Cara Membuat Night Vision Sendiri

Cara membuat night vision sendiri saat ini sudah bisa dicoba dengan cara mudah.

Ada banyak tutorial yang bisa diikuti melalui channel YouTube dan media sosial lain mengenai hal tersebut.

Dimana night vision memiliki manfaat yang besar di saat kebutuhan cahaya di malam hari tidak bisa melakukan dengan baik, atau saat mati lampu.

Semakin canggihnya teknologi, maka sekarang mulai banyak bermunculan tidak hanya cara membuat night vision saja tapi juga perangkat serupa seperti kamera CCTV.

Dengan CCTV bisa membantu dalam memantau kegiatan pada malam hari saat kondisi di luar nampak gelap, leih jauh mengenai bahasan ini simak selengkapnya berikut.

Tentang Night Vision

Perangkat penglihatan malam, digunakan untuk meningkatkan penglihatan seseorang di dalam kondisi cahaya yang sangat rendah atau gelap.

Ada beberapa jenis contoh penglihatan malam, seperti inframerah sebagai perangkat night vision.

Inframerah sebagai sebuah teknologi mengubah adegan diterangi oleh cayaha ini menjadi gambar terlihat.

Dengan sistem thermal imaging yang bekerja dengan mengubah pola panas yang dipancarkan oleh benda-benda, orang, atau hewan menjadi gambar ecara visual.

Perangkat penglihatan malam ini digunakan pada saat perang dengan dilengkapi Sistem untuk memperkuat pengambilan gambar dalam cahaya yang minim, seperti cahaya bintang, menjadi gambar jelas terlihat.

Pandangan menggunakan perangkat penglihatan malam ini bisa  50.000 kali lebih terang dibanding dengan tatapan mata telanjang untuk melihat.

Dulunya perangkat ini di negara Amerika Serikat digunakan untuk penglihatan malam saat melakukan Perang Vietnam dan terbilang efektif .

Perangkat ini juga digunakan oleh pasukan polisi saat bertugas dengan menjelajahi kondisi area yang gelap atau minim cahaya, sehingga objek lebih mudah dilihat dan diketahui.

Perangkat night vision ini sendiri sudah mulai digunakan semenjak tahun 1940an oleh tentara Amerika, dengan kebutuhan sebagai alat perang.

Dan di zaman milenial sekarang sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga lebih modern dan mudah digunakan, seperti contoh teknologi yangn ada di kamera CCTV.

Baca Juga: Cara Membuat Story WA Video Background Hitam

Cara Membuat Kamera HP Menjadi Night Vision

Saat malam hari yang dibilang minim pencahayaan, teknologi night vision yang menggunakan lampu infra merah menjadi cara untuk dipasang pada CCTV dimana saja.

Sehingga dengan demikian, tidak akan menjadi masalah meski area rekaman tidak memiliki lampu sekalipun.

Kelebihan dari lampu infra merah ini yaitu cahayanya tidak bisa ditangkap oleh mata manusia, namun bisa ditangkap oleh kamera dengan baik.

Sehingga hal kasat mata juga bisa terlihat menggunakan perangkat ini, termasuk tindak kejahatan yang akan dilakukan orang tidak bertanggung jawab di rumah atau sekirar yang terpasangan CCTV.

Teknologi night vision atau penglihatan malam diadaptasikan ke HP keluaran terbaru saat ini dengan harga yang terbilang tidak murah.

Untuk yang ingin memiliki perangkat seperti HP yang notabene bisa dipadukan dengan teknologi night vision, maka simak cara berikut yang bisa dicoba.

Cara membuat night vision sendiri bisa coba lakukan langkah berikut:

Bahan dan Alat Membuat Kamera HP Night Vision

  • Obeng
  • Alat solder
  • Led infra merah
  • Kabel OTG
  • Tang

Cara Membuat Night Vision Sendiri pada Kamera HP

Cara Membuat Night Vision Sendiri terbaru

Jika kamu ingin membuat pencahaan malam menggunakan HP, maka kamu harus siap menanggung risiko jika perangkat harus dibongkar dan di otak-atik.

Jika siap, kamu bisa mencoba caranya seperti langkah berikut:

  1. Sebelumnya, untuk membuat kamera night vision secara sendiri maka pertama bongkar dulu HP menggunakan obeng khusus dan bongkar perlahan. Perlu diketahui untuk tingkat kesulitan bongkar tergantung jenis dan merek dari HP yang di pakai dan segala kerusakan  harus di tanggung sendiri.
  2. Setelah HP dibongkar, ambil modul kamera.
  3. Lalu lepas perekat yang menghubungkan antara kamera dengan lensa auto fokus dan lepas lensanya.
  4. Kemudian ambil atau lepas kaca filter infra merah menggunakan tang kecil atau alat yang serupa.
  5. Kemudian pasang kembali lensa pada modul kamera di HP dan modul kamera pada HP.
  6. Berikutnya pasang kabel otg, dan pilih yang berwarna merah dan hitam pada modul lampu infra merah. Catatan, untuk modul infra merah bisa didapatkan di toko elektro dimana saja atau terdekat.
  7. Lalu tempelkan double tape pada modul dan tempelkan juga di kamera HP secara perlahan sampai menempel.
  8. Pasang kabel otg pada HP.
  9. Jika dilihat dari kamera, lampu infra merah akan menyala, hanya saja ini tidak bisa dilihat dengan mata terbuka, karena akan sulit melihatnya jika lampu infra merah sedang menyala.

Meski dalam keadaan gelap sekalipun, kamera HP akan tetap mampu menangkap gambar karena sudah mendapat pencahayaan dari infra merah setelah memasangnya tadi.

Cara di atas terbilang mudah dan praktis, kamu tidak perlu pergi ke tukang service hanya untuk memasang infra merah di HP.

Hanya saja saat melakukan sedikit modifikasi pada HP, kamu harus siap dengan risiko apabila terjadi masalah atau tidak berhasil nantinya, namun jika penasaran coba lakukan dengan tepat dan teliti.

Kesimpulan

Sudah paham bukan mengenai cara membuat night vision sendiri seperti tutorial di atas, caranya terbilang mudah dan praktis.

Hanya memerlukan beberapa perlengkapan ringan, cukup ikuti langkah dan kamu sudah bisa menggunakan kamera night vision sesuka hati.

Tinggalkan komentar