PENGERTIAN BLOG: Fungsi, Sejarah, Manfaat, Jenis Jenis & Contohnya

Untuk para pengiat internet tentu sudah tidak asing dengan istilag Blog, dimana istilah blog atau web blog umumnya merujuk pada aktivitas dunia tulis menulis secara online, baik menggunakan website buatan pribadi, atau melalui CMS semacam WordPress ataupun Blogger.

Blog yaitu bagian dari website, biasanya berisi konten-konten artikel yang tampilan nya berurutan, mulai dari postingan terbaru sampai terlama.

Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika memiliki sebuah blog, seperti menyalurkan hobi menulis, bertukar informasi sampai mendapatkan tambahan uang dengan cara yang mudah.

Ada banyak blog yang bisa kamu temukan di internet, dengan berbagai macam jenisnya. Kali ini akan dibahas mengenai pengertian blog: fungsi, sejarah, manfaat, jenis jenis & contohnya secara lengkap berikut.

Pengertian Blog

Blog adalah sebuah website berbentuk postingan dalam bentuk teks yang terkadang ditambahi gambar, link dan video yang ditulis oleh satu atau beberapa penulis dengan tujuan tertentu.

Sehingga, secara sederhana pengertian blog adalah Website yang berisi konten tulisan.

Baca juga: FREELANCE Adalah: Pengertian, Syarat & Contoh Kerjanya

Blog tidak hanya mengacu pada platform blogger.com, tapi juga pada platform lain seperti Medium, WordPress, Typepad dan lainnya yang menyediakan kemudahan ketika user ingin membuat sebuah halaman web yang akan diisi konten artikel.

Kegiatan menulis di blog disebut dengan Blogging, sedangkan penulisnya disebut Blogger.

Umumnya blog berisi jurnal pribadi, seperti catatan harian, keluh kesah, karya, opini terhadap suatu permasalahan sampai hal-hal lainnya.

Namun, ada juga blog yang berfokus pada konten tertentu atau disebut blog Niche.

Contohnya blog yang hanya membahas mengenai SEO, teknologi, pertanian, kesehatan ataupun pendidikan.

Sehingga kesimpulannya, seorang blogger menulis di blog dengan 2 tujuan, pertama hanya hobi atau iseng saja, kedua, tujuannya yaitu untuk membuat konten tertarget yang bisa mendatangkan uang baik dari periklanan, penjualan ataupun afiliasi.

Pengertian Blog adalah sebuah website yang isinya berfokus pada konten-konten berupa tulisan, gambar, link, video dan perpaduannya.

Pengertian Blogger sendiri adalah sebutan untuk orang-orang yang suka menulis di blog.

Fungsi Blog

Blog yaitu web sederhana yang dapat dibuat oleh banyak orang.

Blog sendiri didesain sangat mudah yang bertujuan dapat dimanfaatkan oleh banyak orang. Blog memiliki fungsi seperti:

1. Sarana Berbagi Inspirasi, Catatan Hidup atau Pengalaman

Di dalam blog kamu bebas untuk menuliskan apapun, baik itu tentang curhatan pribadi, keluh kesah, catatan-catatan kecil, pengalaman pribadi atau pun hal-hal lain yang bersifat personal sepanjang tidak melanggar aturan norma atau hukum di negara masing-masing.

2. Sarana Bertukar Informasi

Di jaman saat ini, ilmu tidak hanya bisa dicari melalui buku, tapi juga bisa juga dicari secara online melalui e-book atau blog yang menyajikan informasi yang dibutuhkan.

Jika kamu mempunyai keahlian dalam satu bidang, tidak ada salahnya untuk membagikan ilmu tersebut melalui media blog, agar apa yang kamu miliki dapat dilihat dan menginspirasi banyak orang.

3. Sarana Berbisnis

Dengan blog kamu bisa membuat sebuah halaman penjualan, atau meng-generate trafik-trafik yang masuk melalui media periklanan semacam Google Adsense.

Selain itu kamu juga bisa mempromosikan produk kita dengan halaman penawaran semenarik mungkin agar orang tertarik hingga melakukan pembelian.

4. Sarana Untuk Personal Branding

Umumnya, blog juga dimanfaatkan penulisnya untuk melakukan personal branding.

Dengan menulis informasi-informasi menarik tentang hal yang disukai nama seseorang akan lebih mudah dikenal.

Setelah terkenal penulis juga dapat memanfaatkannya untuk tujuan-tujuan lain yang positif.

Bagian Bagian Blog

PENGERTIAN BLOG: Fungsi, Sejarah, Manfaat, Jenis Jenis & Contohnya

Blog memiliki bagian-bagian penting yang desainnya dapat kamu rubah sesuai keinginan dengan modifikasi tertentu pada bagian CSS ataupun dengan menggunakan template.

Berikut ini adalah bagian bagian blog secara umum;

  • Header yaitu bagian blog yang terletak paling atas. Header memuat logo website, judul/informasi blog, navigasi atau menu blog.
  • Navigasi Bar atau Navbar yaitu bagian yang terletak diatas header. Bagian ini akan muncul ketika kamu sudah login halaman blogger/wordpress yang anda kelola.
  • Main Blog atau Mainbar yabagian utama dalam blog yang berisi konten artikel yang kamu tulis berikut dengan judul postingan, tanggal, penulis dan juga konten tulisan.
  • Sidebar adalah elemen yang ada disamping mainbar, entah itu di kanan, kiri atau keduanya. Bagian sidebar umumnya menampilkan menu search, postingan terpopuler dan juga widget lainnya seperti jam, kalender, banner dan sebagainya.
  • Footer yaitu bagian blog yang terletak paling bawah, bagian footer umumnya memuat informasi singkat tentang blog, mulai dari kontak, alamat redaksi, medsos yang terhubung, informasi copyright dan template yang digunakan.

Jenis Jenis Blog

Jika kamu adalah pemula dalam dunia blogging? Di sini, kamu bisa mengetahui beberapa jenis blog yang ada. Berikut beberapa jenis blog yang bisa dimanfaatkan sesuai kebutuhan:

1. Blog Pribadi

Blog pribadi yaitu blog yang dibuat oleh perseorangan.

Blog pribadi biasanya dibuat oleh seseorang berdasarkan kepentingan pribadinya.

Umumnya blog pribadi berisi tentang pengalaman pribadi seseorang ataupun tentang hal-hal keseharian yang terjadi dalam hidup si penulis.

Blog pribadi lebih bersifat santai dan membahas tentang hal-hal sederhana.

2. Blog Niche

Blog niche yaitu blog yang kontennya berfokus pada konten tertentu.

Blog ini hanya membahas mengenai tema tertentu di dalam halamannya.

Blog niche mengandalkan keywords atau kata kunci yang tertarget agar memudahkan banyak orang untuk mengakses blog ini sesuai dengan pencarian mereka serta menambah pundi-pundi uang melalui adsense.

Kamu bisa mempromosikan produk ataupun bisnis dengan menggunakan blog ini dengan memasukkan keywords yang penting dan familiar agar dapat terdeteksi di mesin pencarian Google.

Contoh Blog Niche: amesbostonhotel.com. sugeng.id. mastahseo.com.

Baca juga: 170+ Macam-Macam Profesi Pekerjaan dan Tugasnya, LENGKAP!!

3. Blog Bisnis atau Content Marketing

Blog bisnis yaitu sebuah blog yang membahas tentang hal yang berhubungan dengan bisnis yang dijajakan di website tersebut.

Blog ini berguna untuk mendatangkan trafik penjualan ataupun menaikan otoritas website.

Sekarang blog bisnis banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan barang atau jasa seperti Tokopedia, Lazada, Niagahoster beserta beberapa provider hosting lainnya.

4. Blog Profesional

Blog ini adalah salah satu blog yang sedikit resmi dengan mengangkat suatu tema yang dianggap penting oleh kebanyakan orang dan juga penulis.

Blog profesional memiliki sifat tematik. Seperti, blog tentang otomotif, sastra, dan sebagainya. Bahasa yang ditulis di dalamnya sama sekali tidak asal sembarangan apalagi penuh dengan spam keywords.

Dari blog profesional, seseorang bisa dianggap ahli di dalam bidang tertentu dan hal ini bisa mendatangkan keuntungan.

Baik melalui periklanan, penjualan ataupun bintang tamu pada acara-acara tertentu.

5. Blog Citizen

Blog ini biasanya dikelola oleh banyak orang dalam satu kelompok yang khususnya membahas berbagai macam topik yang diharapkan bisa dinikmati oleh para pembacanya.

Contoh dari blog citizen yaitu adalah kompasiana.

Di dalam website tersebut kamu bisa mendaftarkan diri dan menulis tentang opini ataupun isu-isu yang sedang berkembang ditengah masyarakat.

6. Blog Resmi

Blog jenis ini adalah jenis blog yang jarang ditemukan dan terbatas dalam pembuatannya, karena blog ini merupakan sebuah blog yang ddibuat oleh sebuah perusahaan tertentu yang bertujuan untuk memberikan informasi tambahan mengenai produk yang mereka jual.

Sejarah Singkat Blog

Blog sendiri berasal dari kata Weblog yang pertama kali dipakai oleh Jorn Barger pada tahun 1990-an.

Pada waktu itu hanya terdapat sedikit pembuat weblog yang terkenal.

Sampai pada akhirnya, weblog lama-lama dikenal dengan sebutan blog.

Situs sederhana dari web ini dimiliki oleh Pyra Labs yang selanjutnya pada tahun 2002 diambil Google.

Dari sanalah, blog mulai mengalami perkembangan dengan menambahkan berbagai aplikasi lain.

Aplikasi-aplikasi ini bisa didesain sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah halaman yang unik dan menarik untuk dikunjungi dan dibaca.

Perbedaan Blogspot dan WordPress

Perbedaan pengertian Blogspot dan WordPress

Blogspot dan WordPress sama-sama sebagai sebuah blog dengan hosting gratis yang dibuat oleh seseorang dan juga perusahaan dengan kepentingan yang berbeda.

  • Untuk mendaftar Blogspot yang notabene adalah milik Google, kamu tidak perlu membuat akun Blogspot.
  • Kamu hanya perlu memasukkan akun email untuk memulai menulis blog. Sedangkan untuk WordPress kamu diharuskan untuk membuat akun WordPress terlebih dahulu sebelum mulai menulis konten.
  • Untuk Blogspot sendiri adalah sebuah konten milik Google dan kepemilikannya sepenuhnya milik Google. Kamu tidak memiliki hak penuh terhadap blog kamu, sehingga jika sewaktu-waktu blog kamu akan terdeteksi melanggar ketentuan, maka Google akan menghapus blog kamu tanpa persetujuan kamu terlebih dahulu.
  • Sedangkan untuk WordPress, kamu memiliki hak kepemilikan penuh, kamu dapat mengatur konten sesuka hati, karena kepemilikan konten tersebut sepenuhnya adalah otoritas kamu sendiri.
  • Untuk tampilannya sendiri, Blogspot memiliki tampilan yang sangat sederhana dan hanya dapat memuat tulisan yang pokok saja, template dari blog sendiri sangat sedikit dan juga terbatas.
  • Sedangkan, WordPress memiliki tampilan dan juga template yang lebih menarik dari blog, untuk pemilihan template WordPress lebih banyak jika dibandingkan dengan Blogspot.
  • Dengan WordPress, kamu akan lebih dengan leluasa dalam menambahkan berbagai macam aplikasi ataupun tambahan berbagai gaya yang akan menambah nilai menarik dari tulisan klamu tersebut.
  • Untuk keamanannya sendiri, Blogspot akan lebih aman dibandingkan blogspot. Karena, seperti halnya sudah dijelaskan diatas, Blogspot adalah situs web yang dimiliki penuh oleh Google.

Manfaat Blog

Blog dibuat dan diciptakan untuk bisa digunakan oleh banyak orang sebagai ajang menulis bagi mereka yang suka menulis.

Bahkan, blog sendiri tidak hanya bermanfaat bagi penulis, tapi juga bermanfaat pula bagi banyak orang khususnya bagi pembaca. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari blog :

1. Mengasah Kemampuan Menulis

Blog bisa bermanfaat bagi kamu sebagai ajang maupun wadah untuk mengasah kemampuan menulis kamu.

Dengan belajar menulis melalui blog, kamu akan lebih mudah dalam memperbaiki tulisan kamu.

Karena, kamu tahu bahwa tulisan di blog akan dibaca oleh banyak orang, berbeda dengan jika kamu menulis di buku harian ataupun catatan word  yang sangat jarang bahkan tidak akan dibaca orang lain..

2. Media Bertukar Informasi

Di sana, kamu dapat menuliskan sebuah informasi di blog kamu yang bertujuan agar banyak orang membaca informasi dari kamu dan sebaliknya, kamu akan dapat dengan mudah menemukan berbagai informasi dari blog lain.

3. Menghasilkan Uang

Blog adalah salah satu situs web yang dapat menghasilkan uang.

Dengan belajar menulis dalam blog, kamu juga belajar dalam menghasilkan uang lewat adsense.

Selain adsense, pendapatan bisa juga dihasilkan dari penempatan artikel oleh website jasa backlink, Startup, e-commerce ataupun blog review oleh para produsen agar produk yang mereka bisa hasilkan dapat lebih dikenal.

4. Sebagai Media Promosi dan Penjualan Produk

Blog menjadi salah satu platform yang dapat digunakan sebagai media promosi ataupun mengiklankan sebuah produk ataupun jasa yang dimiliki agar dapat dikenal dan dijangkau oleh banyak orang.

Kamu dapat memanfaatkan blog sebagai tempat menjual produk kamu. Karena blog sendiri akan lebih banyak dijangkau oleh masyarakat daripada media sosial lainnya.

5. Menambah Jaringan atau Relasi Kerja

Dengan menuliskan blog, kamu dapat bertukar informasi dengan banyak orang sehingga kamu juga dapat menambah jaringan kerja melalui platform ini.

7. Media Bertukar Cerita

Melalui blog, kamu dapat dengan mudah menuliskan pengalaman pribadi ataupun hal-hal yang dialami pada platform ini sehingga diharapkan banyak orang yang mengerti akan pengalaman pribadi kamu, dan sebaliknya.

Baca juga: Situs Website Penghasil Uang Langsung Masuk Rekening

8. Sebagai Media untuk Berbisnis

Kamu dapat memulai berbisnis ataupun mengenalkan bisnis kamu melalui blog, karena dengan menulis di blog bisnis akan lebih banyak dikunjungi orang dengan menambahkan kata kunci yang tentunya banyak dicari di mesin pencarian Google.

9. Sebagai Media untuk Mendapatkan Pekerjaan yang lebih Baik

Sebuah perusahaan tentu saja menginginkan karyawan dengan latar belakang yang baik.

Dengan menuliskan pengalaman ataupun tulisan dengan konten yang berkualitas diharapkan perusahaan bisa membaca tulisan kamu dan mempertimbangkan untuk diterima di perusahaan mereka.

Hal ini penting khususnya apabila kamu menginginkan profesi seperti wartawan atau penulis konten.

Struktur Blog

Blog umumnya memiliki tampilan dan tatanan struktur yang cukup beragam sehingga dapat menarik para pengunjung blog tersebut.

Namun secara umum, struktur sebuah blog terdiri dari komponen-komponen berikut, antara lain yaitu:

  • Header – Bagian atas blog, termasuk judul, deskripsi dan menu blog.
  • Bilah navigasi – Elemen ini bisa disebut menu untuk membantu pengunjung memilih dan menelusuri konten blog yang diinginkan.
  • Blog utama – Area tempat posting blog berada. Bagian ini memiliki struktur seperti judul, tanggal, nama penulis, dan kolom komentar. Di area utama sebuah blog, konten blog biasanya tidak hanya disajikan dalam bentuk tulisan saja, tetapi juga dapat berupa gambar dan video.
  • Bilah Samping –  Bilah samping blog. Umumnya berisi beberapa rekomendasi untuk artikel populer, widget, iklan, atau informasi tambahan lainnya.
  • Footer – Bagian bawah blog, kamu akan menemukan informasi penulis, kontak, formulir pendaftaran, dan alamat email.

Ciri – Ciri Blog

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri blog yang dapat Anda ketahui antara lain:

  • Nama dan alamat dapat diakses secara online.
  • Memiliki tujuan.
  • Memiliki konten atau kontribusi berupa artikel, catatan atau informasi lainnya.
  • Posting atau konten blog dapat diarsipkan (disimpan berdasarkan tanggal publikasi, bulan, tahun).
  • Konten blog terus ditambah atau diperbarui sesuai Tujuan Blog

Tujuan Blog

Berikut ini adalah beberapa tujuan dari blog yang dapat diketahui :

  • Menyampaikan informasi yang bermanfaat untuk orang lain dan diri sendiri.
  • Menyalurkan hobi yang kita miliki dan mengisi waktu luang dengan kegiatan yang bermanfaat.
  • Saling bertukar pikiran dan pengetahuan dengan pembaca blog.
  • Berbagi pengalaman  dan cerita unik mengenai perjalanan hidup.
  • Memberikan keuntungan bagi diri sendiri dan orang lain, karena dapat dimanfaatkan untuk kegiatan bisnis juga dengan tujuan blog.

Baca juga: Aplikasi Penghasil Saldo Gopay dan Ovo Terbukti Bayar

Beberapa Istilah di dalam Blog

Di setiap platform media online tentu saja memiliki beberapa istilah yang digunakan di dalamnya, begitu juga dengan blog, di dalam blog juga terdapat beberapa istilah yang sering digunakan oleh pengguna blog antara lain yaitu:

  • Blog, adalah singkatan dari weblog, suatu bentuk aplikasi web yang mirip dengan menulis di halaman website pada umumnya.
  • Blogger, istilah yang digunakan untuk orang-orang yang menulis di blog.
  • Blogroll adalah fitur yang menampilkan tautan tertentu berdasarkan apa yang Anda tambahkan. Fitur ini biasanya digunakan untuk bertukar link antar blogger.
  • Blogosphere, istilah yang dipakai untuk menggambarkan dunia yang diciptakan oleh jaringan blog.
  • Posting, aktivitas mengunggah artikel yang telah mereka buat di blog.
  • Laman, Sebenarnya hampir sama dengan halaman atau postingan, namun teks yang tertulis di halaman tersebut nantinya ditampilkan satu per satu sebagai menu pada halaman blog.
  • Komentar yaitu tempat pengunjung dapat mengomentari postingan yang Anda unggah. Komentar tersebut juga bisa berupa saran, kritik, dan diskusi.
  • Komentar SPAM, adalah komentar yang ditulis semata-mata untuk tujuan promosi atau untuk mendapatkan backlink, dan komentar yang ditulis tidak relevan dengan postingan yang dibahas.
  • Traffic yaitu orang yang mengunjungi blog atau biasa disebut dengan pengunjung blog.
  • Anchor text, adalah sebuah teks yang di dalamnya terdapat link.
  • Backlink, adalah link yang terdapat di blog lain yang mengarah ke blog kamu.
  • Tata letak yaitu bagian dari Blogger. Bagian ini untuk menambah, menghapus, atau mengatur posisi gadget atau widget pada blog.
  • Template, adalah pola atau desain yang digunakan dalam blog. Template ini sering digunakan untuk menentukan tampilan blog kamu.
  • HTML, hypertext markup language atau singkatnya HTML yaitu bahasa yang digunakan untuk membuat tampilan website.
  • JavaScript, yaitu bahasa pemrograman yang khusus untuk halaman web agar halaman web terlihat lebih hidup.

Cara Membuat Blog

Cara membuat blog yang pertama yaitu harus dilakukan adalah, kamu harus memiliki alamat email terlebih dahulu.

Baik email dari Gmail, Outlook, atau Yahoo. Untuk membuat blog pertama-tama adalah dengan cara menggunakan Gmail.com untuk membuat Blog di Blogger.com:

  • Yang pertama, silakan kunjungi https://www.blogger.com.
  • Saat halaman pendaftaran terbuka, perhatikan sudut kanan atas dan ubah ke bahasa Indonesia agar lebih jelas.
  • Silakan masuk langsung menggunakan nama pengguna dan kata sandi Gmail kamu (kamu dapat masuk ke Blogger dengan akun email kamu).
  • Klik tombol Blog Baru. Masukkan nama judul blog dan alamat blog yang diinginkan. Perlu diingat bahwa kamu harus serius saat membuat alamat blog (kecuali nanti kamu menggantinya dengan domain khusus), karena kamu tidak bisa mengganti alamat blog secara permanen. Jika alamat yang diinginkan tidak tersedia, masukkan alamat lain yang masih tersedia. Jika kamu memiliki alamat blog yang tersedia, klik panah yang bertuliskan blog baru.
  • Kemudian pilih template yang diinginkan (Anda dapat mengubah template ini kapan saja nanti) dan klik Buat Blog.
  • Klik tombol Mulai Blog untuk melanjutkan.
  • Setelah masuk Post Editor, lengkapi data-data yang diarahkan  (disarankan posting langsung agar Blog kamu tidak di Lock). Contoh: Welcome 2022. Klik tombol preview untuk melihat iklan yang nantinya akan muncul di blog kamu. Jika ingin mempublikasikan postingan kamu, klik tombol Publish Entry, maka postingan kamu akan dipublikasikan ke publik.
  • Selesai.

Kelebihan dan Kekurangan Blog

Di bawah ini adalah kelebihan dan kekurangan dari blog, yaitu:

Kelebihan

Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh blog, antara lain yaitu:

  • Melalui weblog, kamu dapat mengembangkan hubungan dengan teman dan orang-orang yang baru dikenal menjadi sebuah komunitas  besar.
  • Blog melebihi email dalam fungsinya, karena satu postingan blog yang kamu unggah dapat dibaca oleh pengunjung yang tidak terbatas. Berbeda dengan email yang hanya bisa dibaca oleh pengirimnya.
  • Pengunjung blog dapat dengan cepat memberikan pendapatnya terhadap konten yang dibuat dengan komentar yang dapat ditulis langsung di blog.
  • Weblog juga bisa digunakan sebagai media publikasi, media periklanan, bisnis perusahaan, buku harian, dan banyak lagi.

Kekurangan

  • Penggunaan blog biasanya rentan terhadap virus.
  • Rentan terhadap hacker dan peretas.
  • Terikat dengan peraturan yang dibuat oleh Google.
  • Tulisan yang dibuat kurang bisa dipertanggung jawabkan.
  • Template yang disediakan cukup sedikit atau kurang banyak pilihan.

Kesimpulan

Blog adalah website berupa media online yang berisi berbagai informasi seperti artikel, foto, video, dan lain-lain yang di update secara berkala.

Blog juga bisa dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis seperti sebagai media promosi dan lain-lain.

Oleh karena itu jika kamu ingin memajukan bisnis maka blog dapat menjadi salah satu media untuk publikasi yang cukup efektif.

Dan kamu juga harus mempunyai akun email terlebih dahulu jika akan membuat Blog, karena itulah penting untuk mengetahui pengertian blog: fungsi, sejarah, manfaat, jenis jenis & contohnya seperti penjelasan di atas.

Baca Juga:

Tinggalkan komentar