4 Contoh Press Release Kegiatan, Event, Perusahaan [UPDATE]

Maksud dari Press Release atau siaran pers merupakan sebuah cara yang digunakan praktisi dalam menyampaikan informasi baik berupa kegiatan,  kebijakan, klarifikasi ataupun acara yang dilakukan oleh perusahaan atau organisasi melalui media massa atau website perusahaan itu sendiri.

Tulisan Press Release yang dibuat oleh PR atau Public Relations sebuah perusahaan, dibagikan ke berbagai media massa dengan tujuan agar berita yang mereka kirimkan bisa dipublikasikan di media tersebut dan dibaca oleh masyarakat umum.

Perlu diketahui jika tidak semua siaran pers yang dikirimkan ke media masa (surat kabar) bisa diterbitkan.

Karena pihak media masa memiliki kriteria dan kewenangan tertentu dalam menentukan apakah berita tersebut mengandung nilai informasi penting untuk disampaikan ataukah tidak.

Sisi lain perusahaan dalam hal ini public relations tidak bisa memaksakan media masa untuk menerbitkan hal tersebut.

Karena hal yang bisa dilakukan yaitu dengan menjaga hubungan baik pada media dan mempertajam keahlian menulis siaran pers agar lebih menarik.

Itu untuklah buat yang ingin tahu mengenai 4 Contoh Press Release Kegiatan, Event, Perusahaan [UPDATE] bisa simak informasinya berikut.

Pengertian Press Release

Press Release untuk sebuah perusahaan atau lembaga umumnya ditulis oleh bagian Public Relation atau bagian humas.

Humas sendiri singkatan dari hubungan masyarakat,  oleh karena itu, bagian humas yang menghubungkan perusahaan atau lembaga dengan masyarakat ini umumnya dalam bentuk informasi berupa tulisan dari perusahaan atau lembaga agar masyarakat lebih tahu lebih dalam.

Informasi tersebut yang dinamakan dengan siaran pers, dengan adanya siaran pers, maka masyarakat akan mengerti segala informasi apa yang sedang disampaikan.

Bahkan, tidak hanya masyarakat saja yang tahu, tapi juga perusahaan lain akan lembaga lain bisa mengetahui informasi tersebut.

Bisa disimpulkan jika siaran pers merupakan sebuah informasi berupa tulisan yang diberikan kepada masyarakat, perusahaan , dan lembaga dengan tujuan mempromosikan citra perusahaan atau lembaga.

siaran pers bisa dipublikasikan melalui surat kabar offline atau online, sampai pada media sosial.

Hanya saja, ada beberapa perusahaan atau lembaga yang menyerahkan tugas pembuatan siaran pers pada pihak ketiga.

Hal ini karena pihak ketiga dianggap lebih berkompeten dalam membuat Press Release yang lebih baik.

Jika dilihat sekilas, Press Release berbentuk seperti sebuah berita, tapi disisipkan sebuah promosi atau sebuah branding perusahaan atau lembaga tertentu.

Oleh sebab itu, penulisan Press Release tentunya membutuhkan faktor ketelitian dan pemilihan bahasa yang menarik untuk dibaca oleh khalayak ramai.

Untuk perusahaan yang baru berdiri, Press Release cocok untuk dijadikan sebagai suatu cara untuk memperkenalkan perusahaan baru.

Penggunaan Press Release pada beberapa perusahaan berfungsi untuk melakukan promosi terhadap produk baru.

Semakin banyak orang yang tahu tentang produk baru sebuah perusahaan, maka peluang produk baru menjadi dikenal dan laris dipasaran juga semakin besar.

Alasan Press Release Dibutuhkan

Sebenarnya tidak ada jawaban yang pasti, hanya saja secara garis besar Press Release sangat penting karena bisa memperkenalkan sebuah produk perusahaan.

Juga mampu menyampaikan sebuah informasi yang berkaitan dengan suatu kegiatan yang akan dilaksanakan oleh perusahaan atau lembaga.

Dan juga menggunakan Press Release akan memberikan sebuah informasi yang berhubungan dengan perusahaan atau lembaga tersebut.

Jika disimpulkan berdasarkan dari jawaban tersebut, maka pembuatan Press Release membutuhkan kemampuan berpikir yang tinggi agar tidak ada kesalahan dalam penulisan, menggunakan bahasa yang bisa menarik pembaca, sampai mengalihkan berita yang kurang baik yang berkaitan dengan perusahaan atau lembaga.

Baca Juga: DESAIN GRAFIS: Pengertian, Unsur, Prinsip & 5 Jenisnya

Struktur Press Release

Agar lebih mudah dalam membuat Press Release, maka kamu harus mengetahui struktur-strukturnya. Simak struktur-struktur Press Release berikut ini.

Judul (head)

Pertama yang perlu diperhatikan saat akan membuat Press Release yaitu judul.

Judul harus dibuat semenarik mungkin agar informasi yang diberikan banyak dibaca orang lain.

Selain itu, penulisan judul harus mewakili isi yang ditulis di dalam Press Release.

Judul yang menggunakan kalimat aktif akan memudahkan pembaca dalam memahami pesan atau tujuan dari informasi yang disampaikan oleh perusahaan atau lembaga.

Teras (lead)

Setelah judul, struktur yang juga harus diperhatikan berikutnya yaitu teras atau lead.

Teras pada Press Release diartikan sebagai bagian pembuka dari sebuah berita.

Oleh karena itu, teras berada di paling awal dan paling atas berita, dan dalam menulis teras, sebaiknya memakai subjek yang ditambahkan dengan unsur 5W+1H dan ditulis singkat, jelas, dan padat.

Isi (body)

Menggunakan metode piramida terbalik baik dalam membuat isi dari Press Release.

Metode piramida terbalik menempatkan informasi yang sangat penting di bagian atas atau awal berita yang disampaikan.

Setelah itu, bertahap informasi ditulis dibawahnya, kemudian informasi yang kurang penting ditulis dibawahnya.

Informasi penting yang ada di bagian atas atau awal bertujuan untuk menarik perhatian para pembaca.

Ketika membuat Press Release tidak hanya memerhatikan strukturnya saja, tetapi harus melihat beberapa hal, seperti waktu Press Release akan disiarkan, tanggal pembuatan Press Release, memberikan kontak perusahaan atau lembaga di bagian akhir Press Release, menggunakan unsur 5W+1H, dan hindari istilah khusus.

Macam-Macam Press Release

Press Release sebagai salah satu cara yang dilakukan oleh perusahaan atau lembaga untuk memperkenalkan dirinya agar lebih dikenal masyarakat luas.

Press Release dibagi menjadi tiga macam, yaitu Basic Publicity Release, Product Release, dan Financial Release.

Basic Publicity Release

Basic Publicity Release yaitu Press Release yang memberikan informasi yang ada di dalam suatu perusahaan atau lembaga.

Selain itu informasi yang diberikan memiliki nilai berita yang bisa diterima oleh media massa, baik itu nilai untuk media lokal atau untuk media nasional.

Product Release

Product Release yaitu Press Release yang berfokus pada soft selling atau promosi sebuah produk baru, perusahaan baru, dan sejenisnya.

Hanya, biasanya pada Product Release digunakan untuk mempromosikan produk baru dari sebuah perusahaan.

Umumnya, Press Release jenis ini dirilis pada media-media yang berkaitan dengan ekonomi dan bisnis.

Financial Release

Financial Release yaitu Press Release yang dibuat untuk tujuan memberikan informasi tentang kondisi keuangan perusahaan pada masyarakat umum.

Hanya saja, Press Release Financial Release sangat jarang dilakukan oleh perusahaan dan apabila perusahaan membuat Financial Release, maka kemungkinan besar masyarakat akan percaya pada perusahaan tersebut.

Contoh-Contoh Press Release

Di bawah ini beberapa contoh siaran pers dari berbagai perusahaan, yaitu:

Contoh Press Release Kuliner

Press Release

Contoh Press Release Pembertitahuan

Press Release

Contoh Press Release Produk

XYZ Otomonia hadirkan New City Car 2020 yang makin sporty dan keren 

Jakarta (25/12) – PT XYZ Otomania makin memperkuat posisi ranah otomotif, dengan menghadirkan produk terbaru New City Car yang tampil dengan sporty dan dilengkapi dengan advance features disesuaikan dengan pelanggan di masa kini.

“New City Car 2020 menjadi salah satu produk penting bagi PT XYZ Otomania karena ini menjadi komitmen untuk menghadirkan varian yang terbaik bagi pelanggan. Kami berharap dengan adanya New City Car 2020 ini semakin mempermudah mobilitas pelanggan di masa kini dan semakin modern mengikuti perkembangan zaman,” ucap VP Director PT XYZ Otomania Agus Sasongko.

Tampilan sporty City Car 2020 didukung dengan fitur-fitur terbaru yang mengutamakan kenyamanan pelanggan. Terdapat perubahan pada mobil varian ini yang bisa dilihat pada bagian eksterior dengan tambahan New Impressive Design Rear Lamp, New Side Body Moulding, New Front Bumper and Grille Design with Black Chrome Element, New Sporty Alloy Wheel Design dan New Black Paint for Elegant Headlamp with LED Guide.

Di sisi interior dan fungsi advance feature-nya dilengkapi dengan New AC Central Cluster digital dan memungkinkan New Touch Screen Head Unit yang lebih terasa modern dan compact.

“Pada dasarnya desain New City Car 2020 ini menjadi jawaban bagaimana kami dari sisi perusahaan ingin menghadirkan produk yang bisa memenuhi mobilitas anak muda serta memberikan kemudahan setiap fitur mobil yang kami hadirkan,” Marketing Director PT XYZ Otomania Daniel Winanta.

Tentang PT XYZ Otomania
PT XYZ Otomania merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang otomotif. Dengan memilih jumlah konsumen sebanyak 20 juta pelanggan di Indonesia. Diperkenalkan pada 2010, kini PT XYZ Otomania menjadi pionir industri otomotif di tanah air yang paling inovatif.

Media Contact 
Danang Gumilang
Head of Communication PT XYZ Otomania
Email: [email protected]
Phone: 081234567890

Baca Juga: Penulisan Tanggal Bahasa Inggris & Format (American/British)

Contoh Press Release Kegiatan

30 Universitas di Prancis hadiri pameran Eduka Fair 2020 yang diadakan oleh Education One di Jakarta 

Jakarta, 24 Desember 2020 – Education One kembali menyelenggarakan pameran Eduka Fair 2020 dan telah bekerja sama dengan 30 Institusi pendidikan terkemuka di Prancis yang bertempat di Smesco Building. Melalui acara ini ratusan pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) yang berasal dari Jabodetabek antusias mengikuti pameran Eduka Fair 2020 ini.

Banyak pelajar berkonsultasi dengan konsultan pendidikan untuk mengetahui seputar informasi dan persiapan study di Prancis. Selain itu, selama acara berlangsung pelajar dan orang tua juga berkesempatan untuk mengikuti sesi seminar dan workshop dengan tema yang beragam seperti tips mendapatkan beasiswa di Erasmus, tembus beasiswa LPDP BPI hingga cara mendapat Beasiswa Eiffel Excellence Programme.

Adapun tujuan dari adanya Eduka Fair 2020 ini adalah untuk menjadi sarana bagi pelajar dan orang tua agar mengetahui tentang seluk beluk pendidikan di Prancis yang merupakan salah satu negara dengan tujuan pendidikan paling populer bagi masyarakat Indonesia.

“Kami senang bisa menjadi penghubung antara pelajar Indonesia dengan institusi pendidikan di Prancis melalui Eduka Fair 2020. Dengan ini para pelajar bisa mendapat gambaran tentang pendidikan di Prancis, beasiswa, program study dan biaya hidup di Prancis langsung dari ahlinya. Semoga kegiatan ini bisa terus kami lakukan agar tetap bisa berkontribusi bagi pendidikan Indonesia,” ucap Camille Demitri Direktur Education One.

Tentang Education One 
Education One merupakan lembaga pendidikan internasional yang memberikan informasi seputar pendidikan di luar negeri bagi para pelajar. Sejak berdiri pada 2010 lalu, Education One telah bekerja sama dengan 110 institusi pendidikan di Eropa dan secara aktif terus mengadakan pameran pendidikan secara rutin bagi para pelajar.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan akses website kami di www.educationone.com atau melalui Instagram di @EducationOne.

Media Kontak 
Shafira Umm
Communication Manager Education One
Email: [email protected]
Phone: 081111355500

Baca Juga:

Tinggalkan komentar