close button

Urutan Processor PC dari Terlama hingga Terbaru Lengkap

  •   Sep 2022  •   21 min read  •   Comment

Kamu mungkin sudah tahu bahwa Intel merupakan salah satu brand merk terkenal pada processor yang menjadi komponen penting atau bisa dikatakan sebagai otaknya sebuah komputer.

Prosesor sendiri merupakan sebuah komponen utama atau otak dari laptop atau komputer yang sering kamu gunakan. Prosesor terletak tepat di tengah motherboard.

Dimana alat ini berfungsi untuk memastikan jika perangkat komputer atau PC bisa berjalan dengan baik.

Contohnya processor Intel terdapat berbagai seri dan generasi. Untuk mengetahui lebih lanjut, maka kamu bisa simak penjelasan Urutan Processor PC berikut.

Urutan Processor PC Intel (Berdasarkan Generasi)

Urutan Processor PC

Sama seperti produsen teknologi pada umumnya, Intel sebagai produsen processor ternama dunia juga menghadirkan teknologi terbaru di setiap generasi processor.

Contohnya berikut ini urutan processor Intel berdasarkan generasi, mulai dari tahun 2008 atau pertama diluncurkannya processor Intel seri Intel Core i, Intel sering menamakan setiap generasinya dengan nama-nama yang unik.

Hal ini bertujuan untuk memudahkan pengenalan seri processor pada publik.

Baca juga: Urutan Processor HP iPhone Terlama hingga Terbaru

Selain Intel Core i, di setiap generasi Intel juga merilis varian produk processor lainnya seperti Celeron, Pentium, dan Xeon.

Meski berbeda seri, teknologi arsitektur yang dipakainya tetap sama. Berikut ini adalah urutan processor Intel terbaru berdasarkan generasinya:

  1. Nehalem, yaitu generasi pertama dari processor Intel. Processor generasi ini memakai teknologi fabrikasi 45 nm dan menggabungkan komponen controller RAM DDR3 ke dalam chip processor
  2. Sandy Bridge, yaitu generasi kedua dari processor Intel. Processor yang dibuat dengan teknologi fabrikasi 32 nm yang artinya lebih ringkas dan lebih efisien jika dibanding sebelumnya. Processor generasi Sandy Bridge membawa fitur baru yaitu dibenamkannya pengolah grafis atau GPU ke dalam processor
  3. Ivy Bridge, yaitu generasi ketiga dari processor Intel. Perubahan yang paling terlihat dari processor generasi ini yaitu pemanfaatan teknologi fabrikasi 22 nm yang jauh lebih efisien jika dibanding pendahulunya. Processor generasi ini juga membawa dukungan port USB 3.0 dan PCIe 3.0
  4. Haswell, yaitu processor generasi ke-4 yang dirilis pada tahun 2013. Peningkatan yang dimiliki processor generasi ini yaitu grafis (GPU) yang lebih kencang. Selain itu kecepatan processor juga ditingkatkan hingga bisa mencapai di atas 3.4 GHz. Arsitektur fabrikasi yang dipakai Haswell masih sama seperti Ivy Bridge yaitu 22 nm
  5. Broadwell, yaitu processor generasi kelima yang membawa arsitektur baru 14 nm yang lebih kecil dan lebih hemat daya. Ukuran yang lebih kecil dirandang khusus untuk memenuhi kebutuhan laptop dan PC yang ukurannya makin kecil pula. Meski lebih kecil, tapi performa processor Broadwell bisa mencapai 20% lebih baik dari generasi sebelumnya
  6. Skylake, yaitu processor generasi ke-6 dari Intel. Processor ini masih memakai teknologi fabrikasi 14 nm sama seperti generasi kelima. Intel meningkatkan performa processor dengan mengikutkan teknologi Speed Shift. Hasilnya, kecepatan processor generasi Skylake bisa mencapai 50% lebih tinggi dari generasi sebelumnya dan juga hemat daya. Processor Intel Skylake juga menyediakan dukungan streaming video sampai kualitas 4K UHD
  7. Kaby Lake, yaitu processor Intel generasi ke-7 yang masih memakai teknologi fabrikasi 14 nm sama seperti 2 generasi sebelumnya. Peningkatan yang ada di generasi ini yaitu kecepatan processor ang 12% lebih baik jika dibanding Skylake. Processor Kaby Lake memungkinkan kamu menikmati hiburan multimedia yang lebih menarik, kemampuan grafis game lebih baik, dan streaming video 4K lebih lancar.
  8. Kaby Lake Refresh, prosesor Intel dengan chipset Kaby Lake tapi masuk ke dalam kategori prosesor generasi ke-8. Arsitektur processor ini bertujuan untuk laptop kelas menengah. Untuk performanya, prosesor ini sudah bisa melakukan streaming video 4K dengan baik.
  9. Coffee Lake, yaitu processor generasi ke-8 dan ke-9 yang membawa optimasi dari processor generasi Kaby Lake. Beberapa processor generasi ke-8 dan kesembilan Intel ada yang masih memakai fabrikasi 14 nm, dan beberapa model processor mobile lain memakai fabrikasi 10 nm yang lebih canggih dan efisien. Selain itu, beberapa model processor Coffee Lake juga dilengkapi jumlah core lebih banyak dan kecepatan tinggi hingga lebih dari 5.0 GHz.
  10. Comet Lake, yaitu processor Intel generasi terbaru yang baru saja dirilis pada tahun 2020. Untuk seri tingginya, yaitu Intel Core i9-10900K yang hadir dengan 10 core (20 thread). CPU arsitektur terbaru Intel ini sudah siap dalam menjalankan game dengan resolusi 8K.
  11. Cascade Lake, yaitu processor untuk yang masih belum puas dengan Comet Lake, kamu bisa mengeluarkan kocek lebih dalam untuk mendapatkan processor dengan arsitektur Cascade Lake. Walau processor ini dirilis di tahun lalu, secara performa sangat terbaik. Seri tertingginya, i9-10980XE, saja memiliki 18 core dan 36 thread.

Untuk processor kelas konsumen, Intel membagi produk processornya berdasarkan dari segmen.

Untuk konsumen yang membutuhkan performa komputasi standar seperti mengetik dan browsing, Intel menyediakan varian Intel Celeron dan Pentium.

Selain disesuaikan dengan kebutuhan yang tidak terlalu banyak, harga jual dua processor ini lebih murah sehingga harga jual laptop atau PC dengan processor ini masih terjangkau.

Sementara untuk konsumen dengan kebutuhan lebih banyak, Intel menyediakan varian Intel Core i yang dilengkapi spesifikasi kelas dewa.

Berikut ini adalah Urutan Processor PC terbaru berdasarkan spesifikasinya, dimulai dari yang terendah:

  1. Intel Celeron. Processor seri yang ditargetkan untuk pemula dan laptop low budget. Processor Celeron memiliki varian produk dengan 2 atau 4 core dan pilihan kecepatan clock hingga 3.2 GHz. Processor Celeron generasi terbaru yang sudah menyediakan dukungan multimedia, grafis lebih baik, dan dukungan WiFi gigabit
  2. Intel Pentium. Sama seperti Celeron, Intel Pentium juga ditargetkan pada konsumen yang membutuhkan performa komputasi standar dan harga lebih terjangkau. Intel Pentium memberikan performa yang lebih tinggi jika dibanding Celeron. Varian Pentium tersedia dalam pilihan 2 atau 4 core dengan kecepatan maksimal hingga 3.9 GHz. Selain itu, Pentium juga memiliki dukungan kualitas audiovisual yang lebih baik
  3. Intel Core i3. Intel Core i3 generasi terbaru yang punya performa yang lebih tinggi jika dibanding pendahulunya. Seri i3 tidak bisa lagi dianggap hanya mampu mengerjakan tugas sederhana, tapi juga bisa yang lebih besar. Intel Core i3 generasi ke-8 saja sudah tersedia dalam pilihan 2 atau 4 core dengan opsi kecepatan clock mencapai 4.0 GHz
  4. Intel Core i5. Performa Intel Core i5 generasi terbaru juga tidak kalah hebat. Processor generasi ini dibekali teknologi Turbo Boost untuk meningkatkan kecepatan clock jadi lebih besar. Tersedia dukungan streaming konten 4K dan video 360 derajat. Intel Core i5 hadir dalam pilihan 4 hingga 6 core dengan opsi kecepatan hingga 4.3 GHz.  Selain itu, ada juga pilihan processor Unlocked yang mana bisa kamu overclock untuk mendapatkan kecepatan lebih tinggi.
  5. Intel Core i7. Intel Core i7 generasi ke-8 kini kian canggih berkat dukungan teknologi Turbo Boost dan Hyper Threading. Processor seri ini bisa menjalankan streaming 4K dengan mudah, mengolah konten video 360 derajat, dan menyediakan dukungan teknologi Thunderbolt 3. Menariknya di varian Intel Core i7 terbaru ini kamu bisa menemukan varian processor dengan grafis Radeon RX Vega M terintegrasi. Intel Core i7 tersedia dalam pilihan 4 hingga 6 core dengan kecepatan maksimal hingga 4.5 GHz.
  6. Intel Core i9. Adalah varian processor Intel terbaru yang memberikan performa lebih tinggi dibanding Intel Core i7. Processor ini bertujuan untuk konsumen yang membutuhkan performa komputasi super kencang. Processor ini dilengkapi teknologi Intel Optane yang bertugas mengerahkan performa komputer ke tingkat maksimal. Intel Core i9 tersedia dalam pilihan 6 core dengan kecepatan maksimal hingga 4.8 GHz
  7. Intel Core X-Series. Ini menjadi varian processor Intel Core i5, i7, dan i9 dengan kemampuan core dan clock yang speed ekstrem. Jumlah core yang dimiliki processor Intel X ini ada yang mencapai 18 core dengan 36 thread. Jumlah Core yang sangat banyak ini mampu membuat PC biasa menjadi kelas studio. Kamu bisa mengolah video 4K dan 360 derajat dengan mudah, olah foto dan musik tanpa hambatan, dan bermain game di setingan rata kanan. Selain itu, processor ini juga sudah support aplikasi berbasis virtual reality.

Urutan dan Tingkatan Processor Intel

Urutan dan Tingkatan Processor Intel

Urutan processor Intel dibagi berdasarkan tingkatan atau urutan tahun generasi pembuatannya, prosesor Intel berdasarkan jumlah core-nya (prosesor single core, prosesor dual core, prosesor core 2 duos, prosesor 6 core, prosesor 8 core), macam prosesor Intel berdasarkan penggunaannya (Processor Intel untuk personal, processor untuk server, processor untuk workstation), prosesor intel berdasarkan dari jenis socket atau soket chip pada motherboard, jenis prosesor berdasarkan jumlah elemen transistor, jenis prosesor intel berdasarkan kecepatan proses data, dan jenis prosesor intel berdasarkan arsitektur prosesornya (x64, x86). Berikut ini adalah penjelasannya.

1. Processor Intel Model RAM Statis

Processor Intel awalnya hanya diproduksi untuk tujuan tertentu saja. Tapi dalam perjalannya, produk processor milik Intel sangat dominan dalam dunia IT. Dimulai dari RAM Statis hingga Processor inti (Core).

2. Intel RAM Statis 1101

Intel 1101 yaitu produk pertama Intel (1969). RAM Statis 1101 menjadi sirkuit elemen metal oxide semiconductor (MOS) pertama di dunia.

Urutan Processor Intel Microprocessor

Urutan Processor PC

Pada tahun 70-an menjadi masa dimana Intel mengembangkan teknologi microprocessor. Pemakaian microprocessor telah diterapkan oleh Intel pada beberapa jenis komputer.

Urutan dan tingkatan processor Intel model microprocessor ini adalah sebagai berikut :

1. Intel Microprocessor 4004 (Tahun 1971)

Teknologi pada RAM Statis 1101 dirancang ulang dan menciptakan microprocessor Intel pertama, yaitu Intel Microprocessor 4004.

Microprocessor ini pertama digunakan pada mesin kalkulator Busicom, yang menggunakan kecerdasan buatan pada benda mati.

Kecepatan proses datanya 740 KHz dengan bus sebesar 4 bit dan tersusun atas 16 pin. Dan untuk kakinya terbuat dari beberapa elemen logam dicampur emas.

2. Intel Microprocessor 8008 (1972)

Microprocessor 8008 memiliki bus yang sama dengan 4004 hanya 2 kali lebih cepat (1480 KHz).

2. Intel Microprocessor 8080 (1974)

Micrprocessor ini didukung pada komputer Altair. Pada periode tersebut micrprocessor ini terjual sekitar 10ribu unit dalam waktu sebulan.

Kecepatan proses datanya 2 MHz, dengan kemampuan memproses data sebesar 8 bit.

3. Intel Microprocessor 8085 (1976)

Microprocessor 8085 masih sama dengan 8080, tapi kecepatan mengolah datanya lebih tinggi yaitu 3 MHz dengan kapasitas data yang diolah adalah 8 bit.

3. Intel Microprocessor 8086 (1978)

Processor ini menjadi yang pertama menggunakan desain CPU x86. Kecepatan proses datanya mencapai 5 MHz dengan kapasitas data yang diolah sebesar 16bit.

4. Intel Microprocessor 8088 (1978)

Processor ini ditanamkan pada komputer IBM, dengan kecepatan proses data berkisar antara 4 MHz – 7 MHz dan kapasitas file yang diolah yaitu 16 bit.

5. Microprocessor 80186, 80188, dan 80286 (1982)

Setiap jenis microprocessor tipe ini memiliki keunggulan yang berbeda.

  • Tipe 80186 memiliki kecepatan proses data 6 MHz dan memakai CPU 16 bit
  • Tipe 80188 menggunakan CPU 8 atau 16 bit tergantung pemesanannya. Jumlah Pin adalah 68 pin.
  • Tipe 80286 atau 786 Microprocessor, yaitu prosesor pertama yang membaca dan menjalankan software yang digunakan untuk processor sebelumnya

6. Intel Microprocessor Intel386™ (1985)

Intel386™ yaitu microprocessor dengan 275.000 transistor.

Jumlahnya 100 kali lipat lebih banyak dari pada Intel 4004.

7. Intel Microprocessor 80376 dan 80386 (1989)

Microprocessor 80376 sudah support data processing hingga 32 bit. DAn Seri 80386 atau lebih dikenal dengan prosesor i386 ini lebih terkenal daripada 80376.

Mikroprosesor sudah mendukung CPU registry 32 bit dengan transistor sebanyak 275.000 buah.

Kecepatan proses mencapai 33 MHz. Inilah yang membuat mengapa prosesor dengan arsitektur CPU 32 bit disebut juga dengan arsitektur x86.

8. Microprocessor Intel 486™ DX CPU (1989)

Microprocessor Intel 486™ DX CPU yaitu prosesor pertama yang memudahkan penggunanya memakai berbagai aplikasi menggunakan klik mouse saja, sehingga tidak mengharuskan pengetikan perintah dalam bentuk teks.

Hal ini bisa terjadi karena beban kerja pada prosesor diperkecil karena adanya fungsi komplek matematika.

Baca juga: Baru! 11 Urutan Processor HP Android Terlengkap

9. Microprocessor 80846

Processor ini menjadi generasi terakhir mikroprosesor di dekade 90’an. Kecepatan proses datanya berkisar antara 16 MHz – 33 MHz.

10. Processor Intel Pentium

Intel Pentium yaitu generasi pertama Intel dengan konfigurasi CPU register 32 bit.

Berikut ini adalah tingkatan processor Intel Pentium sampai pada seri terakhirnya.

  • Intel Pentium I / Intel® Pentium® Processor (1993)

Intel Pentium yaitu prosesor yang memulai perkembangan komputer generasi kelima (5th Generation Computer).

Kecepatan frekuensinya 60 MHz. Jumlah pin 273 pin terbuat dari keramik (Pin Grid Array/PGA).

Transistornya adalah 3.100.000 transistor dan sudah bisa melakukan beberapa operasi pada komputer modern seperti memutar lagu, mengedit foto, memutar video juga bisa membuka berbagai macam dokumen.

Intel Pentium yaitu prosesor hemat energi. Tegangan yang dibutuhkan cuma 3,3 Volt.

  • Intel Pentium Pro / Intel® Pentium® Pro Processor (1995)

Intel® Pentium® Pro Processor atau sering disebut dengan Intel Pentium Pro dipakai pada aplikasi server dan workstation.

Hal ini disebabkan karena pada era tersebut (1995) kemampuan komputasi tinggi mulai dibutuhkan.

Terdapat 5.500.000 transistor sehingga data bisa diproses cepat.

  • Intel Pentium II / Intel® Pentium® II Processor (1997)

Intel Pentium II atau Intel® Pentium® II Processor sudah memakai desain Pin PGA sebanyak 386 pin dengan kecepatan proses 200 MHz.

Intel Pentium II memakai CPU register 32 bit diintegrasikan dengan cache Level 2 (L2).

Prosesor Intel Pentium II adalah jenis prosesor CPU x86 generasi ke-enam. Prosesor ini selain dirancang untuk PC juga secara khusus dipakai untuk pengolahan data video, audio, grafis.

Terdapat 7.500.000 transistor di dalamnya sehingga sudah mampu mengolah data berbasis komputer dengan baik.

  • Intel Pentium II Xeon dan Intel Celeron (1998)

Intel Pentium II Xeon (Intel® Pentium II Xeon® Processor) dan Intel Celeron (Intel® Celeron® Processor) dibuat untuk kebutuhan aplikasi server dengan jumlah pin 386 pin.

Intel Pentium II Xeon dibuat tanpa penggunaan Cache Level 2 (L2). Sementara Intel Celeron yaitu pengembangan dari Intel Pentium II memakai cache tapi lebih kecil yaitu hanya 128 kb.

  • Intel Pentium III /Intel® Pentium® III Processor (1999)

Intel Pentium III dibuat dengan kemampuan melakukan proses pencitraan tinggi, pengolahan gambar 3D (tiga dimensi), aplikasi berbasis video, audio streaming, pengenalan suara.

Arsitektur yang dipakai adalah arsitektur Intel Pentium II dan memakai CPU register 32 bit.

Kecepatan proses data antara 450 MHz – 1,4 GHz dengan jumlah pin sebanyak 370 pin.

Terdapat 44 juta transistor sehingga mampu melakukan proses dengan cepat secara paralel.

Prosesor ini memiliki perinta sebanyak 70 perintah SIMD, dapat mempercepat pengolahan informasi dari bus system ke prosesor.

  • Intel Pentium III Xeon / Intel Processor Intel® Celeron® (1999)

Desaiannya sama dengan Intel Pentium III, yaitu sama-sama memakai arsitektur Intel Pentium II.

Sudah memiliki perintah 70 SIMD. Jumlah Pin sebanyak 370 pin dan CPU registry 32 bit.

Hanya yang membedakan yaitu L2 Cachenya lebih kecil, kecepatannya lebih lambat, performanya lebih rendah.

Umumnya ditujukan pada pengguna yang tidak membutuhkan instruksi atau perintah berat dan kinerja yang tinggi.

  • Intel Pentium IV / Intel® Pentium® 4 Processor (2000)

Prosesor Intel Pentium IV memiliki kecepatan proses data sebesar 1,5 GHz. Hanya versi terbarunya bisa sampai 3,06 – 3,4 GHz tergantung dari variannya.

Memiliki factor pin 423 dengan jumlah pin sebanyak 478 pin. Prosesor ini memakai CPU register 32 bit.

  • Intel Pentium IV Xeon / Intel® Pentium® 4 Xeon® (2001)

Intel Pentium IV Xeon dibuat sebagai prosesor server. Jumlah pinnya lebih banyak dari Intel Pentium 4 dan cache L2 lebih besar.

  • Intel Pentium Itanium / Processor Intel® Itanium® (2001)

Intel Itanium yaitu prosesor pertama berbasis CPU register 64 bit. Prosesor ini dibuat untuk kebutuhan server, workstation dan pemakai tertentu saja.

Processor Itanimu dibuat dengan struktur yang memang berbeda dari yang sudah ada. Pembuatannya didasarkan pada desain dan teknologi EPIC (Intel’s Explicitly Parallel Instruction Computing).

  • Intel Pentium Itanium 2 / Intel® Itanium® 2 Processor (2002)

Itanium 2 adalah generasi kedua Intel Pentium Itanium. Itanium 3 menjadi processor 64 bit dengan clock maksimum mencapai 1 GHz. Prosesor Itanium 2 adalah prosesor yang gagal di pasaran.

  • Intel Centrino / Intel® Pentium® M Processor (2003)

Prosesor ini menjadi pengembangan dari Intel Pentium III dan Intel Pentium 4. Kecepatan proses data berkisar antara 1,3 GHz – 1,7 GHz (Varian Pentium M Banias) dan antara 1,5 Ghz – 2,3 GHz (Varian Pentium M Dothan) Jumlah transistor yaitu 14 juta transistor.

11. Processor Intel Celeron (Intel® Celeron® Processors)

Prosesor Celeron dirancang untuk perangkat kelas bawah yang terutama dipakai untuk aktivitas web dan komputasi dasar.

Prosesor celeron sendiri memiliki indikator numerik, dimana semakin tinggi angkanya akan kian banyak fitur pada prosesor.

Pada generasi terdahulu, Intel Celeron dibuat dalam bentuk Intel Celeron D dan Intel Celeron M.

  • Intel Celeron D(2004)

Prosesor Intel Celeron D ditanamkan pada motherboard dengan soket PGA 478 dan soket LGA 775.

Intel Celeron D memakai CPU register 32 bit. Untuk soket LGA 775 menggunakan CPU registri 64 bit.

  • Intel Celeron M (2004)

Intel Celeron M hampir serupa dengan Intel Pentium M. Jumlah pin sebanyak 478 pin. Bisa dipasang pada motherboard dengan soket PGA 478.

Kecepatan proses data antara 1,4 GHz – 1,8 GHz dan FBS 400-533 MHz. CPU registrinya 32 bit.

  • Intel Celeron J (2013)

Prosesor Intel® Celeron® Seri J yang dirilis pertama kali tahun 2013 yang berkonstruksi 22 nm dan dirancang untuk perangkat desktop.

Pemakaian TDP nya rendah sehingga perangkat lebih hemat daya. Tipe terbaru Intel Celeren J sendiri yaitu Prosesor Intel® Celeron® J6412 (Cache 1,5M, hingga 2,60 GHz) yang dirilis pada tahun 2021.

Baca juga: Nada Dering WA Sebut Nama Penerima 100% Keren

  • Intel Celeron N (2014)

Prosesor Intel® Celeron® Seri N yaitu processor Intel Celeron yang banyak dipakai hingga saat ini.

Intel Celeron Seri N dibuat dengan cache memory yang lebih luas dan pemakaian yang lebih hemat daya.

Kini kamu juga bisa bermain game di perangkatnya memakai processor seri N ini.

Tipe terbaru Intel Celeron adalah Prosesor Intel® Celeron® N6210 (Cache 1,5M, hingga 2,60 GHz) yang dirilis pada tahun 2021 lalu.

  • Intel Celeron G (2014)

Hampir mirip dengan Seri N, Prosesor Intel® Celeron® Seri G juga dibuat untuk perangkat agar lebih hemat daya untuk proses komputasi dasar, termasuk untuk memainkan game-game skala menengah ke bawah.

Prosesor Intel Celeron terbaru yang dirilis yaitu Prosesor Intel® Celeron® G6900 (Cache 4 M, 3,40 GHz) pada tahun 2022.

12. Processor Intel Core

Prosesor Intel Core yaitu generasi prosesor Intel yang performanya lebih tinggi dan lebih baik jika dibandingkan generasi sebelumnya yang belum memakai teknologi core.

Urutan tingkatan processor Intel Core yaitu sebagai berikut ini.

  • Pentium D (Intel Pentium D 820/830/840) 2005

Pentium D dikenal dengan sebutan Pentium Dual Core karena memakai dua buah core.

Tiap Core memiliki konfigurasi 1 MB pada L2 cache-nya dengan FSB 800 MHz.

Frekuensi operasional prosesor ini yaitu 2, 8 GHz, 3.0 GHz, 3.2 GHz. Prosesor yang sudah memiliki fitur Hyper Threading. CPU register 64 bit.

  • Intel Pentium Extreme (Intel Pentium 4 Extreme Edition) 2005

Pentium Extreme adalah salah satu keluarga Processor D dengan memakai coket LGA 775. CPU register-nya pada 64 bit atau 32 bit.

Jumlah transistor sebanyak 178 juta. Frekuensi antara 3,2 GHz-3,7 Ghz. Prosesor ini sering dipakai pada perangkat gaming dan komputer server.

  • Intel Xeon (2006)

Intel Xeon yaitu jenis processor yang dibuat khusus untuk server karena dapat melakukan komputasi dengan performa yang tinggi.

Prosesor ini bekerja dengan kecepatan 1,4 hingga 2,8 GHz. Prosesor ini memakai Socket MicroPGA yang jumlah pinnya 603 Pin.

  • Intel Core Solo (2006)

Intel Core Solo adalah prosesor core tunggal atau single core yang pengembangannya mengacu pada prosesor Intel Centrino.

Semua fitur yang ada pada Core Solo sama dengan prosesor Intel Centrino atau Pentium M.

13. Intel Core 2 Duo

Intel Core Duo yaitu salah satu generasi Intel Pentium M, adalah bagian dari keluarga prosesor dual core mobile processor.

Prosesor ini memakai dua core lebih banyak dari Pentium M. CPU Registernya memakai 32 bit, dan kecepatan proses datanya mencapai 2,3 GHz.

Yaitu prosesor yang menggunakan dua core, yang masing-masing core-nya memiliki cache memory 32Kb.

Soket yang dipakai berbasis LGA dengan jumlah pinnya 775. Prosesor ini termasuk ke dalam generasi Core 2 dimulai dari prosesor Core 2 Duo, Core 2 Quad, Core 2 Extrame, Core 2 Solo, Core 2 Duo Mobile, Core 2 Quad Mobile, dan Core 2 Extrame Mobile.

14. Intel Pentium Dual Core

Intel Pentium Dual Core measih keluarga dari mobile processor dengan arsitektur 64byte.

Prosesor ini terbagi menjadi 2 jenis, yaitu prosesor Dual Core Desktop dan Dual Core Mobile.

Dimana, ada perbedaan antara Dual Core dan Core 2 Duo, terutama pada kemampuan yang dimilikinya.

15. Intel Celeron Dual Core

Celeron Dual Core yaitu prosesor Dual Core yang menggunakan soket LGA 775 yang jumlah pinnya 478.

Kecepatan proses datanya antara 1,8 sampai 2 GHz.

Baca juga: Urutan Processor HP iPhone Terlama hingga Terbaru

16. Intel Atom

Prosesor Intel Atom adalah prosesor dengan konsumsi daya rendah.

Processor Intel Atom ini dibuat untuk digunakan untuk netbook dan perangkat komputasi berbasis jaringan lainnya.

Prosesor Intel Atom sendiri mementingkan masa pakai baterai yang lama dan konsumsi daya lebih hemat.

17. Prosesor Intel Atom® Seri C

Rangkaian yang dipakai pada prosesor Intel Atom® C ini dibuat untuk konfigurasi ke spesifikasi server, dengan keamanan bawaan, dan juga mengurangi kebutuhan energi untuk server mikro.

Model tertinggi Intel Atom Seri C yaitu Intel Atom® Processor C3338R (4M Cache, up to 2.20 GHz)

18. Prosesor Intel Atom® Seri P

Agak berbeda jika dibandingkan Prosesor Intel Atom® Seri C, Prosesor Intel Atom® P dibuat untuk pemrosesan dengan throughput tinggi dan latensi rendah untuk solusi keamanan dan edge jaringan dengan densitas tinggi.

Model terbaru Intel Atim Seri P yaitu Prosesor Intel Atom® P5931B (Cache 13,5 MB, 2,20 GHz).

19. Processor Intel Core

Prosesor Intel® Core™ yaitu processor tertinggi saat ini. Prosesor Intel® Core™ dibuat untuk berbagai segmen sesuai kebutuhan.

Salah satu ciri khas dari Prosesor Intel® Core™ ini yaitu pada jumlah core yang digunakan, threading, clock speed, dan multitasking yang mengindikasikan performanya.

Urutan processor Intel terbaru adalah Intel Core i3, Intel Core i5, Intel Core i7, Intel Core i9, dan Intel Core X.

Tingkatan Processor Intel Core Terbaru

Processor Intel Core i3, Intel Core i5, Intel Core i7, Intel Core i9 terus mengalami perbaikan juga upgrade karena teknologi komputasi pada model ini sangat digemari pengguna di seluruh dunia, dan memberikan efek yang signifikan dalam membantu penyelesaian pekerjaan di semua bidang.

  • Processor Core i7 (Intel® Core™ i7 processor) -2008

Processor Core i7 ini memakai CPU 32 dan 64 bit, tergantung pada variannya. Prosesor Core i7 terus mengalami update dan upgrade sampai kini.

Bahkan sudah mencapai generasi ke-12 (Prosesor Intel® Core™ Generasi ke-12) dengan pengembangan fitur yang lebih baik.

Walau begitu, setiap serinya memiliki perbedaan fungsi, khususnya pada perbedaan processor laptop dan PC.

Tingkatan processor intel Core i7 tertinggi yaitu Prosesor Intel® Core™ i7-1250, Prosesor Intel® Core™ i7-1255, Prosesor Intel® Core™ i7-1260, Prosesor Intel® Core™ i7-1265, Prosesor Intel® Core™ i7-1270, Prosesor Intel® Core™ i7-1280, Prosesor Intel® Core™ i7-12650, dan Prosesor Intel® Core™ i7-12700 yang dibuat tahun 2022.

  • Processor Intel Core i5 (Intel® Core™ i5 processor) -2009

Prosesor Core i5 memakai CPU 32 dan 64 bit, tergantung variannya. Kelebihan Core i5 yaitu fungsi Northbridge yang sudah tertanam di dalam core prosesor (atau dikenal sebagai KIA pada motherboard).

Bisa dikatakan, prosesor ini menjadi prosesor dengan tingkat kinerja menengah dalam varian Intel Core.

Tingkatan tertinggi Intel Core i5 yaitu Prosesor Intel® Core™ i5-12400, Prosesor Intel® Core™ i5-12450, Prosesor Intel® Core™ i5-1230, Prosesor Intel® Core™ i5-5-1235, Prosesor Intel® Core™ i5-1240, Prosesor Intel® Core™ i5-1245, Prosesor Intel® Core™ i5-1250, Prosesor Intel® Core™ i5-12400, Prosesor Intel® Core™ i5-12500, dan Prosesor Intel® Core™ i5-12600 yang dirilis pada tahun 2022.

  • Processor Intel Core i3 (Intel® Core™ i3 processor) – 2010

Prosesor Core i3 ini memiliki kecepatan proses data yang lebih kecil daripada i7 dan i5.

Hal ini karena prosesor ini dirilis sebagai prosesor tingkat dasar atau Entry Level dari rangkaian seri Intel Core.

Kelebihannya, daya yang digunakan oleh prosesor ini sangat rendah, yaitu sekitar 35 Watt.

Prosesor ini bekerja dengan arsitektur CPU 32 dan 64bit, tergantung dari variannya. Prosesor ini juga memakai soket LGA 1155 atau 1156.

Berkembangnya teknologi memungkinkan adanya perubahan dalam waktu cepat. Bisa dalam beberapa waktu mendatang Intel akan merilis sejumlah prosesor andal.

Semua kelebihan dari prosesor tersebut tergantung dari kebutuhan komputasi data pada waktu prosesor tersebut dirilis.

Processor Core i3 telah dibuat hingga Generasi ke-12.

Urutan processor Core i3 terbaru saat ini yaitu Prosesor Intel® Core™ i3-1210, Prosesor Intel® Core™ i3-1215, Prosesor Intel® Core™ i3-1220, Prosesor Intel® Core™ i3-12100, dan Prosesor Intel® Core™ i3-12300.

  • Prosesor Intel Core i9 (Processor Intel® Core™ i9) Coffe Lake – 2017

Processor terbaru Intel ini dirilis tahun 2017. Processor Core i9 menjadi processor Intel tercanggih yang memiliki teknologi proses 14nm++ berdesain Coffe Lake.

Prosesor Core i9 terdapat di PC dan laptop high-end khususnya di tahun 2020 dimana kompetisi perangkat berspesifikasi unggulan tertinggi.

Kelebihan chip terbaru Intel® Core™ i9 yaitu pada konfigurasi jumlah core yang masif, dan menjadikannya sebagai prosesor Intel pertama yang menghadirkan model 18 core teknologi Hyper-Threading.

Selain itu performa dan tenaganya yang 20% lebih tinggi jika dibandingkan Core i7, dan 41% lebih baik dalam hal gaming.

Khususnya untuk streaming game kemampuan operasinya 32% lebih baik.

Untuk sektor editing, Core i9 memiliki kemampuan hingga 59% jika dibandingkan generasi sebelumnya.

Prosesor Intel® Core™ i9-12900 yaitu processor terbaru Intel Core i9 yang dirilis tahun 2022.

  • Prosesor Intel Core X

Prosesor Intel® Core™ seri X adalah processor Intel terbaru. Processor yang dirilis tahun 2019 ini memiliki kelebihan pada kekuatan dan kecepatannya yang tinggi.

Seri CPU yang tidak terkunci menghadirkan 18 inti dan dibuat dengan cache memory yang sangat luas sampai 20MB sehingga sangat direkomendasikan untuk yang menginginkan perangkat dengan performa terbaik saat bermain gaming dan memproduksi video dan konten secara massive.

Tipe processor Intel Core X terbaru saat ini yaitu Prosesor Intel® Core™ i9-10920X, Prosesor Intel® Core™ i9-10940X, Prosesor Intel® Core™ i9-10980X, dan Prosesor Intel® Core™ i9-10900X.

  • Processor Intel vPro

Processor Intel vPro yaitu jenis platform berbasis processor yang diskalakan, dibuat untuk bisnis yang punya kelebihan pada fitur keamanan pada perangkat lunak, kemampuan remote (pengelolaan jarak jauh), danjuga stabilitas pekaiannya.

Basis prosesor dengan platform Intel vPro® sendiri termasuk didalamnya yaitu Intel Core i3, Core i5, Core i7, dan core i9.

Platform Teknologi Terbaru Untuk Processor Intel

Selain model dan tipe prosesor dalam pemrosesan, Intel juga merilis platform dan teknologi terbaru untuk pemrosesan dan komputasi bersama meluasnya berbagai kebutuhan pada tiap segmen pengguna.

Beberapa platform Intel ini antara lain yaitu Intel® Movidius™ Myriad™ X Vision Processing Units danProcessors for IOT and Embedded Applications. Platform teknologi bisa dibilang sebagai teknologi perangkat lunak yang diintegrasikan pada setiap processor yang digunakan.

Apa Kelebihan dan Kekurangan Processor Intel

Intel adalah processor terbaik yang memiliki berbagai kelebihan.

Kelebihan-kelebihan yang dimiliki Intel yang menyebabkan processor Intel paling banyak dipakai.

Selain bisa ditanam dengan motherboard, socket dan chipset Intel sendiri, CPU Intel juga bisa ditanam pada pabrikan motherboard tipe lain.

Kelebihan Processor Intel

Secara kesemuanya, performa processor Intel dipengaruhi oleh motherboard dan socket dan chipset yang kompatibel. Beberapa Kelebihan Processor Intel antara lain adalah:

  • Beberapa jenis processor Intel memiliki clock speed tinggi dan setara atau lebih tinggi dari beberapa processor AMD
  • Performa tetap stabil walau clock speed sudah mencapai suhu maksimum
  • Tidak cepat panas (tetap dingin) meski mencapai suhu tinggi
  • Jumlah Core yang banyak
  • Sudah memakai atau mengkombinasikan core (single core dan juga multi core)
  • Memiliki fitur keamanan yang lebih baik.
  • Chace memory lebih luas.
  • Support multitasking yang lebih baik.
  • Pada model terbaru Processor Intel Generasi ke-10, Generasi ke-11, dan Generasi ke-12 kinerjanya baik dan mendukung internet cepat.

Kelemahan Processor Intel

Selain memiliki kelebihan, processor Intel juga memiliki kelemahan. Beberapa kelemahan antara lain yaitu sebagai berikut :

  • Tidak semua model jenis processor Intel yang memiliki clock speed tinggi seperti umumnya yaitu processor AMD
  • Tidak semua Processor Intel memiliki jumlah core yang banyak
  • Harga processor Intel jauh lebih mahal

Kesimpulan

Prosesor sendiri merupakan sebuah komponen utama atau otak dari laptop atau komputer yang sering kamu gunakan. Prosesor terletak tepat di tengah motherboard.

Dimana alat ini berfungsi untuk memastikan jika perangkat komputer atau PC bisa berjalan dengan baik.

Untuk itulah di atas dijelaskan mengenai Urutan Processor PC terupdate yang patut diketahui.

Orang juga bertanya

Content Show

English private teacher, seo writter, english translator, and content writer.

Tinggalkan komentar