Garansi SEIN adalah…

Garansi SEIN adalah – Ketika kamu akan membeli ponsel favorit, maka akan dihadapkan pada hal seperti pilihan garansi, yaitu garansi resmi dan nonresmi, dan tergantung dari distributor yang menyalurkan produk ponsel tersebut.

Sekarang ini, peningkatan akan permintaan pasar ponsel semakin hari semakin tinggi mengakibatkan pada tumbuhnya distributor nonresmi atau ilegal selain distributor resmi, yang mana keduanya saling menawarkan garansi.

Garansi memiliki peranan sebagai bukti dan jaminan jika kamu membeli produk ponsel dari gerai resmi dan bukan dibeli dari gerai ilegal.

Setiap garansi yang didapat biasanya dinamakan dengan garansi distributor atau garansi nonresmi dan garansi resmi, seperti garansi SEIN atau Samsung Electronics Indonesia.

Jenis-Jenis Garansi

garansi sein adalah

Berikut ini adalah macam-macam garansi:

Garansi Distributor

Garansi distributor adalah sebuah sistem garansi dipakai untuk perangkat yang masuk ke pasar Indonesia lewat jalur yang tidak resmi.

Pada umumnya, penyalur tidak memiliki izin dari vendor produk tersebut.

Perangkat yang mendapatkan garansi ini merupakan perangkat original, namun menjadi perangkat yang dipakai sebagai perangkat untuk memasok pasar di negara lain, sehingga tidak didukung dengan bahasa Indonesia dan kelengkapannya biasanya tidak sesuai.

Umumnya perangkat yang di pasok melalui cara ini, secara sistem sudah memperoleh berbagai perlakuan berbeda agar bisa dipakai di Indonesia, sehingga tidak akan ada pembaruan resmi lewat sistem OTA.

Cara klaim garansinya juga berbeda, umumnya akan mendapatkan biaya tambahan meskipun di bawa ke service center resminya.

Hanya bisa diklaim pada toko yang menjualnya dan service center dari distributor produk, dan tentu saja tidak tersertifikasi dari pihak vendor resmi.

Untuk keuntungan yang akan didapatkan saat membeli perangkat bergaransi distributor, di mana kebanyakan perangkat yang dijual lebih murah jika dibandingkan harga resminya.

Baca Juga: Cara Cek Garansi Samsung dengan Kode

Garansi Resmi

Garansi resmi merupakan sebuah sistem garansi yang diberikan langsung oleh pihak pengembang, hal ini karena perangkat tersebut masuk melalui distributor, seperti SEIN (Samsung Electronics Indonesia).

Garansi resmi ini disebut sesuai dengan nama distributor,  contohnya seperti ponsel merk Samsung yang menggunakan garansi SEIN.

Perangkat yang memberikan garansi resmi bisa dijual dengan harga yang lebih mahal, dan terdapat keuntungan yang bisa didapat oleh pengguna ketika membeli perangkat bergaransi resmi.

Seperti terdapat dukungan pembaruan resmi lewat OTA, kelengkapan dan hardware yang disesuaikan dengan pasar.

Samsung menjadi salah salah brand smartphone yang sangat terkenal  dan memiliki produk yang berkualitas.

Produk Samsung dikenal sebagai salah satu produk dari raja ponsel di Indonesia.

Produk Samsung juga menjadi salah satu smartphone yang paling banyak digunakan di seluruh dunia untuk beberapa waktu sebelumnya dan sampai saat ini.

Banyak unit ponsel Samsung yang ada di Indonesia, sudah mendapatkan garansi, baik bergaransi resmi SEIN maupun global.

Kamu dapat mengetahui jenis garansi yang dikeluarkan oleh pihak Samsung, seperti berikut.

Garansi SEIN dan Global

Garansi SEIN adalah sebuah produk yang dirakit di Indonesia, sehingga kamu yang akan mengklaim ponsel merk Samsung maka bisa melakukannya  di Indonesia atau di dalam negeri.

Sedangkan yang menggunakan Garansi Global, yaitu dimana produknya dirakit di luar negeri .

Untuk melakukan klaim maka kamu harus mengirim produknya terlebih dahulu ke tempat kamu membelinya, contoh kamu membeli ponsel di Jepang.

Tentu saja, akan membutuhkan waktu yang lebih lama dari proses di dalam negeri.

Perbedaan antara Samsung SEIN dan Global

Untuk perbedaan antara kedua garansi tersebut diantaranya sebagai penangkap sinyal, ROM yang digunakan, dan jadwal Update Software.

  • Penangkap signal yang dibuat oleh Samsung SEIN dan global sangat berbeda. Hal ini menyesuaikan dengan frekuensi tiap negara yang akan mendistribusikan ponsel tersebut.
  • ROM yang dipakai pun berbeda. Contohnya dalam beberapa fitur yang ada di ponsel global, belum tentu ada di ponsel bergaransi lokal dan sebaliknya.
  • Seperti halnya dengan jadwal update software. Biasanya versi global akan lebih cepat, tapi kadang justru lebih cepat yang SEIN.

Cara Mengecek Smartphone Samsung SEIN dan Global

1. Mengecek dengan Box Penjualan

Saat pertama membeli ponsel baru pasti disertakan box penjualan, dimana dalam box terdapat serial number dan di negara mana ponsel dibuat.

Apabila di produksi di negara sendiri, artinya ponsel Samsung kamu memiliki garansi SEIN resmi.

2. Mengecek dengan Serial Number Samsung

Mengecek dengan serial number dapat dilakukan dengan memanggil kode *#06# lalu akan muncul serial number atau IMEI ponsel.

Apabila menggunakan dual sim, kode yang muncul terdapat 2 serial number.

Apabila pada dua digit pertama muncul huruf RR, maka ponsel kamu memiliki merupakan garansi resmi SEIN, jika tidak artinya memiliki garansi global.

3. Mengecek dengan Kode IMEI

Kode IMEI atau International Mobile Equipment Identity merupakan sebuah kode yang ada di setiap ponsel di seluruh dunia.

Dimana kode ini tidak akan pernah sama antara ponsel satu dengan ponsel lainnya.

Kode IMEI biasanya ada di bagian box penjualan, namun jika box hilang, kamu masih bisa mengeceknya melalui kode *#06# pada dial phone kamu.

Jika sudah muncul, maka untuk mengecek ponsel Samsung kamu bergaransi resmi SEIN atau global, yakni dengan cara mengunjungi situs www.samsungwarrantycheck.com atau www.imei.info.

Hal yang perlu kamu ingat, jika SN atau Serial Number ini berbeda dengan kode IMEI dan jangan sampai salah memasukkan kode saat mengecek.

4. Cek Garansi dengan Memasukkan Kode UMB

Cara paling mudah untuk mengecek garansi Samsung SEIN yaitu dengan memasukkan kode UMB.

Kamu bisa melihat kapan HP pertama kali diaktifkan dan masa garansinya terhitung satu tahun dari tanggal yang ada.

Berikut ini cara cek Samsung garansi SEIN atau bukan:

  1. Buka fitur panggilan di Hp kamu.
  2. Lalu masukkan kode nomor *#12580*369#.
  3. Informasi mengenai Hp Samsung akan muncul. Dan kamu bisa melihat tanggal pembelian di bagian ‘RF Cal’, contohnya 20220428. Dimana, tanggal pembelian adalah 28 April 2022.

5. Mengecek Garansi di Website IMEI

Cara selanjutnya yaitu dengan membuka website imei.info dan memasukkan nomor IMEI Hp kamu.

Simak berikut ini cara cek IMEI Samsung garansi SEIN:

  1. Pertama, kamu harus siapkan nomor IMEI smartphone kamu yang bisa dicek dengan memasukkan kode dial *06# atau melalui menu ‘About Phone’ di pengaturan HP. Selain itu, kamu juga bisa melihat IMEI Hp di kardus HP.
  2. Selanjutnya, buka website www.imei.info melalui browser dan masukkan nomor IMEI Hp Samsung kamu di kolom yang tersedia.
  3. Kemudian, klik tombol ‘Check’.
  4. Selanjutnya, kamu bisa lihat beberapa informasi mengenai perangkat Samsung.
  5. Lalu pilih ‘Samsung Garansi / SN / Carrier Check’ untuk melihat informasi tentang garansi Samsung.
  6. Selesai.

6. Menghubungi Customer Service 

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan yaitu dengan menghubungi customer service langsung seperti penjelasan di bawah ini.

Sampaikan keluhan kamu dan pihak Samsung akan memberikan bantuan.

Contoh berikut kontak untuk Hp Samsung, yaitu:

WhatsApp Chat: api.whatsapp.com/send?phone=628170215588

Telepon: 0800-112-7777 atau 0800-112-8888

Facebook: @SamsungIndonesia

Twitter: @SamsungID

Instagram: @samsung_id

Kelebihan Hp Bergaransi Resmi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, dimana untuk Hp yang bergaransi resmi akan memiliki beberapa kelebihan.

Seperti contohnya Hp Samsung bergaransi TAM, maka kamu tidak perlu khawatir mengenai layanan yang didapatkan jika Hp memiliki masalah.

Karena jika sewaktu-waku terjadi masalah dalam perangkat, maka kamu bisa mebawa Samsung yang memiliki TAM garansi tersebut ke servis center resmi yang tersebar di seluruh Indonesia, dan tidak dikenakan biaya sama sekali.

Adapun beberapa kelebihan jika kamu membeli Hp yang bergaransi resmi, yaitu

  1. Spesifikasi dan fitur sesuai dengan jaringan seluler di Indonesia

Hp resmi berjalan dengan aplikasi yang sudah disesuaikan dengan penggunaan standar yang ada di Indonesia. Termasuk dalam penggunaan jaringan 3G, dan4G dari semua operator.

  1. Tersedia Dukungan Pembaruan Sistem dari Samsung

Dengan membeli Hp yang resmi, maka Hp akan menjamin dukungan pembaruan sistem yang rutin untuk peningkatan performa kinerjanya.

Dan, saat ada pembaharuan software, maka kamu akan menerima notifikasi langsung dari perangkat dari Samsung.

Namun, meski begitu, biasanya di perangkat Samsung seri lama, maka pembaruan sistem terbatas karena perangkat yang tidak kompatibel.

  1. Layanan Yang Lengkap Untuk Service Center Resmi

Kelebihan lainnya jika membeli Hp dalam garansi resmi yaitu memungkinkan kamu untuk mendapat pelayanan yang lengkap dari service center resminya.

Nah, jika Hp kamu bergaransi resmi, maka tidak perlu risau jika terjadi masalah pada Hp.

Karen kamu bisa membawa Hp kamu yang bergaransi resmi ke jaringan servis center TAM yang ada di seluruh Indonesia.

  1. Perangkat dan aksesorisnya original dari Produknya

Saat kamu membeli Hp Samsung bergaransi resmi seperti garansi TAM, maka dijamin kamu bisa mendapati Hp dalam keadaan baru, dan sudah pasti original.

Termasuk semua aksesoris yang dibawa dalam paket penjualan seperti adaptor charger, kabel data, headset, dan lain sebagainya.

  1. Aman Dari Pemblokiran Pihak Berwenang

Di beberapa tahun lalu, pemerintah menetapkan jika Hp ilegal dilarang keras dan akan diblokir jaringannya.

Nah, Hp yang bergaransi resmi dalam hal ini garansi TAM, maka Hp tersebut memiliki nomor identitas yang tentunya sudah resmi terdaftar di Indonesia.

Karena setiap smartphone yang produksi ke Indonesia tentu saja diwajibkan daftar nomor identitas yang dikenal dengan nama IMEI.

Dengan demikian, maka garansi TAM merupakan garansi resmi yang memberikan banyak keuntungan bagi penggunanya.

Kesimpulan

Jadi, garansi SEIN adalah sebuah produk ponsel merk Samsung yang dirakit dan di produksi di Indonesia, sehingga saat akan melakukan klaim jika terjadi masalah pada ponsel kamu bisa dilakukan langsung secara lokal.

Untuk mengetahui kode SEIN ini ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan seperti cara di atas, sehingga kamu bisa mengetahui ponsel yang kamu beli termasuk garansi yang mana, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar