Cara Agar HP Tidak Ngelag

Ada kalanya memiliki HP canggih dengan versi terbaru tidak akan bisa menjamin terjadinya masalah lag pada HP.

Hal ini sudah dialami dari pertama kali HP keluaran terbaru, jadi tidak heran masih saja saat ini terjadi hal yang sama.

Karena itu ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari atau mengatasi hal tersebut.

Yang pasti cara ini cukup terbukti berhasil dan bisa dilakukan kapan dan dimana saja secara mudah.

Penasaran? simak penjelasan mengenai cara agar HP tidak ngelag berikut ini.

Cara Agar HP Tidak Ngelag Mudah

Permasalahan HP yang sering ngelag bisa terjadi karena beberapa penyebab, mulai dari kebanyakan install aplikasi, baterai yang semakin habis, sampai pada kapasitas RAM yang kurang.

Adanya banyak virus yang ada di dalam HP bisa menjadi penyebab ngelag dan lemot.

Saat ini ada cara agar HP tidak ngelag, berikut langkahnya:

1. Perhatikan Kapasitas Memori

Setiap HP sudah dibekali dengan ukuran memori yang berbeda, dengan kapasitas memori ini juga bisa menjadi salah satu performa HP lemot dan lag.

Selain RAM, kapasitas memori menjadi hal yang penting agar terhindar dari permasalahan lambat atau ngelag.

Karena itu, perlu dilakukan dengan menghindari menyimpan terlalu banyak data dalam HP tersebut.

2. Dengan Menggunakan Aplikasi Antivirus

Cara agar HP tidak ngelag berikutnya dengan menggunakan aplikasi antivirus, cara ini penting untuk mencegah munculnya virus-virus yang dapat merusak sistem HP.

Namun, hal yang harus di perhatikan, sebaiknya hindari untuk meng-install lebih dari satu aplikasi antivirus di HP kamu.

Hal ini karena aplikasi antivirus senantiasa akan aktif dan tentu ini bisa menyebabkan RAM yang digunakan semakin berat sehingga performa menjadi lemot.

3. Rajin Bersihkan File Yang Tidak Terpakai

cara agar hp tidak ngelag cepat dan mudah

Cara agar HP tidak ngelag juga bisa dilakukan dengan rutin membersihkan file yang tidak penting seperti  junk, cache, dan file lain yang mengganggu.

Hal ini karena file tersebut dianggap sebagai file ‘sampah’, sehingga jika dibiarkan dalam waktu lama bisa menyebabkan HP menjadi lemot dan ngelag.

4. Memperbarui Sistem dan Aplikasi

Dengan rutin memperbarui sistem juga menjadi salah satu cara agar HP tidak ngelag.

Segera lakukan update jika muncul pemberitahuan untuk perbarui sistem dan perangkat software.

Hal ini bertujuan untuk memperbaiki masalah yang terjadi karena bawaan sistem sebelumnya, sehingga update software bisa memberikan perbaikan yang lebih baik dan tidak sering ngelag.

5. Mengurangi Pemakaian Widget

Menggunakan terlalu banyak widget juga bisa menjadi penyebab HP sering ngelag, karena itu dengan mengurangi pemakaiannya dalam waktu lama bisa mengurangi dampaknya.

Meski widget berfungsi agar dapat mempercepat akses, namun penggunaannya justru akan memperbesar konsumsi RAM, tentu hal ini menjadikan HP mudah lemot atau ngelag.

6. Menghapus Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Memiliki banyak aplikasi dalam HP memang menjadi hal yang menarik, selain aplikasi tersebut memang dibutuhkan dan menjadi kebutuhan berbagai pekerjaan.

Namun, ternyata aplikasi justru yang menjadi penyebab HP mudah lag dan lemot apabila jumlah aplikasi terlalu banyak dan ukurannya berat.

Karenanya penting untuk menghapus semua aplikasi yang tidak terpakai dan tidak penting untuk membatasi kapasitas RAM dan memori agar tidak penuh.

7. Menggunakan Memori Eksternal

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan agar HP tidak mudah ngelag, yaitu menggunakan perangkat memori eksternal.

Kamu bisa beli perangkat tersebut untuk dimasukkan ke dalam HP agar memberikan kapasitas yang lebih besar untuk penggunaan seperti aplikasi, video, foto dan sebagainya.

Dengan adanya memori eksternal dapat mengatasi HP sering lag dan lemot, karena kapasitas memori sudah cukup luas dan besar.

8. Melakukan Reset Factory

Cara agar HP tidak ngelag selanjutnya dengan mencoba factory reset, namun cara ini memiliki resiko bagi keamanan data atau file di dalam HP kamu.

Karena itu sebelum melakukan cara ini, sebaiknya lakukan backup data dahulu, agar data yang penting di HP bisa tersimpan.

Dengan melakukan factory reset bisa menghilangkan data penting jika tidak di backup sebelumnya, setelah itu barulah kamu lakukan factory reset seperti biasa.

Perlu diingat untuk setiap HP memiliki cara reset yang berbeda, jadi sesuaikan dengan merek dan tipe kamu saat melakukan reset factory.

Baca Juga: Cara Reset HP Samsung J2 Prime Seperti Baru

9. Menghindari Baterai Mencapai 0%

Terakhir cara agar HP tidak ngelag dengan mengikuti tips yang harus diperhatikan yaitu saat menggunakan daya baterai.

Bermain games dan menggunakan media sosial terkadang sering membuat menjadi lupa waktu, dan kebiasaan ini bisa berdampak buruk pada baterai HP menjadi mudah habis.

Tidak jarang sebagian orang yang tanpa sadar saat melakukan kegiatan tersebut justru sampai kondisi daya baterai hampir di angka 5 persen.

Kebiasaan inilah yang menjadi salah satu penyebab HP lag, karena itu, jangan pernah membiarkan baterai mencapai 0%, sebaiknya langsung isi daya baterai sebelum kondisinya sudah mencapai 20%.

Sehingga saat bermain game dan berseluncur di media sosial akan terasa lebih aman, nyaman dan ngelag menjadi hilang.

Kesimpulan

Siapa pun yang menggunakan HP, jika terjadi yang namanya lag dan lemot tentu akan mengganggu kegiatan, apalagi lagi seru-serunya.

Karena itu kamu bisa mencoba Cara agar HP tidak ngelag yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut, pilih cara yang menurut kamu paling cocok dan aman tentunya.

Tinggalkan komentar