JARINGAN KOMPUTER: Pengertian, Sejarah, Manfaat & Jenis Jenis Topologi

Secara sederhana jaringan komputer merupakan sebuah sistem jaringan yang membantu komputer untuk bisa saling berinteraksi, baik itu dalam skala lokal dan juga global.

Tujuan jaringan komputer sendiri yaitu agar bisa mencapai tujuana, di bagian setiap jaringan komputer bisa memberikan dan meminta layanan.

Sebuah komputer bisa  dihubungkan dengan beberapa komputer atau gadget secara sekaligus lewat jaringan atau network.

Kemudian, penggunanya bisa berinteraksi dengan beberapa perangkat lewat jaringan komputer tersebut.

Agar kamu bisa mengetahui lebih jelas mengenai  JARINGAN KOMPUTER: Pengertian, Sejarah, Manfaat & Jenis Jenis Topologi simak selengkapnya berikut ini.

Pengertian Jaringan Komputer

Jaringan Komputer

Jaringan komputer yaitu sebuah sistem jaringan yang digunakan oleh komputer untuk saling berkomunikasi, dan interaksi antar komputer terjadi lewat pertukaran data.

Komputer yang meminta dan menerima layanan (data) disebut dengan client, sedangkan komputer yang memberikan dan mengirim layanan dinamakan dengan server.

Sistem client-server digunakan di hampir semua model jaringan, mulai dari jaringan lokal dalam satu ruangan sampai jaringan lintas negara.

Melalui jaringan komputer, maka data dapat didistribusikan dengan mudah  dan cepat dari satu komputer ke komputer lain.

Jadi jaringan komputer adalah sistem yang terdiri dari kumpulan komputer dan perangkat-perangkat lain yang saling terhubung untuk berbagi sumber daya atau bertukar data.

Manfaat Jaringan Komputer

Jaringan Komputer

Jaringan komputer dibutuhkan untuk menunjang beragam keperluan, mulai dari penggunaan pribadi, instansi lokal seperti sekolah dan rumah sakit, sampai perusahaan, semuanya membutuhkan jaringan untuk bisa mendukung kegiatan operasional.

Beberapa manfaat jaringan dapat di lihat di bawah ini.

1. Berbagi Dokumen

Dokumentasi adalah bagian operasional yang vital dan untuk memaksimalkan produktivitas, pembuatan dan pengiriman dokumen harus dilakukan semudah mungkin.

Di sinilah jaringan komputer memiliki peran penting, dengan menggunakan jaringan, Staff yang bekerja di lantai basement bisa mengirimkan file ke Staff lain di lantai atas hanya dalam hitungan detik saja.

Tanpa adanya jaringan, akan banyak waktu terbuang hanya untuk mengirim sebuah dokumen.

2. Menjaga Rahasia Data

Baik individu dan  organisasi, semua pasti memiliki data-data rahasia yang harus dijaga dengan baik.

Kebocoran data-data rahasia bisa menimbulkan kerugian bagi pemiliknya.

Dengan jaringan komputer, maka proses pengiriman data bisa dilakukan dengan aman.

Dengan jaringan lokal (LAN), kamu bisa bertukar data-data rahasia tanpa takut bisa disadap atau dicuri orang lain.

Jika mengirimkan data tersebut melalui internet, maka  bisa memanfaatkan berbagai fitur keamanan jaringan komputer untuk menjaga data sampai ke tujuan dengan aman.

3. Memudahkan Komunikasi

Dengan jaringan komputer, semua  manajer cabang yang berlokasi di kota yang berbeda bisa saling berkomunikasi untuk mengatasi masalah yang dihadapi perusahaan.

Jajaran manajemen bisa memantau perusahaan secara real time melalui data yang bisa diakses secara remote tanpa harus datang ke kantor.

Dan, semua ini terjadi karena adanya komunikasi antar komputer dalam suatu jaringan.

4. Penyebaran Informasi

Jaringan komputer memungkinkan untuk membuat, menyebarkan dan mengakses informasi terbaru kapan dan dimanapun tanpa terbatas jarak.

Semakin cepat dan lengkap informasi didapat, maka semakin matang dan rasional keputusan yang akan diambil.

5. Penghematan Biaya

Berapa besar biaya yang harus dikeluarkan untuk mengirimkan dokumen penting ke luar kota secara manual.

Belum lagi waktu yang dibutuhkan dalam proses pengiriman yang tidak efisien.

Jika dibandingkan dengan penggunaan jaringan komputer tentu saja tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya, berbagai data dan informasi bisa dikirimkan ke mana saja hanya dalam hitungan detik saja.

Tingkat keamanannya jauh lebih aman karena informasi dikirimkan dalam bentuk digital dan dijaga dengan lapisan sistem keamanan tingkat tinggi.

6. Membantu Jalannya Aktivitas

Tidak hanya bermanfaat bagi organisasi dan perusahaan, jaringan komputer juga membawa manfaat besar untuk masyarakat umum.

Semua anggota keluarga bisa berkomunikasi dengan lancar dan UMKM bisa mengakses informasi penting untuk mengembangkan bisnis.

Manfaat jaringan komputer telah dirasakan semua orang dari seluruh lapisan masyarakat, dan jika dimanfaatkan dengan benar, maka teknologi bisa sangat menunjang kehidupan dan memudahkan berbagai akivitas sehari-hari.

Baca Juga: PENGERTIAN DATA: Fungsi, Sumber, Jenis Jenis Data dan Contohnya

Jenis Jenis Jaringan Komputer

JARINGAN KOMPUTER: Pengertian, Sejarah, Manfaat & Jenis Jenis Topologi terbagi menjadi beberapa jenis dan ditentukan berdasarkan kriteria seperti luas jangkauan, fungsi, media yang digunakan, dan sebagainya.

Di bawah ini jenis jaringan komputer yang bisa kamu ketahui:

1. Jenis Jaringan Berdasarkan Jangkauan Geografisnya

Berdasarkan luas cakupannya, jaringan komputer terbagi menjadi tiga jenis :

Jaringan lokal (LAN) yaitu jenis jaringan yang digunakan untuk kepentingan pribadi atau organisasi kecil dimana semua komputer berada di satu lokasi yang sama. Luas jangkauan jaringan LAN mencapai 10 kilometer. Jaringan ini digunakan untuk pertukaran data internal dan penggunaan perangkat secara bersamaan seperti printer dan scanner.

Jaringan metropolitan (MAN) mencakup wilayah lebih luas hingga 50 kilometer dan menghubungkan banyak lokasi. Kabel fiber optic menjadi kabel transmisi yang diandalkan untuk jenis jaringan ini.

Untuk jaringan WAN adalah jenis yang paling luas cakupan geografisnya. Jaringan ini menghubungkan beragam wilayah di seluruh dunia. Jenis jaringan ini digunakan oleh organisasi yang bertaraf internasional. Dan satelit menjadi media transmisi untuk jenis jaringan ini, meski banyak yang juga menggunakan kabel fiber optic lintas negara.

2. Jenis Jaringan Berdasarkan Fungsinya

Dilihat berdasarkan fungsinya, jaringan komputer terbagi menjadi server-client dan peer-to-peer.

Jaringan server-client menggunakan satu komputer yang dibuat khusus sebagai server untuk melayani request dari client. Sedangkan komputer lain berperan sebagai client yang meminta data dari server.

Lain halnya dengan jaringan peer-to-peer. Jenis jaringan ini memberikan peran yang sama untuk semua komputer. Dimana, satu komputer bisa berperan sebagai server dan client sekaligus. Jaringan ini digunakan untuk model operasional yang simple dan tugas umum seperti sharing file dan printer.

3. Jenis Jaringan Berdasarkan Distribusi Sumber Informasi / Data

Berdasarkan distribusi data, jaringan komputer terbagi menjadi jaringan terpusat dan jaringan terdistribusi.

Jaringan terpusat yaitu jaringan yang mengandalkan satu komputer sebagai server untuk menyimpan data. Sedangkan komputer lain hanya berperan sebagai perantara untuk menyimpan, mengolah, dan membaca data di komputer server.

Jaringan terpusat akan menjadi jaringan terdistribusi. Jenis jaringan ini terdiri dari beberapa server dengan peran dan fungsi yang berbeda. Dengan demikian, data akan disalurkan antar server dan diakses oleh klien sesuai fungsinya.

4. Jenis Jaringan Berdasarkan Media Transmisinya

Awalnya, jaringan komputer hanya dibuat untuk skala kecil dengan menggunakan media kabel. Jaringan kabel mengharuskan semua komputer terhubung ke perangkat jaringan lewat  kabel-kabel jaringan untuk saling berkomunikasi. Karena itu jenis jaringan ini lebih cocok digunakan untuk kebutuhan lokal karena sangat merepotkan jika harus menghubungkan kabel antar komputer yang berjarak jauh.

Seiring dengan perkembangan jaman, jaringan komputer terus berkembang hingga tercipta sistem jaringan tanpa kabel (nirkabel). Komunikasi antar komputer di suatu jaringan nirkabel menggunakan gelombang elektromagnetik. Dengan adanya teknologi nirkabel ini, jaringan dapat diperluas hingga ke seluruh dunia seperti sekarang.

5. Jenis Jaringan Berdasarkan Topologi

Desain jaringan komputer terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu :

  • Topologi Bus
  • Topologi Bintang
  • Topologi Ring atau Cincin
  • Topologi Mesh
  • Topologi Pohon
  • Topologi Linier

1. Topologi Bus yaitu jenis topologi yang banyak digunakan dan setiap komputer dihubungkan melalui kabel sepaksi dimana kedua ujungnya diakhiri dengan sebuah terminator.

Masalah besar dari topologi adalah kesulitan mengukur kecocokan kabel sepaksi.

Penggunaan kabel yang tidak cocok bisa merusak Network Interface Card (NIC) sehingga mengurangi kinerja jaringan.

2. Topologi Bintang memakai switch/hub untuk menghubungkan dan mengatur distribusi data.

Sehingga, kabel jaringan tidak terhubung antar komputer, tapi terhubung ke switch yang dilambangkan ada di tengah yang membentuk bintang.

3. Topologi Ring atau Cincin dibuat dengan menghubungkan satu komputer ke dua komputer lain.

Maka desain topologi ini akan membentuk lingkaran seperti bentuk cincin.

Setiap titiknya berperan sebagai penguat sinyal (repeater) sehingga data yang dikirimkan bisa diterima secara menyeluruh oleh komputer tujuan.

4. Topologi Mesh atau topologi jala yaitu jenis jaringan dimana setiap komputer terhubung langsung ke semua komputer dalam satu jaringan saja.

Topologi mesh memungkinkan komunikasi langsung antar dua komputer tanpa ada perantara oleh komputer lain.

Dengan demikian, pertukaran data akan menjadi lebih cepat dan kerusakan di salah satu jalur tidak mengganggu jalur yang lain.

5. Topologi Tree atau Pohon yaitu kumpulan dari banyak topologi bintang yang disatukan ke dalam satu topologi bus.

Dimana, kumpulan dari topologi bintang ini didesain dengan topologi bus sehingga membentuk sebuah topologi pohon.

6. Topologi Linier sering disebut dengan topologi bus beruntut, untuk jenis topologi yang cukup sederhana dan hemat biaya dengan menggunakan satu kabel utama untuk menghubungkan semua titik.

Jenis topologi ini cocok digunakan untuk skala kecil yang terdiri tidak lebih dari 7 komputer, dan membutuhkan tambahan repeater sebagai  transmisi data jarak jauh.

Baca Juga: PERANGKAT KERAS: Pengertian, Contoh, Macam Macam Hardware & Fungsinya

Macam Perangkat Jaringan Komputer

Dalam membuat sebuah jaringan komputer, dibutuhkan perangkat-perangkat khusus tentunya.

Setiap jenis jaringan membutuhkan perangkat sesuai kebutuhan operasional.

Beberapa perangkat jaringan yang banyak digunakan, di antaranya :

1. Server

Server yaitu sebuah komputer khusus yang digunakan untuk penyedia layanan.

Fungsi server sangatlah penting karena harus melayani banyak client bersamaan.

Karena tugas yang berat maka sebuah server harus didukung dengan spesifikasi hardware yang mumpuni dan sistem operasi yang dibuat khusus untuk komputer server.

2. Router

Router yaitu sebuah perangkat yang berfungsi sebagai penghubung antar jaringan.

Router dibutuhkan untuk topologi yang kompleks dan terdiri dari beberapa terminal.

Dengan router, maka komputer-komputer tetap bisa  berinteraksi walau berada di terminal yang berbeda.

3. Wireless Card

Wireless Card yaitu sebuah perangkat yang bisa digunakan jika ingin terhubung ke jaringan nirkabel.

Komputer jebolan terbaru umumnya sudah menyematkan Wireless Card atau juga bisa menambahkan Wireless Card sendiri jika perangkat belum dilengkapi dengan perangkat ini.

4. LAN Card

LAN Card yaitu sebuah perangkat untuk menghubungkan komputer ke jaringan lewat media kabel.

Semua komputer yang ada saat ini pasti sudah dilengkapi dengan LAN Card atau juga bisa memasang LAN Card tambahan dengan slot ISA atau PCI Express yang ada di motherboard.

5. Switch

Switch yaitu sebuah alat yang digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer sekaligus.

Semua komputer yang terhubung ke switch lewat kabel bisa agar bisa saling berkomunikasi.

Fungsi lain dari Switch yaitu untuk mengatur distribusi data dan mencegah terjadinga data collision atau terjadinya tabrakan data.

Baca Juga: Komponen CPU Komputer dan 11 Fungsinya + Gambarnya, Terlengkap!!

Kesimpulan

Jaringan komputer merupakan sebuah sistem jaringan yang digunakan oleh komputer untuk saling berkomunikasi, dan interaksi antar komputer terjadi lewat pertukaran data.

Tanpa adanya jaringan komputer maka semua data tidak bisa berinterkasi dengan baik, dan untuk mendukungnya butuh beberapa komponen.

Seperti penjelasan di atas JARINGAN KOMPUTER: Pengertian, Sejarah, Manfaat & Jenis Jenis Topologi kamu bisa lebih paham dan mengerti lebih dalam lagi.

Tinggalkan komentar