Arti JABODETABEK: Singkatan dan Kepanjangannya Adalah

Siapa yang tidak mengenal istilah JABODETABEK, orang Jakarta dan sekitarnya tentu tahu apa itu arti dari istilah tersebut.

DKI Jakarta merupakan Ibukota negara yang memiliki banyak gedung, perusahaan, lembaga negara, lembaga swasta, kampus dan lain sebagainya, dan berdiri berdiri sebagai salah satu pusat ekonomi yang ada di Indonesia.

Adapun, sebagian dari orang-orang yang bekerja di Jakarta tidak sepenuhnya tinggal di wilayah Jakarta, mereka kebanyakan tinggal di daerah-daerah yang berbatasan dengan Jakarta, seperti contoh Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi.

Sedangkan arti JABODETABEK sendiri adalah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi. Istilah ini umumnya merujuk pada kota Jakarta beserta wilayah-wilayah penyangga atau wilayah yang berbatasan dengan Jakarta.

Untuk lebih jelasnya lagi simak saja bahasan Arti JABODETABEK: singkatan dan kepanjangannya adalah berikut.

Arti JABODETABEK

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa JABODETABEK merupakan singkatan dari JAKARTA, BOGOR, DEPOK, TANGERANG, BEKASI.

Baca juga: SARANA DAN PRASARANA: Pengertian, Perbedaan & Contohnya (Kantor, Sekolah dll)

Wilayah JABODETABEK sendiri meliputi 3 provinsi yaitu Jawa barat, DKI Jakarta dan Banten.

Kota Jakarta sendiri adalah di Provinsi Jakarta, Tangerang di provinsi Banten, sedangkan Bekasi, Bogor dan Depok ada di provinsi Jawa Barat.

JABODETABEK menjadi sebuah wilayah metropolitan yang tidak bisa dipisahkan.

Ini dikarenakan mobilitas warga di wilayah tersebut sangat cepat, apalagi di jam-jam berangkat dan pulang kerja.

Dimana, sebelum dikenal istilah Jabotabek, istilah ini dikenal istilah Jabotabek (tanpa Depok), karena Depok memisahkan diri dari Bogor akhirnya ditambahkanlah depok pada akronim tersebut menjadi nama Jabodetak.

Dalam akronim lain ada nama JABODETABEKPUNJUR yang artinya yaitu Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Puncak dan Cianjur.

Walau kota Cianjur tidak berbatasan langsung dengan Jakarta, namun pada hari-hari libur tertentu biasanya banyak warga JABODETABEK yang berkunjung dan berlibur ke wilayah Puncak-Cianjur.

Singkatan dari JABODETABEK memang sangat populer di indonesia, selain karena sering disebutkan de berbagai media, ternyata masing-masing kota tersebut memiliki keunikan tersendiri.

Contohnya Kota Jakarta, kota ini sebagai ibu kota negara indonesia, disinilah pusat pemerintahan, selain pusat berbagai lembaga pemerintah, di kota jakarta juga menjadi pusat dari berbagai perkantoran dan bisnis.

Kota dengan tingkat keramaian yang hampir 24 jam ini cukup diminati para perantau untuk mencoba mencari peruntungan.

Sedangkan Bogor, kota ini dikenal dengan kota hujan, sebuah kota yang menggambarkan suasana sejuk dan perkampungan.

Di bogor kamu dapat menemukan banyak tempat wisata dan juga destinasi menarik, bahkan ada banyak berbagai macam penginapan dan juga hotel.

Sehingga bogor sangat cocok menjadi singgahan warga kota jakarta saat merasa penat selama beraktivitas di jakarta.

Depok, menjadi salah satu wilayah pemekaran dari kota bogor, wilayahnya tidak terlalu besar, tapi Depok sangat dekat dengan Jakarta.

Wilayah depok juga terdapat universitas terbesar di indonesia yakni UI, sehingga banyak pelajar-pelajar dari DKI yang tiap hari bolak balik ke Depok.

Tangerang, berada di pinggiran Banten, tangerang menjadi kota yang cukup vital, selain di kota ini banyak berdiri kawasan industri.

Wilayah Tangerang juga menjadi tempat bolak balik berbagai orang yang akan melakukan penerbangan, baik antarkota maupun antar negara, karena di tangerang letak bandara soekarno hatta berada.

Dan terakhir Bekasi, Bekasi merupakan kota yang dekat dengan kawasan timur jakarta, di kota ini berdiri berbagai perusahaan besar, bahkan tempat perakitan motor dan mobil juga banyak beraktivitas di industri daerah bekasi.

Bekasi dikenal dengan kota yang cukup panas, namun bekasi menjadi spot penting bagi para pencari kerja.

JABODETABEK menjadi gabungan dari kota-kota yang saling membutuhkan, di masing-masing setiap kotanya juga sudah cukup maju, berbagai fasilitas umum bisa dengan mudah ditemukan di kota-kota ini, mulai dari universitas, hotel, rumah sakit maupun angkutan transportasi.

JABODETABEK juga menjadi pusat para developer yang membangung perumahan, maka tidak heran bila dikawasan ini harga tanah cukup mahal.

Meskiun berada di 3 provinsi, kota-kota ini memiliki kesamaan waktu yang bahkan tidak meleset walau 1 menit, makanya tak heran jika di televisi-televisi indonesia saat menayangkan adzan menyebutkan khusus untuk wilayah JABODETABEK.

Baca juga: PASAR OLIGOPOLI: Pengertian, Ciri Ciri, Kelebihan Kekurangan dan Contohnya

Arti Luar JABODETABEK

Arti luar JABODETABEK yaitu wilayah yang bukan termasuk wilayah JABODETABEK.

Artinya kota-kota Selain Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi menjadi Wilayah luar JABODETABEK.

Jadi, jika ada yang bertanya apakah kota Sukabumi, Karawang, Tasikmalaya, Bandung, Palembang apakah termasuk JABODETABEK? Jawabannya tentu saja bukan. Wilayah tersebut adalah bagian dari wilayah luar JABODETABEK.

JABODETABEK Adalah Wilayah Yang Fungsional

JABODETABEK menjadi wilayah yang termasuk wilayah fungsional karena pusat kegiatannya saling berkaitan, berhubungan dan saling berketergantungan.

Wilayah-wilayah JABODETABEK memiliki perbedaan, baik secara geografi dan juga budaya. Namun secara fungsional ada dalam satu lingkup yang sama.

Hubungan yang terjadi antar wilayah JABODETABEK menyebabkan adanya arus komunikasi dan transportasi yang terhubung antar wilayahnya.

Hal ini secara langsung dan tidak langsung memacu perputaran ekonomi dalam berbagai bidang perekonomian.

Asal-Usul Sebutan JABODETABEK

Umumnya banyak orang ketahui Indonesia terbagi atas beberapa provinsi hingga kota.

Namun ternyata ada beberapa kota yang disatukan penyebutannya.

Kepanjangan JABODETABEK memang sudah dikenal sebagai kepanjangan dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi.

Dan ternyata memiliki asal mula atau sejarah di baliknya yang bisa kamu ketahui.

Pada awalnya pemerintah Jakarta mengeluarkan rencana turunan yang berjudul Rentjana Metropolitan Djakarta pada tahun 1966.

Dalam pembahasan ini memaklumatkan pembentukan daerah pertumbuhan baru.

Kemudian disebarkan ke berbagai bidang seperti penyebaran industri, permukiman, hingga fasilitas umum.

Memasuki tahun ke 1970, rencana menambah pusat daerah baru semakin gencar dilakukan, kemudian muncul laporan kursus pada tahun 1973 berjudul JABODETABEK.

Pada akhirnya sampai masuk ke pemerintahan DKI Jakarta dan menjadi bahan pembicaraan banyak pihak untuk perkembangan jangka panjang.

Konsep Jabotabek semakin jelas saat turun Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri No.151 Tahun 1975.

Konsep tersebut mengenai perubahan batas wilayah Jakarta. Berikutnya sebagain wilayah DKI dialihkan menjadi Jawa Barat, dan berlaku pula sebaliknya. Kemudian mulai ditata termasuk daya tampung di tiap wilayah.

Keunggulan Wilayah JABODETABEK

Arti JABODETABEK: Singkatan dan Kepanjangannya Adalah

Mendasari dari arti JABODETABEK di atas, mewakili sejumlah wilayah metropolitan di sekitar Jakarta.

Dibentuk pada mulanya karena memperluas wilayah dan kegiatan mulai dari perekonomian dan bidang lainnya. Ternyata masing-masing daerahnya memiliki keunggulan tersendiri.

1. Kawasan Industri Besar

Keunggulan wilayah JABODETABEK yang pertama sudah terbukti dengan berdirinya banyak pabrik dan perusahaan di bidang industri.

Tepatnya di Kota Bekasi terdapat banyak industrial estate lengkap beserta segala fasilitas pendukungnya.

Tidak heran jika ketika berkunjung kamu hanya akan menjumpai bangunan tinggi.

Bekasi memiliki kawasan industri terbesar di JABODETABEK. Bahkan bila kamu memasuki wilayah industri hanya akan menjumpai apartemen, perumahan besar, dan sebagainya yang termasuk dalam bisnis properti.

2. Banyak Wisata Kuliner

Kelebihan satu ini pasti menjadi favorit banyak orang, ternyata JABODETABEK tidak hanya terkenal karena kota metropolitan sehingga macet dan terlalu padat penduduk.

Namun sisi keindahan terlihat dari bidang wisata kamu dapat menikmati pemandangan keramaian penjual makanan tepatnya di Tangerang.

Terbagi menjadi beberapa kawasan di Tangerang mulai dari Bintaro, Serpong, Ciater, dan beberapa lainnya.

Kamu bisa menjumpai pedagang kaki lima, tempat makan, hingga mall dan pusat perbelanjaan besar.

Hal ini cukup menyenangkan karena hampir semua kebutuhan pokok tersedia.

3. Ukuran Kemajuan

Seringkali ukuran kemajuan sebuah wilayah dilihat dari bidang transportasinya.

Tidak heran jika JABODETABEK menjadi wilayah paling maju karena memiliki akses Commuter Line yang belum bisa ditemukan di daerah lain.

Transportasi ini cukup membantu mengurangi potensi macet kendaraan pribadi di jalanan.

Selain Commuter Line kamu juga akan menjumpai MRT.

Pengguna bisa memanfaatkannya untuk bepergian di wilayah pusat kota.

Baca juga: Macam Macam Gaya Kepemimpinan Dalam Organisasi, Lengkap!

Bahkan kini JABODETABEK khususnya Jakarta patut mendapat sebutan sebagai Smart City karena semua kemajuannya sudah sangat menonjol.

4. Istana Negara Penyambut Tamu Penting

Seperti yang sudah dijelaskan jika JABODETABEK tidak hanya memperluas wilayah. Namun juga membuat seakan semua aspek kehidupan menjadi lebih terlihat.

Tidak hanya bagi kalangan biasa, kegiatan pemerintahan juga berpusat di sana.

Selain istana negara yang berada di Kota Jakarta, ada pula lokasinya di Bogor.

Yang menyuguhkan pemandangan alam lebih indah sehingga sering digunakan oleh presiden untuk menyambut tamu penting negara, mulai dari sejak zaman dahulu hingga saat ini.

Sehingga bisa dikatakan wilayah JABODETABEK memang memiliki keunggulan yang cocok karena aksenya yang berada dekat dengan ibukota Negara.

Keesimpulan

Kota Jakarta sendiri adalah di Provinsi Jakarta, Tangerang di provinsi Banten, sedangkan Bekasi, Bogor dan Depok ada di provinsi Jawa Barat.

JABODETABEK menjadi sebuah wilayah metropolitan yang tidak bisa dipisahkan. Ini dikarenakan mobilitas warga di wilayah tersebut sangat cepat, apalagi di jam-jam berangkat dan pulang kerja.

JABODETABEK menjadi gabungan dari kota-kota yang saling membutuhkan, di masing-masing setiap kotanya juga sudah cukup maju, berbagai fasilitas umum bisa dengan mudah ditemukan di kota-kota ini, mulai dari universitas, hotel, rumah sakit maupun angkutan transportasi.

Sehingga patutlah jika semua orang harus tahu apa itu pengertian dan Arti JABODETABEK: singkatan dan kepanjangannya adalah seperti ulasan di atas.

Baca Juga:

Tinggalkan komentar