close button

Review dan Modifikasi: L300 Minibus Modif

  •   Agu 2022  •   12 min read  •   Comment

Mitsubishi L300 adalah salah satu mobil legenda yang ada di Indonesia. Mobil ini mulai dipasarkan sejak tahun 1980 dan berbagi pasar bersama dengan pesaingnya seperti Suzuki, yaitu Suzuki Carry.

Keduanya bersama mengeluarkan 2 model, minibus dan pick up. Bentuk dari Mitsubishi L300 minibus masih Mitsubishi pertahankan untuk menjaga ciri khas klasik tahun 80-an.

Karena dari tahun ke tahun “style” kotaknya memang tidak banyak berubah. Perubahan hanya terdapat pada lampu dan grill depannya saja.

Umumnya mobil ini digunakan sebagai angkutan niaga, baik untuk barang maupun jasa. Jika berbicara mengenai model minibus, kabinnya bisa memuat 10-12 orang sehingga sangat cocok untuk dijadikan antar jemput, travel antar kota dan juga angkutan kota.

Karena sangat laris Mitsubishi L300 Minibus di Indonesia, maka tidak jarang pemilik melakukan modifikasi pada mobil ini.

Baca juga: Review : Interior Mobil Sigra Manual

Tentu modifikasi L300 minibus ditujukan untuk menambah estetika dan kenyamanan saat berkendara. Selain model minibus, Mitsubishi juga memiliki model L300 pick up.

Lalu bagaimana kalau kamu juga ingin modifikasi mobil L300 pick up atau modifikasi L300 minibus? Nah, berikut akan memberikan tips apa saja yang harus dilakukan saat akan modif L300 minibus modif maupun pick up.

Perjalanan Mitsubishi L300 di Indonesia

L300 Minibus Modif

Mitsubishi L300 pertama kali hadir pada tahun 1981 menggunakan mesin bensin 1.4 Liter inline-4.

Selanjutnya di tahun 1984, Mitsubishi melakukan perbaikan sektor jantung pacu pada L300. Update saat itu dengan memberikan 2 pilihan mesin baru, yaitu versi bensin dan diesel.

Mitsubishi L300 adalah salah satu pick up yang melegenda di Indonesia. Kendaraan niaga ini modelnya seolah ‘abadi’ sejak meluncur pada 1980-an lalu.

Dengan minimnya kelemahan, Mitsubishi L300 menjadi legenda hidup yang tetap masih ada sampai sekarang.

Versi bensin, mesin yang digunakan adalah 1.6 Liter inline-4, sedangkan versi diesel menggunakan mesin 2.3 dan 2.5 Liter Inline-4.

Berdasarkan kesan pengguna, L300 2.5 Liter lebih mendapatkan sambutan baik dari masyarakat. Mesin bensin pun tersingkir karena lebih boros dari versi L300 yang mengunakan mesin diesel.

Versi 2.3 liter juga disambut baik walau tenaganya memang kecil, hanya 65 ps di putaran 4.200 rpm.

Namun, varian ini torsinya jelas lebih besar dibanding mesin bensin, yaitu 137 Nm pada 2.000 rpm.

Untuk itu, L300 bermesin 2.3 liter cocok digunakan sebagai kendaraan angkut barang.

Mitsubishi L300 Pick Up

Varian mesin diesel 2.5 hadir sebagai upgrade versi 2.3 liter, namun pernah dijual bersamaan antara keduanya.

Formulasi mesin diesel 4-silinder 2.5 liter menghasilkan tenaga 74 ps di putaran 4.200 rpm dan torsi maksimal 142 Nm pada 2.500 rpm.

Varian bensin 1,6 liter berkode 4G32 Saturn sebenarnya masih bertahan sampai tahun 2000-an, namun hanya berupa pelengkap saja.

L300 bermesin diesel 4D56 Astron bahkan terus bertahan sampai sekarang. Mesin ini mudah diperbaiki, dan juga sudah terbukti tangguh menghadapi berbagai kondisi.

Mitsubishi L300, Kendaraan Minim Facelift Sejak 1981

Perkembangan Mitsubishi Delica di pasar Internasional sangat cepat, berevolusi menjadi minibus dengan kemampuan off road handal.

Sementara di Indonesia, L300 tidak kunjung berubah hanya sebagai mobil angkutan barang dan angkutan penumpang komersil.

Desainnya tidak banyak berubah, dan style kotak ini adalah peninggalan sejak generasi kedua.

Untuk membedakannya, bentuk L300 generasi pertama bisa dikenali dengan kabin yang kotak dan lampu depan bulat besar melotot.

Merek “Mitsubishi” berukuran besar terlihat persis di tengah-tengah kedua lampu utama. Nah, masuk di generasi kedua, desain headlamp berubah menjadi kotak.

Baca juga: Fluida adalah: Pengertian, Klasifikasi, & 6 Karakteristik

L300 pernah berlaga di ajang Paris Dakar

Mitsubishi Indonesia sepertinya tidak ingin melepaskan karakter penampilan L300. Gayanya masih klasik khas mobil 80-an dan posisi mesin tetap diletakkan di bawah jok.

Pada versi terakhir, terdapat aksen modern dengan motif garis dan segitiga seperti grille Mitsubishi terkini.

Namun, bentuk kepalanya masih tetap kotak, demikian juga versi minibus dengan bentuk body yang tak berubah kecuali lampu belakang.

L300 sebenarnya sudah mengalami 5 kali ‘evolusi’. Perbedaan dengan versi lawas adalah lampu depan yang tidak lagi berbentuk bulat, namun kotak.

Mitsubishi L300 sangat populer, bahkan memiliki julukan lokal yaitu Elsapek, sebutan eL 300 dalam bahasa China Hokian. Interior Elsapek juga tetap “seadanya”, karena lebih mengutamakan kabin yang besar.

Sekalipun sudah masuk abad 21, perpindahan gigi Elsapek masih tetap di balik setir seperti mobil lawas.

Pada versi pikap, Elsapek sangat digemari karena sasisnya yang luar biasa kuat. Sudah bukan rahasia, masyarakat Indonesia sering memuat barang sampai overload dan tidak pernah ada masalah di kaki-kaki Elsapek.

Saking tangguhnya dan tetap bertahan sampai saat ini. Begitu lawasnya desain dan minim ubahan, pengguna Elsapek kadang menyebut mobil mereka ini sebagai mobil dinas peninggalan jaman Majapahit.

Mitsubishi L300, Kendaraan Multifungsi

Mitsubishi Colt L300 satu ini umumnya digunakan untuk angkutan distribusi barang dan jasa, atau antar jemput penumpang dan travel antar kota.

Tidak jarang, L300 juga digunakan sebagai mobil angkutan kota. Mobil ini menjadi favorit karena dimensinya yang pas, tidak terlalu besar tapi juga tidak terlalu sempit.

Ukurannya proporsional untuk angkutan penumpang dan barang. Untuk versi minibus kabinnya cukup luas untuk bisa memuat 10 – 12 orang penumpang.

Jika digunakan sebagai mobil travel eksekutif, maka kapasitasnya menyusut, jadi 8-10 penumpang saja

Dimensi L300 varian pikap memiliki panjang 4.170 mm, lebar 1.700 mm dan tinggi 1.845 mm. Jarak wheelbase 2.200 mm dengan ground clearance 200 mm.

Ukuran bak belakangnya memiliki panjang 2.425 mm, lebar 1.440 mm dan tinggi 1.380 mm. Pada dasarnya, L300 memang di desain khusus untuk dijadikan mobil pengangkut barang.

L300 Minibus

Sementara itu, bus chassis memiliki dimensi panjang 4.195 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.820 mm.

Setelah masuk karoseri, L300 versi minibus memiliki konfigurasi kursi 4 baris x 3 penumpang. Tangki bahan bakar untuk pikap dan bus chassis berkapasitas 47 liter.

Baik versi penumpang atau pikap angkutan barang, keduanya memiliki kelebihan jago di tanjakan, karena tenaga yang selalu terisi di putaran bawah hingga putaran tinggi.

Hal ini membuat Elsapek bisa diajak lari kencang juga, dengan sasis yang kuat jika sering overload muatan.

Kelebihan lainnya, pengereman Elsapek sudah menggunakan cakram berventilasi di bagian depan.

Rem teromol masih dipakai untuk roda belakang, hanya ini sudah cukup untuk mengoptimalkan pengereman. Sejak 2007, L300 mendapat fitur power steering yang membuat pengemudi tidak perlu susah payah untuk memutar setir.

Baca juga: Jenis SIM Surat Izin Mengemudi Kendaraan Motor & Mobil (A,C,D,B)

Interior Sederhana Elsapek Minibus

Sekalipun sudah di era 2022, tidak banyak update yang dilakukan pada sisi interior L300. Minibus ini hanya mengandalkan dimensi yang luas, namun fitur sederhana.

Untuk membuat nyaman, Mitsubishi telah menyematkan AC Double Blower, reclining seat untuk tiap kursi, dan head unit untuk memutar cd/mp3 player.

Penyimpanan barang versi minibus cukup sempit, karena terdesak kursi paling belakang. Untuk memudahkan dalam menyimpan barang, pihak karoseri umumny membuatkan pintu belakang.

Tapi tetap saja tidak sebanding, bila diadu dengan Hiace terbaru yang memiliki atap tinggi sehingga bagasi lebih besar.

Kelemahan Mitsubishi L300, Boros saat Sarat Muatan

Di balik tenaga dan torsinya yang mumpuni, L300 minumnya kuat. Konsumsi solarnya cukup banyak, jika L300 membawa muatan yang banyak dan jalan menanjak.

Hanya, jika dibandingkan dengan tenaga maupun torsi ketika membawa muatan, borosnya konsumsi solar masih dianggap wajar dan dimaklumi.

Setelah dihapusnya varian bensin, kini L300 hanya tersisa varian diesel. Akselerasinya khas truk, yang kurang nendang.

Selain itu, getaran yang dihasilkan mesin diesel lebih besar dan suaranya lebih kasar. Jika digunakan sebagai mobil travel kelas eksekutif, hawa panas dan getaran mesin sedikit mengganggu penumpang.

Contoh Modifikasi L300 Minibus Modif

Dibawah ini adalah contoh modifikasi dari mobil L300 yaitu:

1. Mitsubishi L300 Modif Stiker Meriah

L300 Minibus Modif

Trik paling mudah dan termurah ketika hendak modif mobil L300 pick up atau minibus yaitu dengan memasang cutting sticker.

Tentu saja tema stiker yang dipilih bisa sesuai selera, kamu Boleh bertema animasi, graffiti, grafis-grafis bernuansa racing, atau sekedar stiker bermuatan tulisan-tulisan unik dan menarik.

Namun agar modifikasi Mitsubishi L300 minibus maupun pick up makin meriah, maka sebaiknya bidang bodi mobil yang diaplikasikan stiker cukup luas.

Contohnya jika ingin modif mobil pick up L300 maka stiker sebaiknya dipasang di bagian kepala mobil serta keseluruhan bak belakang.

Kemudian perhatikan juga permainan kombinasi warna antara cat bodi dengan warna stiker. Seperti L300 berwarna hitam, maka modifikasi mobil L300 supaya terlihat meriah yaitu dengan pilih stiker warna-warna cerah.

Contohnya putih, merah muda, kuning, hijau muda, biru muda, ungu muda, atau kombinasi semuanya. Dengan demikian keberadaan stiker ini akan langsung terlihat mencolok.

Baca juga: Piston Adalah: Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja

2. Modifikasi L300 Simple Pakai Velg Besar

L300 Minibus Modif

Trik berikutnya ketika akan modifikasi mobil L300 minibus maupun pick up supaya bisa jadi sorotan saat di jalan raya yaitu dengan mengganti velg standar mobil ini.

Karena pada kondisi standar, Mitsubishi dilengkapi dengan L300 dengan steel wheels alias velg besi berukuran 14 inci.

Jika ingin tetap tidak ada perubahan di sektor kaki-kaki dan fender, maka modifikasi bisa dilakukan dengan mengganti ke velg berdiameter maksimal 17 inci.

Namun yang harus diperhatikan saat modif mobil L300 minibus atau pick up adalah PCD dari velg tersebut.

Adapun jumlah baut velg Mitsubishi L300 ada 5, dengan jarak antar baut velg 114,3 mm. Jadi velg yang cocok untuk mobil L300 yaitu yang memiliki PCD 5×114,3.

Ukuran PCD pada L300 ini serupa dengan Mitsubishi Kuda, Mitubishi Grandis, Mitsubishi Outlander, dan Mitsubishi Xpander.

Jadi jika ingin memakai velg bawaan dari masing-masing mobil tersebut juga bisa untuk dipasang ke kaki-kaki L300.

3. Mitsubishi L300 Modif Ceper

L300 Minibus Modif

Ketika bodi sudah tertutup stiker, maka velg standar juga telah diganti, maka langkah apalagi untuk modifikasi mobil L300 ? Tips berikut untuk bisa membangun Mitsubishi L300 minibus modifikasi yang terlihat keren yaitu dengan menurunkan ketinggian bodi mobil tersebut alias dibuat ceper.

Untuk membuat Mitsubishi L300 lebih ceper dari kondisi standar sebenarnya juga bukan hal sulit. Untuk suspensi bagian depan, kamu tinggal memotong ulir per sesuai kebutuhan.

Semakin panjang ulir per yang dipotong maka makin ceper mobil tersebut. Atau jika tidak mau potong per, bisa juga mengganti dengan per aftermarket yang juga cocok digunakan untuk L300.

Sedangkan untuk suspensi belakang yang masih berjenis leaf springs alias per daun, maka tinggal roll atau press lembaran per tersebut.

Hampir setiap bengkel kaki-kaki mobil bisa mengerjakan press per daun ini. Dan biaya pengerjaannya juga terjangkau.

4. Modifikasi Bemper L300 Pakai Bodykit

L300 Minibus Modif

Langkah berikutnya yang bisa dilakukan saat hendak membangun Mitsubishi L300 minibus modifikasi yaitu dengan memasang bodykit pada bemper depan dan bemper belakang.

Bentuk bodykit ini bisa dipesan ke bengkel-bengkel spesialis pembuat bodykit mobil.

Bahannya bisa pilih dari plat besi atau fiber. Jika pakai plat besi maka bodykit cukup kuat jika nantinya terbentur benda atau mobil menabrak sesuatu.

Namun, risikonya, bobot bodykit cukup berat dan akan menambah beban mobil secara keseluruhan. Sebaliknya bahan bodykit dari fiber relatif lebih ringan dair plat besi. Tapi risikonya, jika terbentur maka bodykit akan mudah hancur.

Umumnya body part untuk modifikasi mobil L300 ini tidak banyak dijual bebas, sehingga untuk mendapatkannya wajib pesan terlebih dulu.

Umumnya butuh waktu 2-3 hari untuk membuat bodykit ini, dan kamu bisa pesan sudah berikut cat senada bodi atau hanya berupa epoxy.

Baca juga: Inspirasi Katana Modifikasi Elegan & Simple [Eksterior & Interior]

Modifikasi Interior dan Audio Mitsubishi L300

Jika di sisi eksterior sudah tampil mewah, keren, dan meriah, maka langkah modifikasi L300 minibus atau pick up berikutnya yaitu dengan memperhatikan sisi interior. Tentunya tema kabin dari mobil ini bisa disesuaikan dengan penampilan luarnya.

Contoh kalau modif L300 minibus dibagian luar hadir dengan corak meriah dan tema warna-warna cerah seperti biru muda, maka interior bisa dibuat senada.

Yaitu dengan memilih material pelapis jok, trim pintu, plafon, dan dasbor dengan warna biru muda juga.

Tentunya kamu juga bisa kombinasikan dengan warna ain, contohnya putih, kuning, atau hitam. Sedangkan bahan pelapis ruang kabin ini kamu bisa pilih material kulit sintetis.

Karena bahan ini cenderung mudah dibersihkan jika terkena noda atau kotoran. Mengingat mobil ini sejatinya masih dipakai untuk kebutuhan kegiatan angkut barang atau penumpang.

Nah selain melapis ulang ruang kabin, kamu bisa juga tambahakan audio system di mobil tersebut. Yaitu dengan memasang headunit double din berlayar sentuh dan speaker dengan sistem 3 way lengkap dengan subwoofer dan power amplifier.

Jika untuk modif mobil 300 pick up kamu bisa juga tambahkan subwoofer atau speaker untuk diletakkan di sebagian ruang bak belakang.

Tapi perlu diingat, komponen ini harus tertutup rapat agar tidak menimbulkan konsleting saat terkena hujan.

Tips Modifikasi L300 Minibus

Agar mobil L300 minibus menjadi sorotan di jalan raya, maka harus melakukan modifikasi atau penggantian part di bawah ini.

1. Velg

Agar mobil nantinya tampak lebih berbeda dari kebanyakan L300 pabrikan, pastikan mengganti velg dengan ring yang lebih besar.

Velg asli L300 minibus menggunakan ring 14. Maka kamu bisa menaikkan ukuran velg maksimal sampai ring 17 agar tidak terlihat terlalu “bongsor”

2. Cutting Sticker

Stiker menjadi pilihan modifikasi dengan budget rendah namun tetap membuat L300 minibus kamu tampil beda di jalanan.

Tema bisa disesuaikan dan karena bodi l300 minibus cukup luas, maka kamu bisa memasang stiker di manapun. Baik bagian samping, depan, belakang maupun bagian atas.

3. Body Kit Tambahan

Pemasangan body kit custom bisa menambah estetika pada L300 minibus kalian. Ada dua bahan yang bisa kalian pilih, plastik fiber atau plat besi.

Disesuaikan dengan fungsi mobil kamu karena biasanya bodykit yang berbahan besi menambah berat mobil dengan cukup signifikan.

4. Suspensi (Menceperkan Mobil)

Rasanya kurang jika sudah memasang body kit custom, namun ketinggian mobil masih standar.

Khususnya kamu memodifikasi L300 minibus untuk kompetisi atau pameran. Untuk membuat mobil lebih ceper, maka bisa memotong per ulir sesuai kebutuhan atau menggantinya dengan per aftermarket yang khusus untuk mobil L300 minibus.

Baca juga: Gran Max Pick Up Modif Simple Semua Warna [Eksterior & Interior]

5. Interior

Jika bagian luar sudah termodifikasi, maka saatnya mengubah bagian interior untuk menambah kenyamanan penumpang dan pengemudi saat berkendara.

Bisa mulai dengan menambah audio system, menambahkan pelapis dashboard dan pintu dengan warna serupa, hingga mengganti warna jok supaya senada dengan bagian eksterior mobil.

Selain itu, kamu juga dapat menambahkan Air Conditioner (AC) karena kebanyakan mobil minibus berfungsi untuk mengangkut penumpang. Maka dengan menambahkan AC penumpang kamu bisa merasa lebih nyaman.

Kesimpulan

Mitsubishi L300 adalah salah satu mobil legenda yang ada di Indonesia. Mobil ini mulai dipasarkan sejak tahun 1980 dan berbagi pasar bersama dengan pesaingnya seperti Suzuki, yaitu Suzuki Carry.

Mitsubishi Colt L300 satu ini umumnya digunakan untuk angkutan distribusi barang dan jasa, atau antar jemput penumpang dan travel antar kota.

Namun, banyak pengguna yang cukup bosan jika harus menampakkan fisik mobil yang seperti itu saja, karena itu butuh cara untuk memodifikasinya.

Di atas seperti ulasan L300 minibus modif yang bisa kamu ketahui secara jelas.

Orang juga bertanya

English private teacher, seo writter, english translator, and content writer.

Tinggalkan komentar