170+ Macam-Macam Profesi Pekerjaan dan Tugasnya, LENGKAP!!

Terdapat berbagai macam profesi di Indonesia, mulai dari bidang jasa, transportasi, kesehatan, keamanan, perkantoran sampai tenaga ahli sangat dibutuhkan oleh perusahaan swasta dan pemerintah.

Selain itu, pekerjaan juga dibutuhkan untuk mendapatkan sumber pendapatan guna memenuhi kebutuhan hidup dan masa depan.

Sebuah profesi akan membutuhkan skill atau kemampuan khusus untuk bisa menjalankan tugasnya dengan baik.

Bahkan ada banyak sekolah khusus yang mendalami tiap-tiap bidang dan memberikan jaringan (link) untuk bisa mendaftar ke pekerjaan yang di inginkan.

Berikut ini adalah daftar macam-macam profesi pekerjaan dan tugasnya, lengkap!! yang ada sampai saat ini dan sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga: INTERAKSI SOSIAL: Pengertian, Syarat, Macam Macam, Contoh dan Gambarnya, LENGKAP!

Pembagian Profesi Sesuai Bidang Pekerjaan

Di bawah ini adalah pembagian profesi sesuai dengan bidang pekerjaan yang ditekuni, yaitu:

Macam-Macam Profesi Pekerjaan dan Tugasnya di Bidang Teknik

Macam-Macam Profesi Pekerjaan dan Tugasnya di Bidang Teknik

1. Arsitek

Arsitek yaitu seorang ahli yang bekerja dalam bidang ilmu bangunan (arsitektur) dan wajib memiliki kemampuan sebagai perencana, perancang desan, perkiraan anggaran dan pengontrolan pembangunan sampai proyek berakhir.

Tugas seorang arsitek :

  • Mengelola tata ruang sebuah bangunan
  • Menata letak bangunan yang mempunyai keterikatan fungsi
  • Menentukan konsep desain interior maupun eksterior
  • Menentukan jenis dan letak instalasi listrik pada bangunan
  • Menentukan letak instalasi pipa air dan ventilasi udara pada sebuah bangunan
  • Melakukan penentuan anggaran biaya pembangunan

2. Insinyur Elektro

Insinyur elektro yaitu seseorang yang memiliki keahlian dalam bidang kelistrikan baik itu perencangan, pembangunan dan pemeilharaan sesuai SOP yang berlaku.

Untuk sistem kelistrikan yang ditangani bisa dalam skala besar dan kecil seperti contoh pegawai PLN maupun teknisi elektro sebuah bangunan bertingkat.

Baca juga: Apa Itu Bachelor Degree, Undergraduate, Graduate dan Postgraduate

3. Insinyur Mekanik

Insinyur mekanik yaitu seorang yang memiliki keahlian (spesialis) dalam hal desain, produksi, pemasangan dan juga pemeliharaan komponen mesin dalam skala besar seperti di pabrik atau mesin industri.

Insinyur mekanik merupakan seorang lulusan teknik mesin handal yang mampu mengoptimalkan kinerja mesin sehingga bisa mengurangi konsumsi energi, mengurangi hasil limbah dan meningkatkan efisiensi waktu

4. Insinyur Penerbangan

Insinyur penerbangan yaitu seorang yang ahli dalam membuat pesawat terbang baik itu jenis helikopter maupun pesawat komersial.

Untuk tugas spesifik utamanya yaitu berurusan dengan pengaruh kinerja aerodinamika dan termodinamika atau pengaturan gas dan udara sehingga sebuah pesawat memiliki kemampuan untuk terbang.

5. Insinyur Perminyakan

Insinyur Perminyakan yaitu seorang ahli dalam teknik perminyakan dimana mampu membuat perkiraan dan menghitung nilai ekonomis dalam sebuah sumur sumber minyak dan gas.

Selain itu insinyur perminyakan juga ikut serta dalam mengembangkan rencana pengeboran ladang minyak dan gas.

Sehingga tidak heran jika gaji seorang insinyur perminyakan sangat tinggi.

6. Insinyur Sipil

Insinyur Sipil yaitu seorang ahli dalam hal merancang dan mensupervisi pembangunan infrastruktur seperti bangunan, jalan, bandara, terowongan, jembatan dan mendesain sistem penyimpanan air juga pembuangan kotoran.

Orang yang bergelut dalam dunia ini biasanya akan menjalani studi teknik sipil, yang sangatlah berbeda dengan dunia arsitektur.

7. Insinyur Metalurgi

Insinyur Metalurgi yaitu seseorang yang mempelajari sifat-sifat logam dan mengkaji proses pengolahan rekayasa mineral dan logam.

Untuk ruang lingkup ilmu metalurgi yaitu pengolahan mineral (mineral dressing) ekstraksi logam dari konsentrat mineral (metalurgi ekstraksi).

Sehingga hasil olahan metal tersebut biasanya dipakai dalam dunia industri seperti pabrik nikel, baja, aluminium, dan lainnya.

8. Insinyur Mekatronika

Insinyur Mekatronika yaitu seorang ahli yang mampu merancang, membuat dan memelihara produk berkaitan dengan komponen mekanik dan elektronik.

Sehingga suatu produk akan dikembangkan oleh para insinyur mampu bekerja lebih handal, ekonomis dan serbaguna.

Contohnya seorang insinyur mekatronika akan melakukan pengembangan dan implementasi teknologi robotik dalam dunia industri yang akan memudahkan pekerjaan manusia.

9. Insinyur Nuklir

Insinyur nuklir yaitu seorang ahli yang meneliti dan mengembangkan proses, sistem dan instrumen nuklir untuk dimanfaatkan energinya dan radiasi yang dipancarkan.

Selain itu juga mampu merancang dan memantau pengobrasian instalasi pembangkit nuklir untuk menghasilkan tenaga.

10. Insinyur Kimia

Insinyur kimia yaitu seorang ahli yang memiliki tugas dan tanggung jawab dalam merancang dan melakukan pengawasan proses kimia dalam skala pabrik.

Proses ini juga dikenal dengan istilah “proses insinyur” atau “engineering process”.

Seorang insinyur teknik kimia bekerja di beberapa pabrik seperti pabrik pupuk, pabrik shampo, pabrik etanol, dan lainnya.

Baca juga: Contoh Bahasa Pemrograman Komputer dan Tingkatannya (3 Level)

12. Insinyur Pemrograman

Insinyur pemograman (programmer) yaitu seorang ahli yang mampu membuat program dan aplikasi berbasis web, mobile maupun PC untuk memudahkan pekerjaan manusia.

Bisa dipastikan jika seroang programer akan menguasai bahasa pemrograman seperti PHP, Java, C++, Visual Basic, dan sebagainya.

Tugas Programmer meliputi :

  • Merancang kebutuhan program
  • Membuat flowchart
  • Menulis Coding Program
  • Melakukan pengujian program
  • Mengembangkan program aplikasi

12. Welder

Welder yaitu seorang ahli yang menguasai bidang pengelasan atau penyambungan benda seperti besi, baja, alumunium dan logam lain.

Sedangkan underwater walder yaitu seseorang yang melakukan perbaikan atau pengelasan pipa bawah laut yang memiliki resiko tinggi namun gaji yang didapatkan juga sangat besar.

13. Insinyur Geologi

Insinyur geologi yaitu seorang ahli yang menguasai ilmu geologi dan mampu melakukan analisis terhadap material bumi termasuk risiko bencana geologi yang bisa saja terjadi.

Karena faktor geologi sangat berpengaruh terhadap pembangunan dan infrastruktur yang akan kerjakan, hal ini bertujuan untuk mengurangi kerugian terhadap pembangunan yang dilakukan.

14. Insinyur Biomedis

Insinyur biomedis yaitu seorang ahli yang mampu menggabungkan antara ilmu kedokteran dengan sisi ilmu teknik seperti merancang instrumen perangkat lunak untuk perawatan kesehatan.

Selain itu juga turut mengembangkan prosedur baru menggunakan prinsip dan keterampilan teknik, contohnya seperti membuat organ buatan, robot bedah dan obat-obatan terbaru.

Baca juga: PENGERTIAN WEBSITE: Fungsi, Sejarah, Kegunaan, Jenis Jenis & Contoh Web

15. Insinyur Industri

Insinyur industri yaitu seorang yang bertugas untuk merancang sebuah sistem yang efisien dan mampu mengintegrasikan antara bahan, mesin, pekerja dan energi untuk membuat sebuah produk.

Dengan adanya insinyur industri seperti contoh limbah industri juga bisa ditekan dan efisiensi waktu bisa dimaksimalkan.

16. Insinyur Komputer

Insinyur komputer yaitu seorang ahli yang mampu mengimplementasikan, mengembangkan juga menguji sebuah komponen komputer baik itu hardware maupun software.

Selain itu juga harus mengembangkan kemampuan mikroprsesor, chip dan komponen lain agar kinerja komputer lebih maksimal yang terintegrasi dengan sistem komputer.

17. Insinyur Kelautan

Insinyur kelautan yaitu seorang yang bertanggung jawab terhadap pengoperasian mesin dan juga sistem kapal agar tetap berjalan efektif dan aman terhadap lingkungan.

Selain itu juga terlibat terhadap proses desain, konstruksi, instalasi dan pemeliharaan mesin propulsi utama dan mesin bantu untuk semua jenis kapal.

18. Montir

Montir yaitu seseorang yang memiliki keahlian dalam hal memasang dan memperbaiki mesin kendaraan baik motor dan roda empat dengan menggunakan peralatan yang ada di bengkel.

Montir biasanya disebut sebagai mekanik kendaraan karena mampu menguasai mekanisme mesin dan struktur kendaraan.

Tugas Montir

  • Membuat perkiraan penyebab kerusakan kendaraan
  • Melakukan perbaikan kendaraan
  • Melakukan pengecekan kendaraan untuk menanggulangi kerusakan
  • Melakukan service dan perawatan kendaraan
  • Macam-Macam Profesi Pekerjaan di Bidang Kesehatan
  • Profesi Pekerjaan di Bidang Kesehatan

19. Perawat

Perawat yaitu seorang tenaga professional yang memiliki tanggung jawab, wewenang dan kemampuan dalam memberikan perawatan kepada pasien yang sedang mengalami masalah kesehatan.

Tugas Perawat :

  • Merawat pasien dan memastikan kondisinya dalam keadaan baik
  • Memberikan obat sesuai dengan resep dokter
  • Menjaga pasien untuk terus memeriksa kondisi tubuh pasien secara berkala
  • Memberikan perhatian khusus dan motivasi untuk bisa sembuh

20. Dokter

Dokter yaitu tenaga ahli yang bergerak dalam bidang kesehatan dan menjadi titik kontak pertama antara pasien dengan dokter untuk menyelesaikan permasalahan kesehatan terkait penyakit yang diderita.

Tugas Dokter :

  • Dokter gigi bertugas untuk menangani pasien yang memiliki masalah kesehatan mulut
  • Dokter THT bertugas untuk menangani pasien yang memiliki masalah kesehatan telinga, hidung dan tenggorokan
  • Dokter anak bertugas untuk menangani masalah kesehatan atau penyakit anak
  • Dokter jantung bertugas untuk menangani pasien terkait pemasalahan denyut jantung abnormal karena factor internal.

21. Bidan

Bidan yaitu seseorang yang menyelesaikan program pendidikan kebidanan dan telah diakui secara resmi dan memenuhi kualifikasi untuk mendapatkan izin yang sah untuk membuka praktik.

Tugas Bidan

  • Mendampingi wanita untuk memastikan kesiapan kesehatan fisik dan emosional sebelum melahirkan
  • Melakukan pemantauan kesehatan ibu dan kandungan
  • Memberikan asuhan kebidanan kepada ibu hamil
  • Membantu jalannya persalinan
  • Mendampingi dan memantau tumbuh kembang bayi
  • Melakukan pelayanan Keluarga Berencana (KB)

22. Apoteker

Apoteker yaitu profesi yang telah mengucapkan sumpah jabatan dalam bidang ilmu kesehatan dan kimia setelah lulus ujian kompetensi apoteker.

Biasanya seorang apoteker bisa bekerja di berbagai bidang atau juga bisa membuka usaha apotek secara mandiri.

Tugas Apoteker

  • Mendesain, memproduksi dan mendistribusikan obat
  • Meracik obat untuk menyembuhkan penyakit pasien
  • Melakukan konsultasi dengan pasien
  • Mengawasi obat yang diresepkan oleh dokter
  • Menghitung dosis dalam obat-obatan sesuai dengan pasien

23. Ahli Gizi

Ahli gizi yaitu profesi yang bertugas mengupayakan pemeliharaan dan perbaikan gizi masyarakat dan individu yang datang langsung untuk konsultasi.

Seorang ahli gizi akan memberikan panduan dan juga informasi kebutuhan gizi yang dibutuhkan agar tubuh menjadi sehat.

Baca juga: Cara Penulisan Gelar Sarjana D3 S1 S2 S3 yang Benar Terbaru

Contohnya seorang ahli gizi yang bekerja dirumah sakit maka mereka akan mengawasi kebutuhan gizi pasien yang menjalani rawat inap dengan cara menyiapkan menu khusus sesuai yang dibutuhkan dan kondisi penyakit yang diderita.

24. Fisioterapis

Fisioterapis yaitu seorang ahli di bidang kesehatan yang mampu memberikan pelayanan untuk mengembangkan, memelihara dan memulihkan fungsi gerak pada tubuh dengan penanganan secara manual.

Umumnya yang datang ke seorang fisioterapis adalah yang mengalami cedera akibat terjatuh ataupun disposisi tulang.

25.  Penyuluh Kesehatan

Penyuluh kesehatan yaitu seseorang yang memberikan pendidikan kesehatan kepada masyarakat luas dengan cara terjun langsung ke lapangan (public health education) dengan tujuan untuk meningkatknya kesadaran akan pentingnya kesehatan.

Umumnya mereka akan terjun langsung ke daerah-daerah tertinggal dimana kesadaran akan kebersihan dan kesehatan sangat minim sehingga membutuhkan edukasi lebih.

Penyuluh kesehatan ini bisa dari dinas kesehatan maupun aktivis kesehatan yang memiliki pengetahuan lebih.

26. RadioGrapher

Radiografer yaitu seorang pelayan kesehatan yang diberikan wewenang atau tugas oleh pejabat setempat untuk melakukan pelayanan radiologi di pusat pelayanana kesehatan seperti rumah sakit, dan lainnya.

Seorang RadioGrapher yang akan menggunakan peralatan medis seperti CT scan, rontgen, MRI dan sebagainya untuk melayani masyarakat.

27. Ahli Forensik

Ahli forensik yaitu seorang dokter spesialis yang bertugas untuk mengelola barang bukti medis dari manusia baik yang masih hidup atau yang sudah meninggal untuk dijadikan barang bukti dalam kasus hukum, termasuk untuk kebutuhan identifikasi korban.

28. Laborant

Laborant yaitu tenaga kependidikan dalam dunia kesehatan yang bekerja di laboratorium untuk membantu menginventariskan semua peralatan dan bahan yang dipakai untuk praktikum ataupun penelitian.

2. Macam-Macam Profesi Pekerjaan dan Tugasnya di Bidang Perbankan

2. Macam-Macam Profesi Pekerjaan dan Tugasnya di Bidang Perbankan

Beberapa diantara macam-macam profesi pekerjaan dan tugasnya, yaitu:

29. Teller

Dalam dunia perbankan, Teller yaitu jabatan yang dikenakan pada karyawan yang berada pada bilik counter.

Umumnya, perekrutan posisi Teller cukup ketat, dikarenakan oleh kewajiban yang dituntut demi citra dari bank itu sendiri.

Teller memiliki job desk untuk melayani tamu atau nasabah dalam hubungan transaksi cash flow, pembayaran dan penerimaan tunai.

Dalam kesehariannya, Teller diawasi cukup ketat oleh Head Teller atau yang juga disebut sebagai Cash Officer.

30. Auditor

Auditor yaitu sebuah posisi yang berkewenangan untuk melakukan proses auditing (proses sistematis demi mengevaluasi peristiwa dan kegiatan ekonomi).

Para auditor harus memastikan keakuratan setiap bukti laporan keuangan agar tetap selaras dengan hukum.

Hasil evaluasi dari Auditor akan dilaporkan kepada komisaris bank, dan auditor dianggap sebagai salah satu ‘pejabat bank’, dan sudah pasti, dalam menempati posisinya, hanya individu-individu dengan kualifikasi dan kemampuan terbaik yang akan terpilih.

Baca juga: PENGERTIAN KEWIRAUSAHAAN: Proses, Ciri-Ciri & Sifat Wirausaha Menurut 2 Para Ahli

31. Account Officer

Account Officer yaitu posisi jabatan dengan tugas sebagai pencari nasabah bagi sebuah bank dalam kaitan perkreditan.

Tidak berhenti pada pencarian saja, para AO juga berkewajiban dalam mengelola kredit para nasabah, secara umum.

Account Officer harus bijak dalam memilih para nasabah, dengan mengevaluasi apakah sasaran mereka sudah memenuhi kriteria dan kelayakan yang sesuai dengan peraturan bank.

Setelahnya menyusun perencanaan dan usaha yang patut untuk dibiayai.

32. Funding Officer

Funding Officer adalah salah satu posisi atau jabatan yang dikenal dalam dunia perbankan atau pekerjaan lain yang berhubungan dengan pembiayaan, dengan peranan tugas utamanya yaitu mencari nasabah sebagai sumber utama bank.

Funding Officer juga berkewajiban untuk memperkenalkan dan mempromosikan beragam jenis produk dari Bank yang bersangkutan.

Funding Officer dengan kinerja baik akan mampu meningkatkan jumlah nasabah pada bank itu sendiri.

33. Customer Service

Customer Service yaitu sebuah divisi pekerjaan dimana tugas yang diemban ialah mempertahankan hubungan baik antara customer dan perusahaan.

Meski terlihat sangat simple, namun CS memiliki peranan vital dan mampu mempengaruhi citra perusahaan.

Dalam dunia perbankan, Customer Service berkewajiban membantu nasabah menyelesaikan berbagai kendala dan masalah yang terjadi.

Contoh umum yaitu membuat berbagai jenis administrasi perbankan, seperti membuka tabungan baru hingga cetak buku tabungan.

34. Auditor

Auditor yaitu profesi yang bertugas untuk melakukan pemeriksaan segala bentuk operasional bank agar bisa berjalan sesuai dengan aturan dan sistematis.

Seorang auditor harus bertanggung jawab kepada direksi terhadap hasil pemeriksaan yang dilakukan kepada komisaris Bank.

35. Sales Officer

Dalam sebuah lembaga keuangan termasuk perbankan, Sales Officer menjadi sebuah posisi jabatan atau divisi dengan tanggung jawab dengan penjualan aneka produk yang ditawarkan oleh sebuah bank seperti tabungan, kartu kredit, deposito, giro, dan lainnya.

Sales Officer juga berperan dalam memperlebar jalinan mitra bisnis sehingga membangun jalur pemasaran dan penjualan produk keuangan, salah satunya yaitu dana investasi.

Karena itu, skill komunikasi individual sangatlah penting bagi Sales Officer.

3. Macam-Macam Profesi Pekerjaan dan Tugasnya di Bidang Ekonomi

Macam-Macam Profesi Pekerjaan dan Tugasnya di Bidang Ekonomi

Beberapa macam-macam profesi pekerjaan dan tugasnya di Bidang Ekonomi yaitu:

36. Akuntan

Akuntan yaitu mereka yang ahli dalam bidang akuntansi dan telah lulus menempuh pendidikan di fakultas ekonomi.

Dan tugas seorang akuntan yaitu menyusun, mengawasi dan memperbaiki tata kelola administrasi dalam instansi pemerintah ataupun perusahaan.

Selain itu akuntan juga memonitor dan mencatat alur keuangan agar tidak meleset dari target dan anggaran biaya yang telah ditetapkan.

Baca juga: PENGERTIAN AKUNTANSI: Fungsi, Tujuan, Sejarah & Bidang Bidang Akuntansi

37. Analis Keuangan

Analis keuangan yaitu seorang ahli yang bertugas menganalisis kelangsungan kegiatan usaha, baik itu stabilitas dan profitabilitasnya.

Sehingga seorang analis keuangan akan menyajikan hasil analisanya dalam bentuk data berupa laporan keuangan.

Dan hasil tersebut akan dilihat oleh pimpinan sebuah perusahaan untuk menentukan kebijakan yang akan diambil atau yang lebih dikenal dengan istilah financial leverage.

38. Analis Kredit

Analis kredit yaitu seseorang yang bertugas untuk menganalisa kelayakan pemohon kredit baik perorangan maupun perusahaan serta menganalisa data pinjaman yang sudah ada.

Untuk data-data yang akan diperhitungkan seperti metode pembayaran, informasi tabungan, jumlah pendapatan yang diterima dan aktivitas pembelian klien dalam kurun waktu terakhir.

Hal ini bertujuan untuk memastikan apakah kucuran kredit yang diberikan bisa berjalan aman dan juga kepastian pinjaman akan dikembalikan sesuai dengan waktu kesepakatan.

39. Konsultan Keuangan

Konsultan keuangan yaitu seseorang yang bertugas membantu mengelola keuangan klien berkaitan dengan urusan pajak, asuransi, utang piutang dan investasi.

Seorang konsultan keuangan memiliki peran besar dalam memberikan konsultasi atau solusi yang tepat terhadap perencanaan keuangan klien agar tidak salah dalam mengalokasikan dana keuangannya.

40. Analis Riset Pasar

Analis riset pasar yaitu seorang ahli yang menganalisis kelayakan pemasaran suatu produk.

Adapun analisa dilakukan secara sistematis dimana berawal dari merumuskan masalah, mengumpulkan dan mengolah data serta mengevaluasi dalam bentuk laporan analisis pemasaran.

41. Konsultan Pajak

Konsultan pajak yaitu seseorang yang bertugas membantu mengurus mereka individu atau perusahaan terkaitan kewajiban membayar pajak.

Baca juga: KEBIJAKAN FISKAL DAN MONETER: Pengertian, Tujuan, Macam & Jenis Jenisnya

Dengan adanya konsultan pajak, maka orang yang masih awam bisa berkonsultasi dan bisa menjalankan kewajiban perpajakan dengan baik.

42. Sekretaris

Sekretaris yaitu seseorang yang memiliki peran penting dalam sebuah bisnis termasuk di antaranya mengatur tugas kantor, menjalankan perintah atasan

43. Aktuaris

Aktuaris yaitu seorang ahli yang mampu mengimplementasikan teori matematika, statistika, probabilita dan ilmu ekonomi untuk mengukur dan memanajemen risiko ketidakpastian usaha.

Dan dengan bantuan seorang aktuaris maka bisa diperhitungkan perihal permasalahan bisnis apa saja yang bisa terjadi, kapan dan berapa jumlah dana yang harus disisihkan untuk mengatasinya.

Kemampuan logika dan analisa seorang aktuaris memang harus kuat, hal ini akan terlatih seiring pengalaman dan ilmu aktuaria yang dipelajarinya.

4. Macam-Macam Profesi Pekerjaan dan Tugasnya di Bidang Pendidikan

Macam-Macam Profesi Pekerjaan dan Tugasnya di Bidang Pendidikan

Beberapa macam-macam profesi pekerjaan dan tugasnya di Bidang Pendidikan, yaitu :

44. Guru

Guru yaitu orang yang mengajarkan pengetahuan, memberikan bimbingan, melakukan pengajaran dan memberikan evaluasi terhadap ilmu yang telah diberikannya kepada peserta didik sebagai bahan penilaian.

Tugas Guru

  • Melatih Peserta didik
  • Memberikan bimbingan dan pengarahan
  • Mengajarkan Ilmu dan Budi Pekerti
  • Melakukan evaluasi
  • Memberikan penilaian
  • Memberikan Motivasi

45. Dosen

Dosen yaitu seorang pendidik professional yang mengajar pada jenjang pendidikan tinggi atau perkuliahan yang disebut dengan seorang ilmuan.

Selain melakukan pengajaran, seorang dosen dapat terus melakukan penelitian sesuai bidang keahlian dan mempublikasikannya dalam bentuk karya tulis ilmiah.

Tugas Dosen :

  • Mempersiapkan bahan-bahan perkuliahan
  • Membimbing mahasiswa skripsi
  • Menjadi penguji dalam sidang
  • Melakukan penelitian ilmiah
  • Pemegang otoritas dalam bidang spesialisnya
  • Membantu masyarakat dengan memberikan penyuluhan

46. Rektor

Rektor yaitu sebuah profesi yang ditujukan untuk pemimpin sebuah perguruan tinggi di Indonesia baik negeri ataupun swasta yang memiliki kewajiban dalam memajukan ilmu pengetahuan melalui pendidikan dan penelitian juga mampu berkontribusi maksimal kepada masyarakat luas.

47. Pustakawan

Pustakawan yaitu seseorang yang telah menempuh pelatihan ataupun pendidikan kepustakawanan dan memiliki tanggung jawab untuk mengelola dan memberikan pelayanan di perpustakaan.

48. Kepala Sekolah

Kepala sekolah yaitu seseorang pemimpin yang bertanggung jawab dalam menentukan sebuah kebijakan, aturan serta mensukseskan proses kegiatan belajar mengajar di sekolah.

49. Tutor

Tutor yaitu seorang pengajar mata pelajaran tertentu yang bekerja di lingkungan formal (sekolah) dan non-formal (bimbel/kursus) dengan mampu memberikan bidang keilmuan secara lebih mendalam kepada siswa yang diajarkan.

Baca juga: Cara Penulisan Gelar Sarjana D3 S1 S2 S3 yang Benar Terbaru

5. Macam-Macam Profesi Pekerjaan dan Tugasnya di Bidang Seni

Macam-Macam Profesi Pekerjaan dan Tugasnya di Bidang Seni

Berikut daftar macam-macam profesi pekerjaan dan tugasnya di Bidang Seni, yaitu:

50. Fashion Designer

Fashion Desainer yaitu orang yang memiliki keahlian khusus dalam merancang dan membuat pakaian dengan penuh kreativitas tinggi dan menarik untuk dikenakan.

Tugas Fashion Designer

  • Memvisualisasikan ide pakaian dengan tangan atau menggunakan komputer
  • Bekerjasama dengan tim desain untuk mengembangkan produk pakaian
  • Memastikan busana sesuai dengan pelanggan atau pasar
  • Melakukan pengawasan terhadap aktivitas produk

51. Seniman

Seniman (artist) yaitu istilah subjektif yang merujuk pada seseorang yang memiliki sifat kreatif, inovatif dan mahir dalam bidang seni.

Kata artis ditujukan pada mereka yang mampu menciptakan sebuah karya seni seperti patung, lukisan, sastra, musik dan film.

52. Penari

Penari yaitu seseorang yang mampu menggerakkan tubuhnya seirama dengan musik dan penuh penghayatan dalam menyampaikan maksud, pikiran dan juga perasaannya.

Tugas Penari

  • Mengekspresikan karakter peran waktu menari
  • Mengkomunikasikan gagasan dalam sebuah tari
  • Memiliki kemampuan menghafal gerakan tari
  • Melestarikan tarian tradisional yang ada di Indonesia

53. Penulis

Penulis yaitu seseorang yang melakukan pekerjaan menulis atau menciptakan sebuah karya dalam goresan tinta (karya tulisan).

Ada beberapa sub bidang penulis yang bisa ditekuni seperti contoh penulis novel, naskah, cerpen maupun penulis buku.

Baca juga: Cara Cek dan Daftar DTKS Online Lewat HP di Kemensos.Go.Id Terbaru

Tugas Penulis

  • Mengumpulkan bahan referensi yang akan dijadikan rujukan tema penulisan
  • Menuangkan gagasan dan ide dalam sebuah tulisan (karya tulis)
  • Memberikan info kepada pembaca apa yang perlu dipahami
  • Menyunting naskah bersama editor sebelum dicetak

54. Wartawan / Jurnalis

Wartawan yaitu orang yang melakukan kegiatan di bidang jurnalistik baik itu mencari, mengumpulkan, mengolah dan menyajikan informasi atau berita untuk di muat di media massa secara luas seperti televise, radio, koran, dan lainnya.

Tugas Wartawan

  • Mendapatkan berita dengan cepat
  • Memberikan opini kepada suatu peristiwa
  • Melakukan pengawasan secara sigap
  • Menyiapkan pertanyaan untuk meliput berita
  • Menggali keterangan kepada nara sumber
  • Menyimpulkan keterangan nara sumber

55. Sutradara

Sutradara yaitu profesi yang bertugas untuk mengarahkan seorang talent (artis) saat pembuatan film agar sesuai dengan skrip yang telah dibuat.

Selain itu seorang sutradara juga bertanggung jawab dan terlibat saar proses casting maupun memberikan pendapat terhadap hasil editing film.

56. Produser

Produser yaitu seorang pembuat film yang akan mengatur akan kebutuhan administrasi, budgeting, memilih lokasi syuting, mencari talent dan juga memastikan segala sesuatunya berjalan dengan baik hingga sebuah film jadi dan siap ditayangkan.

57. Aktor/Aktris

Aktor/aktris yaitu seseorang yang memainkan peran tertentu dalam sebuah film, sinetron ataupun acara tv.

Umumnya seorang aktor/aktris telah dilatih atau menempuh pelatihan kusus baik di sanggar atau di sekolah sandiwara untuk melatih skill dalam memainkan peran.

58. Kurator

Kurator yaitu profesi spesialis yang bertugas sebagai pengawas atau pengurus di sebuah institusi warisan budaya dan seni seperti museum, galeri foto, perpustakaan dan pameran seni.

Seorang kurator yang akan mencatat, menjaga, merawat dan menafsirkan koleksi warisan berupa karya seni kepada masyarakat yang berkunjung.

Jadi jika melihat sebuah museum ataupun galeri seni terlihat rapi dan terawat maka itu semua merupakan jasa dari seorang kurator.

59. Pelukis

Pelukis yaitu seseorang yang mampu menciptakan sebuah karya seni 2 dimensi pada bidang datar.

Dan hasil karya seorang pelukis biasa digunakan untuk mempercantik sebuah bangunan ataupun ruangan.

Bahkan untuk seorang pelukis terkenal hasil karya lukisannya bisa di hargai sampai ratusan juta rupiah.

60. Penyanyi

Penyanyi yaitu seorang individu yang mampu mengeluarkan dan mengikuti melodi berirama dengan suara alami, dengan ataupun tanpa iringan musik.

Penyanyi juga menjadi salah satu profesi dalam dunia seni dan hiburan (entertainment).

Profesi sebagai penyanyi dibedakan menjadi dua, yaitu solois penyanyi tunggal dan penyanyi group (ansambel, akapela, hingga paduan suara.

Profesi penyanyi cukup memikat banyak orang, karena kesempatan yang ditawarkan untuk memperoleh ketenaran.

61. Pemahat

Pemahat yaitu sebuah profesi bagi seseorang yang menekuni seni patung atau seni pahat sebagai profesi profesional (mata pencaharian).

Seni patung sendiri merupakan cabang seni dimana pemahat mampu menciptakan sebuah karya dalam bentuk 3D.

Kemampuan memahat atau menciptakan sebuah modelling dalam bentuk 3 dimensi adalah sebuah talenta yang tidak setiap orang miliki.

Oleh karena itu, hasilnya bisa terlihat melalui pahatan-pahatan yang dijual dengan harga yang cukup memukau.

67. Komposer

Seorang komposer atau juga yang disebut komponis yaitu sebuah julukan yang diberikan pada seseorang yang menciptakan dan menulis sebuah karya komposisi berbentuk instrumental ataupun vokal, dan meneruskan hasil tersebut kepada orang yang memainkan.

Pekerjaan dan profesi ini tidak sembarang orang dapat terjun ke dalamnya, di Indonesia, beberapa nama ini merupakan para composer tersohor dengan kemampuan memukau, seperti: Addie MS (pendiri Twilite Orchestra), Elfa Secioria, dan Andi Rianto.

68. Komikus

Komikus yaitu sebuah julukan profesional buat seorang yang membuat komik, keahlian komikus pada umumnya seringkali adalah seseorang dengan keahlian menggambar yang baik, sehingga mampu mengilustrasikan cerita ke dalam sebuah buku komik.

Julukan komikus dikenakan kepada para illustrator atau pelukis komik, walau individu tersebut bukanlah sang penulis cerita.

Hanya saja, penulis dan pe-ngalur cerita dalam sebuah komik tidak dapat menyandang gelar sebagai komikus.

69. DJ

DJ menjadi satu profesi modern yang digandrungi oleh banyak kalangan muda-mudi, namun, DJ sebagai julukan bagi individu yang terampil dalam memadupadankan (memilih dan memainkan) lagu dan musik.

Seorang DJ akan memilih lagu-lagu yang telah direkam (lagu populer dan telah beredar), lalu mengeditnya dengan media diska (cangkram) dengan beragam efek-efek suara yang menjadikan musik lebih hidup dan menyenangkan.

Baca juga: Kerja Di NASA

70. Dalang

Dalang yaitu nama dari seorang yang memainkan boneka-boneka wayang dalam sebuah pagelaran pewayangan.

Wayang yaitu pertunjukan tradisional Indonesia yang berasal dari Suku Jawa dan Bali, dan proses penyampaian cerita dari dalang disebut dengan ndalang.

Jaman dulu, seringkali profesi dalang diturunkan dari generasi ke generasi dalam keluarga (dari ayah ke anak).

Namun sekarang, siapa-pun juga bisa mempelajari ilmu mendalang di berbagai perguruan tinggi seni yang ada di Indonesia.

71. Model

Dalam Bahasa Indonesia, seorang model bisa juga disebut sebagai seorang peragawan (pria) dan peragawati (wanita), dipekerjakan dalam mempromosikan dan mengiklankan sebuah produk.

Para model dituntut untuk berpose dalam gerak-gerik yang indah dan menawan.

Seorang model dituntut untuk memiliki paras menarik dan menawan, terutama pada industry fashion, model harus bisa memenuhi berbagai kriteria fisik yang ketat, mulai dari tinggi badan dan tentunya berat badan.

72. Animator

Animator yaitu sebuah pekerjaan sebagai seorang ahli seni (seniman) menciptakan gambar-gambar berkesinambungan yang akan membentuk sebuah ilusi pergerakan, dibantu dengan sebuah mesin dan teknologi pemutaran cepat yang dinamakan frame.

Hasil animator-animator andal banyak yang bisa dinikmati oleh masyarakat luas dalam bentuk animasi (film kartun), video games, dan juga televisi.

Setiap animator memiliki gaya gambar yang berbeda-beda, seperti contoh rumah produksi Disney dan Studio Ghibli.

73. Fotografer

Fotografer atau seorang juru foto yaitu seseorang yang mengambil sebuah gambar melalui sebuah kamera.

Kamera akan menangkap cahaya dari objek yang ditargetkan dan menyimpannya, dan fotografer harus mempertajam teknik pemotretan demi hasil yang baik.

Tidak hanya bergantung dari talenta saja, namun seseorang dapat menjadi seorang fotografer yang andal juga dibutuhkan pembelajaran rutin dan kerja keras untuk mengasah teknik dan metode fotografi, salah satunya dengan kursus dan perguruan tinggi.

74. Koreografer

Koreografer yaitu orang yang merancang sebuah koreografi dalam sebuah pertunjukan tari.

Koreografi sendiri yaitu sebuah seni komposisi tari, atau sebuah teknik merancang sebuah pola dan alur dalam dunia pertunjukan dan hiburan tari.

Seni koreografi dibedakan pada beberapa cabang, yaitu aksi tarung panggung, opera, gimnastik, pemandu sorak, ski, dan marching band.

Sedangkan jenis tarian terbagi dalam banyak genre yang berbeda-beda, seperti hip-hop, ballet, dan masih banyak lagi.

75. Perias (MUA)

Perias atau yang lebih dikenal dengan istilah make-up artist (MUA) yaitu seorang seniman dengan keahlian tata rias dengan medium seorang manusia.

Dalam dunia hiburan dan industri kecantikan, perias mengambil peranan penting di dalamnya.

Penghargaan-penghargaan bergengsi yang diselenggarakan untuk mengapresiasi skill dan keahlian perias yang dipertontonkan dalam beragam film, theatre, dan fashion, beberapa contoh diantaranya ialah The Golden Globe dan Emmy Award.

6. Macam-Macam Profesi Pekerjaan dan Tugasnya di Bidang Olahraga

macam-Macam Profesi Pekerjaan dan Tugasnya di Bidang Olahraga

Berikut ini macam-macam profesi pekerjaan dan tugasnya di bidang olahraga, yakni:

76. Atlet Profesional

Atlet professional yaitu seorang olahragawan yang menekuni bidang olahraga tertentu dan sering mengikuti perlombaan resmi baik dalam tingkat daerah, nasional dan juga internasional.

Tugas Atlet

  • Melakukan latihan secara rutin
  • Selalu menjaga kebugaran dan pola hidup sehat
  • Mengikuti berbagai macam perlombaan dan kejuaraan resmi
  • Berlatih dan melakukan uji coba sebelum maju ke kompetisi
  • Meningkatkan skill dari waktu ke waktu
  • Mengikuti peraturan yang berlaku di cabang yang digeluti

77. Binaragawan

Binaragawan (pria) yaitu julukan bagi seseorang yang melakukan kegiatan binaraga, dan pada wanita disebut sebagai binaragawati.

Binaraga menjadi sebuah kegiatan dimana seorang individu melakukan pembentukan tubuh, melibatkan otot (hipertrofi) secara intensif.

Latihan bertujuan untuk menambahkan massa otot, dengan berbagai macam teknik olahraga dan juga menjaga gaya hidup terutama gaya makan.

Binaraga juga masuk sebagai salah satu cabang olahraga pada Sea Games  atau Pekan Olahraga Nasional.

78. Pembalap

Pembalap yaitu seseorang yang terjun di dalam lomba adu cepat, dan balap juga dikategorikan sebagai sebuah cabang olahraga yang menggunakan kendaraan.

Seperti balap mobil, Formula Satu (F1) kejuaraan tertinggi dari balap mobil kursi tunggal yang memiliki pagelaran tinggi dunia bernama Grand Prix, MotoGP, sebuah kejuaraan balap motor dunia dan sebagai Grand Prix sepeda motor.

79. Peselancar

Peselancar yaitu sebuah sebutan bagi yang terjun di dalam dunia olahraga selancar, sebagai kegiatan profesional dan hanya sebatas hobi.

Selancar menjadi sebuah olahraga dimana peselancar mengarungi dan bermanuver dengan ombak di lautan.

Dengan menggunakan sebuah papan yang dikenal dengan nama surfboard, para peselancar mampu menunjukkan kebolehan dan kemampuan mereka ‘menunggangi’ ombak lautan yang tinggi, dan olahraga ini cocok bagi pecinta adrenalin tinggi.

Baca juga: 4 Contoh Press Release Kegiatan, Event, Perusahaan [UPDATE]

80. Wasit

Wasit yaitu seseorang yang memiliki kewenangan di dalam sebuah cabang olahraga, untuk mengatur jalannya pertandingan dari awal sampai akhir.

Wasit jika diartikan dalam Bahasa Inggris, seperti contohnya umpire, linesman, dan referee.

Wasit berperan sebagai posisi vital yang sama besarnya dengan para pemain atau peserta olahraga.

Tugas yang paling penting dan utama adalah memastikan bahwa pertandingan atau permainan berjalan adil tanpa memihak pihak manapun.

81. Pelatih

Seorang pelatih, memiliki arti yaitu orang yang melatih, dan dalam kaitan dengan dunia olahraga, seorang pelatih yaitu individu profesional yang bertugas dalam mempersiapkan mental dan fisik seorang olahragawan.

Melatih dalam bentuk kelompok dan perseorangan, seringkali, dibalik suksesnya sebuah team dan seorang olahragawan, tentu ada peran dan kontribusi yang besar dari seorang pelatih yang mendidik dan mengajar berbagai teknik juga menyusun sebuah strategi.

7. Macam-Macam Profesi Pekerjaan dan Tugasnya di Bidang Keamanan

Macam-Macam Profesi Pekerjaan dan Tugasnya di Bidang Keamanan

Beberapa macam-macam profesi pekerjaan dan tugasnya di Bidang Keamanan, yaitu:

82. Polisi

Polisi yaitu badan pemerintahan yang memiliki tugas untuk memelihara ketertiban umum, keamanan Negara dan penegak hukum sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

Tugas Polisi

  • Memelihara keamanan Negara
  • Menegakkan hukum yang ada di Indonesia
  • Memberikan pelayanan, perlindungan dan pengayoman kepada masyarakat

83. Tentara

Tentara Nasional Indonesia (TNI) yaitu warga yang dipersiapkan dan dipersenjatai untuk mengemban tugas-tugas pertahanan Negara guna menghadapi ancaman bersenjata dan ancaman militer melalui sebuah seleksi terlebih dahulu.

Di Indonesia sendiri tentara dibagi menjadi 3 bagian gugus tugas, seperti:

  • Tentara Angkatan Darat (AD)
  • Tentara Angkatan Laut (AL)
  • Tentara Angkatan Udara (AU)

Tugas Tentara Republik Indonesia, yaitu:

  • Mengamankan Presiden dan Wakil Presiden
  • Menjaga kedaulatan Negara
  • Mengamankan wilayah perbatasan
  • Mengatasi pemberontakan bersenjata
  • Mengatasi gerakan separatis bersenjata
  • Mengatasi aksi terorisme
  • Membantu menanggulangi bencana alam
  • Membantu kepolisian dalam tugas keamanan dan ketertiban masyarakat

84. Satpam

Satuan Pengamanan (Satpam) yaitu satuan petugas yang dibentuk oleh instansi tertentu untuk melakukan tindak keamanan di lingkungan kerjanya.

Tugas Satpam

Satpam memiliki tugas pokok menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan kerja yang meliputi beberapa aspek seperti pengamanan asset fisik, informasi, personel dan teknis dan juga :

  • Melaksanakan perintah atasan
  • Menerapkan peraturan yang berlaku
  • Mengatur dan mengurus (acara, pesta, pertunjukan, dan sebagainya

85. Sipir

Sipir yaitu profesi yang bertugas dan bertanggung jawab terhadap menjaga keamanan, pengawasan dan keselamatan para narapidana di penjara.

Seorang sipir masuk dalam profesi pegawai negeri sipil yang dijamin oleh negara, adapun gaji lulusan SMA sederajat dengan mereka yang lulusan politeknik akan mendapatkan golongan yang berbeda.

Baca juga: 5 PIRAMIDA PENDUDUK INDONESIA: Pengertian, Fungsi, Jenis & Gambar

8. Macam-Macam Profesi Pekerjaan dan Tugasnya di Bidang Hospitality

Macam-Macam Profesi Pekerjaan dan Tugasnya di Bidang Hospitality

Beberapa macam-macam profesi pekerjaan dan tugasnya di Bidang Hospitality yaitu:

86. Chef

Koki (chef) yaitu orang yang bertugas dalam membuat resep, menentukan dan menakar bahan masakan, mengolah masakan sampai menyajikan suatu hidangan yang lezat untuk disantap.

Seorang chef disebut juga sebagai juru masak, bahkan profesi ini sangat dibutuhkan khususnya pada rumah makan dan restoran berbintang.

Tugas Chef:

  • Membuat berbagai macam kreasi makanan
  • Melakukan eksperimen untuk menciptakan resep makanan yang lezat
  • Memasak makanan sesuai dengan pesanan
  • Mengawasi pekerjaan staf dapur sesuai dengan perintah
  • Menyusun menu
  • Bertanggung jawab terhadap semua makanan yang disajikan

87. Pramusaji

Pramusaji yaitu seseorang yang bekerja di café, bar ataupun restoran untuk melayani para pengunjung atau tamu yang berkunjung.

Seorang pramusaji harus memiliki penampilan yang rapi dan bersih untuk menunjukkan kehigienisan makanan yang akan dihidangkannya.

Tugas Pramusaji:

  • Memeriksa dan menata susunan meja sebelum restoran di buka
  • Mempersiapkan daftar makanan dan minuman
  • Melengkapi seluruh peralatan di atas meja
  • Melayani para tamu yang datang
  • Menawarkan menu makanan dan minuman kepada pelanggan
  • Mengantarkan makanan dan minuman yang telah dipesan
  • Membersihkan dan merapikan meja setelah tamu selesai makan

88. Waiter & Waitress

Waiter atau dalam Bahasa Indonesia disebut dengan nama pramusaji yaitu sebuah pekerjaan yang masuk dalam kategori sektor jasa, menjadi pekerjaan seseorang dengan tugas menyambut dan melayani pengunjung dalam sebuah kafe, restoran, dan kafe.

Dalam Bahasa Inggris waiter digunakan untuk pria, sedangkan bagi wanita disebut sebagai waitress.

Tugas utama para waiter dan waitress pada umumnya yaitu mencatat setiap pesanan para tamu, menyajikannya makanan tersebut, dan mempersiapkan meja untuk hidangan para tamu.

89. Chef

Koki yatitu sebuah jabatan bagi seseorang yang membuat sebuah masakan untuk dihidangkan kepada para tamu.

Umumnya, restoran-restoran dan hotel-hotel ternama mempekerjakan seorang chef ternama atau yang memiliki reputasi baik.

Untuk menjadi seorang chef butuh skill memasak yang tinggi, dapat dicapai melalui pendidikan formal pada perguruan tinggi di berbagai belahan dunia.

Berbagai kursus masak juga dibuka dengan pemberian sertifikat dalam menunjang keprofesionalan profesinya.

90. Butler

Progesi butler juga memiliki arti yang sama dengan seorang kepala pelayan.

Kepala pelayan memiliki tugas mengatur para pelayan yang bekerja dalam suatu rumah tangga dan bertanggung jawab dalam pengelolaan makanan dan minuman (dan juga berbagai ruangan), dan penyediaan alat-alat pendukung bagi para pelayan di bawahnya.

91. Steward

Steward yaitu sebuah posisi yang ditemukan pada 2 industry pekerjaan, yaitu pertama pada industri akomodasi (kapal, kereta api, pesawat terbang) dan jasa (restoran, perhotelan, dan pada club).

Tugas utama seorang steward pada industri akomodasi yaitu menawarkan dan membawakan makanan kepada penumpang, pada industri jasa seorang steward akan bekerja dalam bidang food & beverage dengan tugas pokok menyerupai seorang butler.

92. Housekeeper

Housekeeper dalam dunia perhotelan memiliki tugas berkaitan dengan hal-hal layaknya keindahan, kebersihan, perlengkapan, dan kerapian sebuah kamar hotel.

Jadi seorang housekeeper wajib memastikan kenyamanan tamu dan kelengkapan hotel terjaga.

Pekerjaan housekeeping tidak hanya mencakup room service, tapi juga keindahan hotel secara general dan segala keperluan elektronik yang ada (maintenance).

Dan seorang housekeeper haruslah mampu menjaga sikap dengan baik di depan semua tamu yang datang.

93. Bartender

Bartender yang disebut pramutama bar yaitu posisi yang digunakan pada sebuah bar bagi para peracik minuman beralkohol dan menyajikannya kepada pemesan.

Minuman-minuman beralkohol seperti anggur (wine), cocktail, liquor, dan juga beer.

Bartender dipekerjakan dalam tempat seperti tavern, club, dan sebuah pub. Seorang bartender paling tidak harus mampu menyajikan dan meracik minuman cocktail klasik seperti halnya, Manhattan, Mojito, Old fashioned, dan juga Cosmopolitan.

94. Barista

Barista yaitu sebuah pekerjaan bagi para peracik dan pembuat kopi, barista diambil dari Bahasa Italia yang diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia dengan arti pelayan bar.

Namun, seorang barista tidak harus bekerja dalam sebuah bar saja, dimana kesempatan untuk menggeluti pekerjaan barista terbuka bagi semua kalangan, dan tidak terhalang oleh gender.

Terlebih, terdapat pula berbagai ajang kompetisi barista yang bisa diikuti di tanah air dan di mancanegara seperti Kompetisi Barista Indonesia.

Baca juga: Contoh Standar Operasional Prosedur dan 5 Cara Membuatnya [UPDATE]

95. Concierge

Concierge yaitu orang yang bertugas sebagai kontak pertama tamu yang menginap dihotel dan sebagai pusat informasi dan bantuan.

96. Housekeeping

Housekeeping yaitu seseorang yang bertugas untuk merapikan dan membersihkan seluruh area hotel.

97. Resepsionis

Resepsionis yaitu orang yang bertugas menyambut tamu dan membantu dalam memesan kamar tamu (ceck-in).

98. Room Service

Room Service yaitu orang yang memberikan pelayanan tamu saat berada di kamar hotel.

99. Cleaning Service

Cleaning Service yaitu seseorang yang bertugas untuk mengepel dan membersihkan area hotel.

100. Dishwasher

Dishwasher yaitu orang yang bertugas untuk membersihkan peralatan makan dan minum yang ada di restoran.

9. Macam-Macam Profesi Pekerjaan dan Tugasnya di Bidang Penerbangan

Macam-Macam Profesi Pekerjaan dan Tugasnya di Bidang Penerbangan

Beberapa macam-macam profesi pekerjaan dan tugasnya di Bidang Penerbangan yaitu:

101. Pilot

Pilot yaitu sebutan untuk seseorang yang berprofesi mengemudikan pesawat terbang.

Adapun seorang pilot dituntut untuk memiliki keahlian khusus dalam mengemudikan pesawat dan telah menempuh ujian resmi yang diadakan oleh sekolah penerbangan dan sertifikasi terbang.

Tugas Pilot:

  • Menjalankan penerbangan sebagai orang di balik kemudi (kokpit pesawat)
  • Melakukan pengecekan kondisi pesawat dan melakukan komunikasi dengan teknisi, pengawas, maupun pihak maskapai
  • Bertanggung jawab atas keselamatan kru dan penumpang dalam penerbangan

102. Pramugari

Pramugari yaitu seorang staff atau karyawati dari perusahaan pengangkutan umum (darat, laut dan udara) yang bertugas melayani para penumpang sehingga meraka tetap merasa aman dan nyaman selama dalam perjalanan.

Tugas Pramugari:

  • Mengontrol dan memeriksa boarding pass
  • Menunjukkan posisi tempat duduk
  • Mengontrol peralatan keamanan dan keselamatan
  • Memberikan instruksi keamanan
  • Memberikan pelayanan makan, minum dan snack selama penerbangan
  • Memberikan pertolongan pertama jika diperlukan
  • Membantu jika ada permasalahan pada alat di kokpit pesawat

103. Pramugara

Pramugara yaitu seorang staff laki-laki perusahaan pengangkutan umum (darat, laut dan udara) yang bertugas melayani para penumpang sehingga akan tetap merasa aman dan nyaman selama dalam perjalanan.

10. Macam-Macam Profesi Pekerjaan dan Tugasnya di Bidang Transportasi

Beberapa macam-Macam Profesi Pekerjaan dan Tugasnya di Bidang Penerbangan yaitu:

104. Sopir

Sopir (driver) yaitu seorang pengemudi kendaraan bermotor yang dibayar untuk kebutuhan dan tujuan tertentu.

Adapun sopir sendiri dapat dibedakan menjadi 2 kelompok yaitu sopir pribadi dan sopir kendaraan umum seperti bus, taksi, ataupun kendaraan pengangkut barang.

Tugas Sopir:

  • Memeriksa kelengkapan kendaraan sebelum digunakan
  • Mengantarkan penumpang ke lokasi tujuan sesuai perintah
  • Memperbaiki kerusakan ringan kendaraan
  • Melakukan servis kendaraan berkala dan penggantian suku cadang

105. Kondektur

Kondektur yaitu seorang pegawai resmi dari perusahaan transportasi yang bertanggung jawab penuh atas operasional kendaraan dan keselamatan penumpang selama perjalanan.

Tugas Kondektur:

  • Memastikan semua penumpang memiliki tiket bus/kereta api yang valid
  • Memastikan semua penumpang merasa nyaman selama perjalanan
  • Memastikan semua penumpang memperoleh pelayanan terbaik
  • Mewakili perusahaan penyedia jasa bus/kereta api dalam melayani penumpang

106. Masinis

Masinis yaitu sesorang yang bertanggung jawab dalam menjalankan kereta api, dan seorang masinis disebut juga dengan juru mesin.

Dan dalam menjalankan tugasnya, masinis biasanya akan dibantu oleh asisten masinis yang setidaknya sudah memiliki pengalaman dinas selama 6 bulan.

Tugas Masinis:

  • Memeriksa mesin sebelum memulai perjalanan
  • Memastikan rute sudah tepat sesuai pusat kendali
  • Mengemudikan kereta api
  • Mengikuti peraturan keselamatan setiap saat
  • Memperingatkan pusat kendali untuk semua bahaya yang terlihat di sepanjang rute
  • Memberhentikan kereta disetiap stasiun sesuai jadwal

Baca juga: 40+ Link Grup Telegram Saham & Investasi Terbaik

107. Tukang Ojek

Tukang ojek yaitu profesi penyedia jasa angkutan umum bermotor dan saat ini marak menggunakan aplikasi gojek.

Seringnya para penumpang akan memesan ojek melalui aplikasi dan menentukan titik jemput sekaligus titik antar sampai dengan tujuan.

Untuk tarif yang dikenakan akan sesuai dengan jarak tempuh yang dicapai, semakin jauh jarak tempuh semakin mahal biaya jasa yang dikeluarkan.

108. Kernet

Kernet yaitu pembantu sopir angkutan umum yang biasa mengkomando jika ada penumpang yang akan naik atau turun, juga menarik karcis dan biaya dari para penumpangnya.

11. Macam-Macam Profesi Pekerjaan dan Tugasnya di Bidang Hukum

Beberapa macam-macam profesi pekerjaan dan tugasnya di Bidang Hukum yaitu:

109. Pengacara

Pengacara yaitu seseorang yang memberikan pelayanan atau jasa hukum untuk memberikan nasehat dan membela perkara hukum, baik di dalam dan di luar pengadilan yang wilayah kerjanya di seluruh Republik Indonesia.

Tugas Pengacara:

  • Memberikan konsultasi hukum
  • Mendampingi klien saat siding pengadilan
  • Membela perkara klien yang sudah menjadi tanggung jawabnya
  • Membantu menegakkan keadilan
  • Melakukan legal audit

110. Hakim

Hakim yaitu orang yang berperan sebagai pemimpin dalam persidangan dan seorang hakim memiliki wewenang untuk memeriksa, mengadili dan membuat keputusan dalam sebuah perkara.

Tugas Hakim:

  • Memutuskan hasil siding
  • Melakukan pemeriksaan tambahan untuk mendengarkan keterangan dari para pihak dan saksi
  • Mengemukakan pendapat
  • Melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap penyelenggaraan peradilan

111. Jaksa

Jaksa yaitu seorang pegawai pemerintahan yang bertugas dalam menyampaikan tuduhan atau dakwaan saat proses pengadilan kepada orang yang diduga melanggar hukum.

Tugas Jaksa:

  • Melakukan penuntutan
  • Melakukan penetapan hakim dan putusan pengadilan
  • Melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan putusan pidana bersyarat

112. Staf Legal

Staf legal yaitu pekerjaan yang memiliki tugas dalam menangani masalah hukum baik secara internal dan eksternal, juga menjadi pelindung organisasi perusahaan tempat dimana ia bekerja agar bisa terbebas dari tindakan pidana atau masalah hukum.

113. Notaris

Notaris yaitu profesi pekerjaan yang dijalani bagi yang sudah mendapatkan pendidikan hukum dan berlisensi oleh pemerintah untuk membantu melakukan segala hal berkaitan masalah hukum terutama sebagai saksi penandatanganan dokumen bentik seperti tanah, surat berharga, dan sebagainya.

Baca juga: Cara Membandingkan Tinggi Badan Dengan Orang Lain

12. Macam-Macam Profesi Pekerjaan dan Tugasnya di Bidang IT

Beberapa macam-macam profesi pekerjaan dan tugasnya di Bidang IT yaitu:

114. Apps Developer

Apps (Application) Developer yaitu seseorang yang mampu menciptakan, mengembangkan, dan menguji sebuah aplikasi khusus yang mampu digunakan dalam berbagai macam perangkat electric computing.

Dalam progress pengembangannya, seorang application developer bertanggung jawab dalam memantau aplikasi dan menyelesaikan segala kendala (seperti bugs) yang sewaktu-waktu terjadi.

Berbagai aplikasi tercipta dan digunakan dalam perangkat komputer dan juga hp.

115. Digital Marketer

Digital marketer yaitu seseorang yang bekerja sebagai pemasar sebuah produk secara digital.

Pemasaran digital sendiri yaitu sebuah upaya di mana suatu perusahaan atau usaha melakukan promosi melalui media digital untuk menarik minat konsumen.

Kelebihan digital marketing dengan kemampuan presisi yang dimiliki teknologi mutakhir, sehingga mampu mencapai para konsumen secara tepat waktu, sesuai target pasar produk (relevansi umur dan sosial), dan secara individu ke individu.

Baca juga: ARTIFICIAL INTELLIGENCE: Pengertian, Tujuan & Contohnya

116. Product Specialist

Product Specialist atau yang lebih dikenal sebagai Product Marketing Specialist yaitu sebuah jabatan untuk seorang profesional bisnis, mengemban tugas sebagai pengembang dan perancang program pemasaran pada sebuah produk.

Product marketing specialist juga diharuskan menjangkau berbagai elemen masyarakat (sebagai calon konsumen) dengan mengirim materi-materi yang dilakukan dalam berbagai cara komunikasi.

117. SEO Specialist

Adalah sebuah jabatan yang dikenakan pada seseorang dengan keahlian khusus dalam mengoptimalkan halaman sebuah website dalam mesin pencarian.

Membuat sebuah website menduduki posisi peringkat pertama dalam mesin pencarian, SEO adalah sebuah singkatan dari Search Engine Optimization adalah rangkaian proses sistematis yang memanfaatkan mekanisme algoritma bertujuan untuk meningkatkan banyak kunjungan pada sebuah website melalui mesin pencarian.

118. Konten Writer Web

Content Writer Website yaitu profesi sebagai seorang penulis bagi sebuah website dalam memenuhi setiap kebutuhan (konten) yang dibutuhkan oleh website itu sendiri.

Seperti contoh yaitu penulisan artikel dan kolom berita, dan pembuatan jurnal.

Tugas lain yang dimiliki oleh seorang content writer yaitu memasukkan berbagai informasi ke dalam berbagai platform media sosial.

Profesi ini sangat diminati oleh berbagai elemen masyarakat, terutama bagi yang berbakat dalam bidang penulisan.

119. Block Chain Developer

Julukan bagi yang mengemban tugas sebagai pengembang dan perawat sebuah Block Chain.

Block Chain yaitu suatu rantai (chain), susunan dan sambungan dari catatan individu (block) mengenai semua transaksi digital dalam bentuk struktural.

Block Chain digunakan dalam semua transaksi yang berhubungan dengan cryptocurrency selayaknya Bitcoin.

Dan, dengan tingkat komplikasi kerja yang sangat tinggi, dibutuhkan keahlian tinggi untuk menjadi seorang Block Chain Developer yang andal.

120. UX Desainer (User Experience)

Profesi UX Designer masih awam diketahui oleh masyarakat awam, karena UX Designer sebagai salah satu posisi pekerjaan dalam dunia IT yang bertanggung jawab atas kepuasan para pengguna aplikasi dan berusaha untuk meningkatkannya.

Pengalaman penggunaan sebuah aplikasi yang memuaskan tentu akan meningkatkan daya tarik bagi para potensial pengunjung lainnya.

Faktor-faktor pengukur kepuasan bisa diperhatikan dari manfaat, nilai guna, dan kesenangan yang didapatkan dari aplikasi.

121. UI Desainer

UI Designer yaitu sebuah pekerjaan dalam dunia IT dengan tugas menciptakan desain interface perangkat lunak seperti komputer dan smartphone.

Tampilan yang menarik dan kemudahan pengoperasian akan menambah kepuasan dari para penggunanya.

Seorang UI designer mampu menciptakan gerakan pada layar tempat para pengguna, menambahkan sentuhan jalinan interaksi dalam elemen visual yang menjadi fasilitas dasar setiap pergerakan, seperti contoh pengendalian tampilan interface menggunakan suara.

122. DevOps Engineer

Seorang DevOps Engineer yaitu seorang dengan keahlian tinggi dalam kaitan dengan Software Development Life Cycle. DevOps engineer yang mengerti dengan jelas bagaimana cara membangun digital pipelines dengan pemahaman automatic tools.

Mustahil bekerja seorang diri saja, DevOps engineer akan bekerjasama dengan berbagai staff IT lainnya dan dengan sang developer dalam pembentukan berbagai kode yang akan dirilis, membagikannya, dan memperbaiki error yang mungkin terjadi.

123. Artificial Intelegence Engineer (AI)

Artificial Intelligence bisa dikatakan adalah ciptaan termutakhir manusia dalam dunia IT.

AI Engineer memainkan peranan dalam mengoptimalkan dan membangun proses sistem sebuah AI.

Beragam tugas bisa dijalankan oleh AI Engineer, seperti merancang data secara otomatis untuk mempermudah kinerja para data scientist, dan bekerjasama dengan tokoh-tokoh penting lain selayaknya business analyst dan data analyst.

13. Macam-Macam Profesi Pekerjaan dan Tugasnya di Bidang Peternakan

Beberapa macam-macam profesi pekerjaan dan tugasnya di Bidang Peternakan yaitu:

124. Peternak

Peternak yaitu seseorang yang melakukan kegiatan budidaya atau pengembangbiakan hewan ternah dalam memperoleh hasil atau manfaat dari kegiatan tersebut.

Dimana, peternak bisa dikelompokkan menjadi 2 macam berdasarkan ukuran hewan yang dipelihara.

Tugas Peternak:

  • Membudidayakan dan mengembangbiakkan hewan sampai bisa di panen
  • Membuat olahan pakan untuk hewan ternak
  • Melakukan perencanaan, pembinaan dan pengendalian kebijakan teknis di bidang peternakan
  • Menjual hasil panen dari hewan ternak (daging, susu, keju)

125. Animal Scientis

Animal Scientis yaitu sebuah pekerjaan untuk mereka yang mempelajari biologi hewan dibawah kontrol manusia sehingga semua hal tentang bidang keilmuan tersebut bisa didapatkan darinya.

14. Macam-Macam Profesi Pekerjaan dan Tugasnya di Bidang Pertanian

Beberapa macam-macam profesi pekerjaan dan tugasnya di Bidang Pertanian yaitu:

126. Petani

Petani yaitu seseorang yang melakukan pengolahan tanah yang bertujuan menumbuhkan dan memelihara tanaman dengan harapan bisa mendapatkan hasil panen dari apa yang ditanam.

Biasanya hasil panen tersebut akan dijual kepada orang lain sehingga akan memperoleh pendapatan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Tugas Petani:

  • Menanam tanaman (padi, jagung, teh, tebu, kopi, dll)
  • Memupuk tanaman agar tumbuh subur
  • Memanen hasil tanaman saat musim panen tiba
  • Menjual hasil panen kepada tengkulak atau pengepul
  • Menentukan harga jual di pasaran

127. Botanist

Botanis (ahli botani) yaitu para ilmuan yang memiliki ilmu khusus atau spesialis dalam bidang botani dimana mereka mempelajari setiap jenis tanaman seperti jamur, pakis, konifer atau tanaman yang berbuah sekalipun.

15. Macam-Macam Profesi Pekerjaan dan Tugasnya di Bidang Pertambangan

Beberapa macam-macam profesi pekerjaan dan tugasnya di Bidang Pertambangan yaitu:

128. Penambang

Penambang yaitu sesorang yang mengekstraksi batu bara, emas atau mineral lain dari bumi lewat aktivitas penambangan.

Namun dalam artian umum penambang yaitu seseorang yang bekerja di area pertambangan.

Tugas Penambang:

  • Melakukan pencarian dan mengekstraksi hasil mineral bumi
  • Melakukan proses pengolahan dari bahan mentah menjadi bahan jadi
  • Mengembangkan metode untuk keperluan produksi

129. Insinyur Pertambangan

Insinyur pertambangan yaitu sebuah profesi pekerjaan yang memiliki tugas dalam melakukan pengembangan terhadap model akses juga pembangunan dalam aktivitas pertambangan.

Adapun pembangunan dan akses tersebut tidak bisa dilakukan secara asal karena ada beberapa hal secara keilmuan yang harus diperhatikan untuk meminimalisir risiko atau dampaknya terhadap lingkungan.

130. Ahli Geologi

Ahli geologi yaitu profesi yang bertugas sebagai pengamat dan juga peneliti apakah kawasan tersebut sebagai kawasan pertambangan yang potensial atau tidak.

Dalam implementasinya para ahli akan menggunakan gabungan ilmu biologi, kimia dan fisika sehingga didapatkan data yang akurat sebelum adanya aktivitas pertambangan.

131. Ahli Pemasaran

Ahli pemasaran yaitu profesi yang bertugas dalam memastikan hasil tambang yang digali setiap hari memiliki target market yang tepat dan bisa mendapatkan hasil maksimal sehingga bisa menguntungkan perusahaan.

16. Macam-Macam Profesi Pekerjaan dan Tugasnya di Bidang Pariwisata

Beberapa macam-macam profesi pekerjaan dan tugasnya di bidang pariwisata yaitu:

132. Pemandu Wisata

Pemandu (tour guide) yaitu seseorang yang bertugas untuk memberikan bantuan informasi kepada para wisatawan terkait destinasi wisata yang dikunjungi.

Seseorang yang menjadi tour guide harus memiliki kemampuan public speaking yang menarik dan andal serta memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas.

Tugas pemandu wisata:

  • memberikan rekomendasi tempat wisata kepada wisatawan
  • memberikan informasi yang jelas mengenai destinasi wisata yang sedang di kunjungi
  • menciptakan kesan yang baik terhadap negara, daerah, atau objek wisata yang dikunjungi
  • menjamin dan melindungi keselamatan para wisatawan

133. Safe Guard

Safe Guard yaitu profesi pekerjaan yang bertugas menjaga keamanan untuk menghindarkan kejadian yang tidak di inginkan di tempat wisata, seperti safe guard pantai, kolam renang, danau, dan lainnya.

134. Penjual Tiket

Penjual tiket yaitu sebuah pekerjaan yang bertugas mendistribusikan karcis masuk pada sebuah tempat wisata kepada pengunjung dengan tarif yang usdah ditetapkan oleh pemerintah setempat ataupun perusahaan.

135. Penyewa Tempat Penginapan

Penyewa tempat penginapan yaitu pekeraan yang menjadikan rumah mereka sebagai penginapan para turis yang berwisata dengan tarif yang lebih murah jika dibandingkan hotel ataupun villa.

17. Macam-Macam Profesi Pekerjaan dan Tugasnya di Bidang Bisnis

Beberapa macam-macam profesi pekerjaan dan tugasnya di Bidang Bisnis yaitu:

136. Pedagang

Pedagang yaitu seseorang yang melakukan aktivitas berjualan atau perdagangan dalam memperjual belikan barang baik hasil produksi sendiri dan dari orang lain untuk mendapatkan keuntungan.

Tugas pedagang

  • memastikan barang dagangan dalam kondisi baik dan layak jual
  • mempromosikan dan menawarkan barang dagangan
  • melayani pembeli

137. Kurir

Kurir yaitu seseorang yang bertugas untuk mengantarkan makanan yang sudah dipesan sebelumnya.

138. Marketing

Marketing yaitu seseorang yang bertugas melakukan pemasaran produk perusahaan sesuai ketentuan.

139. Account Officer

Account Officer yaitu seseorang yang memberikan serta melakukan analisa terhadap kelayakan pemberian kredit nasabah, dan memantau kelancaran pembayaran setiap bulannya.

140. Analis Kredit

analis kredit yaitu seseorang yang menganalisis penerima pinjaman secara rinci agar tidak salah dalam menentukan target nasabah.

141. Collector

collector yaitu seseorang yang bertugas melakukan penagihan pinjaman atau kredit yang menunggak dalam waktu tertentu.

142. Help Desk

Help Desk yaitu sebuah divisi yang dibentuk dalam sebuah perusahaan dan usaha yang berperan dalam membantu, menampung, menanggapi dan melayani pelanggan dalam permasalahan yang berkaitan dengan hal-hal teknis.

Tidak hanya menyelesaikan permasalahan para pelanggan, dengan adanya help desk sebuah perusahaan bisa mengetahui pengalaman yang dirasakan pengguna, dan melakukan pengembangan dan perbaikan demi kepuasan para pelanggan.

143. Virtual Assistant

Virtual Assistant yaitu seorang yang mengemban tugas yang serupa dengan seorang asisten, namun dalam keadaan remote atau dari jarak jauh (secara virtual).

Virtual Assistant mampu memberikan pendampingan dalam dukungan bisnis dan administrasi bagi perusahaan.

para client dan perusahaan yang mempekerjakan seorang Virtual Assistant akan memberikan beragam tugas yang sejalan dengan bisnis.

Di tengah canggihnya teknologi, dalam dunia bisnis posisi ini kian diminati karena dipandang efisien dan efektif.

144. Technical Support

technical support yaitu sebuah pelayanan bantuan yang diberikan oleh sebuah perusahaan atau usaha untuk menyelesaikan beragam kendala berkaitan dengan perangkat lunak dan keras, dalam konfigurasi, penerapan, sampai pemakaian.

terdapat 3 pembagian job desk dari para technical support, pertama yaitu multi-tier technical support, hybrid service provider (hsp), dan manage service provider (msp).

technical support akan disalurkan melalui email, sms/chat, atau panggilan.

145. Data Analyst

Data Analyst yaitu sebuah profesi dimana seseorang menggunakan tool atau alat data analisis tertentu untuk meneliti dan menganalisis sebuah data, dan pekerjaan yang cukup diincar oleh kalangan modern dalam dunia it.

Seorang data analyst mengemban misi untuk mengolah dan memvisualisasikan sebuah data dalam terjemahan yang simple dalam bentuk laporan kepada manajemen perusahaan, sehingga memampukan perusahaan untuk mengambil keputusan dengan matang.

146. Budget Analyst

Budget Analyst yaitu seorang dengan tanggung jawab untuk memastikan setiap departemen dalam perusahaan untuk mematuhi peraturan perusahaan dalam hubungan dengan biaya (budget), mengevaluasi keakuratan dan kelengkapan tiap laporan yang masuk.

Kualifikasi yang ketat akan diterapkan dalam mempekerjakan seorang budget analyst.

Contoh tugas seorang budget analyst: pengontrolan pengeluaran bulanan perusahaan dan mempersiapkan dan menyusun laporan biaya atau budget perusahaan.

147. Business Analyst

Profesi sebagai seorang business analyst menuntut untuk menggunakan sebuah analisis dengan tujuan mempererat kesenjangan yang memisahkan antara bisnis dan teknologi.

Dibutuhkan keseimbangan berpikir baik untuk menimbang segala sesuatunya.

Business Analyst bekerjasama dengan para pemimpin departemen teknologi dan bisnis dalam merangkai laporan mengenai kajian kemajuan dan kemampuan teknologi yang telah dilakukan perusahaan tersebut, dan memberikannya kepada perusahaan.

148. Kasir

Kasir yaitu seseorang yang bertugas menangani dan menyimpan hasil pembayaran ke dalam mesin kasir.

Profesi kasir bisa di jumpai di berbagai tempat seperti pertokoan, pusat perbelanjaan, bank, dan tempat penjualan lainnya.

Tugas kasir:

  • melakukan proses penjualan dan pembayaran
  • melakukan pencatatan dari smua transaksi yang ada
  • membantu memberikan informasi mengenai suatu produk
  • melakukan pelayanan jual beli dan pembungkusan
  • mengecek barang baik jumlah maupun merk

18. Macam-Macam Profesi Pekerjaan dan Tugasnya di bidang kelautan

Beberapa macam-macam profesi pekerjaan dan tugasnya di bidang kelautan yaitu:

149. Nelayan

Nelayan yaitu seseorang yang beraktivitas melakukan penangkapan ikan baik secara tradisional dan modern di lautan atau perairan.

Dan orang yang pekerjaannya membuat jaring, mengangkut peralatan nelayan kedalam perahu dan mengangkut ikan dari perahu ke kapal motor tidak dikategorikan sebagai nelayan.

Tugas Nelayan:

  • mempersiapkan semua peralatan untuk mencari ikan
  • mengoperasikan kapal perahu
  • mencari dan menangkap ikan, kerang, dan biota laut lainnya

150. Penyelam

Penyelam yaitu seseorang yang berprofesi sebagai juru selam dakam berbagai keperluan seperti pemandu wisata bawah air (diving/snorkling), pencarian korban hilang, pencarian arkeologi bawah laut, dan lainnya.

Baca juga: Daftar 4 Negara-Negara di Benua Asia Beserta Ibukotanya Baru

151. Nahkoda

Nahkoda yaitu seseorang pemimpin yang menjadi perwira laut sebagai pemegang komando tertinggi di atas kapal yang memiliki tugas dan tanggung jawab sesuai peraturan perundang-undangan.

Tugas Nahkoda:

  • sebagai pemimpin kapal
  • sebagai pemegang kewibawaan umum di atas kapal
  • sebagai penegak hukum
  • sebagai notari
  • sebagai pegawai pencatatan sipil

152. Petani Garam

petani garam yaitu seseorang yang mengelola lahan di tepi pantai untuk dialiri air laut kemudian di jemur dibawah sinar matahari dalam beberapa hari sehingga menjadi garam laut untuk diolah menjadi garam dapur.

19. Macam-Macam Profesi Pekerjaan dan Tugasnya di Bidang Pertukangan

Beberapa macam-macam profesi pekerjaan di bidang kelautan yaitu:

153. Tukang Bangunan

154. Tukang Kayu

155. Tukang Parkir

156. Tukang Las

157. Tukang Cukur

158. Tukang Listrik

159. Tukang Kunci

160. Tukang Gali

161. Tukang Batu

162. Tukang Besi

163. Tukang Kebun

164. Porter

20. Macam-Macam Profesi Pekerjaan Modern

beberapa profesi ini adalah:

165. Konten Kreator

166. Youtuber

167. Selebgram

168. Blogger

169. Dubber

170. Translator

171. Trader

kesimpulan

Pengertian dari profesi adalah sebuah kegiatan yang dilakukan atas dasar keterampilan dan juga pengetahuan yang dimiliki.

Sehingga, profesi tidak dapat dilakukan oleh sembarang orang atau semua orang, karena yang mempunyai profesi, pasti sebelumnya sudah menempuh pendidikan ataupun pelatihan tertentu untuk memenuhi kualifikasi yang diperlukan untuk istilah ini.

Ada berbagai profesi di dunia ini yang umum dikerjakan, seperti penjelasan macam-macam profesi pekerjaan dan tugasnya, lengkap!! Diatas.

Baca Juga:

Content Show

Tinggalkan komentar