PENGERTIAN GOOGLE DRIVE: Manfaat, Cara Penggunaan & Fungsi GDrive

Sering terjadi saat akan melakukan presentasi atau hal lainnya tiba-tiba file yang akan digunakan tidak terbawa, apakah masih tertinggal di komputer atau laptop.

Atau bisa jadi kamu pernah mengalami seperti kehilangan file-file penting yang tersimpan di laptop atau smartphone karena satu dan lain hal.

Padahal file tersebut adalah penting dan saat itu harus dipakai untuk keperluan mendesak.

Nah, kamu tidak perlu bingung karena ada cara untuk mengatasi hal semacam itu, yaitu dengan menggunakan  Google Driv.

Yang hadir sebagai media penyimpanan online yang membuat data akan tersimpan secara cloud sehingga data tersimpan aman dan bisa digunakan kapan dan dimana saja.

PENGERTIAN GOOGLE DRIVE: Manfaat, Cara Penggunaan & Fungsi GDrive

Sebelum mengetahui lebih dalam mengenai hal ini, kamu simak dulu penjelasan berikut.

Pengertian Google Drive

Pengertian Google Drive

Google drive merupakan sebuah layanan google untuk media penyimpanan data online (daring) berbasis cloud atau Internet yang mudah digunakan.

Atau umumnya Google Drive sama seperti cloud storage semacam dropbox atau OneDrive.

Aplikasi ini tersedia dalam bentuk dekstop atau smartphone, untuk beberapa jenis Hp Google Drive atau GDrive menjadi aplikasi bawaan yang sudah terinstal secara otomatis di sistem.

Di google drive siapa saja dapat menyimpan file-file berupa dokumen, gambar, audio ataupun video dengan kapasitas gratis sebesar 15 Gigabyte.

Sementara itu, kamu bisa menyimpan, mengedit dan mengambil file dari google drive dengan catatan perangkat komputer atau smartphone harus terhubung dengan jaringan internet sebelumnya.

Pengertian Google Drive sendiri adalah layanan untuk menyimpan file di internet pada pada storage berbasis cloud yang disediakan oleh google.

Fungsi Google Drive

Fungsi Google Drive

Google drive memiliki beberapa fungsi utama untuk digunakan, beberapa fungsi tersebut diantaranya:

Untuk Menyimpan File

Fungsi utama Google Drive yaitu sebagai media penyimpanan data, dengan Google Drive kamu dapat menyimpan data dalam bentuk dokumen gambar atau pada media penyimpanan online tanpa harus menyediakan storage atau media penyimpanan offline contohnya ram ataupun hardisk.

Berbagi File

Dengan menggunakan Google Drive siapa aja dapat berbagi file secara langsung tanpa perlu melakukan konfigurasi yang rumit dan dapat berbagi file secara langsung dengan mengundang pengguna lain lewat Link yang diberikan atau pun undang melalui email.

Edit File

Kamu dapat melakukan editing data tanpa harus mengunduhnya, GDrive mendukung fitur edit data teks yang terhubung dengan google spreadsheet.

Aplikasi ini berfungsi seperti ms word atau excel hanya saja berbentuk online tanpa harus melakukan instalasi software dulu.

Melakukan Back Up Data

Hal ini sama seperti poin pertama, Google drive digunakan untuk membackup data baik itu data yang ada di komputer maupun perangkat lunak lainnya.

Dengan menggunakan Google Drive sebagai media penyimpanan file yang terdapat pada website bertujuan nantinya jika terjadi sesuatu pada website kamu dapat merestar ulang file-file tersebut dengan bantuan software pihak ketiga.

Baca Juga: PERILAKU KONSUMEN: Pengertian, Teori, Faktor & Contoh

Manfaat Google Drive

PENGERTIAN GOOGLE DRIVE: Manfaat, Cara Penggunaan & Fungsi GDrive dengan mengetahui manfaat yang bisa kamu rasakan, yaitu:

Data Tersimpan Aman

Menyimpan data di google drive jauh lebih aman jika dibandingkan menyimpan data di komputer ataupun telepon pintar, karena alat seperti ini rawan mengalami kerusakan ataupun hilang karena pencurian.

Namun, tetap saja kamu perlu berhati-hati karena pencurian data bisa saja terjadi pada perangkat cloud storage seperti GDrive ini.

Data Dapat Digunakan Kapa dan Dimana saja

Kamu dapat menggunakan GDrive dimana dan kapan saja sesuai keinginan sepanjang device terhubung ke Internet.

Dan ini akan memudahkan kamu saat akan melakukan presentasi tiba-tiba laptop tertinggal, sedangkan data masih ada di laptop tersebut.

Jika menyimpan data tersebut di GDrive maka cukup meminjam laptop kerabat kemudian masuk ke akun GDrive kamu dan data sudah bisa langsung dubuka atau unduh untuk kemudian digunakan sebagai materi presentasi.

Kelebihan dan Kekurangan Google Drive

Google Drive juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang bisa kamu ketahui.

Jumlah Memori Penyimpanan Cukup Besar

GDrive memberikan memori sebesar 15 GB yang dapat digunakan untuk menyimpan data.

Kamu hanya perlu melakukan upgrade akun jika menginginkan memori penyimpanan tambahan.

Dapat Menyimpat Berbagai Data (Keep Any File)

Seperti dijelaskan sebelumnya, kamu dapat menyimpan data dalam bentuk apa pun ke GDrive, baik itu teks dokumen, gambar, audio dan file lain.

Dapat Berbagi File (Share What you Want)

File yang tersimpan dapat dibagikan pada orang lain  yang dikehendaki, baik melalui whatsapp, facebook, messenger, easyShare ataupun pesan teks sms.

Data Tersimpan Lebih Aman (Safe and Secure)

Kamu tidak perlu meragukan Keamanan dari google drive ini, karena dat yang sudah tersimpan di dalamnya akan jauh lebih aman ketimbang menggunakan aplikasi lain.

Untuk kekurangannya, kamu akan mengupload atau mengakses data harus terkoneksi ke jaringan Internet, meskipun GDrive menyuguhkan fitur agar data bisa digunakan saat offline.

Fitur Utama Google Drive

Google Drive memiliki banyak fitur yang membantu untuk menyelesaikan masalah penyimpanan dan solusi dari beragam kebutuhan pekerjaan dan tugas sehari-hari.

Simak fitur yang bisa digunakan seperti:

  • Mudah membuat dokumen apa saja. Dengan menggunakan Google Drive, kamu bisa langsung membuat dokumen sesuai kebutuhan, baik itu Google Dokumen, Google Slides, Google Spreadsheet, Google Formulir, dan sejenisnya. Semuanya bisa tersimpan secara otomatis ke Drive, sehingga tidak perlu takut lupa menyimpan.
  • Mudah dalam berbagi file / dokumen. Jika kamu telah masuk ke Google Drive, pengguna bisa klik kanan » lalu pilih Bagikan. Di bagian tersebut, kamu bisa menambahkan anggota dengan email atau dapatkan link untuk dibagikan ke publik (jika dibutuhkan).
  • Integrasi dengan produk Google. Google Drive terintegrasi dengan semua produk Google sehingga memudahkan dalam melakukan sinkronisasi dan backup. Bahkan beberapa aplikasi pihak ketika juga di integrasikan dengan Google Drive. Seperti WhatsApp di mana kamu bisa melakukan backup data WhatsApp ke akun Google Drive masing-masing.
  • Tingkat keamanan yang tinggi. Tidak diragukan lagi jika Google pasti memberikan keamanan terbaik bagi penggunanya. Setiap folder dan file di Google Drive aman dari semua virus dan ancaman para hacker. File dan folder juga tidak bisa dilihat secara publik tanpa izin dari pengguna dengan mudah.

Cara Menggunakan Google Drive

Untuk menggunakan Google Drive, tentu saja kamu sudah memiliki akun Google.

Bagi yang belum memiliki akun Google, maka bisa ikuti panduan daftar Gmail di halaman ini.

  1. Buka Google Drive
  • Buka Google Drive dengan klik link berikut ini.
  • Jika telah memiliki akun Google, maka kamu bisa langsung masuk akun Google dengan email dan password yang Anda miliki.
  • Setelah masuk Google Drive, kamu akan melihat tampilan antarmuka dari Google Drive.
  • kamu bisa melihat dan mulai memahami setiap fungsi dan fitur yang ada di Google Drive.
  • Selesai.
  1. Upload dan buat file Google Drive
  • Untuk upload atau buat file, kamu bisa klik tombol Baru yang ada di pojok kiri atas.
  • Pilih Upload file atau Upload folder untuk meng-upload.
  • Atau juga bisa membuat dokumen dengan memilih aplikasi Google yang terhubung.
  • Selesai.
  1. Bagikan file Google Drive
  • Untuk membagikan file atau folder, kamu bisa klik kanan pada file tersebut lalu klik Bagikan.
  • Kemudian tambahkan orang atau grup dengan menuliskan email.
  • Atau juga bisa klik Salin link untuk membagikannya ke publik ke orang-orang tertentu.
  • Selesai.

Baca Juga: CLOUD COMPUTING: Pengertian, Manfaat, Jenis & Contoh

Kesimpulan

Google drive adalah sebuah layanan google untuk media penyimpanan data online (daring) berbasis cloud atau Internet yang mudah digunakan.

Dengan menggunakan google drive kamu bisa mendapatkan banyak keuntungan seperti, menyimpan, mengedit dan mengambil file dari google drive dengan catatan harus terhubung dengan jaringan internet sebelumnya.

Dan kamu bisa ketahui lebih lanjut mengenai PENGERTIAN GOOGLE DRIVE: Manfaat, Cara Penggunaan & Fungsi GDrive seperti penjelasan di atas, selamat mencoba.

Tinggalkan komentar