Komponen CPU Komputer dan 11 Fungsinya + Gambarnya, Terlengkap!!

Komponen CPU komputer yang sering kita gunakan ternyata memiliki 3 sistem komponen utama, seperti perangkat lunak (software), perangkat keras (hardware) dan juga pengguna (brainware).

Tanpa adanya 3 komponen tersebut, maka komputer tidak bisa berjalan dengan baik, karena semua faktor tersebut harus saling terhubung antara satu dengan yang lainnya.

Dalam bahasan kali ini akan dibahas lebih jauh tentang perangkat keras, terutama perangkat keras yang ‘menempel’ langsung pada CPU komputer dan juga perangkat keras komputer secara keseluruhannya.

Biar tidak bingung, simak terus penjelasan selengkapnya Komponen CPU Komputer dan Fungsinya + Gambarnya, Terlengkap!! berikut.

Komponen Komputer dan Fungsinya

Komponen CPU

Berikut ini adalah beberapa komponen yang terdapat pada komputer.

1. Komponen CPU Komputer

Komponen CPU

Komponen CPU terdiri dari beberapa komponen seperti:

  • Casing Komputer
  • Power Supply
  • Prosesor
  • Chipset
  • RAM
  • ROM
  • Kartu Grafis/VGA
  • Sound Car
  • Baterai Cmos
  • Hard Drive atau HDD/Hardisk
  • CD Room
  • Dvd Room
  • Cooler/Kipas

2. Komponen Komputer Utama Lain

Komponen CPU

Komponen CPU terdiri dari beberapa komponen seperti:

  • Monitor
  • Keyboard
  • Mouse
  • Speaker
  • Dan sebagainya

3. Casing Komputer

Casing adalah bagian terluar dari sebuah CPU (Central Processing Unit) yang bisa dibilang sebagai rumah bagi perangkat-perangkat yang membuat komputer bisa bekerja sesuai fungsinya.

Saat ini jenis komputer desktop banyak menggunakan boks casing yang terbuat dari metal atau plastik.

Akan tetapi untuk jenis komputer all-in-one desktop, maka tidak akan menemui komponen yang menyerupai boks.

Hal tersebut dikarenakan komputer desktop all-in-one menggunakan casing yang didesain simple dan langsung menyatu pada monitor.

Casing bukan hanya berfungsi sebagai rumah perangkat komputer, tetapi juga untuk melindungi perangkat yang ada di dalamnya dari debu.

Baca Juga: WEB BROWSER: Pengertian, Fungsi & Macam Macam Web Browser

4. Power Supply

Power supply unit atau PSU merupakan komponen komputer yang bisa mengubah listrik ber-arus AC menjadi DC dengan voltase rendah.

Komponen CPU Komputer dan Fungsinya + Gambarnya, Terlengkap!! ini digunakan sebagai sumber daya untuk perangkat komputer lainnya.

Power supply memiliki peranan penting dalam menyediakan daya untuk menghidupkan dan menstabilkan tampilan komputer secara keseluruhan.

Dalam penggunaan sehari-hari, bagian komputer ini tentu bisa mengalami kerusakan saat tegangan terlalu rendah atau jika listrik sering mati secara mendadak.

Berikut ini beberapa jenis power supply yang perlu kamu ketahui.

  • Power Supply AT -> Berbentuk kabel power yang dihubungkan ke papan induk pada power supply,  jenis ini terpisah menjadi dua konektor. Dua konekter tersebut yaitu konektor P8 dan P9. Dengan begitu, pemasangannya butuh ketelitian agar tidak terjadi kesalahan.
  • Power Supply ATX -> Jenis power supply ini memiliki kabel dengan jumlah 10 pin yang disusun menjadi satu kesatuan yang dihubungkan ke papan induk.

5. Motherboard

Motherboard atau dalam Bahasa Indonesia disebut papan induk merupakan sebuah komponen utama dari suatu perangkat komputer. Papan induk adalah wadah dari bermacam-macam perangkat elektronik yang ada dalam komputer dan saling terhubung sehingga komputer dapat beroperasi.

Motherboard yaitu komponen yang terdapat pada CPU, beberapa komponen dari motherboard diantaranya yaitu;

Prosesor

Prosesor adalah otak yang menjalankan proses kerja pada komputer, dan komponen ini bekerja sama dengan perangkat komputer lain untuk mengatur semua kegiatan dan jalannya program yang ada.

Prosesor memiliki satuan kecepatan Mhz (Megahertz) dan Ghz (Gigahertz), semakin besar kecepatan suatu prosesor maka semakin cepat juga kinerja yang diberikan.

Chipset

Chipset dan prosesor pada komputer adalah dua komponen yang berbeda, chipset adalah perangkat berupa cip yang berukuran kecil dan di dalamnya terdapat sirkuit.

Chipset memiliki fungsi sebagai penghubung antara prosesor dengan komponen komputer lain.

Hanya saja, perangkat ini memiliki keterbatasan karena sifatnya yang Read Only Memory.

Jadi, chipset hanya bisa bekerja sesuai data yang dikirim ke dalamnya saja.

RAM

RAM (random access memory) adalah penyimpanan data yang memungkinkan setiap proses bisa dengan cepat diakses oleh prosesor.

Semakin besar kapasitas RAM yang digunakan, maka akan semakin baik juga kinerja komputernya.

Data-data yang disimpan oleh RAM bisa berasal dari perangkat input-output, hard disk, atau hasil pemrosesan sebuah program dan oleh RAM, data-data tersebut diambil secara acak.

Kartu Grafis

Kartu grafis atau sering disebut sebagai kartu VGA (video graphics array) adalah memori yang digunakan untuk memproses grafis.

Part komputer ini memproses perintah yang diterima dari prosesor ke dalam bentuk visual seperti yang ditampilkan pada layar monitor.

Di dalam VGA terpasang GPU yang berfungsi sebagai pusai pemrosesan grafis.

Seringnya pengguna komputer hanya membutuhkan GPU internal yang sudah terintegrasi, tapi, komputer gamer, desainer, atau animator seringnya menggunakan dedicated GPU dengan kapasitas besar agar dapat memproses grafis berat tanpa bermasalah.

ROM

ROM (read only memory) adalah tempat penyimpnanan firmware BIOS dan pengaturannya, hanya untuk perangkat komputer masa kini sudah tidak menggunakan BIOS, tapi UEFI.

Dimana, data yang disimpan dalam memori ini hanya bisa dilihat dan tidak bisa diubah.

Berbeda dengan RAM, ROM memiliki sifat permanen dan sering mengandung data yang diisi pabrik pembuatnya.

Sound Card

Setiap papan induk memiliki sound card internal yang berguna untuk memproses suara, hanya, pengguna tetap bisa menambahkan sound card eksternal jika dibutuhkan.

Selain sound card internal dan eksternal, ada juga jenis offboard, dimana sound card jenis ini dipasang lewat slot ISA atau PCI.

Hal menarik perangkat ini yaitu kualitas suara yang dihasilkan bisa lebih baik jika dibanding sound card internal atau onboard.

Baterai CMOS

Baterai Cmos merupakan baterai yang digunakan BIOS agar tetap aktif walau komputer dalam keadaan off.

Dengan begitu, pengaturan umum seperti jam, tanggal, settingan BIOS dan lainnya tidak hilang.

Hard Disk

Hard Disk Drive (HDD) atau disebut dengan harddisk yaitu sebuah perangkat yang bisa menyimpan semua file dalam komputer, dimana komponen ini berada dalam CPU.

Hardisk merupakan perangkat penyimpanan permanen yang menyimpan file dalam komputer, selama tidak menghapusnya atau pun rusak.

HDD memiliki kapasitas penyimpanan yang berbeda tergantung dari spesifikasi komputer yang dibeli.

6. Optical Drive

Optical drive atau juga disebut dengan ODD (optical disk drive) yaitu sebuah perangkat keras tambahan yang berfungsi melakukan proses pembacaan dan penulisan data di media CD atau DVD.

ODD tersedia dalam beberapa macam dan fungsi yang berbeda. Berikut penjelasan selengkapnya.

CD ROM

CD ROM atau (compact disk read-only memory) menjadi salah satu memori di komputer yang hanya bisa dibaca namun tidak bisa ditulis atau diubah.

CD ROM hanya mampu membaca kepingan CD, berbeda dengan CD/DVD ROM yang bisa membaca baik kepingan CD dan DVD.

CD-RW

Berbeda dengan CD ROM, CD-RW berfungsi untuk membaca isi keping CD dan menulisnya kembali.

Dimana perangkat ini memiliki kecepatan yang bervariasi mencapai 52x48x36x.

Dimana, CR-RW mempunyai kecepatan baca sampai 52 kali, kecepatan menulis 48 kali, dan kecepatan menulis ulang (rewrite) sampai 36 kali.

DVD-Combo

DVD-Combo memiliki kemampuan yang istimewa yaitu bisa membaca CD dan DVD dan perangkat ini juga bisa menulis keping CD, hanya tidak bisa menulis keping DVD.

DVD-RW

DVD-RW yaitu jenis optical drive yang cukup lengkap, selain bisa membaca keping CD dan DVD, perangkat ini juga bisa menulis keping CD dan DVD.

7. Monitor

Monitor adalah sebuah komponen komputer yang terlihat seperti televisi, dan menjadi salah satu jenis perangkat luar yang menampilkan gambar hasil visualisasi dari prosesor.

Sama seperti telivisi, monitor juga hadir dalam beragam ukuran layar, normalnya berukuran 17 sampai 20 inci.

Teknologi layar monitor yang paling populer saat ini yaitu mengusung LCD dan LED.

Baca Juga: CLOUD COMPUTING: Pengertian, Manfaat, Jenis & Contoh

8. Keyboard

Keyboard atau papan ketik merupakan perangkat input komputer yang berfungsi memasukan teks, huruf, karakter atau fungsi tertentu ke komputer.

Di komputer dekstop alat ini terhubung lewat kabel yang disambungkan ke port di CPU.

Selain berbentuk hardware, keyboard juga ada yang berbentuk software, sehingga kamu dapat mengetik langsung melalui aplikasi bawaan seperti on-screen keyboard yang tersedia di jenis sistem operasi tertentu.

9. Mouse

Mouse atau dalam Bahasa Indonesia dinamakan tetikus yang merupakan perangkat yang digunakan untuk bernavigasi saat menjalankan komputer.

Dengan menggunakan tetikus, kamu bisa menggerakkan kursor dan memilih banyak opsi di layar komputer.

Juga bisa menggunakan tetikus untuk menggulirkan halaman dan juga memperbesar dan memperkecil tampilan.

Tetikus bekerja dengan cara mendeteksi gerakan menggunakan bola yang menyentuh permukaan keras.

Hanya saja tetikus modern tidak lagi menggunakan bola, melainkan sinar optis yang bisa mendeteksi lebih cepat.

Menariknya, saat ini tersedia juga tetikus dengan teknologi nirkabel.

10. Kipas atau Cooler

Ketika komputer dinyalakan dalam waktu yang lama, maka akan terasa panas, jika komputer menjadi terlalu panas, kinerjanya akan menurun dan sistem berjalan dengan lambat.

Oleh karena itu, digunakan kipas atau cooler yang berfungsi dalam mendinginkan komponen-komponen dalam komputer, sehingga, komputer dapat bekerja lebih stabil.

11. Komponen Komponen Eksternal

Selain bagian penting di atas, ada juga komponen-komponen lain yang berfungsi dalam mendukung komputer.

Berikut ini beberapa komponen eksternal komputer yaitu:

  • Speaker
  • Headphone atau Headset
  • Printer
  • Scanner
  • Flash Disk dan Hard Disk Eksternal
  • Kamera Web atau Web Cam

Baca Juga: PENGERTIAN GOOGLE DRIVE: Manfaat, Cara Penggunaan & Fungsi GDrive

Kesimpulan

Komponen CPU komputer adalah bagian terpenting yang mendukung pengoperasian komputer, dimana komponen tersebut memiliki 3 sistem komponen utama, seperti perangkat lunak (software), perangkat keras (hardware) dan juga pengguna (brainware).

Penjelasan Komponen CPU Komputer dan Fungsinya + Gambarnya, Terlengkap!!  di atas bisa menjadi referensi untuk yang ingin mengetahui lebih jelas lagi tentang komputer terkini.

Tinggalkan komentar