PENGERTIAN GLOBALISASI: Penyebab, Teori, 4 Ciri & Dampak

Globalisasi berasal dari bahasa Inggris yaitu Globalization, global artinya dunia untuk lization artinya proses.

Secara bahasa Indonesia globalisasi merupakan sebuah proses yang mendunia, proses yang membuat manusia saling terbuka dan bergantung dengan satu sama lainnya tanpa batas waktu juga jarak.

Pada era globalisasi yang didukung dengan perkembangan teknologi, alat transportasi dan ilmu pengetahuan, siapa saja dapat mengetahui segala jenis informasi yang tersebar di dunia luar dengan cepat dan mudah.

Globalisasi diartikan juga sebagai dunia batas atau dunia yang satu.

Salah satu efek positif globalisasi ada yang menguntungkan, namun disisi lain juga ada yang merugikan.

Semuanya tergantung bagaimana setiap orang mampu menyikapinya, hanya perlu menjadi catatan  Globalisasi berbeda dengan istilah global warming atau pemanasan global ya.

Penasaran mengenai PENGERTIAN GLOBALISASI: Penyebab, Teori, Ciri-Ciri dan Dampak, simak selengkapnya berikut ini.

PENGERTIAN GLOBALISASI

Pengertian Globalisasi

Banyak ahli yang menjelaskan tentang pengertian globalisasi. Beberapa diantaranya pengertian globalisasi yaitu sebagai berikut:

  • Globalisasi yaitu sebuah suatu hubungan sosial yang mendunia yang terhubung satu sama lain sehingga antara kejadian dari tempat yang berbeda bisa berdampak bagi tempat yang lain. (Anthony Giddens),
  • Globalisasi yaitu terbentuknya sistem organisasi dan komunikasi antar masyarakat di seluru dunia untuk mengikuti sistem dan kaidah-kaidah yang sama. (Selo Soemardjan).
  • Pengertian Globalisasi yaitu sebuah tindakan dari suatu proses atau pengambilan kebijakan yang menjadikan sesuatu mendunia, baik dalam lingkupnya ataupun aplikasinya. (The American Heritage Dictionary).

Secara mudah era globalisasi bisa dipahami sebagai era dimana kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi dan alat transportasi mendorong kehidupan manusia menjadi tanpa batasan, baik batasan geografis dan juga budaya.

Contoh globalisasi dalam bentuk sederhana yaitu kamu bisa mengetahui informasi apa yang terjadi dibelahan dunia.

Atau kamu bisa dengan mudah bepergian dari tempat satu ke tempat lain secara cepat walau jaraknya ratusan atau ribuan kilometer jauhnya.

TEORI GLOBALISASI

Teori Globalisasi

Ada beberapa teori Globalisasi yang dibahasa oleh para ahli, dan salah satunya yaitu teori yang dikemukakan oleh Cochrane dan Pain yang menjelaskan bahwa ada 3 pemeran utama penting dalam Globalisasi yaitu:

1. Teori Globalisasi Para Globalis

Para Globalis menjelaskan dengan adanya Globalisasi akan membawa konsekuensi secara langsung pada kehidupan di seluruh dunia bahwa akan ada serangan budaya homogen yang menyebar ke seluruh dunia nantinya.

Mengenai hal tersebut, para globalis yang positif mengatakan jika hal tersebut bisa menjadikan masyarakat dunia memiliki pemikiran yang lebih terbuka dan toleran terhadap budaya dari luar budayanya sendiri.

Namun para globalis negatif mengatakan jika hal tersebut bisa melunturkan budaya asli masing-masing masyarakat dan menganggap itu salah satu upaya Negara adidaya untuk menjajah budaya lain yang ada di dunia.

2. Teori Globalisasi Para Tradisionalis

Teori ini adalah orang-orang yang tidak menganggap jika Globalisasi tengah terjadi, mereka beranggapan jika proses yang saat ini terjadi merupakan sebuah dampak dari perubahan yang sudah ada sejak zaman dulu.

3. Teori Globalisasi Para Transformalis

Yaitu orang yang berada di antara globalis dan tradisionalis, yang menganggap jika benar Globalisasi sedang terjadi hanya terlalu dilebih-lebihkan.

4. Teori Globalisasi Lainnya

Teori Globalisasi yang berikut disebutkan seorang ahli bernama George Ritzer yang mengatakan jika era Globalisasi ditandai dengan adanya perkembangan dalam bidang komunikasi seperti adanya telepon dan televisi dan diakhiri dengan kesadaran masyarakat secara global tentang hal tersebut.

FAKTOR PENYEBAB PROSES GLOBALISASI

Ada penyebab dan pendorong yang membuat proses Globalisasi ini bisa terjadi, yang diantarnya yaitu:

1. Perkembangan Teknologi dan Informasi

Munculnya perkembangan dalam teknologi informasi dan komunikasi yang berdampak pada mudahnya transaksi keuangan yang terjadi di seluruh Negara.

Untuk beberapa waktu belakangan terdapat banyak perkembangan dalam bidang teknologi yang berkaitan dengan transaksi keuangan yang bisa memudahkan siapa saja untuk melakukan transaksi tidak hanya di Negara sendiri melainkan di Negara lain.

2. Kerja Sama Internasional Dari Banyak Negara

Penyebab kedua adanya Globalisasi karena terjadinya banyak kerja sama internasional yang memudahkan transaksi keuangan yang dilakukan oleh berbagai Negara.

Sehingga sektor ekonomi inilah yang membuat banyaknya produk dari luar negeri masuk ke dalam negeri atau sebaliknya.

3. Kemudahan Bidang Transportasi

Sistem transportasi yang kian maju menyebabkan masyarakat mudah dalam bepergian dan juga mengirimkan barang walau terpisah jarak yang sangat jauh.

4. Tumbuhnya Ekonomi Terbuka

Era Globalisasi juga terjadi karena Negara-negara di dunia mulai terbuka dalam bidang ekonomi, sehingga muncul perdagangan-perdagangan global yang menyebabkan banyak macam produk saling bertukar dari satu tempat ke tempat yang lain.

Dari produk-produk yang masuk tersebut bisa saja mengandung budaya dan unsur dari negara lain yang mempengaruhi budaya di dalam Negara sendiri.

Kemudian terakhir era Globalisasi yang juga terdorong karena pasar uang saat ini sudah mendunia dan menjadikan transaksi keuangan dalam satu Negara menjadi lebih besar.

Intinya semua penyebab terjadinya era Globalisasi ini karena kegiatan ekonomi antar Negara yang kian terbuka sehingga memudahkan Negara di dunia untuk saling berinteraksi, menjalin kerja sama dalam bermacam bidang yang berdampak pada masuknya budaya-budaya baru, pengetahuan baru, hal-hal baru dari luar ke dalam negeri atau sebaliknya.

Agar tidak berdampak negatif untuk suatu Negara maka Globalisasi harus didukung dengan kesadaran untuk tetap menjaga dan mencintai budaya lokal atau sendiri.

Baca Juga: 3 Pembagian Waktu di Indonesia dan Daerahnya (WIB, WITA, WIT)

CIRI CIRI GLOBALISASI

Globalisasi memiliki beberapa ciri, yaitu:

1. Perubahan Konsep Jarak Ruang dan Waktu

Melalui dukungan teknologi berupa televisi, smartphone dan internet komunikasi bisa dilakukan dengan cepat.

Informasi-informasi dari belahan dunia bisa langsung diketahui oleh seseorang meski berada di belahan dunia lainnya.

Kemajuan dalam bidang transportasi juga membuat jarak ratusan atau ribuan kilometer bisa dengan mudah ditempuh dengan waktu beberapa jam atau hari saja.

2, Timbulnya Saling Ketergantungan Dalam Bidang Ekonomi dan Perdagangan

Hal ini karena pertumbuhan perdagangan internasional dan dominasi organisasi seperti WTO atau world trade Organization yang menaungi perdagangan dunia dan sebagainya.

3. Adanya Peningkatan Interaksi Kultural

Dengan televisi dan media lain manusia mendapat pengetahuan baru dan lebih mengenal keanekaragaman yang ada di dunia atau negara lainnya.

4. Meningkatnya Masalah Bersama

Dalam era globalisasi, masalah yang muncul pada suatu negara dapat menjadi masalah yang menjadi perhatian bersama atau dunia internasional, seperti contohnya ham, lingkungan hidup, kejahatan perang yang terjadi di suatu negara.

DAMPAK Positif dan Negatif GLOBALISASI

Dampak Globalisasi memiliki dampak dalam berbagai sektor di masyarakat. Dampak globalisasi atau pengaruh globalisasi ini bisa menjadi positif dan negatif,  diantaranya adalah

1. Dampak Positif Globalisasi

  • Kemudahan mendapatkan informasi dan ilmu pengetahuan
  • Kehidupan sosial ekonomi yang meningkat
  • Kemajuan dalam bidang teknologi, komunikasi, transportasi dan informasi yang memudahkan kegiatan manusia.

2. Dampak Negatif Globalisasi

  • Mudahnya budaya barat masuk dan mempengaruhi nilai-nilai budaya lokal.
  • Lunturnya nilai-nilai kebudayaan seperti gotong royong dan sebagainya.
  • Rusaknya lingkungan dan meningkatnya polusi udara
  • Meningkatnya tingkat penyelundupan barang-barang ilegal atau terlarang

Dampak dalam Bidang Politik dan Ekonomi

Kemudian globalisasi juga berdampak pada bidang lain, baik itu politik, ekonomi, pendidikan dan lain sejenisnya.

1. Dampak Dalam Bidang Politik

Dengan hadirnya globalisasi yang terjadi, pola pemikiran politik berbagai Negara ikut menjadi lebih terbuka untuk mendapatkan sistem ketatanegaraan yang lebih baik dari sebelumnya dalam meningkatkan kesejahteraan dalam masyarakat.

Dengan sistem tata Negara yang lebih baik instansi Negara ikut berubah menjadi lebih baik, contohnya di Indonesia yang sebelumnya tidak mengenal DPD dan MK maka saat ini dengan adanya globalisasi sudah bisa memiliki dua instansi tersebut.

Kemudian dengan globalisasi kesadaran masyarakat mengenai pentingnya politik menjadi semakin terbuka lebar dan partai politik semakin bermunculan.

Namun juga ada dampak negatif dari globalisasi dalam bidang politik seperti munculnya rasa serakah akan kekuasaan politik dan adanya kebiasaan money politic atau politik uang yang menjadikan dunia di politik menjadi kotor dan penuh ketidak jujuran.

2. Dampak Bidang Ekonomi

Dengan globalisasi ini maka pemenuhan barang yang dibutuhkan masyarakat menjadi lebih mudah, karena banyak barang bisa dengan mudah masuk ke dalam negeri dari luar negeri.

Dalam bidang sektor ekonomi kecil semakin berkembang dan berpotensi menjangkau pasar sampai ke luar negeri.

Bukan suatu yang sulit pada masa sekarang untuk mendapatkan kabar dan berita dari tempat yang jaraknya ribuan kilometer dari tempat seseorang berada dalam waktu yang sama.

Karena semuanya seolah dengan mudahnya bisa tahu tanpa perlu melakukan usaha yang rumit.

Tidak seperti pada jaman dulu, berita di negara atau dunia lain yang sudah terjadi sebulan yang lalu baru akan bisa diketahui di hari atau saat ini.

Adanya Globalisasi tentunya didukung dengan adanya teknologi yang semakin lama kian berkembang dan  memudahkan dalam seluruh aspek kehidupan manusia.

Di era Globalisasi seperti saat ini semua yang dilakukan menjadi lebih efektif dan efisien dan cepat.

Baca Juga: COREL DRAW: Pengertian, 5 Fungsi, Kegunaan & Versi Terbaru

Kesimpulan

Globalisasi diambil dari bahasa Inggris yaitu Globalization, global artinya dunia untuk lization artinya proses.

Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia globalisasi adalah sebuah proses yang mendunia, proses yang membuat manusia saling terbuka dan bergantung dengan satu sama lainnya tanpa batas waktu dan jarak.

Globalisasi sendiri membawa dampak besar bagi sebagian aspek kehidupan masyarakat dunia dan juga negara seperti dalam bidang ekonomi, politik, pendidikan, dan sebagainya.

Karena itulah pentingnya mempelajari mengenai PENGERTIAN GLOBALISASI: Penyebab, Teori, Ciri-Ciri dan Dampak secara lengkap seperti bahasan di atas.

Tinggalkan komentar