close button

Samsung Chromebook Pro Indonesia

  •   Sep 2022  •   5 min read  •   Comment

Samsung Chromebook Pro Indonesia sebagai laptop berbasis Chrome OS atau sering disebut Chromebook yang bisa digunakan dalam berbagai manfaat.

Chromebook merupakan sebuah laptop yang menggunakan sistem operasi Chrome besutan dari Google, dimana segala sesuatu yang dikerjakan disimpan di dalam cloud dari Google.

Sehingga tidak heran jika koneksi internet menjadi nyawa utama untuk laptop jenis Chromebook ini.

Sejak pertama kali diperkenalkan, Chrome OS berhasil menarik perhatian berbagai perusahaan teknologi dunia, Samsung menjadi salah satunya.

Salah satu yang terbaru dari Samsung yaitu Chromebook Pro.

Spesifikasi dan Harga Samsung Chromebook Pro Indonesia

Samsung Galaxy Chromebook Review Lengkap

Apa saja yang diusung oleh Samsung Chromebook Pro? Apakah Chromebook buatan Samsung ini dapat menggantikan laptop yang biasa?

Berikut ini ulasan singkat dari Samsung Chromebook Pro yang bisa kamu ketahui.

Spesifikasi

  • CPU: 0.99Ghz Intel Core m3-6Y30 (dual core, 4MB cache, up to 2.2GHz)
  • Graphics: Intel HD Graphics 515
  • Memori: RAM: 4GB LPDDR3
  • Storage: 32GB eMMC
  • Screen: 12.3-inch, QHD (2,400 x 1,600) LED display
  • Port: Ports: 2 x USB-C Gen1, microSD card slot, headset jack
  • Connectivity: 802.11ac 2 x 2 Wi-Fi, Bluetooth 4.0
  • Camera: 720p HD webcam
  • Weight: 2.38 pounds (1.08kg) Size: 11.06 x 8.72 x 0.51-0.55 inches (28 x 22.2 x 1.3-1.4cm; W x D x H)
  • Harga kisaran: 13 jutaan

Desain dan Body

Desain menjadi salah satu hal yang paling menarik dari Samsung Chromebook Pro.

Tampilan fisik dari Samsung Chromebook Pro menggunakan bahan dari metal yang menawarkan kesan sederhana tapi tetap mewah dan elegan.

Menariknya, meski sudah menggunakan material metal, namun bobot dari laptop ini hanya 2.38 pon dan sangat ringan bukan?.

Ditambah dengan desain yang berbentuk bulat disetiap sisi, membuatnya terlihat cantik dengan ketipisannya hanya 1.3 cm dan menambah kesempurnaan desain dari laptop ini.

Bagian keyboard, jangan berharap bisa menemukan layout atau susunan yang sama dengan laptop pada umumnya.

Karena laptop ini berbasis Chrome OS, layout yang digunakan berbeda walaupun digunakan dalam konteks pekerjaan yang sama.

Hal ini karena Keyboard Samsung Chromebook Pro memiliki respon dan feedback yang baik saat digunakan, tidak terlalu keras namun tidak juga terlalu membal.

Sedangkan bagian Touchpad, Samsung memberikan Chromebook Pro touchpad yang mendukung multi-touch yang ukurannya bisa dibilang tepat dan pas.

Dengan performanya cukup responsif dalam menjelajah web dan melakukan pekerjaan secara multitasking.

Layar

Layar Samsung Chromebook Pro menjadi salah satu aspek yang paling penting dari laptop ini.

Menggunakan layar berjenis LED Display berukuran 12.3 inch beresolusi QHD (2400 x 1600 pixels) membuat tampilannya menjadi lebih tajam dan jernih.

Warna-warna tampil berkarakteristik Vivid atau sering disebut “ngejreng”, ditambah layar luas berukuran 12.3 inch dan sudah mendukung touchscreen.

Bagi yang suka menggambar ataupun menulis menggunakan stylus, Samsung Chromebook Pro sudah dibekali stylus yang disematkan dibagian samping bodynya.

Ini menjadi fitur kunci dari Samsung Chromebook Pro yang belum pernah digunakan pada laptop berbasis Chrome OS lainnya.

Selaim itu, layar laptop ini dapat diputar sampai ukuran 360 derajat yang berarti bisa berfungsi sebagai tablet besar berukuran 12 inchi.

Baca Juga: Cara Menghapus History YouTube di Laptop

Platform

Samsung Chromebook Pro Indonesia yang sudah dijelaskan sebelumnya, ini menjadi chromebook yang bukanlah laptop dengan menggunakan sistem operasi Windows atau Macintosh.

Tapi laptop ini menggunakan Chrome OS buatan perusahaan teknologi Google yang mana dalam penggunaannya Chrome OS membutuhkan koneksi internet agar lebih maksimal.

Bagi yang familiar dengan browser Chrome bisa dipastikan tidak akan kesulitan dalam beradaptasi dengan sistem operasi ini, karena pada dasarnya Chrome OS yaitu browser Chrome yang dibuktikan dengan menjadi sistem operasi.

Penggunaan Chrome OS memiliki dua sisi kelebihan dan kekurangan, yaitu disisi positif Chrome OS adalah sistem operasi yang ringan, bahkan saat booting diperlukan tidak lebih dari 15 detik.

Sangat cepat jika dibandingkan dengan laptop konvensional dan untuk masalah multimedia dan internet laptop berbasis Chrome OS jelas lebih unggul dan dapat dipastikan mampu berjalan dengan sangat baik.

Apalagi Chrome OS memiliki konsumsi daya yang sangat hemat, dan menjanjikan waktu ready lebih dari 8 jam.

Hanya disisi kekurangan, laptop berbasis Chrome jangan harap untuk dapat menemukan Microsoft Office versi penuh dan Adobe Photoshop atau  produk Adobe lainnya.

Sehingga bagi yang sangat bergantung pada kedua software tersebut bisa dipastikan Samsung Chromebook Pro bukanl laptop yang cocok digunakan.

Selain menggunakan Chrome Web Store, Chrome OS juga bisa mengakses Google Play Store sehingga kamu dapat menginstal berbagai aplikasi dan game yang berbasis Android.

Baca Juga: Harga Samsung Fit 2

Chipset

Samsung Chromebook Pro dilengkapi dengan prosesor besutan Intel berser Core m3-6Y30 dua inti dengan clockspeed yang dipatok 0.99 GHz sampai 2.2 GHz.

Sudah ditunjang kartu grafis Intel HD Graphics 515 dan RAM 4 GB LDDR3.

Sehingga menjalankan berbagai aplikasi Chrome, berseluncur internet, menonton video beresolusi tinggi sampai menjalankan game ringan di Google Play Store dapat dilakukan dengan sangat baik.

Memori

Untuk  memori Samsung Chromebook Pro sudah dibekali memori bertipe eMMC 32 GB, karena sistem operasi berbasis web Google memberikan free Google Drive Storage sebesar 100 GB.

Penggunaan eMMC juga berarti internal storage Samsung Chromebook Pro lebih tahan terhadap guncangan jika dibandingkan dengan laptop lain yang menggunakan Harddisk biasa.

Apabila mencari sebuah laptop untuk kebutuhan multimedia, produktivitas yang ringan, baterai yang tahan lama serta support aplikasi Android juga untuk desain menawan dan brand ternama.

Maka sudah bisa dipastikan jika Samsung Chromebook Pro bisa menjadi pilihan yang sangat tepat dan terbaik.

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Chromebook Pro

Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan dari Samsung Chromebook Pro.

Kelebihan

  • Desain yang premium
  • Layar resolusi tinggi
  • Ringan dan mudah dibawa kemana saja
  • Support Google Play Store
  • Brand ternama
  • Touchscreen
  • Support stylus S-Pen
  • Performa halus
  • Baterai awet
  • Body yang slim

Kekurangan

  • Aplikasi yang belum lengkap
  • Harus selalu terkoneksi dengan internet untuk bisa digunakan.

Kesimpulan

Samsung Chromebook Pro Indonesia kini sudah bisa kamu dapatkan dengan harga yang lumayan tinggi namun jika dilihat dari fiturnya maka sudah tentu handal dan terbaik.

Sehingga bisa digunakan dalam berbagai kegiatan, namun sesuai dengan SOP yang sudah dijelaskan di atas.

Orang juga bertanya

English private teacher, seo writter, english translator, and content writer.

Tinggalkan komentar