Cara Pasang WiFi di Rumah

Cara Pasang WiFi di Rumah – Perkembangan teknologi di masa sekarang ini membuat penggunaan smartphone menjadi hal yang sangat dibutuhkan.

Namun tidak lengkap jika hanya menggunakan smartphone tanpa dilengkapi dengan hadirnya internet, karena kedua hal tersebut saling berkaitan.

Dalam memenuhi kebutuhan jaringan internet yang semakin tinggi, maka membutuhkan internet yang cepat dan stabil, salah satunya dengan memasang WiFi.

Adanya WiFi di rumah, maka berbagai hal yang bisa kamu dapatkan, diantaranya bisa menghemat pengeluaran membeli paket internet, juga mendapatkan paket internet unlimited.

Untuk itulah kamu harus paham mengenai cara pasang WiFi di rumah yang bisa dilakukan kapan saja, simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Cara Pasang WiFi di Rumah 

Saat ini cara pasang WiFi di rumah tidak membutuhkan telepon lagi, jadi lebih mudah dan praktis, berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan, diantaranya:

1. Dengan Menggunakan MiFi atau Modem WiFi

Cara memasang WiFi di rumah pertama yang mudah dilakukan yaitu dengan membeli modem MiFi.

Modem tersebut diproduksi oleh smartfren dengan harga yang terjangkau.

Keunggulan mengggunakan modem MiFi dari Smartfren yaitu sudah mendukung jaringan 4G, sehingga koneksi internet akan lebih cepat jika dibandingkan menggunakan modem standar lain.

WiFi dari Smartfren memiliki jangkauan sinyal yang luas, sehingga bisa digunakan di tempat terpelosok sekalipun yang jauh dari jangkauan jaringan internet.

Kekurangan dari WiFi ini yaitu kamu belum bisa membeli paket rumahan yang unlimited, jadi hanya bisa memilih paket internet harian, mingguan, atau bulanan.

Sedangkan untuk biaya tergantung dari seberapa besar kuota yang digunakan, sehingga bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan.

Untuk memasang Smartfren Mifi 4G ini cukup mudah, karena bisa dibawah ke mana-mana  dengan alat yang sederhana, selain itu memiliki daya baterai yang ditawarkan bisa bertahan selama 20 Jam dan bisa digunakan bersamaan dengan lebih dari 30 perangkat sekaligus.

Untuk mencoba menggunakan MiFi dari Smartfren dan berapa kisaran biaya paket internetnya, kamu bisa datang langsung ke Galery Smartfren terdekat untuk berntanya mengenai modem MiFi dan paket yang dinginkan.

2. Dengan Menggunakan Router USB

Cara Pasang WiFi Di Rumah 

Berikutnya tersedia Router USB yang memiliki cara kerja serupa dengan MiFi Smartfren, hanya saja, kamu bisa menggunakannya ke semua operator seluler dalam pembagian koneksi internet ke berbagai perangkat yang tersedia di rumah.

Sehinggga bebas menentukan paket internet sesuai jaringan seluler yang ada di rumah.

Ada banyak jenis router USB yang ada dipasaran, namun sebaiknya memilih Router terbaik dengan harga yang terjangkau.

Untuk memasang WiFi di rumah menggunakan router USB dengan membutuhkan modem, lalu modem tersebut  dimasukka ke port USB yang tersedia di Router USB.

Cara menggunakannya juga sangat mudah, dimana router USB akan menjadi jaringan utama untuk berbagi koneksi data internet ke semua perangkat.

Biasanya jenis router USB yang tersedia dipasaran dihargai mulai dari Rp. 200 ribuan sampai jutaan, tergantung merek dan model yang kamu gunakan, harga tersebut belum termasuk modem.

Setelah membeli kedua perangat router dan modem, maka selanjutnya tinggal menentukan operator seluler yang sudah didukung dengan jaringan 4G.

3. Dengan Menggunakan WiFi IndiHome

Cara pasang WiFi di rumah berikutnya yaitu menggunakan WiFi dari IndiHome, WiFi ini terbilang memiliki jaringan internet yang sangat luas jika dibandingkan penyedia layanan internet rumahan lainnya.

Selain itu, WiFi dari IndiHome sudah memiliki nama dan kualitas terbaik, ketika pemasangan IndiHome dilakukan tanpa harus telepon rumah.

Dengan memasang IndiHome, maka kamu akan mendapatkan layanan tambahan seperti telepon rumah dan TV berbayar, dan bisa  memiliki layanan khusus internet, sehingga biaya berlangganannya lebih terjangkau.

Untuk layanan internet only, biaya yang dikeluarkan yaitu sekitar 200 ribuan untuk paket fiber optic sebesar 10 Mbps.

Juga ada berbagai pilihan paket internet, mulai dari 10 mbps sampai 100 mbps, atau kamu juga bisa memilih paket internet kuota Unlimited.

Untuk mendaftar paket internet dari IndiHome kamu bisa lakukan secara online atau datang langsung ke gerai Plaza Telkom terdekat atau menghubungi customer service IndiHome, dan setelah berhasil maka pihak IndiHome akan langsung memasang WiFi di rumah.

Baca Juga: Wifi Murah Dibawah 200rb Terbaru

4. Dengan Menggunakan Tower Internet

Cara memasang WiFi berikutnya yaitu dengan berlangganan Fiber Optic, hanya saja dikhususkan bagi pengguna yang berlokasi di pegunungan atau lokasi yang jauh dari jaringan internet.

Dimana cara memasang jenis WiFi ini membutuhkan yang namanya Tower Internet, hal ini bertujuannya untuk menjangkau akses poin di titik tertentu dengan bantuan modem dan router.

Dimana tower tersebut sudah disediakan oleh Provider terkait, sehingga kamu hanya membayar alat dan juga biaya pemasangannya.

Jika dibandingkan dengan merek lain, maka biaya yang harus dikeluarkan menggunakan cara ini terbilang cukup mahal.

Harga tersebut termasuk untuk untuk membeli tiang tower, modem, router, dan juga biaya berlangganan setiap bulannya.

Untuk kualitas dan kecepatan akses internet sudah tidak perlu diragukan lagi tentunya.

Walaupun biaya pemasangan dan berlangganan terbilang lebih mahal, namun memasang WiFi di rumah dengan Tower Internet menjadi pilihan terbaik untuk mengakses internet lebih cepat khususnya yang tinggal di pedasaan atau tempat pelosok yang tidak terakses jaringan internet menggunakan kabel.

5. Menggunakan HP

Mobile phone sudah kian pintar saat ini, maka dari itu dinamakan smartphone.

Kepintarannya yang membuat smartphone dapat melakukan tugas apa saja, termasuk dalam hal penyediaan WiFi.

  1. Banyak smartphone yang sudah memiliki fitur ini, apalagi untuk smartphone jenis terbaru.
  2. Cara pengaplikasiannya juga mudah, pengguna smartphone hanya perlu masuk ke menu pengaturan.
  3. Pada bagian nirkabel dan jaringan, pilih selengkapnya.
  4. Cari opsi menambatkan hotspot portabel dan akan terdapat beberapa pilihan, salah satunya hotspot WiFi.
  5. Lalu aktifkan hotspot WiFi dan WiFi siap digunakan.

Mudah bukan?

Langkah Mendaftarkan dan Pasang WiFi di Rumah

Untuk pemasangan WiFi di rumah secara umum bisa di lakukan dengan langkah berikut ini.

  1. Yang pasti, sebelumnya tentukan dahulu provider internet yang akan kmau gunakan.
  2. Siapkan syarat dokumen berupa kartu identitas (KTP/SIM/Paspor), asli dan fotokopi.
  3. Datangi kantor pelayanan provider internet yang Anda tuju atau hubungi secara online melalui website mereka.
  4. Pilih paket internet yang kamu inginkan dan isi formulir pendaftaran.
  5. Kemudian, serahkan dokumen fotokopi KTP dan tunjukkan aslinya.
  6. Kamu akan diminta untuk membayar tagihan internet untuk pertama kalinya beserta biaya administrasi dan biaya pasang (apabila ada).
  7. Silakan lunasi pembayaran terlebih dahulu.
  8. Setelah selesai, petugas akan memberitahukan jadwal kedatangan teknisi ke rumah kamu untuk melakukan pemasangan WiFi di rumah.
  9. Teknisi dari provider internet terkait akan datang sesuai jadwal dan memasangkan perangkat modem di rumah kamu .
  10. Kini kamu sudah bisa menggunakan internet di rumah dengan jaringan WiFi deh! Pasang WiFi di rumah ternyata tidak serumit yang kamu bayangkan, bukan? Lalu petugas yang memasangkan perangkat dan menghubungi operator, dan kamu bisa menunggu hingga semua selesai.

Cara Pasang WiFi IndiHome

Jika kamu belum pernah berlangganan internet IndiHome? Dan ingin tahu cara pasang WiFi IndiHome dengan mudah secara online?

Nah, kamu simak saja langkah-langkah cara pendaftaran IndiHome via website resminya berikut ini.

  1. Pertama, kamu buka dulu website resmi IndiHome (https://www.indihome.co.id/registrasi-indihome) dari aplikasi browser di HP atau laptop.
  2. Selanjutnya, di step ‘Alamat pemasangan’ kamu masukkan alamat rumah yang akan dipasang WiFi IndiHome. Setelah itu, klik tombol ‘Cari’.
  3. Kemudian, masukkan detail alamat yang lebih jelas lalu klik tombol ‘Pilih alamat’.
  4. Setelah itu, akan ada jendela notifikasi untuk konfirmasi alamat.
  5. Di sini kamu klik tombol ‘Ya, lanjutkan’.Langkah 3 – Pilih paket IndiHome
  6. Langkah berikutnya, kamu pilih paket IndiHome sesuai dengan kebutuhan.
  7. Lalu, klik tombol ‘Lanjut’.
  8. Kemudian, akan muncul jendela konfirmasi pembelian paket.
  9. Di sini kamu klik tombol ‘Beli’.
  10. Selanjutnya, kamu isi beberapa data personal yang dibutuhkan mulai dari email, nama, nomor HP, dan sebagainya.
  11. Ikuti semua prosesnya dan berikan semua informasi data diri yang diminta sampai selesai.
  12. Jika, semua prosesnya sudah berhasil kamu lewati, maka terakhir kamu tinggal menunggu pihak IndiHome menghubungimu via telepon atau email.
  13. Setelah itu, tim teknisi akan datang ke rumah untuk memasang WiFi IndiHome kamu.

Kesimpulan

Dari sekian cara pasang WiFi di rumah kamu bisa memilih cara mana yang sesuai dengan kebutuhan rumahan dan juga kegiatan sehari-hari.

Cara tersebut memiliki kelebihan dan juga kekurangan masing-masing, jadi jangan salah memilih jenis paket WiFi terbaik.

Tinggalkan komentar