30+ Contoh Alamat Email Saya dan Profesional yang Benar

Alamat email merupakan sebuah nama unik yang digunakan untuk mengidentifikasi akun email dan juga digunakan untuk menerima dan mengirim pesan lewat Internet.

Dalam dunia saat ini, alamat email sama seperti alamat rumah, dimana saat berkirim barang via pos, maka alamat pengirim dan penerima harus jelas agar paket bisa sampai ke tujuan dengan tepat, dan tidak salah rumah.

Sedangkan, pengertian email (electronic mail) atau surat elektronik adalah sarana dalam pengiriman pesan lewat perangkat teknologi komputer atau smartphone dengan Jaringan Internet.

Untuk membuat alamat email pribadi atau profesional maka bisa menggunakan beberapa layanan dan yang paling populer dan gratis dalah Gmail.

Selain itu ada juga beberapa layanan lain seperti Outlook, Yahoo, Aol, , YAndex, Icloud, Zoho dan lainnya, untuk jelasnya lagi kamu bisa simak bahasan Contoh Alamat Email Saya dan Profesional yang Benar berikut.

Contoh Alamat Email Saya atau Pribadi

Dalam penulisan email tidak banyak aturan khusus, dimana kamu bebas menggunakan nama apa saja selama nama tersebut belum ada yang menggunakan dan tidak menyalahi aturan penulisan pada alamat email.

Contohnya tidak boleh ada spasi atau menggunakan karakter tertentu yang dilarang, seperti tanda =, -. &, -. <>, + dan sebagainya.

Dan yang dibolehkan hanya hurus (a-z), angka (0-9) dan juga titik, selain itu nama alamat email harus jelas agar bisa  diingat dan terlihat profesional.

Jangan menggunakan nama-nama panjang sekali, nama lelucon karena selain susah dihapal,dan dirasa kurang pantas, apalagi jika email yang digunakan untuk berkirim pesan pesan atau melamar pekerjaan dan sebagainya.

1. Contoh Alamat Email Pribadi

Berikut ini contohnya:

Kata sebelum tanda @ bisa diubah sesuai dengan kebutuhan dan sesuai dengan aturan.

Sedangkan kata @gmail.com merujuk pada penyedia layanan email dan ini tidak bisa diubah sama sekali, kecuali kamu costum sendiri menggunakan layanan yang berbayar.

Misalnya menggunakan layanan Yahoo, maka kalimat setelah @ menjadi, [email protected] dan juga ketika menggunakan provider lain.

2. Contoh Alamat Email Profesional

Nama alamat email profesional sering digunakan untuk kepentingan bisnis atau organisasi.

Dengan penamaan profesional ini kamu tentu saja harus menjaga kredibilitas dan kepercayaan dari para klien yang kamu miliki.

Para pengguna alamat email profesional menggunakan alamat email domain costum, contohnya nama bisnis bisa ditempatkan di bagian setelah @, contoh [email protected]

Untuk menggunakan alamat email profesional bisa menggunakan layanan gratisan, seperti Gmail.

Contoh Alamat Email Perusahaan Profesional yaitu:

3. Contoh Alamat Email Pribadi Profesional

Contoh Alamat Email Saya dan Profesional yang Benar untuk email pribadi profesional di antaranya:

Baca Juga: WEB BROWSER: Pengertian, Fungsi & Macam Macam Web Browser

Tips Membuat Alamat Email

Alamat Email

Simak di bawah ini beberapa cara yang bisa kamu coba, yaitu:

1. Menggunakan Penamaan Email yang Bagus

Disarankan untuk membuat nama email sejelas dan sebaik mungkin, paling tidak ada nama depan atau lebih baik mencantumkan nama lengkap .

Hal ini agar lebih mudah dikenali dan tidak terkesan asal, jika menggunakan email seperti itu untuk melamar kerja, sudah barang tentu lamaran akan langsung ditolak.

Selain itu, hindari gunakan nama yang terlalu panjang atau susah diingat.

2. Gunakan Layanan Email Terpercaya

Banyak pilihan layanan email yang ada di dunia internet, maka gunakanlah layanan yang sudah terbukti keamanannya.

Menggunakan layanan email secara asal akan membahayakan data sendiri karena rentan terjadinya peretasan.

Layanan penyedia email yang paling banyak di gunakan di Indonesia diantaranya Gmail karena penggunaan, tampilan interface, cara daftar yang sangat mudah atau user friendly.

Untuk masalah keamanan, tentu sudah sangat handal melindungi data-data para penggunanya.

Meskipun begitu, kamu harus tetap berhati-hati saat akan berkirim data atau dokumen penting.

3. Gunakan Password yang Kuat

Gunakanlah password yang rumit yang berbeda dari akun lain dengan menggunakan kombinasi huruf besar dan kecil juga angka ataupun karakter.

Karena ini akan membuat email sulit dibobol terutama oleh aplikasi generate password yang banyak digunakan para hacker.

4. Gunakan Email Pemulihan

Email pemulihan digunakan untuk memulihkan akun email ketika tidak bisa diakses, baik karena lupa password atau karena hal lainnya.

Untuk membuat email pemulihan, kamu membutuhkan 2 email yang berbeda dan bisa menggunakan email yang lain atau menggunakan email keluarga.

Saar membuat email, seperti informasi yang sangat penting, pengiriman dokumen perusahaan, data-data karyawan, data penjualan dan informasi penting lain maka disarankan untuk menggunakan fitur-fitur keamanan yang ada.

Baca Juga: PENGERTIAN GOOGLE DRIVE: Manfaat, Cara Penggunaan & Fungsi GDrive

Fungsi Email

Alamat Email

Alamat email yaitu alamat unik surat elektronik untuk menunjukkan jika alamat tersebut adalah benar milik kamu sendiri.

Alamat email memiliki beragam fungsi, diantaranya:

1. Daftar Akun Medsos

Alamat email digunakan untuk mengakses akun social media seperti misalnya facebook, instagram ataupun youtube.

Walau saat ini bisa menggunakan no hp tapi masuk perangkat medsos melalui akun email jauh lebih aman.

Hal ini dikarenakan, email tidak akan hilang, berbeda dengan nomor handphone yang sewaktu-waktu bisa hilang, baik karena dicuri, rusak ataupun habis masa aktifnya.

2. Pendaftaran Berbagai Layanan

Sudah wajib, setiap layanan baik di sektor pemerintahan atau swasta, mengharuskan mengisikan alamat email dalam formulirnya selain nomor handphone.

Dengan email pemberitahuan hal penting berkaitan layanan akan mudah disampaikan.

Selain itu, penggunaan email lebih formal dan raham jika dibandingkan menggunakan handphone.

Terlebih untuk berita-berita yang memiliki teks pemberitahuan yang panjang.

Email menjadi alamat wajib atau optional dalam pengisian formulir perbankan, situs jual beli e-commerce, layanan digital dan sebagainya.

3. Sarana Berkomunikasi

Selain, whatsapp, line, messenger dan sebagainya yang banyak di gunakan untuk percakapan sehari-hari maka email juga bisa digunakan untuk layanan bertukar pesan, terlebih untuk hal yang bersifat formal.

Dalam hal ini juga bisa dijadikan sebagai media komunikasi siapa saja selagi masih berkaitan.

Baca Juga: 2 CARA MEMBUAT Google Form untuk Kuisioner, Soal, Survey & Pendaftaran

Kesimpulan

Alamat email adalah sebuah nama unik yang digunakan untuk mengidentifikasi akun email dan juga digunakan untuk menerima dan mengirim pesan lewat Internet.

Kamu bisa ketahui fungsi, tips dari bahasan Contoh Alamat Email Saya dan Profesional yang Benar di atas dengan harapan lebih tahu lebih luas mengenai email.

Tinggalkan komentar