close button

Apa Itu Bachelor Degree, Undergraduate, Graduate dan Postgraduate

  •   Jul 2022  •   9 min read  •   Comment

Istilah seperti Bachelor Degree, Undergraduate, Graduate, dan Postgraduate untuk orang tertentu tentu sudah sering terdengar saat ini.

Namun banyak orang yang masih awam yang belum mengetahui makna dari istilah tersebut.

Istilah gelar memang sangat melekat dengan dunia pendidikan perkuliahan atau kampus, contohnya di luar negeri disebut Degree.

Untuk seseorang kuliah pada jenjang S1, maka akan mendapatkan gelar sarjana, dan gelar yang didapat jika kuliah di luar negeri yang setara dengan S1 disebut Bachelor degree.

Gelar yang didapatkan untuk pendidikan di Indonesia dengan di luar negeri seperti di Amerika Serikat atau USA sangat berbeda mulai dari tingkat SMA.

Untuk mengetahui lebih jelas tentang jenjang pendidikan kamu bisa simak bahasan apa itu Bachelor Degree, Undergraduate, Graduate dan Postgraduate berikut.

Baca juga: PENGERTIAN WEBSITE: Fungsi, Sejarah, Kegunaan, Jenis Jenis & Contoh Web

Apa Itu Undergraduate ?

Undergraduate artinya seperti seorang mahasiswa di universitas atau perguruan tinggi yang belum menerima gelar pertama, terutama untuk gelar sarjana.

Undergraduate mempelajari berbagai macam mata pelajaran, umumnya memulai studi tingkat pertama di universitas ke mata pelajaran apa pun yang dipelajari atau diajarkan di universitas yang semuanya dan apa saja.

Di program undergraduate, mahasiswa bisa memiliki elemen besar modul atau kursus yang diajarkan juga lebih sedikit penelitian individual.

Mahasiswa yang mengambil program undergraduate bisa berusia berapa saja, namun mayoritas mahasiswa undergraduate berusia belasan tahun atau awal dua puluhan dan biasanya datang langsung dari sekolah atau setelah mengambil satu atau dua tahun dari studi untuk kemudian bepergian atau bekerja.

Namun, banyak siswa yang mengambil gelar undergraduate untuk menjadi siswa dewasa atau mengubah arah karir dengan undergraduate.

Hal ini artinya tidak ada batasan atas usia seorang untuk menjadi  mahasiswa undergraduate.

Saat seseorang menyelesaikan pendidikan di level high school dan mendapatkan gelar diploma, kemudian seseorang tersebut bisa memilih apakah akan langsung terjun ke dunia kerja atau akan melanjutkan pendidikannya kembali di college atau university.

Jika seseorang melanjutkan pendidikannya maka ia bisa menempuh program pendidikan di jenjang undergraduate dan akan disebut dengan pelajar undergraduate.

Di jenjang undergraduate ini terdapat tiga program pendidikan yang bisa dipilih di antaranya seperti Certificate, Associate Degree, dan Bachelor Degree.

Untuk mendapatkan gelar Certificate waktu pendidikan yang harus ditempuh adalah satu tahun.

Certificate merupakan program belajar yang didesain untuk jangka pendek, yang dikhususkan bagi mahasiswa yang ingin menguasai suatu bidang yang lebih spesifik.

Assosiate Degree bisa ditempuh selama dua tahun dengan beban studi 60 SKS, sedangkan untuk mendapatkan gelar bachelor degree seseorang harus menempuh pendidikan kurang lebih 4 tahun dengan beban studi 120 SKS.

Jika harus disetarakan dengan jenjang pendidikan undergraduate dengan pendidikan di Indonesia, maka bisa dikatakan undergraduate sama dengan program S1 atau program Diploma.

Apa Itu Graduate?

Apa Itu Bachelor Degree, Undergraduate, Graduate dan Postgraduate

Graduate mengacu pada gelar di luar sarjana, paling sering yaitu gelar master, dimana untuk mahasiswa graduate merupakan mahasiswa yang mengejar gelar lanjutan setelah mendapatkan gelar undergraduate dengan lulus dari program undergraduate.

Sebagai mahasiswa undergraduate artinya mereka mengejar gelar master, tetapi itu mungkin gelar lanjutan lain, seperti PhD dan umumnya paling sering menyebut siswa tersebut sebagai mahasiswa PhD.

Untuk mendapatkan gelar graduate, mahasiswa pascasarjana masuk ke divisi universitas yang dikenal sebagai sekolah pascasarjana, dan program seperti ini sering disebut program pascasarjana/graduate.

Beberapa studi pascasarjana dirujuk secara lebih spesifik, istilah graduate berasal dari bahasa Latin abad pertengahan graduārī, yang artinya “mengambil gelar.”

Pada akhirnya berasal dari bahasa Latin gradus, yang artinya “langkah” dan setiap kali seseorang lulus, maka dia mengambil langkah ke tingkat pendidikan berikutnya.

Setelah seseorang menyelesaikan pendidikan program undergraduate selama 4 tahun dan alam melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi maka ini disebut dengan pelajar graduate.

Gelar yang didapat saat menyelesaikan program pendidikan di graduate yaitu Master Degree di Indonesia jenjang ini setara dengan program Pasca Sarjana atau S2.

Lamanya waktu yang dibutuhkan untuk menempuh pendidikan graduate umumnya antara 1-2 tahun.

Dan beberapa universitas terkadang menerapkan penggolongan yang berbeda, seperti terdapat universitas yang menggolongkan gelar master ada pada program graduate, tetapi beberapa universitas lain menggolongkan gelar master termasuk pada program postgraduate.

Baca juga: PERBEDAAN Sub Domain, Parked Domain & Add On Domain [2022]

Apa Itu Postgraduate?

Postgraduate yaitu mahasiswa yang berhasil menyelesaikan kursus tingkat sarjana di perguruan tinggi atau universitas dan sedang melakukan studi lebih lanjut di tingkat yang lebih tinggi.

Postgraduate berfungsi untuk menggambarkan mahasiswa pascasarjana yang belajar untuk kualifikasi kedua, umumnya gelar master, sertifikat pascasarjana (PGCert) atau diploma pascasarjana (PGDip).

Pendidikan postgraduate meliputi banyak aspek pendidikan yang berbeda dan sudah diketahui berlangsung sejak lama.

Gelar postgraduate menjadi gelar yang diselesaikan setelah menyelesaikan gelar bachelor, gelar ini bisa apa dimulai dari gelar MRes sampai gelar master.

Sertifikat postgraduate yaitu kualifikasi postgraduate, setingkat dengan gelar master, tetapi tidak setara.

Gelar postgraduate atau postgraduate diploma diajarkan setelah gelar undergraduate, dan gelar ini fokus yang lebih mendalam daripada gelar undergraduate dan lebih fokus pada disertasi serta penelitian.

Sertifikat postgraduate lebih pendek dari kebanyakan kualifikasi postgraduate dan memiliki sekitar 225 “jam kontak” bagi siswa untuk belajar, adalah sekitar sepertiga dari tahun akademik penuh.

Secara sederhana postgraduate bisa diartikan sebagai program pendidikan, yang ditempuh untuk mendapatkan gelar doktor.

Pada umumnya untuk mendapatkan gelar doktor seseorang harus bisa menempuh pendidikan selama kurang lebih 3 tahun.

Jika memang setelah mendapatkan gelar doktor seseorang ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi maka program pendidikan yang ditempuh nantinya disebut post-doctoral.

Perbedaan College dan University?

Sebelumnya pada sub bab undergraduate terdapat kata college dan university, untuk pendidikan di luar negeri memang sangat populer dengan tempat yang disebut college atau university.

Walau jika di terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia college artinya kampus, dan kata kampus dalam penggunaannya di Indonesia adalah kata yang memiliki arti yang sama dengan universitas.

Hanya saja apakah keduanya dianggap sama dalam penggunaannya di luar negeri? lebih jelasnya simak beberapa bahasan berikut ini:

1. Jumlah Mahasiswa

Untuk college dan university jika dibandingkan berdasarkan populasi mahasiswa, tentu saja jumlah mahasiswa yang ada di universitas jauh lebih banyak jika dibanding populasi mahasiswa di college.

Hal ini karena sebuah universitas memang lebih besar dibanding dengan sebuah college, kemudian umumnya usia mahasiswa yang belajar di universitas berkisar antara 18-25 tahun.

Walau memang terkadang terdapat universitas yang menawarkan program untuk orang-orang yang telah bekerja, sedangkan college usia mahasiswa berkisar antara 16 sampai 60 tahun.

Karena program yang ditawarkan dari college yaitu kuliah atau pelatihan yang lebih infomal.

Di College seseorang mempelajari sebuah keahlian, bidang ejuruan, atau program-program yang bersifat spesifik dan memiliki jangka waktu yang pendek.

Baca juga: DESAIN GRAFIS: Pengertian, Unsur, Prinsip & 5 Jenisnya

2. Sistem Pengajaran

Pada universitas memiliki tenaga pendidik dengan gelar yang lebih tinggi, selain itu metode pengajarannya jyga lebih formal.

Sedangkan di college suasana belajar lebih santai dengan jumlah murid yang lebih sedikit dalam satu kelasnya.

Sehingga waktu yang digunakan mahasiswa untuk berinteraksi dengan gurunya lebih banyak.

3. Prospek jangka panjang

Peluang dalam dunia kerja semuanya memiliki kesempatan yang sama, tergantung dari tempat dan bidang pekerjaan apa yang diambil.

Karena yang paling penting ketika melamar pekerjaan adalah kamu harus mumpuni di bidang pekerjaan yang ingin dilamar tersebut.

Dan juga memiliki pengalaman kerja yang cukup lumayan, dimana mereka tidak akan mementingkan apakah seseorang itu lulusan universitas ataukah dari college.

4. Fasilitas

Jika dibandingkan berdasarkan fasilitas dalam menunjang pembelajaran, universitas memiliki fasilitas yang lebih lengkap jika dibanding dengan college.

Dan di college juga memiliki laboratorium komputer, lokakarya, dan ruang kelas hanya tidak selengkap yang dimiliki oleh universitas.

Dan fasilitas berguna jika memang dibutuhkan jadi tidak semua fasilitas yang ada di universitas juga dibutuhkan di college.

5. Komunitas Sosial

Dikarenakan universitas memiliki jumlah mahasiswa yang lebih banyak tentu saja peluang mahasiswanya untuk memiliki grup atau perkumpulan mahasiswa, klub, atau komunitas sosial jauh lebih banyak.

Untuk college yang bisa memberikan gelar sarjana bagi lulusannya biasanya bekerjasama dengan universitas.

Baca juga: STRUKTUR ORGANISASI: Pengertian, Bagan, Fungsi dan Tugas

Dan beberapa universitas memberikan ijin untuk memberikan gelar sarjana tersebut dengan catatan tetap menjaga kualitas gelar sarjana yang ada.

Oleh karena itu universitas turut memonitor dan menjaga kurikulum dan metode pengajaran yang diterapkan.

Pada akhirnya masuk ke college atau universitas adalah sebuah pilihan, karena keduanya adalah tempat untuk mendapatkan ilmu.

Beberapa orang yang memilih college dengan alasan tersendiri seperti biaya kuliah yang jauh lebih murah.

Selain itu alasan lokasi juga menjadi pilihannya, seperti  banyak dari universitas di luar negeri yang bekerja sama dengan college lokal untuk memberikan gelar sarjana, seperti universitas di Inggris yang bekerja sama dengan college di Singapore.

Maka beberapa orang Indonesia akan lebih memilih untuk kuliah di Singapore jika dibandingkan di Inggris karena jaraknya yang lebih dekat dan untuk biaya hidup lebih terjangkau jika dibanding di Inggris.

Menjadi siswa yang akan meneruskan pendidikan ke luar negeri atau tengah mencari lowongan kerja kamu tentu berjumpa dengan beberapa istilah tersebut yang sudah disingkat seperti.

  • Bасhеlоr yaitu ѕаrjаnа (Mudа)
  • Dеgrее yaitu gеlаr
  • Associate Degree yaitu gеlаr yang dіbеrіkаn ѕеtеlаh ѕіѕwа mеnеmрuh реndіdіkаn 2 tahun setelah реndіdіkаn Hіgh School SMA (ѕеtаrа D3).
  • Bасhеlоr Degree (gеlаr ѕаrjаnа) yaitu gеlаr уаng didapat oleh siswa setelah menyelesaikan mаѕа ѕtudі 4 tаhun ѕеtеlаh luluѕ dаrі hіgh ѕсhооl (Sеtаrа S1).
  • Undеrgrаduаtе yaitu рrоgrаm terdiri dаrі рrоgrаm Aѕѕосіаtе Dеgrее dаn Bachelor.
  • Grаduаtе yaitu Program lаnjutаn dаrі Bасhеlоr dengan ѕtudі lеbіh spesifik (Setara S2) untuk mеndараtkаn gelar Mаgіѕtеr (Mаѕtеr).
  • Pоѕtgrаduаtе yaitu Prоgrаm lаnjutаn dаrі Grаduаtе untuk mеndараt gеlаr Dосtоr (Sеtаrа S3)/
  • Mаѕtеr Dеgrее yaitu Gеlаr yang dіdараtkаn ѕеlераѕ lulus dаrі рrоgrаm Graduate аtаu S2.

Kesimpulan

Undergraduate artinya seperti seorang mahasiswa di universitas atau perguruan tinggi yang belum menerima gelar pertama, terutama untuk gelar sarjana.

Graduate mengacu pada gelar di luar sarjana, paling sering yaitu gelar master, dimana untuk mahasiswa graduate merupakan mahasiswa yang mengejar gelar lanjutan setelah mendapatkan gelar undergraduate dengan lulus dari program undergraduate.

Postgraduate yaitu mahasiswa yang berhasil menyelesaikan kursus tingkat sarjana di perguruan tinggi atau universitas dan sedang melakukan studi lebih lanjut di tingkat yang lebih tinggi.

Diantaranya kesemua gelar di atas dalam ilmu dan lama pendidikan tentu berbeda, namun untuk mencari pekerjaan tergantung dari pililhan yang diambil, jadi apapun gelar yang kamu pilih semua adalah pilihan yang kamu tentukan di awal.

Sehingga kamu memahami mengenai apa itu Bachelor Degree, Undergraduate, Graduate dan Postgraduate seperti penjelasan di atas.

Orang juga bertanya

English private teacher, seo writter, english translator, and content writer.

Tinggalkan komentar