Aplikasi Kamera 360 Derajat iPhone

Saat ini sudah banyak beberapa teknologi yang dapat menghasilkan photo juga video dengan sudut pandang mencapai 360 derajat dengan menggunakan aplikasi kamera 360 derajat iPhone yang merupakan teknologi action cam.

Dimana dengan panorama standar, kamu bisa memotret sambil berputar pada sumbu sesuai keinginan sendiri, namun tidak di bagian atas dan bawah.

Di saat akan mengambil gambar bola mencapai 360 derajat, maka kamu bisa menangkap setiap titik di sekitar melalui segala arah, dari sisi ke sisi lain dan dari atas ke bawah atau sebaliknya.

Terkadang gambar 360 derajat sering dinamakan sebagai 3D, kamera siap menangkap informasi yang memungkinkan untuk membuat model 3D yang dapat digunakan untuk bergerak pada kondisi tertentu.

Sebelum hadir iPhone, satu-satunya cara bisa menangkap panorama yaitu dengan menggunakan kamera khusus yang dibuat untuk melakukan hal tersebut dengan aplikasi, untuk lebih jelas lagi simak bahasan aplikasi kamera 360 derajat iPhone berikut ini.

Deretan Aplikasi Kamera 360 Derajat iPhone Terbaik

Dibawah ini beberapa referensi dari aplikasi kamera 360 yang bisa digunakan pada ponsel iPhone kamu, yaitu:

1. Splash

Aplikasi yang dibuat dan didesain untuk digunakan menonton video 360° di headset berbasis iOS.

Cara menggunakannya terbilang cukup mudah, setelah berhasil memasangnya, kamu hanya tinggal login dengan akun Facebook ataupun email saja.

Maka, fitur apa saja yang ada di dalam aplikasi ini bisa digunakan untuk menonton video 360° lewat Google Cardboard VR, dan juga bisa menggunakannya untuk kebutuhan merekam video juga suara dengan panorama 360°.

Splash bisa untuk mengatur video ketika merekam, mencari dan mengubah titik fokusnya, hanya dengan menyentuh layar ponsel.

Dan setelah merekam, maka kamu bisa langsung membagikannya di medsos Facebook dengan 360° ini.

2. Facebook

Facebook saat ini sudah merilis fitur unggah foto dengan menggunakan mode 360 derajat dan bisa langsung dari perangkat iPhone.

Jadi kamu tidak perlu menggunakan kamera 360 yang masih sangat jarang, hanya menggunakan app 360 photo atau dengan mode Panorama.

Setelah berhasil diunggah, Facebook akan langsung mengkonversi foto tersebut agar terlihat hasilnya berputar menjadi 360 photos.

Dengan cara menekan foto tersebut dan swipe ke kiri atau kanan untuk menggeser pandangan pada foto.

Atau cukup dengan gerakkan perangkat iOS mengikuti sudut yang ada di foto sesuai keinginan.

3. Spincle

Memiliki sebuah momen menggunakan  360 derajat hanya dengan memutar tubuh sambil membidik menggunakan ponsel, lalu tahan selama beberapa saat untuk merekam video.

Maka kamu akan bisa melihatnya melalui Cardboard VR yang memiliki efek 3D secara natural.

Keunggulan Spincle:

  • Foto lebih cepat hanya dengan berputar sambil membidik foto.
  • Panorama beranimasi dengan tahan selama beberapa saat merekam video.
  • Realitas dengan menonton dalam VR berefek 3D alami.
  • Bisa langsung dibagikan ke medsos yang kamu gunakan.

Fitur

  • Mampu mengambil panorama beranimasi 360 derajat
  • Support sampai 6 animasi dalam satu putaran
  • Support sampai 5 animasi dalam satu putaran
  • Support sampai 4 animasi dalam satu putaran
  • Support sampai 2 animasi dalam satu putaran
  • Hanya 3 detik untuk setiap animasi
  • Support untuk realitas maya 3D
  • Mampu berbagi deke Facebook dan Instagram
  • Mampu berbagi ke pengirim pesan instan

Baca Juga: Cara Menyimpan Video dari Line di iPhone

4. Twister

Aplikasi kamera 360 derajat iPhone ini mampu menghasilkan hasil yang jernih, dengan video berkualitas yang ditingkatkan dan panorama menakjubkan dalam waktu cepat.

Beberapa fitur yang tersemat, yaitu:

  • Panorama 360°. Cukup gerakkan ponsel iPhone memutar untuk menangkap semua yang ada di sekitar dan tangkap gambar bergerak lebih akurat dengan mudah.
  • Rotasi otomatis. Gunakan  Twister untuk menangkap panorama 360 tanpa sentuhan hanya dengan meletakkan iPhone tegak lurus pada permukaan yang datar dan lihat otomatis ponsel akan berputar sendiri.
  • Selfie. Mampu untuk selfie yang keren dan langsung bagikan ke medsos yang kamu gunakan.
  • Spot. Kamu bisa gunakan spot menarik untuk bisa menangkap hasil yang keren dan memukau.

5. Bimostitch Panorama Stitcher

Aplikasi Kamera 360 Derajat iPhone baru

Menggunakan penggabung panorama otomatis maka kamu dapat dengan mudah bisa menggabungkan setiap foto menjadi panorama yang berkualitas tinggi dengan menggunakan algoritma pintar pada perangkat.

Dimana aplikasi ini mampu untuk mengenali dan mengubah beberapa foto yang terkesan menumpuk menjadi panorama.

Hanya dengan pilih dan tangkap dua atau lebih gambar yang menumpuk dan aplikasi akan menggabungkannya menjadi satu panorama sosial yang bisa dibagikan.

Dengan tampilan 3D VR, berbagai pilihan untuk rendering dan proyeksi, mode pratinjau, keseimbangan eksposur dan lainnya.

Aplikasi ini juga menawarkan output sebesar 1GB, mampu untuk kompresi, memiliki keseimbangan warna, dan fitur lainnya.

6. Panorama 360

Aplikasi kamera 360 derajat iPhone yakni Panorama 360 memungkinkan untuk bisa menangkap pemandangan di sekitar dengan iPhone atau ponsel Android lain.

Dimana aplikasi ini dengan cepat menggabungkan rekaman juga bisa menampilkannya dalam tampilan menu 360 derajatnya.

Aplikasi ini juga mendukung foto untuk Google Street View juga untuk iPhone Panos ditambah juga menyertakan geotagging otomatis.

Setelah melihat hasil rekaman maka kamu dapat mengunggah hasilnya untuk dibagikan dengan medsos yang digunakan, mengirim di situs web atau blog pribadi.

Selain itu, dapat mengunggah gambar langsung ke Facebook, Twitter, juga  Tumblr.

Dimana aplikasi ini menghubungkan kamu dengan pengguna lain dalam berbagi koleksi untuk bisa melihat Panorama dengan tampilan 3D.

Kesimpulan

Beberapa aplikasi kamera 360 derajat iPhone yang bisa dicoba jika kamu menginginkan sebuah hasil yang memuaskan, baik itu untuk foto dan juga video yang dibuat.

Ada beberapa aplikasi yang bisa disematkan pada ponsel iPhone dengan cara dan langkah yang mudah tentunya.

Tinggalkan komentar