriah sedang digelar.

8. Asap

Hal yang sangat mudah saat akan meminta bantuan ketika tersesat di hutan, pantai dan tempat terpencil yaitu dengan mengepulkan asap secara terstruktur yang membuat orang bisa melihat kepulan asap yang dibuat.

Sehingga mereka akan mengerti jika kepulan asap yang dihasilkan merupakan sebuah pesan meminta pertolongan.

9. Prasasti

Pada zaman dahulu informasi penting akan dituliskan dalam sebuah Batu untuk bisa menjaga pesan dan peraturan agar tidak mudah rusak di makan usia.

Hal ini berlalu pada sebuah prasasti yang digunakan untuk hal tersebut, karena sangat kuat dan juga tahan lama.

10. Bedug

Dengan suara Bedug yang berirama bisa menjadikan pendengarnya paham akan pesan yang dimaksud.

Alat ini berfungsi untuk memanggil masa, mengingatkan waktu ibadah dan juga adanya sebuah hiburan.

11. Gong

Alat yang terbuat dari Logam ini identik dengan suaranya yang khas dan juga sampai sekarang masih digunakan , fungsinya selain sebagai pelengkap alat musik juga sebagai peresmian dari acara acara sakral.

12. Gamelan

Dengan alat musik ini orang yang mendengarkan akan paham bahwa di tempat terdengarnya suara sedang ada pertunjukan .

13. Telepon Kaleng

Dengan sebuah metode klasik yang memungkinkan untuk berinteraksi tanpa mengeluarkan suara keras meskipun berjarak cukup jauh maka Telepon kaleng bisa digunakan.

14. Bendera

Bendera bisa digunakan sebagai alat komunikasi dari jarak yang cukup jauh seperti contohnya dengan menggunakan sandi morse.

15. Isyarat

Isyarat sangat mudah digunakan buat yang mengalami masalah pada alat komunikasi , atau juga bisa digunakan di antara kedua komunikator yang memiliki bahasa berbeda.

Dengan bahasa isyarat tentunya akan lebih mudah dipahami maksud si pengirim pesan.

Baca Juga: CYBER CRIME: Pengertian, 10 Jenis & Contoh Kejahatan Dunia Maya

Contoh Alat Komunikasi Modern

Alat Komunikasi

Berikutnya Alat Komunikasi Modern adalah sebuah alat yang bisa menghubungkan dua orang komunikan atau lebih untuk bisa berinteraksi dengan mudah lewat alat yang  memiliki teknologi canggih.

Kelebihan dari alat modern ini yaitu memungkinkan penerima bisa membalas pesan informasi dengan cepat, mampu menampilkan wujud pengirim secara virtual dan lebih mudah dipahami oleh banyak kalangan.

Berikut ini Beberapa Contoh dari  Komunikasi Modern, yaitu:

1. Telepon

Telepon yaitu sebuah alat komunikasi yang efektif di jaman sekarang, walau berada di tempat yang jauh informasi bisa mudah ditangkap dan bisa langsung tertuju tepat kepada sang penerima.

2. Media Massa

Informasi yang dihadirkan Media massa menjadi informasi yang bersifat umum dan memberikan kemudahan untuk bisa memberikan informasi penting yang dibutuhkan.

3. Televisi

Televisi adalah sebuah alat yang sempurna dalam memberikan informasi kepada penerima informasi karena berupa suara dan gambar yang nyata.

Hanya tugas dari Tv yaitu memberikan informasi bukan sebagai penerima artinya informasi akan berjalan hanya satu arah saja.

4. LCD Proyektor

Proyektor adalah sebuah alat yang mudah untuk memberikan informasi dalam satu kelompok secara jelas dan realtime untuk setiap anggotanya.

Karena itu proyektor sangat cocok digunakan saat sedang rapat dan pembelajaran materi di sekolah.

5. Faksimili

Faksimili adalah sebuah mesin yang bisa langsung mengirimkan pesan dalam bentuk kertas dan efektif digunakan di ruang perkantoran dan juga lembaga atau instutusi.

6. Radio

Alat yang berfungsi untuk memberikan informasi dengan suara yang dihasilkan yang akan dikemas oleh penyiar yang kemudian didengarkan oleh semua publik untuk mendapatkan beragam informasi yang dibutuhkan.

7. Komputer dan Laptop

Komputer menjadi sebuah alat yang canggih yang mampu melakukan berbagai pengolahan informasi.

Dan dengan adanya komputer banyak media akan lebih mudah menjalankan operasi secara maksimal.

8. Jaringan Internet

Internet merupakan sebuah jaringan digital yang sangat penting di zaman modern, karena tanpa sebuah jaringan internet semua informasi penting tidak bisa mengalir dengan cepat dan menyebabkan kelambatan yang bisa berdampak pada kerugian finansial.

9. Microfon dan Toa

Yaitu sebuah alat komunikasi untuk memberikan Informasi penting secara real time di sebuah daerah, microfon sebagai alat penerima suara dan Toa memiliki fungsi untuk mengeluarkan suara dengan keras.

Sangat mudah digunakan jika hendak mengirimkan informasi yang menjadi perhatian publik secara mendadak.

Baca Juga: PERILAKU KONSUMEN: Pengertian, Teori, Faktor & Contoh

Kesimpulan

Alat komunikasi merupakan sebuah perangkat yang difungsikan untuk menjadi perantara saat menyampaikan sebuah informasi dari satu individu ke individu lain.

Dimana dalam ilmu komunikasi terdapat pihak pengirim dan penerima, yang keduanya memiliki peran masing-masing sehingga terjadi proses penyampaian informasi yang nyambung.

Karena itulah ilmu mengenai Alat Komunikasi Tradisional dan Modern Beserta Gambarnya, LENGKAP! sangat penting diketahui.

Orang juga bertanya

English private teacher, seo writter, english translator, and content writer.

Tinggalkan komentar