close button

PASAR PERSAINGAN SEMPURNA: Pengertian, 4 Ciri, dan Kelebihan

  •   Jun 2022  •   5 min read  •   Comment

Pasar persaingan sempurna adalah sebuah solusi yang baik untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dan juga kesejahteraannya.

Karena di dalam sistem pasar ini, penawaran dan permintaan berjalan secara imbang dan didasari atas hubungan batin yang kuat antara konsumen dan produsen.

Hal ini terasa berbeda dengan pasar monopoli, pasar persaingan sempurna menjadi sistem transaksi jual beli produk yang tidak dipengaruhi oleh fluktuasi harga yang diatur oleh sebuah pihak.

Maka dari itu, siapa saja yang bertransaksi dalam pasar ini didasari atas rasa ingin membantu sesamanya.

Sedangkan produk yang disediakan sang produsen meliputi produk yang dibutuhkan masyarakat.

Patutnya kamu bisa mengetahui selengkapnya seperti bahasan PASAR PERSAINGAN SEMPURNA: Pengertian, 4 Ciri, & Kelebihan berikut.

Pengertian Pasar Persaingan Sempurna

Pasar persaingan sempurna merupakan sebuah pasar yang di dalamnya ada transaksi antara penjual dan pembeli dalam bentuk penawaran dan permintaan akan produk.

Hanya yang membedakan pasar biasa yaitu di dalam sistemnya, transaksi yang dilakukan tidak dipengaruhi oleh naik turunnya harga.

Asas pasar persaingan sempurna yaitu kesepakatan antara pedagang dengan pembeli.

Hal ini muncul karena di antara keduanya sudah terjalin hubungan batin yang erat untuk mengetahui tentang informasi harga yang ada di pasar tersebut.

Barang yang dijual pada pasar ini umumnya adalah bahan pokok seperti beras, gandum, kentang, sagu dan sebagainya.

Ciri-Ciri Pasar Persaingan Sempurna

Tidak semua pasar bisa disebut sebagai pasar persaingan sempurna, karena harus memiliki ciri-ciri tertentu yang terjadi di dalam transaksi jual beli. Berikut ini ciri-ciri atau tanda-tanda yang dimaksud:

1. Harus Ada Penjual dan Pembeli yang Jumlahnya sama Banyak

Ciri-ciri pertama yaitu harus ada penjual dan pembeli yang jumlahnya cukup banyak.

Dengan kondisi seperti ini maka penjual tidak bisa memainkan harga, karena pembeli akan tahu informasi tentang harga asli yang beredar di pasar ini.

Karena itu, berapa pun banyaknya barang yang dibeli tentu saja harganya tidak akan berubah.

Dalam hal ini yang menentukan keberhasilan transaksi yaitu adanya kekuatan penawaran dan permintaan atas produk yang dijual dan beli.

2. Pedagang Bebas Menutup atau Membuka Usaha

Dalam sistem pasar persaingan sempurna, pihak pedagang diberi kebebasan dalam menutup atau membuka usahanya.

Jika dirasa merugikan, maka bisa saja menutup usahanya atau menghentikan dan juga sebaliknya.

Ciri-ciri ini yang berbeda dengan pasar jenis lain, yang umumnya pihak pedagang hanya boleh menutup usahanya saat waktu tertentu.

Dan umumnya sudah tercantum dalam surat perjanjian sebelum membuka usaha.

3. Barang Yang dijual Bersifat Homogen

Menghindari tidak terjadi perbedaan harga dan kualitas barang, maka dalam struktur pasar sempurna, produk yang dijual harus sama atau homogen.

Sehingga, sekalipun pembeli akan membeli pada pedagang yang lain harga dan kualitasnya juga sama.

Produk homogen yaitu sebuah produk yang dibutuhkan oleh masyarakat tapi hanya satu kategori saja, seperti produk berupa bahan-bahan pokok.

Yang di dalamnya sudah termasuk bahan makanan dan sebagainya.

4. Penjual Dan Pembeli Mengetahui Informasi Harga Yang Jelas

Ciri keempat yaitu penjual dan pembeli harus mengetahui informasi yang berhubungan dengan harga yang sesuai yang beredar di pasar dan ini berlaku ketika harga naik dengan cepat.

Maksud informasi ini ialah untuk mencegah penjual menjual produk dengan harga di bawah harga pasar karena ketidaktahuannya.

Ini bermanfaat bagi pembeli agar tidak membeli produk dengan harga lebih tinggi dari harga yang sebenarnya.

Baca Juga: PERILAKU KONSUMEN: Pengertian, Teori, Faktor & Contoh

Kelebihan dari Pasar Persaingan Sempurna

Peluang konsumen cukup rendah dalam persaingan ini karena penjual di pasar tidak memiliki harga monopoli.

Sehingga, penjual tidak memiliki pengaruh terhadap harga produk atau tidak dapat membebani konsumen lebih tinggi dari harga normal.

  • Pasar persaingan sempurna berorientasi pada konsumen. Penjual tidak bisa mengganggu konsumen. Jika ya, maka pembeli bisa berpindah ke penjual lain secara cepat.
  • Dalam struktur pasar, sangat sedikit atau tidak ada biaya iklan karena produknya homogen atau sama. Produk yang dengan mudah digantikan oleh barang yang sama dari pemasok lain, karena secara fundamental memiliki kualitas dan karakteristik fisik yang sama dengan yang lain.
  • Dan tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk iklan karena penjualan terjadi secara otomatis jika perusahaan menentukan harga lebih rendah dari pesaing.

Kekurangan dari Pasar Persaingan Sempurna

Dalam bentuk struktur pasar ini, penjual tidak memperoleh motivasi apa pun dalam menghadirkan inovasi atau mengikutkan fitur tambahan pada produk.

Hal ini karena penjual tidak bisa dikenai biaya tambahan untuk fitur-fitur tambahan karena pembeli dapat pindah ke penjual lain.

  • Lokasi berperan besar dalam menghasilkan penjualan. Perusahaan yang berlokasi di lokasi utama lebih mudah mendapatkan lebih banyak penjualan daripada yang tidak.
  • Sangat sedikit masalah untuk memasuki pasar persaingan sempurna karena perusahaan mana saja dapat memasuki pasar ini untuk menjual produk, itu artinya ada kemungkinan pesaing akan lebih banyak.

Perbedaan Pasar Persaingan Sempurna dan Tidak Sempurna

Kamu bisa ketahui apa saja perbedaannya, yaitu:

  • Pasar persaingan tidak sempurna (imperfect competition market) yaitu sebuah pasar yang tidak terorganisasi secara sempurna, karena persaingan sempurnanya tidak terpenuhi.
  • Jika pada pasar persaingan sempurna konsumen merasa sejahtera karena bebas memasuki pasar, pada pasar persaingan tidak sempurna justru adanya ketidakadilan karena keuntungan banyak dinikmati oleh produsen. Dimana pasar persaingan tidak sempurna terdiri dari pasar monopoli, oligopoli, dan pasar persaingan monopolistik.

Sejauh ini perbedaan ke dua pasar memang berbeda, hanya saja sebagian orang yang belum mengetahuinya akan sulit membedakannya, bahkan tidak sadar akan adanya perbedaan tersebut.

Baca Juga: Cara Daftar UMKM Online Terbaru

Kesimpulan

Pasar persaingan sempurna yaitu sebuah pasar yang di dalamnya ada transaksi antara penjual dan pembeli dalam bentuk penawaran dan permintaan akan produk.

Hanya yang membedakan antara pasar biasa yaitu di dalam sistem dimana segala transaksi yang dilakukan tidak dipengaruhi oleh naik turunnya harga.

Untuk itu penting untuk mengetahui apa itu PASAR PERSAINGAN SEMPURNA: Pengertian, 4 Ciri, & Kelebihan agar kamu bisa melakukan kegiatan jual beli yang menguntungkan.

Orang juga bertanya

English private teacher, seo writter, english translator, and content writer.

Tinggalkan komentar