Pengertian Lengkap LAN, MAN, WAN dan Contohnya Terbaru 2022

Dalam sebuah jaringan komputer, jenis jaringan bisa tergantung dari seberapa besar dan luas area jangkauan yang mencapainya.

Hal ini dikenal dengan beberapa istilah diantaranya yaitu PAN, LAN MAN WAN, CAN dan juga WLAN.

Local Area Network berfungsi menghubungkan beberapa komputer dalam satu tempat berdekatan seperti rumah, gedung, lab, rumah sakit ataupun sekolah.

Metropolitan Area Network berfungsi menghubungkan komputer di satu wilayah/kota.

Wide Area Network berfungsi menghubungkan komputer antar kota, provinsi, negara bahkan benua.

Untuk lebih jelasnya simak saja pembahasan tentang Pengertian Lengkap LAN, MAN, WAN dan Contohnya berikut.

Pengertian Local Area Network

Local Area Network atau disingkat LAN yaitu sebuah jaringan yang menghubungkan perangkat komputer 1 dengan perangkat komputer lain di dalam wilayah lokal atau berdekatan.

Contohnya seperti rumah, gedung, sekolah, rumah sakit atau lab komputer.

Setiap komputer yang terhubung menggunakan Local Area Network bisa saling berkomunikasi, melakukan pertukaran data, berkirim pesan, mengakses data dan juga berbagi sumber daya hardware contohnya printer.

Satu komputer berfungsi sebagai server dan komputer lain sebagai client, dan setiap komputer memiliki sistem dan hak akses tersendiri yang diatur lewat komputer server.

Komputer di dalam Local Area Network terhubung lewat ethernet atau teknologi Wireless, dan Local Area Network yang terhubung lewat wireless kemudian dinamakan Wireless Local Area Network atau disingkat WLAN.

Contoh penggunaan jaringan Local Area Network bisa di lihat saat ada di Warnet, dan setiap komputer akan terhubung dengan komputer server yang digunakan oleh penjaga warnet atau adminnya.

Karakteristik Local Area Network

Berikut ini karakteristik Local Area Network yang bisa kamu ketahui:

  • Tidak menggunakan jaringan telekomunikasi dari operator tambahan.
  • Administrasi pada jaringan Local Area Networkdilakukan lewat administrasi lokal.
  • Di dalam jaringan Local Area Network terdapat satu komputer yang berfungsi sebagai server yang bertugas untuk mengatur sistem agar berjalan normal.

Fungsi Local Area Network

Jaringan Local Area Network memiliki fungsi dan kegunaan tertentu. Berikut ini fungsi jaringan Local Area Network.

1. Menghubungkan 2 Komputer atau Lebih

Fungsi Jaringan Local Area Network yaitu untuk menghubungkan 2 komputer atau lebih baik secara langsung atau media perantara. Dimana 2 komputer bisa dihubungkan langsung menggunakan kabel UTP yang tersambung di kedua komputer tersebut.

Sedangkan untuk menggabungkan banyak komputer, maka membutuhkan perangkat tambahan semisal Switch atau juga Hub.

2. Memindahkan File dari Satu Komputer ke Komputer Lain

Dengan menggunakan jaringan Local Area Network, maka tidak perlu bolak balik memasukkan flashdisk dari komputer 1 ke komputer lain.

Karena dengan Local Area Network sudah dapat melakukan pemindahan data melalui metode sharing pada komputer.

3. Bisa Berbagi Printer

Selain berbagi data, jaringan Local Area Network juga memungkinkan untuk bisa berbagi printer, dimana hal ini akan memudahkan semua pengguna serta bisa menghemat biaya.

Langkah yang harus dilakukan yaitu dengan membagi driver printer yang ada di Control Panel.

Setelah dibagikan (ke semua pengguna), printer bisa digunakan bersama-sama tanpa harus memindahkan komputer atau printer.

Untuk fungsi ini mungkin sering melihatnya di warnet, sewa komputer dan sewa print, dimana file siap, kamu dapat mencetak file sesuai pilihan printer yang tersedia.

4. Local Area Network Chatting

Jaringan Local Area Network dapat digunakan untuk mengirim pesan antar komputer pada area Local Area Network.

Kegiatan ini dapat dilakukan tanpa harus terkoneksi ke internet meski nantinya jaringan Local Area Network tetap terlihat online.

Untuk menjalankan Local Area Network Chatting, kamu dapat menggunakan aplikasi bawaan Windows seperti winchat.exe atau menggunakan perangkat lunak Local Area Network Chatting lain.

5. Remote Komputer

Melakukan remote pada suatu komputer bisa menggunakan perangkat lunak seperti TeamViewer.

Hanya saja perangkat lunak tersebut hanya bisa bekerja di saat ketika komputer tersambung pada internet.

Dalam jaringan Local Area Network, kamu dapat melakukan remote tanpa harus terkoneksi ke internet.

Kamu bisa memanfaatkan fitur Remote Desktop Manager/Connection yang sudah disediakan Microsoft.

Dan kamu pun dapat mengontrol komputer di dalam jaringan Local Area Network tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Local Area Network

Local Area Network hanya mampu mencakup area yang kecil saja, dengan cakupannya tersebut, tentu Local Area Network memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Berikut ini kelebihan dan kekurangan dari LAN.

Kelebihan Local Area Network

  • Karena jangkauannya yang hanya mencakup area kecil saja, maka Local Area Network tidak akan menguras banyak biaya.
  • Selain itu, kabel yang digunakan juga tidak terlalu panjang.
  • Melalui Local Area Network, koneksi transfer data antar mode bisa berlangsung dengan cepat.
  • Jaringan Local Area Network tidak membutuhkan operator telekomunikasi untuk bisa membuat jaringan.

Kekurangan Local Area Network

Luas wilayah koneksi cukup terbatas, hal ini karena Local Area Network hanya mencakup area lokal saja.

Baca Juga: PENGERTIAN EMAIL: 3 Fungsi, Sejarah, Contoh & Cara Kerja

Pengertian Metropolitan Area Network

Metropolitan Area Network atau disingkat WAN yaitu sebuah jaringan komputer yang mencakup area yang lebih luas dan menggunakan teknologi yang lebih canggih dibanding Local Area Network.

Jaringan Metropolitan Area Network adalah gabungan beberapa jaringan Local Area Network yang menjangkau hingga 10 s.d. 50 km.

Jaringan Metropolitan Area Network cocok digunakan untuk membangun jaringan antar perkantoran atau instansi yang masih dalam satu wilayah.

Metropolitan Area Network digunakan untuk menghubungkan banyak lokasi seperti perkantoran, kampus, pemerintahan, dan sebagainya.

Metropolitan Area Network digunakan karena kecepatan transfer datanya yang dinilai tinggi dan proses instalasi yang tidak terlalu rumit.

Di dalam Metropolitan Area Network sendiri, dibutuhkan operator telekomunikasi yang menjadi penghubung antar jaringan komputer.

Metropolitan Area Network sendiri memiliki karakteristik sebagai berikut:

  • Mencakup area yang lebih luas dari Local Area Network, yaitu 10 sampai 50 km.
  • Metropolitan Area Network umumnya tidak dimiliki oleh satu organisasi. Metropolitan Area Network dimiliki oleh salah satu konsorsium pengguna atau oleh penyedia layanan jaringan yang menyediakan pelayanan pada penggunanya.
  • Metropolitan Area Network bertindak sebagai jaringan dengan kecepatan tinggi sehingga memungkinkan untuk berbagi sumber daya daerah. Hal ini sering digunakan untuk menyediakan koneksi secara bersama.
  • Sekalipun Metropolitan Area Network lebih besar dari Local Area Network, tapi teknologi yang digunakan sama seperti Local Area Network.
  • Metropolitan Area Network hanya memiliki sebuah atau dua buah kabel dan tidak memiliki unsur switching yang berfungsi untuk mengatur paket lewat beberapa output.

Fungsi Metropolitan Area Network

Jaringan Metropolitan Area Network berfungsi untuk memenuhi kebutuhan internet pada sebuah perusahaan.

Metropolitan Area Network mampu mempermudah pembagian dan penerimaan data juga informasi, terlebih pemusatan data pada Metropolitan Area Network jadi lebih mudah dilakukan.

Dengan jaringan Metropolitan Area Network, sebuah perusahaan bisa melakukan kegiatan bertukar informasi baik lewat Video Conference, Email, dan chat yang dilakukan secara real time dengan menggunakan bandwith lokal.

Kelebihan dan Kekurangan Metropolitan Area Network

Jaringan Metropolitan Area Network memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Berikut ini kelebihan dan kekurangan jaringan Metropolitan Area Network:

Kelebihan Metropolitan Area Network

  • Metropolitan Area Network memiliki area jangkauan yang lebih luas jika dibandingkan Local Area Network. Hal ini karena MAN mencakup lingkup satu kota. Dan membuat komunikasi dengan jaringan MAN menjadi lebih efisien.
  • Jaringan Metropolitan Area Network digunakan untuk mempermudah urusan bisnis.
  • Keamanan berkomunikasi dengan jaringan Metropolitan Area Network dinilai lebih terjaga.
  • Memiliki kecepatan transfer data yang tinggi dan cepat.

Kekurangan Metropolitan Area Network

  • Jaringan Metropolitan Area Network sering digunakan banyak orang yang tidak bertanggung jawab demi keuntungan pribadi atau tujuan lainnya.
  • Jika terjadi kerusakan pada jaringan Metropolitan Area Network, waktu yang dibutuhkan untuk memperbaikinya cukup lama.

Baca Juga: METODE PROTOTYPE: Kelebihan, Kekurangan & 6 Tahapan Model

Pengertian Wide Area Network

Wide Area Network (WAN) yaitu sebuah jaringan komputer yang luas cakupannya bisa mencapai satu negara bahkan mencakup benua.

Jaringan ini adalah gabungan dari Local Area Network dan MAN yang wilayahnya dipisahkan secara geografis.

Membuat jaringan Wide Area Network membutuhkan perlengkapan seperti kabel serat optik (fiber optic), kabel telepon, atau bisa juga memakan satelit.

Oleh karena itu jangkauannya sangat luas, membuat Wide Area Network membutuhkan biaya yang sangat besar.

Wide Area Network memiliki transmisi kecepatan mulai dari 2 Mbps, 34 Mbps, 45 Mbps, 155 Mbps, 625 Mbps atau bahkan lebih.

Faktor yang menjadi pengaruh bentuk dan performa jaringan ini yaitu pada siklus komunikasi sejenis jaringan telepon atau satelit.

Jaringan Wide Area Network mempunyai karakteristik, yaitu sebagai berikut:

  • Sering digunakan untuk menghubungkan perangkat-perangkat yang tidak bisa dihubungkan melalui jaringan Local Area Network maupun MAN. Hal ini membuat Wide Area Network bisa digunakan secara luas.
  • Area jangkauan Wide Area Network sangat luas. Oleh karena itu, dalam Wide Area Network akan melibatkan operator telekomunikasi. Tujuannya agar perangkat-perangkat dalam jaringan WAN bisa melakukan komunikasi satu sama lain.
  • Jaringan Wide Area Network bisa melakukan pertukaran paket data atau frame antar router atau switch dan jaringan Local Area Network yang sudah dibangun.
  • Jaringan Wide Area Network bekerja pada layer fisik dan pada layer data link dari layer OSI.

Fungsi Wide Area Network

Sebagai jaringan komputer yang melebihi Local Area Network dan MAN, Wide Area Network memiliki fungsi yang cukup mumpuni. Berikut ini fungsi dari jaringan Wide Area Network.

1. Membuat Arus Komunikasi Jadi Lebih Mudah dan Cepat

Wide Area Network adalah sebuah jaringan yang meliputi area yang sangat luas dan memiliki kecepatan yang tangguh sekalipun digunakan di wilayah yang berbeda.

Dengan Wide Area Network, komunikasi dua instansi yang berbeda wilayah bisa berlangsung mudah dan cepat.

2. Mengintegrasikan Jaringan Lan dan Man

Wide Area Network menghubungkan dan mengintegrasikan jaringan yang lebih kecil seperti jaringan MAN dan LAN.

Hal ini akan mempermudah perusahaan dalam mendapatkan informasi dan perkembangan terkini.

3. Menghemat Biaya Operasional

Meski terlihat mahal pada instalasi, Wide Area Network dinilai murah bila digunakan oleh perusahaan yang dibatasi oleh negara atau benua.

Hal ini akan cocok bagi 2 perusahaan yang dibatasi oleh wilayah tersebut.

4. Pengiriman Data yang Cepat

Perusahaan yang memiliki banyak kantor dengan jarak yang sangat jauh masih bisa mengirim data dengan cepat.

Inilah fungsi Wide Area Network yang memungkinkan perusahaan bisa mengirim data dalam waktu singkat meski terpisah jarak yang jauh dengan lainnya.

5. Terhindar Dari Miskomunikasi

Jaringan Wide Area Network mampu mencegah terjadinya miskomunikasi karena komunikasi itu sendiri bisa dilakukan secara real-time pada jaringan Wide Area Network.

Kelebihan dan Kekurangan Wide Area Network

Sebagai jaringan komputer berskala luas, tentu Wide Area Network tidak lepas dari kelebihan dan kekurangan. Berikut ini kelebihan dan kekurangan Wide Area Network secara umum.

Kelebihan Wide Area Network

  • Wide Area Network memungkinkan untuk berbagi informasi atau file melalui area yang lebih besar, hingga mencapai antar benua.
  • Semua orang yang terdapat pada jaringan Wide Area Network dapat menggunakan data yang sama.
  • Wide Area Network memiliki sistem jaringan yang luas dan besar sehingga mampu menjangkau negara, benua, bahkan seluruh dunia.
  • Dengan menggunakan koneksi workstations, jaringan Wide Area Network bisa digunakan di berbagi resources atau sumber daya.

Kekurangan Wide Area Network

  • Karena jangkauannya yang sangat luas, wajar jika Wide Area Network membutuhkan biaya operasional yang sangat mahal.
  • Dari segi pengaturan atau settingan, jaringan Wide Area Network lebih sulit dan rumit. Alat-alat yang dibutuhkan untuk membangun jaringan tidak murah.
  • Jaringan Wide Area Network membutuhkan adanya Firewall untuk membatasi pengguna ilegal yang masuk. Selain itu, langkah ini bertujuan untuk membatasi pengguna yang ingin mengganggu jaringan.
  • Skala jangkauan jaringan Wide Area Network yang luas membuat jaringan ini mudah terhadap serangan dan ancaman dari dunia luar contohnya para hacker.

Baca Juga: COREL DRAW: Pengertian, 5 Fungsi, Kegunaan & Versi Terbaru

Kesimpulan

Local Area Network atau disingkat LAN adalah sebuah jaringan yang menghubungkan perangkat komputer 1 dengan perangkat komputer lain di dalam wilayah lokal atau berdekatan.

Metropolitan Area Network atau disingkat Wide Area Network adalah sebuah jaringan komputer yang mencakup area yang lebih luas dan menggunakan teknologi yang lebih canggih dibanding LAN.

Wide Area Network adalah sebuah jaringan komputer yang luas cakupannya bisa mencapai satu negara bahkan mencakup benua.

Semua jaringan di atas memiliki fungsi, kelebihan dan juga kekurangan masing-masing seperti yang sudah di jelaskan lewat bahasan Pengertian Lengkap LAN, MAN, WAN dan Contohnya di atas.

Tinggalkan komentar