close button

PENGERTIAN ORGANISASI: 7 Tujuan, Bentuk, Ciri & Unsurnya

  •   Jun 2022  •   8 min read  •   Comment

Organisasi menjadi salah satu media yang bertujuan untuk melatih mahasiswa bersosialisasi dengan orang lain, namun tidak hanya itu saja tapi juga mampu memberikan wadah bagi mahasiswa untuk menyalurkan bakat dan mengembangkan kreativitasnya.

Organisasi juga bisa menjadi tempat untuk mencari wawasan dan pengetahuan juga pengalaman yang tidak bisa didapatkan di dalam kelas.

Dalam dunia pekerjaan sangat dibutuhkan kemampuan memimpin yang baik, ketahanan mental yang kuat dalam memahami situasi sosial yang majemuk.

Ada beragam bidang yang akan membutuhkan organisasi yang baik untuk mencapai tujuan yang diinginkan secara maksimal.

Untuk memahami makna organisasi sendiri akan lebih membantu dalam melakukan pekerjaan secara tim dengan sebaik-baiknya.

Agar bisa memahami lebih lengkap lagi, simak pembahasan mengenai PENGERTIAN ORGANISASI: 7 Tujuan, Bentuk, Ciri & Unsurnya berikut.

Pengertian Organisasi dan Tujuannya

Organisasi merupakan sebuah tempat untuk sekumpulan orang yang bekerja sama secara rasional dan sistematis yang terpimpin atau terkendali dalam mencapai tujuan tertentu dengan memanfaatkan sumber daya yang ada di dalamnya.

Sementara dalam dunia usaha, organisasi yaitu sekelompok orang yang melakukan kolaborasi untuk mencapai tujuan secara komersial dengan struktur yang jelas dan memiliki budaya kerja khusus.

Berikut adalah beberapa tujuan organisasi yang banyak dijadikan sebagai tujuan dari pembangunan organisasi yaitu :

  • Meningkatkan kemandirian dan kemampuan dari sumber daya yang dimiliki
  • Media yang digunakan untuk individu yang memang ingin memiliki jabatan, penghargaan serta pembagian kerja yang jelas
  • Media untuk memiliki pengawasan dan kekuasaan
  • Membantu setiap individu yang ada di dalamnya untuk dapat meningkatkan pergaulan dan memanfaatkan waktu luang secara lebih optimal serta bermanfaat
  • Media yang membantu mencari keuntungan bersama-sama dengan kerja sama yang terbagi dengan baik
  • Membantu dalam pengelolaan lingkungan bersama-sama
  • Mencapai tujuan yang efektif dan efisien sesuai dengan yang telah menjadi tujuan awal sebuah organisasi

Organisasi memang harus memiliki tujuan yang jelas dan berbagai hal yang akan dilakukan di dalamnya tertuang dalam visi dan misi organisasi.

Tentu hal ini harus sudah ditentukan sejak mula pertama karena berkaitan dengan pembagian tugas juga bentuk kerja sama yang akan dilakukan tiap-tiap anggota yang ada di dalamnya.

Sehingga tujuan menjadi poin yang sangat penting dimiliki sebuah organisasi dalam mengoptimalkan kinerja yang ada di dalamnya.

Unsur-Unsur Organisasi

Untuk bisa menjalankan sebuah organisasi lebih optimal maka dibutuhkan kelengkapan unsur dasar dalam organisasi itu sendiri.

Dengan adanya kelengkapan tersebut maka organisasi akan terlaksana dengan baik.

Berikut adalah beberapa unsur yang harus ada dalam organisasi adalah :

  • Anggota organisasi yang terdiri dari pemimpin yang mengatur organisasi, manajer yang memimpin unit tertentu sesuai fungsi bidang kerjanya dan orang-orang yang bekerja di bawah manajer. Penyebutan ini disesuaikan dengan jenis organisasinya masing-masing.
  • Kerja sama menjadi bagian penting dalam sebuah organisasi, dengan adanya kerja sama yang baik maka tujuan organisasi bisa dicapai bersama-sama secara optimal. Sehingga adanya tingkatan anggota akan membantu memudahkan dalam mengatur bagian kerja untuk menjalin kerja sama yang lebih baik lagi.
  • Tujuan organisasi akan menjadi arah perjalanan organisasi dalam menentukan kegiatan yang dilakukan ke depannya.
  • Lingkungan seperti kondisi sosial, budaya, ekonomi dan teknologi menjadi pendukung untuk mencapai tujuan dari organisasi yang telah ditentukan sebelumnya.
  • Peralatan menjadi sarana seperti materi, budget dan barang modal lainnya yang dapat menjadi tempat bekerja atau berkumpulnya organisasi,
  • Komunikasi akan sangat mempengaruhi bagaimana setiap anggota organisasi dapat bekerja sama dengan baik. Komunikasi yang baik akan sangat mendukung perkembangan organisasi secara lebih optimal sesuai dengan proses kerja yang sudah diatur sedemikian rupa sebelumnya.

Ciri-Ciri Organisasi

Ada beberapa hal yang menjadi ciri-ciri sebuah organisasi yaitu sebagai berikut :

  • Memiliki anggota atau sekelompok orang di dalamnya yang berjumlah 2 orang atau lebih untuk bisa menjalankan organisasi sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan.
  • Memiliki tujuan organisasi yang akan dicapai bersama. Sehingga kegiatan yang dilakukan di dalamnya akan lebih jelas lagi.
  • Saling bekerja sama menjadi ciri khas utama dalam organisasi karena bagaimanapun setiap anggota yang ada di dalamnya bisa saling membantu untuk mencapai tujuan organisasi.
  • Peraturan yang dibuat untuk kepentingan setiap anggota dalam organisasi sangat penting untuk membatasi sumber dayanya tetap bisa bekerja sama dengan baik dalam menjalankan pekerjaannya.
  • Pembagian tugas yang sinergis dilakukan sesuai dengan kebutuhan pekerjaan dalam organisasi tersebut, tentunya dengan pertimbangan bidang berdasarkan tujuan organisasi yang ditentukan.

Baca Juga: 6 BENTUK NEGARA: Pengertian & Macam-Macam Bentuk Negara, Lengkap!

Bentuk-Bentuk Organisasi

Bentuk organisasi ini dibedakan pada strukturnya untuk membedakan satu sama lain.

Berikut ini beberapa bentuk organisasi yang banyak ditemui yaitu :

  • Organisasi garis dan staf terdapat 2 kelompok orang yaitu yang menjalankan tugas pokok organisasi untuk mencapai tujuan dan orang yang menjalankan pekerjaan sesuai bidang keahliannya. Sehingga pembagian tugas akan lebih terarah dan bukan hanya berasal dari pemimpin tertinggi organisasi
  • Organisasi garis yaitu yang paling sederhana dengan adanya jumlah anggota yang sedikit dengan adanya pimpinan tertinggi kemudian ada anggota lainnya yang menjalankan pekerjaan sesuai pembagian yang diberikan
  • Organisasi fungsional memiliki pembagian tugas kinerja yang sudah diberikan oleh petingginya, sehingga anggota yang ada di bawahnya hanya menerima instruksi bahkan bisa mendapatkan beberapa instruksi sekaligus
  • Organisasi komite atau biasa disebut dengan panitia yang diberikan kekuasaan tertentu dan melakukan rundingan untuk memutuskan berbagai hal berkaitan dengan kegiatan organisasi mencapai tujuannya

Jenis-Jenis Organisasi

Organisasi juga memiliki beragam berdasarkan berbagai pertimbangan yaitu sebagai berikut :

  • Berdasarkan hubungan personal terbagi menjadi organisasi formal yang resmi ada juga yang sudah memiliki badan hukum dan informal yang terbentuk karena kesamaan minat atau pribadi atau kebutuhan suatu tujuan bersama
  • Dari jumlah orang ada organisasi tunggal dengan semua tugas berasal dari satu pimpinan dan organisasi komisi yang memiliki dewan untuk masing-masing bidang pekerjaan
  • Menurut tujuannya ada organisasi sosial yang bersifat non profit dan yang mencari keuntungan
  • Berdasarkan kehidupan di masyarakat ada jenis organisasi kesehatan, pendidikan, pertanian dan jenis lain sesuai bidang yang ada di masyarakat
  • Berdasarkan fungsi dan tujuan yang dilayani yaitu organisasi politik, pemelihara seperti peduli lingkungan, integratif dan produksi secara khusus sesuai tujuannya
  • Berdasarkan pihak yang menggunakan manfaat organisasi ada mutual benefit organization yang dinikmati oleh angotanya, commonwealth organization yang dinikmati masyarakat umum, service organization dinikmati pelanggan khusus dan bussiness akan dinikmati para konsumennya
  • Dalam lalu lintas kekuasaan terbagi menjadi 3 yaitu lini atau lurus yaitu kekuasaan yang mengalir dari pimpinan organisasi, lini atau staf pimpinan akan dibantu dengan kepala staf yang ada di bawahnya secara langsung dan fungsional yang fungsi di dalamnya akan dipimpin oleh orang yang sudah ahli di bidangnya

Setelah mengetahui berbagai hal terkait organisasi maka akan lebih mudah dalam mendirikan dan menjalankan organisasi tersebut dengan baik dan benar.

Apabila dikembangkan dengan cara yang tepat maka sudah tentu siapa saja yang ada di dalamnya juga akan mendapatkan banyak pengalaman dan pembelajaran, selain itu manfaat dari organisasi ini juga bisa dirasakan oleh lebih banyak orang lain.

Sehingga tidak hanya tujuan yang bisa tercapai tetapi juga menguntungkan banyak pihak di sekitar organisasi tersebut.

Manfaat Organisasi Bagi Mahasiswa

Bagi mahasiswa, peran organisasi menjadi salah satu wadah dimana para mahasiswa dapat berkumpul, dapat bertukar pikiran, dan bekerja sama dalam mencapai tujuan bersama.

Banyak kasus dimana mahasiswa belum paham tentang apa itu organisasi, sehingga tidak ikut andil didalamnya.

Ada beberapa macam organisasi yang biasanya ada di sebuah kampus dimana organisasi ini memiliki tujuan agar setiap mahasiswanya dapat memiliki kemampuan akademik dan non akademik, serta mengembangkan ilmu pengetahuan yang dimiliki mahasiswa.

Beberapa manfaat organisasi mahasiswa sebagai berikut:

  • Mengembangkan sifat kepemimpinan. Dalam dunia kerja atau ketika menjadi mahasiswa sangat dibutuhkan kemampuan atau sifat kepemimpinan. Dalam kegiatan organisasi akan dituntut untuk menjadi pemimpin, bermula dari memimpin diri sendiri terlebih dahulu lalu bertahap pada sekelompok orang dan lingkup yang lebih besar. Kepemimpinan dalam diri sendiri seperti kemampuan untuk manajemen waktu, dimana mahasiswa yang mengikuti organisasi harus bisa membagi waktunya antara belajar dan juga berorganisasi.
  • Mengatur waktu menjadi sebuah masalah besar jika setiap individu tidak mampu membaginya dengan baik, maka dari itu butuh manajemen waktu yang baik agar setiap tindakan yang direncanakan terlaksana dengan maksimal. Saat sudah bekerja nantinya mahasiswa yang ikut dalam organisasi akan sedikit lebih terlatih untuk mengatur waktu dan menetapkan skala prioritas saat dihadapkan dengan banyak tugas dan tuntutan yang harus dikerjakan.
  • Saat dalam organisasi ada kegiatan atau event dibutuhkan jiwa-jiwa kepemimpinan agar kegiatan bisa berjalan dengan baik. Saat bisa berlatih menjadi pemimpin maka akan berguna dalam dunia pekerjaan yang menuntut orang bekerja secara profesional.
  • Organisasi mampu memperluas pergaulan, membentuk pola pikir yang baik bagi mahasiswa, meningkatkan kemampuan berkomunikasi antar sesama anggota organisasi, mengasah kemampuan sosial yang umumnya mahasiswa tergabung dalam organisasi memiliki sikap sosial yang tinggi dibandingkan mahasiswa yang tidak ikut organisasi, mengatur waktu, memperbagus CV, menentukan jati diri dan sebagainya.
  • Mengejar nilai akademik dan mengejar gelar sarjana itu penting dan utama, namun organisasi juga menjadi alat untuk implementasi teori yang bisa dipakai sebagai bekal dalam dunia pekerjaan di masa depan.

Baca Juga: Pengertian Sentralisasi, Desentralisasi, Dekonsentrasi Terlengkap!

Kesimpulan

Organisasi adalah sebuah tempat untuk sekumpulan orang yang bekerja sama secara rasional dan sistematis yang terpimpin atau terkendali dalam mencapai tujuan tertentu dengan memanfaatkan sumber daya yang ada di dalamnya.

Organisasi harus memiliki tujuan yang jelas dan berbagai hal yang akan dilakukan di dalamnya tertuang dalam visi dan misi organisasi yang sudah ditentukan sejak awal berdirinya organisasi.

Karena itu penting bagi siapa saja yang ingin mengawali kehidupan berorganisasi memahami tentang PENGERTIAN ORGANISASI: 7 Tujuan, Bentuk, Ciri & Unsurnya seperti penjelasan di atas.

Orang juga bertanya

English private teacher, seo writter, english translator, and content writer.

Tinggalkan komentar