close button

Cara Membuat Abstrak Otomatis dan Online Update

  •   Jul 2022  •   6 min read  •   Comment

Cara Membuat Abstrak Otomatis dan Online – Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk membuat abstrak otomatis secara online tanpa harus mengetiknya secara manual.

Dimana kamu bisa menggunakan website tools yang baik dalam membuat abstrak skripsi atau laporan secara otomatis.

Abstrak adalah salah satu unsur penting yang harus ada dalam penulisanan Karya tulis ilmiah atau Skripsi.

Sebagai contohnya, saat kamu akan menyusun Skripsi maka membutuhkan Abstrak untuk melengkapi laporan tersebut.

Biasanya Abstrak dibuat dalam 2 bahasa yaitu bahasa Inggris dan Indonesia, sehingga dengan begitu, kamu membutuhkan cara ini untuk membuat Abstrak Skripsi Otomatis.

Untuk lebih jelasnya simak penjelasan di bawah ini.

Cara Membuat Abstrak Otomatis Online dengan situs Cassgist

Cara Membuat Abstrak Otomatis Online dengan situs Cassgist

Abstrak menjadi salah satu komponen sebuah karya sastra yang tidak bisa dihilangkan.

Sebuah abstrak bisa membantu para pembaca karya yang kamu buat untuk mengetahui gambaran secara ringkas apa yang akan mereka dapatkan jika membaca semua karya.

Maka dari itu, penulisan abstrak tidak bisa dilakukan secara sembarangan karena ada kaidah yang harus dipenuhi dalam penulisan abstrak yang baik.

Di internet, ada banyak situs online yang fitur utamanya bisa membantu dalam membuat sebuah abstrak secara otomatis dan cepat.

Namun, dari semua yang ada hanya satu yang bisa berfungsi dan hampir mendekati cara kerja manusia yang bernama Classgist.

Dalam website ini pun sudah banyak digunakan oleh para mahasiswa atau para peneliti yang ingin membuat abstrak.

Classgist adalah sebuah forum online komunitas yang sengaja dibuat untuk mengumpulkan berbagai penelitian dan tulisan dari banyak sumber di internet.

Situs ini memiliki tujuan untuk membantu para pelajar, mahasiswa, dan peneliti yang sedang membuat karya ilmiah seperti esai, jurnal, dan skripsi.

Jika kamu mengunggah sebuah materi kamu bisa mendapatkan dana atau uang jika ada pengguna lain yang menggunakan materi tersebut.

Hal menarik kepraktisan dari Classgist adayaitu lah keunggulannya dalam melakukan generate abstrak secara otomatis.

Dimana hanya perlu memasukan karya ilmiah saja dan itu tidak semua bagian.

Di bagian metodologi, latar belakang, kesimpulan, dan hasil sudah bisa memberi sebuah abstrak yang baik apabila dimasukkan ke Classgist.

Berikut ini cara membuat abstrak otomatis dan online mudah dan cepat menggunakan Classgist, situs pembuat abstrak otomatis yaitu:

  1. Bukalah browser dahulu, atau sesuai dengan kebutuhan.
  2. Kunjungi link Classgist.
  3. Setelah terbuka lalu isi beberapa field yang tersedia.
  4. Kolom pertama yaitu Overview of the Study: Research problem, Aims and Objectives. Kolom ini harus diisi dengan bagian seperti masalah, tujuan, dan maksud dari penelitian. Jumlah karakter juga terbatas yaitu dari 0 hingga 60 karakter saja. Maka di sini kemampuan kamu untuk merangkum sangat dibutuhkan.
  5. Kolom kedua yaitu Methods/Research Methodology. Kamu bisa isi bagian ini dengan metode atau metode penelitian yang telah digunakan. Sama seperti kolom sebelumnya, batas karakternya hanya mencapai 60 karakter saja.
  6. Kolom selanjutnya yaitu kolom ketiga, yaitu Results/Findings. Kamu bisa isi dengan isi atau hasil dari penelitian. Sama seperti kolom sebelumnya, kamu hanya bisa mengisi sampai 60 karakter saja.
  7. Kolom terakhir yaitu kolom keempat, Conclusion/Recommendations yang harus diisi dengan kesimpulan dari penelitian yang kamu buat. Sama seperti kolom sebelumnya, di sini kamu juga hanya bisa mengisi sampai 60 karakter.
  8. Periksa kembali masing-masing kolom isian di atas. Jika kamu telah yakin dengan pengisian yang benar maka bisa lanjut ke langkah berikutnya.
  9. Lalu klik button View abstract. Generator membutuhan beberapa waktu untuk bisa memproses informasi yang kamu berikan sampai pada akhirnya bisa memberikan abstrak yang dibutuhkan.
  10. Abstrak karya ilmiah yang kamu butuhkan sudah berhasil dibuat. Copy paste ke dalam dokumen skripsi, jurnal, atau esai kamu.

Kamu hanya perlu mengisikan semua kolom yang harus diisi mulai dari semua isi bab 1 sampai bab 5 maka selanjutnya semua akan dikerjakan secara otomatis oleh mesin Classgist dalam waktu yang cepat dan praktis.

Selain Classgist, ternyata ada situs lain yang juga menyediakan cara serupa dan bahkan lebih mudah.

Saat Classgist meminta kamu mengisi banyak kolom dari bab I hingga bab V, kamu hanya butuh,judul pada Writemeanabstract.com. Mudah bukan?.

Baca Juga: Contoh Standar Operasional Prosedur dan 5 Cara Membuatnya [UPDATE]

Cara Membuat Abstrak Otomatis Online dengan situs Writemeanabstrac.com

Cara Membuat Abstrak Otomatis Online dengan situs Writemeanabstrac.com

Cara kedua ini biasanya digunakan untuk mereka yang belum bisa menyimpulkan permasalahan, mengurai metodologi, dan juga hasil penelitian.

Kamu bisa simak caranya seperti berikut:

  1. Langsung saja, buka browser lalu kunjungi laman writemeanabstract.com.
  2. Setelah berhasil masuk, lalu tulis judul artikel atau penelitian di kolom ‘what is the tittle of your article’.
  3. Terakhir, klik ‘write my abstract’ dan tunggu sam[ai abstrak selesai diproses dan otomatis muncul.
  4. Lalu bukalah browser andalanmu, bisa browser apa saja.
  5. Lalu kunjungilah situs writemeanabstract.com.
  6. Dan masukkan judul atau topik penelitian kamu pada kolom What is the title of your article?.
  7. Langkah terakhir, klik button Write My Abstract.
  8. Selesai. Dan sebuah abstrak yang memenuhi kaidah penulisan abstrak siap untuk digunakan.

Itulah cara menggunakan abstrak generator writemeanabstrac.com dan memang ada cara yang lebih mudah dari Classgist, yaitu hanya bermodalkan sebuah judul kamu sudah bisa membuat abstrak dalam waktu 1 menit saja.

Baca Juga: Cara Membuat Hyperlink Microsoft Word ke Bagian Tertentu Di Dokumen yang Sama

Pentingnya Abstrak

Salah satu komponen penting dalam sebuah karya tulis yaitu abstrak.

Abstrak merupakan sebuah ringkasan dari keseluruhan isi dokumen, yang disajikan secara singkat dan akurat dan umumnya, abstrak mengandung inti dari karya ilmiah tersebut.

Menulis abstrak memang menjadi perhatian serius, oleh karena tidak itu, tak heran apabila ada banyak kaidah dalam penulisan abstrak.

Paling tidak, abstrak harus memuat latar belakang masalah, metode penelitian, deskripsi hasil penelitian, dan kesimpulan hasil penelitian, juga kata kunci di akhir paragraf.

Hanya saja hal yang perlu diingat yaitu , abstrak berbeda dari kesimpulan.

Kaidah Penulisan Abstrak

Walau kini kamu sudah tahu cara membuat sebuah abstrak otomatis secara online, tidak ada salahnya untuk tetap mengetahui kaidah penulisan abstrak.

Berikut ini beberapa kaidah penulisan abstrak yang baik dan benar:

  • Sebuah abstrak harus memiliki jumlah kata minimal 100 dan maksimal 150 kata.
  • Jarak antar baris abstrak yaitu spasi 1. Hal ini bertujuan agar abstrak bisa berbentuk lebih padat sehingga bisa dimuat dalam 2 bahasa, bahasa Indonesia dan bahasa inggris, dalam satu halaman saja.
  • Penulisan sebuah abstrak untuk bagian bahasa Inggris harus dicetak miring. Dan sebuah abstrak penelitian ilmiah harus tersaji dalam tiga paragraf. Paragraf pertama berisi tentang judul, masalah, latar belakang, dan tujuan dari penelitian. Paragraf kedua yang berisikan metode, analisa data, dan teori yang digunakan. Paragraf ketiga tentu berisikan hasil dan kesimpulan dari penelitian. Meski demikian, banyak dari universitas mengharuskan abstrak tersaji dalam satu paragraf saja karena lebih praktis.
  • Sebuah abstrak yang baik meliputi hal yang singkat, jelas, dan padat. Tidak ada pengulangan kalimat sehingga pembaca mampu menangkap dengan cepat isi apa yang diharapkan dari karya ilmiah tersebut.

Kesimpulan

Abstrak adalah sebuah ringkasan dari keseluruhan isi dokumen, yang disajikan secara singkat dan akurat dan umumnya, abstrak mengandung inti dari karya ilmiah tersebut.

Untuk membuat abstrak agar terlihat lebih baik maka kamu bisa mencoba cara membuat abstrak otomatis dan online seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Selain itu juga ada beberapa kaidah yang juga harus kamu ketahui jika ingin karya yang kamu buat diterima oleh siapa saja yang membacanya.

Selamat mencoba.

Orang juga bertanya

English private teacher, seo writter, english translator, and content writer.

Tinggalkan komentar