close button

PENGERTIAN EMAIL: 3 Fungsi, Sejarah, Contoh & Cara Kerja

  •   Jun 2022  •   8 min read  •   Comment

Email (electronic mail) atau disebut surat elektronik memiliki fungsi sebagai alat pengirim pesan lewat perantara teknologi seperti  komputer, laptop dan smartphone yang terhubung dengan jaringan internet.

Email berfungsi untuk mengirimkan data, baik itu dalam bentuk file teks, gambar, audio ataupun video.

Dengan menggunakan email, kegiatan pengiriman data seperti surat menyurat jauh lebih mudah dan cepat dibandingkan menggunakan jasa manusia (pos).

Beberapa aplikasi yang menyediakan pembuatan email seperti Yahoo mail, AOL, Yandex, zoho, ICloud, Microsoft Outlook dan yang populer dan yang sering digunakan yaitu Gmail buatan Google.

Lebih jelasnya simak saja bahasan PENGERTIAN EMAIL: Fungsi, Sejarah, Contoh & Cara Kerjanya berikut.

Pengertian Email

Pengertian Email

Email merupakan cara pengiriman surat dalam bentuk digital lewat jaringan internet.

Hanya dengan menggunakan laptop, komputer, atau telepon pintar, kamu sudah bisa mengirimkan email dengan data yang berbentuk secara digital tanpa harus ribet.

Cara yang mudah ini jauh berbeda jika dibandingkan dengan cara lama, dimana kamu generasi zaman dulu yang pernah merasakan repotnya saat akan mengirimkan surat. Karena itulah, penggunaan email kian populer baik di dalam dunia kerja dan juga dalam kegiatan sehari-hari.

PENGERTIAN EMAIL sebenarnya yaitu metode pertukaran pesan antar manusia dengan menggunakan perangkat elektronik seperti komputer, laptop atau smartphone yang terhubung dengan jaringan internet.

Fungsi Email

Fungsi email secara mendasar adalah untuk mengirim dan menerima pesan, dimana dengan fungsi attachment pada aplikasi email, kamu bisa melampirkan berbagai jenis data, seperti foto, video, dan lainnya.

Hanya, pada kenyataannya, email memiliki manfaat lain lebih dari sekadar mengirim atau menerima pesan. Berikut ini beberapa fungsi dan manfaat email.

1. Sebagai Identitas Diri secara Personal

Fungsi email yang pertama yaitu sebagai identitas diri secara personal.

Di zaman layanan digital yang menjamur seperti saat ini, fungsi email digunakan sebagai cara untuk mengonfirmasi identitas.

Layanan seperti jasa keuangan digital, pembelian buku daring, sampai kegiatan telepon pintar sering kali menggunakan media email untuk memverifikasi identitas penggunanya.

2. Alat untuk Mendaftarkan Diri di Berbagai Situs dan Media Sosial

Fungsi email yang kedua ialah untuk mendaftarkan diri di berbagai situs dan media sosial.

Media sosial, game online, dan layanan digital lain juga sering kali meminta alamat email dalam proses pendaftaran pengguna barunya.

Hampir semua pendaftaran akun media sosial membutuhkan alamat email, setelah melakukan pendaftaran, biasanya kamu akan menerima email yang dikirim dari pihak media sosial tersebut untuk mengonfirmasi kebenaran alamat email yang didaftarkan tadi.

3. Email sebagai Media Promosi

Fungsi email yang ketiga ialah untuk media promosi.

Untuk pebisnis yang memiliki toko daring sering memanfaatkan alamat email pelanggannya sebagai sarana mempromosikan bisnis.

Walau email menjadi cara paling mudah untuk mempromosikan sebuah barang atau jasa, cara ini masih dipakai.

Umumnya, pebisnis mengumpulkan alamat email pelanggannya lewat layanan berlangganan newsletter yang ada di dalam halaman website.

Dengan menggunakan layanan email jenis marketing tersebut, tentu saja kegiatan promosi akan semakin optimal.

Sejarah Singkat Email

Sejarah Email menjadi sesuatu yang sangat lumrah di zaman sekarang, karena akan susah untuk membayangkan jika pada awalnya email hanyalah sebuah program yang bisa saling berkirim pesan dalam mesin yang sama.

Sejarah email dimulai pada tahun 1968, ketika jaringan ARPANET, sejenis internet di zaman saat ini, mulai tumbuh dan berkembang.

ARPANET sendiri awalnya hanya sebuah proyek komunikasi yang dibangun untuk institusi militer dan pendidikan.

Selanjutnya, perkembangan email mulai menunjukkan perkembangan,  seorang insinyur bernama Ray Tomlinson bertugas dalam membuat suatu sistem komunikasi yang kemudian proyek ini bernama SNDMSG.

SNDMSG yaitu sebuah program yang bisa membuat orang, yang memiliki mesin yang sama, saling berkirim pesan.

Tentunya, kamu tidak bisa membandingkannya dengan email di zaman kekinian yang sudah sangat mudah untuk digunakan.

Cara berkirim pesan dalam program ini menyerupai cara saat menulis dan berkirim pesan melalui email.

Setelah pesan ditulis, pesan akan dikirim pada kotak surat yang ada di mesin yang sama.

Perkembangan email kian bertambah maju, sosok Ray Tomlinson terus membuat inovasi dan berhasil membuat SNDMSG yang bisa mengirim pesan di dalam jaringan ARPANET.

Surel pertama yang dikirim di dunia ini yaitu pesan berbunyi “QWERTYUIOP”, yang pada tahun 1972, Ray kembali merilis sebuah ikon “@” sebagai pemisah antara identitas email dengan domain alamat email.

Dan pada saatnya sejarah email sudah mengalami pembaharuan seperti saat ini yang biasa kamu gunakan dalam berkirim surat atau pesan.

Cara Kerja Email

Secara mendasar, mengirim email sama dengan mengirim surat secara konvensional, dimana kamu harus memiliki alamat yang dituju, perangkat seperti laptop atau telepon genggam, dan juga jaringan internet.

Berikut ini cara beberapa langkah kerja email secara singkat.

  1. Setelah mengetikkan email dan mengirimkannya ke alamat yang dituju, server akan mengidentifikasi alamat yang dituju.
  2. Setelah alamat penerima email didapat, lalu server akan mengirimkan pesan kepada server email Pesan yang dikirim akan tersimpan di server email penerima sampai pengguna membukanya sendiri.
  3. Setelah pengguna email menyadari dan membuka pesan baru tersebut, aplikasi email akan mengunduh pesan yang tersimpan di dalam server ke dalam komputer.
  4. Setelah proses selesai, pengguna bisa membaca isi pesan yang sudah dikirim tadi.

Baca Juga: PENGERTIAN GLOBALISASI: Penyebab, Teori, 4 Ciri & Dampak

Macam-Macam Email

Meski terkesan praktis, email memiliki banyak jenis tergantung dari kegunaannya. Berikut ini jenis email yang paling umum.

1. POP Mail

Contoh email yang pertama yaitu, POP Mail atau Post Office Protocol yaitu jenis email khusus yang hanya bisa dibuka dan dibaca dari Internet Service Provider yang dipakai.

Ini menjadi jenis layanan email yang paling sering digunakan oleh perusahaan untuk berkomunikasi secara internal dengan karyawannya.

Kelebihannya, layanan email jenis ini dapat dibaca secara luring melalui telepon genggam dan juga komputer.

2. Web Mail

Contoh Email yang kedua  ini memliki jenis yang paling umum digunakan penggunanya, email ini, contohnya layanan email pada Google dan Yahoo, hanya bisa diakses dengan membuka halaman website-nya dulu.

Kelebihan layanan email jenis ini yaitu kamu dapat mengirimkan pesan dan membaca email di mana pun.

3. Forward Mail

Email jenis ini adalah sebuah layanan untuk pengguna email yang sering mengganti alamat email.

Dengan mendaftarkan diri melalui layanan email ini, pengguna bisa mendapatkan pemberitahuan jika terdapat pesan baru di alamat email lamanya.

Layanan email jenis ini bisa berfungsi sebagai perantara antar alamat email, dikarenakan sifatnya sebagai perantara, maka jangka waktu yang dibutuhkan dalam mengirimkan email lebih lama jika dibandingkan layanan email biasa.

Kelebihan Layanan Email

Berikut beberapa kelebihan dari layanan email yang tak bisa digantikan dengan jasa layanan pengiriman surat secara konvensional.

1. Memberikan Waktu yang Efisiensi

Jika menggunakan layanan konvensional, surat baru bisa sampai di tujuan dalam waktu satu minggu bahkan bisa sampai sebulan.

Namun, menggunakan email, sebuah pesan bisa sampai hanya dalam hitungan menit dan detik, tergantung dari kualitas jaringan internet.

Penerima email bisa langsung menerima dan mengakses pesan yang dikirim, jika terhubung dengan internet.

Semua proses berkirim pesan dengan cara digital dapat dilakukan dalam waktu yang begitu singkat.

2. Memberikan Biaya yang Terjangkau

Untuk surat konvensional membutuhkan biaya jasa antar dan juga perangko, sedangkan email sama sekali tidak membutuhkan biaya untuk jasa pengirimannya, selain biaya untuk kuota jaringan internet yang dibutuhkan.

Ditambah, email memberikan keuntungan yang tidak bisa digantikan oleh layanan jasa pengiriman surat konvensional, yaitu jarak penerima tidak akan mempengaruhi biaya kirim.

Tidak melihat sejauh mana alamat penerima, biaya yang dikeluarkan sama sekali tidak ada.

Sedangkan dengan cara konvensional, semakin jauh alamat penerimanya, maka akan semakin mahal biaya yang ditagih.

3. Memberikan Cara yang Praktis

Pengiriman surat secara konvensional cukup merepotkan, mulai dari mempersiapkan amplop, kertas, perangko dan harus berkunjung ke kantor pos atau mencari kotak pos.

Dengan fasilitas email kamu dapat berkirim surat tanpa harus keluar rumah atau mengeluarkan uang untuk membeli perangko.

4. Memberikan Keamanan Data

Cara pengiriman surat konvensional membutuhkan surat secara fisik membuat keamanan dan kerahasiaan pesan menjadi rentan untuk dicuri, sedangkan surat dalam bentuk digital lebih aman dan terjaga.

Email memiliki kata kunci yang membuatnya lebih aman dalam menghadapi ancaman penyadapan.

Dengan teknologi yang canggih, email bisa mengenkripsi pesan yang dikirim, sehingga hanya pengirim dan penerima yang bisa membaca pesan tersebut.

5. Memberikan Kerapian Data

Dengan email, data akan menjadi lebih tertata, tersusun dan rapi, kamu bisa mensortir data, menyimpan atau menghapus data yang sudah tidak digunakan.

Kekurangan Layanan Email

Namun, email juga memiliki sisi negatif yang bisa kamu ketahui. Berikut beberapa kekurangan dari layanan email ini yaitu:

1. Sangat Bergantung pada Perangkat seperti Laptop, Komputer, atau Telepon Genggam

Bagaimana juga perangkat elektronik seperti komputer, laptop ataupun smartphone menjadi bagian dari alat yang penting ketika kamu akan mengirim email, ditambah dengan layanan internet yang stabil.

Sehingga tanpa ke semua alat tersebut kamu tidak bisa mengirim email secara mudah dan cepat.

2. Sangat Tergantung dengan Jaringan Internet

Tidak semua daerah memiliki koneksi dan jaringan internet yang stabil, khususnya buat yang tinggal di daerah pinggiran, pastilah merasakan sinyal yang sulit bahkan untuk akses menelepon saja tidak, ditambah untu mengirim email.

Kegiatan saling berkirim email membutuhkan kondisi di mana pengirim maupun penerima berada di daerah yang memiliki jaringan internet yang baik.

Sehingga kegiatan berkirim  email bisa dilakukan dengan mudah.

3. Pengetahuan Tentang Email masih Terbatas

Tidak semua orang tahu dan mengerti cara menggunakan email, kegiatan yang memiliki basis data di internet seperti ini cukup susah untuk dimengerti oleh generasi lama atau sebelum milenial dan masyarakat yang berada di daerah pelosok yang belum tersentuh jaringan internet.

Mungkin karena hal tersebut, kantor pos masih tetap ada sampai saat ini dan perusahaan juga masih menyediakan cara berkirim lamaran pekerjaan melalui jasa pos.

Baca Juga: 2 CARA MEMBUAT Google Form untuk Kuisioner, Soal, Survey & Pendaftaran

Kesimpulan

Pengertian email sebenarnya yaitu metode dalam pertukaran pesan antar manusia dengan menggunakan perangkat elektronik seperti komputer, laptop atau smartphone yang terhubung dengan jaringan internet.

Hanya menggunakan laptop, komputer, atau telepon pintar, kamu sudah bisa berkirim email dengan data yang terbentuk secara digital tanpa harus ribet.

Untuk itulah pentingnya mengetahui secara detail tentang PENGERTIAN EMAIL: Fungsi, Sejarah, Contoh & Cara Kerjanya dalam bahasan di atas.

Orang juga bertanya

English private teacher, seo writter, english translator, and content writer.

Tinggalkan komentar