Pengertian Sumpah Pemuda: Sejarah & Isi Teks Terbaru 2022

Pengertian Sumpah Pemuda adalah sebuah pergerakan kemerdekaan RI yang dilakukan oleh para pemuda-pemudi Indonesia dengan menyatakan janji satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa.

Pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda ini memang harus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari seperti contoh nilai kegotongroyongan, patriotisme, musyawarah, cinta tanah air, kekeluargaan, persatuan, kekeluargaan, cinta damai, dan tanggung jawab.

Ikrar sumpah pemuda memiliki makna akan semangat rakyat Indonesia khususnya khususnya para pemuda pemudi Indonesia waktu itu untuk menegaskan terjadinya kemerdekaan Republik Indonesia.

Sehingga diakuinya negara RI sebagai bentuk kemerdekaan mutlak dan jauh dari kata penjajahan di masa itu.

Ada banyak hal menarik yang akan dibahas kali ini mengenai SUMPAH PEMUDA: Pengertian, Sejarah & Isi Teks Sumpah Pemuda, diantaranya:

Pengertian Sumpah Pemuda dan Sejarah Sumpah Pemuda

Sumpah pemuda yaitu tonggak utama di dalam sejarah tentang pergerakan kemerdekaan Indonesia dan ikrar ini dianggap sebagai bentuk kristalisasi semangat untuk menegaskan cita – cita berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sejarah Sumpah pemuda terjadi berkat inisiatif dari para pemuda pemudi Indonesia yang turut bangkit bersatu melawan bangsa portugis yang menjajah Indonesia kala itu.

Saat itu, Indonesia telah berjuang melawan penjajah yang datang untuk mencuri dan menguasai rempah-rempah yang ada di nusantara.

Lahirnya Sumpah Pemuda berawal dari penyelenggaraan Kongres Pemuda II yang digagas oleh Persatuan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI) dan dihadiri oleh organisasi pemuda kala itu.

Di antara organisasi tersebut yaitu Jong Java, Jong Sumatranen Bond, Jong Bataks Bond, Pemoeda Indonesia, Jong Islamieten Bond, Jong Celebes, Sekar Rukun, Jong Ambon, dan Pemuda Kaum Betawi.

Kongres yang di laksanakan di tiga gedung dan tiga rapat yang berbeda untuk menghasilkan Sumpah Pemuda yang kita kenal sampai saat ini.

Rapat Terkait Sumpah Pemuda

Beberapa rapat yang di selenggarakan saat Sumpah Pemuda berlangsung, yaitu:

1. Rapat Pertama (Sabtu, 27 Oktober 1928)

Sejarah Sumpah Pemuda – Rapat pertama ini diselenggarakan di Gedung Katholieke Jongenlingen Bond (KJB), Lapangan Banteng.

Dalam rapat ini, Soegondo berharap kongres ini mampu memperkuat semangat persatuan dalam sanubari para pemuda.

Acara dilanjutkan dengan uraian Mohammad Yamin tentang arti dan hubungan persatuan dengan pemuda.

Menurutnya, ada lima faktor yang bisa memperkuat persatuan Indonesia seperti sejarah, bahasa, hukum adat, pendidikan, dan kemauan.

2. Rapat kedua (Minggu, 28 Oktober 1928)

Sejarah Sumpah Pemuda = Rapat kedua diselenggarakan di Gedung Oost-Java Bioscoop dengan bahasan seputer pendidikan.

Kedua pembicara adalah Poernomowoelan dan Sarmidi Mangoensarkoro, yang berpendapat jika setiap anak harus mendapat pendidikan kebangsaan.

Selain itu, setiap anak juga harus dididik secara demokratis dan memiliki keseimbangan antara pendidikan di sekolah dengan di rumah.

3. Rapat ketiga (Minggu, 28 Oktober 1928)

Sejarah Sumpah Pemuda – Rapat yang ketiga diselenggarakan di Gedung Indonesische Clubhuis Keramat yang sekarang dikenal sebagai Gedung Sumpah Pemuda.

Pada rapat ini Soenario menjelaskan pentingnya nasionalisme dan demokrasi selain gerakan kepanduan.

Sedangkan Ramelan menjelaskan, gerakan kepanduan tidak bisa dipisahkan dari pergerakan nasional.

Gerakan kepanduan sejak dini mampu mendidik anak-anak untuk lebih disiplin dan mandiri, keduanya menjadi hal-hal yang dibutuhkan dalam hal perjuangan.

Pada rapat ketiga diumumkan rumusan hasil kongres yang dikenal sebagai Sumpah Pemuda.

Oleh para pemuda yang hadir, rumusan yang diucapkan sebagai Sumpah Setia.

Sebelum kongres ditutup, WR Supratman menampilkan lagu ciptaan yang bernama Indonesia Raya yang mendapat sambutan sangat meriah.

Hal yang menarik dari lagu ini, tidak banyak yang tahu jika lagu tersebut selama ini dinyanyikan hanya satu bait saja.

Lalu WR Supratman menciptakan lagu tersebut dalam tiga bait (stanza).

Dari ketiganya, stanza pertama jauh lebih populer dan dihafal oleh masyarakat Indonesia daripada bait kedua dan ketiga.

Indonesia Raya kemudian diresmikan sebagai lagu kebangsaan yang menjadi identitas bangsa Indonesia sampai saat ini.

Baca Juga: KEBIJAKAN FISKAL DAN MONETER: Pengertian, Tujuan, Macam & Jenis Jenisnya

Tujuan Sumpah Pemuda

Sumpah pemuda dibuat dan dirumuskan bukan tanpa tujuan, berikut ini beberapa tujuan dari sumpah pemuda antara lain:

  • Membangkitkan jiwa dan sikap nasionalisme pemuda pemudi Indonesia dan semua rakyat nusantara untuk melawan, mengusir, dan menentang para penjajah.
  • Membuat kokoh dan tebal rasa persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.
  • Memperluas usaha-usaha dan kegiatan untuk tercapainya kemerdekaan Indonesia.
  • Menghilangkan rasa kedaerahan yang selalu menjadi penghalang rakyat Indonesia untuk bersatu.
  • Melaksanakan cita-cita untuk mengumpulkan seluruh pemuda Indonesia.

 Isi Sumpah Pemuda dan Maknanya

Bunyi sumpah pemuda yang lahir pada tanggal 28 Oktober 1928 diantaranya:

  • Kami putera dan puteri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu tanah Indonesia
  • Kami putera dan puteri Indonesia mengaku berbangsa yang satu bangsa Indonesia
  • Kami putera dan puteri Indonesia menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia.

3 poin dari isi sumpah pemuda di atas sesuai dengan dinding prasasti museum sumpah pemuda.

Untuk penulisan teks di dinding prasasti tertulis menggunakan ejaan Van Ophuysen.

Tokoh Di Balik Sumpah Pemuda

Tepatnya pada tanggal 28 Oktober 1928 para putera dan puteri Indonesia menyatakan tanah air, bangsa, dan bahasa yang satu Indonesia.

Namun, tahukan kamu siapa saja tokoh penting yang turut andil dibalik peristiwa kongres pemuda dan pembentukan ikrar sumpah pemuda tersebut.

Berikut ini beberapa tokoh penting sumpah pemuda antara lain:

1. Soenario

Prof. Mr. Soenari Sastrowardoyo merupakan seorang penasihat panitia dalam merumuskan sumpah pemuda dan sebagai pembicaranya.

2. J. Leimena

Leimena merupakan anggota panitia kongres pemuda II. J. Leimena lahir tahun 1905 di Ambon Maluku yang menjadi mahasiswa aktivis dan ketua dari organisasi pemuda Jong Ambon.

3. Soegondo Djojopoespito

Tidak banyak orang yang tahu pria kelahiran tahun 1905 ini merupakan tokoh penting yang memimpin berlangsungnya kegiatan kongres pemuda II di Jakarta sampai menghasilkan ikrar sumpah pemuda.

4. Djoko Marsaid

Djoko Marsaid merupakan aktivis yang menjadi ketua dari Jong Java, di saat kongres pemuda II, Djoko Marsaid bertindak sebagai wakil ketua kongres pemuda II

5. M Yamin

M Yamin yang berasal Minangkabau dan terkenal sebagai penyair puisi gaya modern di Indonesia.

M Yamin yang memberikan usulan dan mendorong untuk Bahasa Indonesia menjadi bahasa persatuan dalam ikrar sumpah pemuda waktu itu.

6. Amir Syarifuddin Harahap

Tokoh satu ini merupakan wakil ketua dari Jong Batak Bond dan aktivis yang dikenal anti Jepang, bahkan Amir pernah diancam untuk dihukum mati.

Amir banyak memberikan sumbangsi dalam ide-ide cemerlang saat terjadinya perumusan sumpah pemuda.

7. W.R Supratman

Sosok yang dikenal sebagai seorang wartawan, pengarang, dan pencipta lagu Indonesia Raya, W. R. Supratman juga menjadi tokoh penting dalam ikrar sumpah pemuda.

Sesi penutupan kongres pemuda II, W. R. Supratman membawakan sebuah lagu instrumental tanpa teks dengan alat musik biola yang menjadi lagu kemerdekaan Indonesia berjudul Indonesia Raya.

8. S. Mangoensarkoro

Tokoh yang memiliki nama lengkap Sarmidi Mangoensarkoro adalah tokoh penting sumpah pemuda.

Sarmidi adalah seorang aktivis pendidikan, dimana saat kongres pemuda I dan II berlangsung, Sarmidi yang menyarankan untuk pendidikan bagi rakyat Indonesia.

Bahkan karena usulannya dalam bidang pendidikan pada tahun 1949 sampai 1950 Sarmidi dipercaya menjabat sebagai menteri pendidikan dan kebudayaan Indonesia.

Baca Juga: 6 BENTUK NEGARA: Pengertian & Macam-Macam Bentuk Negara, Lengkap!

Kesimpulan

Pengertian Sumpah Pemuda adalah sebuah pergerakan kemerdekaan RI yang dilakukan oleh para pemuda-pemudi Indonesia dengan menyatakan janji satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa.

Ikrar sumpah pemuda memiliki makna yang sangat kuat tentang semangat rakyat Indonesia khususnya khususnya para pemuda pemudi Indonesia waktu itu untuk menegaskan terjadinya kemerdekaan Republik Indonesia.

Di antara organisasi pemuda yang turut serta dalam ikrar sumpan pemudah yaitu Jong Java, Jong Sumatranen Bond, Jong Bataks Bond, Pemoeda Indonesia, Jong Islamieten Bond, Jong Celebes, Sekar Rukun, Jong Ambon, dan Pemuda Kaum Betawi.

Dengan demikian bisa dikatakan Pengertian Sumpah Pemuda: Sejarah & Isi Teks Terbaru 2022 menjadi cikal bakal persatuan pemuda pemudi waktu itu dan sampai saat ini masih tetap berlanjut.

Tinggalkan komentar