Kerja Di NASA

NASA atau National Aeronautics and Space Administration merupakan sebuah lembaga pemerintah Amerika Serikat bergerak dalam bidang program dirgantara, aeronautika, dan luar angkasa.

Salah satu lembaga yang sangat diminati banyak kaum muda untuk bergabung didalamnya, sebagai pegawai dan juga sebagai ostronot untuk kerja di NASA.

Namun, beberapa hal yang harus kamu ketahui sebelum melamar pekerjaan di lembaga terbesar di dunia ini.

Ada banyak hal menarik dan fasilitas luar biasa jika dapat bergabung di lembaga ini, dengan jenjang karir dan penghasilan yang sangat tinggi.

Bagi siapa saja yang ingin mencoba peruntungan kerja di NASA, maka kamu wajib mengetahui tipsnya berikut ini.

Cara Melamar Kerja di NASA

Untuk yang ingin mencoba melamar kerja di lembaga NASA ini, maka beberapa cara yang bisa kamu coba, yaitu:

1. Tentukan Pilihan Pendidikan dan Pekerjaan Dahulu

Saat kamu ingin melamar kerja di perusahaan besar ini, maka tentukan terlebih dahulu profesi mana yang sesuai, karena yang namanya bekerja di NASA tidak melulu sebagai seorang astronot.

Kamu bisa mencoba melamar pekerjaan seperti:

  • Dokter, perawat, ahli kesehatan mental.
  • Insinyur, bidang geologi, bidang mikrobiologi, bidang fisika, sientis
  • Staf HRD, dan ahli komunikasi.
  • Pemrograman komputer atau ahli teknologi informasi.

Cari tahu bakat akademis dahulu, agar kamu bisa memilih posisi apa yang diinginkan dan paling cocok untuk bekerja di NASA.

Ketahuilah pekerjaan di NASA akan membutuhkan pendidikan pascasarjana yang akan memengaruhi pilihan sekolah juga kelas-kelas yang akan diambil pada tingkat sarjana.

Kamu bisa memilih sekolah yang tepat, dengan mencari tahu mengenai kampus-kampus dan universitas yang memiliki program STTM yang hebat, dan pilih kampus terbaik.

2. Pelajari Riwayat Hidup Karyawan

Salah satu cara terbaik dalam menentukan pilihan yaitu dengan mengetahui tentang hal dan tips apa yang digunakan oleh orang lain yang pernah melakukan pekerjaan di NASA.

Kamu bisa membuka situs NASA untuk membaca biografi beberapa sosok yang sudah sukses yang bekerja di sana.

Amati biografi dan di mana mereka mengambil pendidikan dan sebagainya.

Jangan ragu untuk membuka diri dengan wawasan yang luas, dan tidak tertutup dengan dunia lain namun masih berhubungan dengan ruang lingkup pendidikan dan NASA.

3. Menjadi Pribadi yang All Out

Selain harus merawat fisik, kamu juga harus bisa meningkatkan kemampuan kepemimpinan juga  sosial.

Kamu bisa mencoba mengikuti kegiatan lain seperti mengikuti klub sains, matematika, fisika, bahasa Inggris dan sebagainya, atau untuk mengelola fisik coba ikuti kegiatan olahraga dan hal yang mendukung lainnya.

Baca Juga: Cara Menghapus History YouTube di Laptop

4. Mengetahui Cara Bergabung di NASA

Kamu bisa mencoba mempelajari sebuah program brenama Pathways Intern Employment Program (IEP), atau Program Persiapan Magang Kerja di NASA.

Dimana program ini menawarkan para mahasiswa atau calon yang sudah diterima ke dalam program pendidikan sesuai dengan kualifikasi.

Jika kamu sudah berada di program ini, maka dengan mudah kamu bisa melakukan pekerjaan dengan dibayar, mempelajari keahlian yang dibutuhkan, juga mendapatkan pengalaman dan koneksi yang diharapkan bisa membawa dalam bekerja di NASA.

5. Mencari Lowongan Magang di Pathways Program.

Kamu bisa melihat dari situs NASA atau situs USAJOBS, untuk mendapatkan pemberitahuan tentang lowongan Pathways Program.

Pastikan kamu sudah memenuhi persyaratan, dan syarat utama untuk bisa diterima magang bekerja di NASA, yaitu kamu harus menjadi warga negara Amerika Serikat dulu, berusia minimum 16 tahun saat memulai magang, dan sudah diterima di institusi pendidikan yang terakreditasi.

Serta memiliki dan mempertahankan IPK paling minim yaitu 3 dari skala 4.

Untuk jenis pekerjaan tertentu, kamu diharuskan untuk memenuhi beberapa syarat dan kriteria, jadi paling tidak kamu sudah memenuhi semua syarat yang berlaku.

Sedanhgkan untuk mendaftar, kamu akan diarahkan ke pendaftaran daring USAJOBS, dengan mendaftar di  Pathways Recent Graduates Program (RGP).

Jika lamaran sudah diterima, maka kamu akan ditempatkan pada program pengembangan karier selama 1 tahun, setelah selesai programnya maka kamu sudah bisa mendapatkan posisi yang lebih yang mapan di NASA.

Melamar ke NASA melalui USAJOBS

Berikut cara yang bisa kamu coba untuk melamar kerja di NASA:

  1. Kunjungi alamat situs USAJOBS untuk menemukan berbagai lowongan kerja di NASA.
  2. Gunakan fitur notifikasi dari USAJOBS, maka kamu akan menerima pemberitahuan setiap ada lowongan yang memenuhi kualifikasi dan kriteria yang sesuai dengan yang diharapkan.
  3. Setelah itu periksa kotak surel secara rutin, agar pemberitahuan tidak masuk ke kotak spam.
  4. Sebaiknya melamar pada lowongan yang diumumkan, dan tentukan posisi atau jabatan mana yang akan dilamar.
  5. Begitu menemukan posisi yang ingin di lamar, maka harus menyiapkan daftar riwayat hidup dan gunakan proses lamaran elektronik lewat USAJOBS.
  6. Lalu lamar sesuai arahan yang di berikan, dan hindari mengirim yang tidak diperlukan.
  7. Kemudian buat dan susun daftar riwayat hidup di USAJOBS dalam format yang sederhana dan jangan menggunakan pkarakter yang bukan alfanumerik dalam daftar riwayat hidup karena NASA tidak bisa menerjemahkan karakter tersebut dengan tepat.
  8. Hindari daftar riwayat hidup yang dihias, hindari kata pelengkap yang berlebihan dan jangan menuliskan pengalaman kerja yang tidak masuk akal.

Kesimpulan

Untuk kamu yang ingin melamar kerja di NASA, maka ada baiknya memenuhi beberapa kriteria di atas, juga sesuai dengan pendidikan yang dipilih, karena menjadi seorang pekerja di sana tidak mudah.

Adapun syarat mutlaknya kamu harus menjadi warga negara Amerika terlebih dahulu sebelum melengkapi syarat lain.

Tinggalkan komentar