close button

Review: Interior Mobil Sigra Manual

  •   Agu 2022  •   13 min read  •   Comment

Kemunculan mobil Daihatsu Sigra pada 2016 lalu amat sangat membuat persaingan di kelas mobil MPV LCGC semakin tinggi.

Memiliki kapasitas 7-seater, mobil ini menjadi pilihan dari Daihatsu yang bersaing dengan Toyota Calya dan Honda Brio di pasaran.

Terlebih lagi untuk harganya yang cukup terjangkau untuk mobil dengan fitur yang terbilang lengkap.

Daihatsu Sigra dilengkapi dengan mesin dengan dua model. Pada Sigra D dan M menggunakan mesin 1.0L dengan kubikasi 998cc.

Baca Juga: Jenis SIM Surat Izin Mengemudi Kendaraan Motor & Mobil (A,C,D,B)

Sedangkan pada Sigra X dan R menggunakan mesin 1.2L dengan kubikasi 1.197cc. Dimana lini tersebut memiliki dua transmisi kecepatan manual dengan 5-speed dan automatic.

Lebih jelasnya mengenai hal ini, simak bahasan Interior Mobil Sigra Manual berikut.

Tentang Mobil Sigra

Sesuai dari tagline yang berbungi pada laman Daihatsu, “Sahabat Impian Keluarga”, segmentasi pasar dari Daihatsu Sigra ini dikhususkan bagi masyarakat yang ingin beralih dari kendaraan roda dua ke roda empat.

Desainnya yang tergolong stylish dan elegan sehingga sangat cocok untuk semua kalangan, terkhususnya jika mobil Sigra dijadikan sebagai mobil keluarga.

Untuk harga, Daihatsu Sigra dibanderol mulai dari 111 Juta Rupiah – 154 Juta Rupiah on the road. Harga ini berlaku pada saat mulai peluncuran mobil ini.

Review Desain Interior Mobil Daihatsu Sigra

interior mobil sigra manual

Interior menjadi salah satu pertimbangan jika ingin membeli mobil Daihatsu Sigra. Maka dari itu di sini akan memberikan review mengenai fitur dan apa saja yang ada di dalam interior mobil Sigra manual, maka simak ulasan berikut!

1. Kapasitas Penumpang

Mobil Sigra memiliki kapasitas 7 penumpang yang dibagi menjadi 3 bagian. Bagian depan dan tengah diperuntukkan untuk orang dewasa.

Sedangkan bagian belakang cocok untuk anak kecil atau yang memiliki badan tidak terlalu besar.

Karena, meskipun ruang kaki pada bagian depan dan tengah terasa lega, namun untuk bagian belakang cukup sempit karena Daihatsu butuh ruang untuk bagasi. Sehingga hal ini adalah salah satu kelemahan dari Daihatsu Sigra.

2. Bagasi

Di bagian bagasi tidak ada yang spesial dari mobil Sigra. Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa bagian paling belakang dari mobil ini menyatu dengan bagasi.

Sehingga ruang yang tersedia tidak terlalu besar dan cenderung sempit. Untuk mengakalinya, pemilik bisa melipat kursi belakang untuk memberikan ruang lebih pada bagasi mobil ini.

3. Armrest

interior mobil sigra manual

Yang menarik dari mobil kelas LCGC ini yaitu adanya armrest yang berada di kursi depan. Menjadi salah satu fitur kecil yang bisa menambah kenyamanan pengemudi karena, armrest merupakan fitur yang cukup jarang mobil LCGC miliki.

4. Dashboard

Desain dasbor dari mobil Sigra cukup lengkap dan memuat beragam macam fitur yang mudah terjangkau oleh pengemudi.

Seperti pengaturan AC, setir, posisi transmisi dasbor dan layar touchscreen untuk Radio dan safety parking.

Desain dasbor mobil ini mirip dengan Toyota Calya. Karena, keduanya sama-sama adalah produk dari Astra International.

5. Fitur Hiburan

Selain model dashboard yang menawar dengan fleksibilitas yang tinggi, Daihatsu Sigra juga menghadirkan banyak fitur hiburan yang tentu akan menambah kenyamanan dalam mobil.

Karena seperti yang dikutip dari laman Daihatsu, Sigra adalah mobil yang cocok untuk keluarga.

DAn mobil ini juga tersedia 2-DIN Touchscreen audio yang memiliki fitur rear parking camera. Tidak ketinggalan juga layar touchscreen ini juga bisa digunakan untuk memutar CD, MP3, Aux, USB, Bluetooth dan radio.

6. Air Conditioner

Daihatsu Sigra memiliki pendingin ruangan yang bekerja seperti AC double blower. Yaitu dengan mengalirkan udara dari luar dan dikeluarkan ke dalam kabin. Sehingga udara yang masuk akan lebih dingin dan hemat energi.

Selain itu, desain dari knob AC mobil Sigra tampil dengan model kekinian. Kemudian dengan desain yang modern ini juga membuat visibilitas dan pengaturan AC menjadi lebih mudah.

Walau begitu, penutup AC belum dilengkapi dengan pengaturan 360° yang membuat jangkauan pendinginan jadi kurang fleksibel.

Baca juga: Inspirasi Katana Modifikasi Elegan & Simple [Eksterior & Interior]

7. Keamanan

Untuk fitur keamanan, mobil Sigra manual juga memiliki airbag di kedua sisi pengemudi dan penumpang depan, rem ABS, brake assist, crash sensor dan sabuk pengaman. Semuanya dapat diakses lewat bangku kemudi Daihatsu Sigra.

Mobil ini juga sudah memiliki layar touchscreen yang mempunyai banyak fitur termasuk rear parking camera.

Maka hal ini akan memudahkan pengemudi Daihatsu Sigra untuk memandang bagian belakang saat memarkir mobil.

Baca juga: Piston Adalah: Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja

8. Warna

Kemudian untuk warna, Daihatsu Sigra memiliki warna 2-tone yang menambah kesan stylish dan modern pada joknya.

Walau belum menggunakan bahan kulit, namun penggunaan warna dark grey dan light grey membuat kesan interior dari mobil Sigra lebih mewah.

Hadir sebagai mobil tipe MPV LCGC, spesifikasi Daihatsu Sigra mengusung konsep desain yang begitu elegan.

Pertama pada sektor depannya, kesan elegan semakin terlihat jelas dari deretan headlamps dan lampu sein yang terpasang manis.

Bahkan, warna yang sangat jernih dari projector headlampnya juga bisa dipastikan akan memikat konsumen.

Selain itu, pada Daihatsu Sigra ini terlihat juga bumper depan dengan gaya yang lebih sporty yang dikolaborasikan dengan grille trapezoidal mengusung model rancang modern dengan aksen garnish krom di bagian lampu kabut horizontal.

Kemudian, menginjak bagian sampingnya, tampak lebih jelas tarikan garis dan lekukan halus yang menjadikan mobil ini makin terlihat lebih stylish.

Sementara itu, pada sektor buritannya, Daihatsu Sigra mengusung lampu dengan model huruf ‘L’ terbalik yang dikombinasikan dengan reflector horizontal yang terpasang rapi di pintu bagasinya.

Bahkan, untuk memperkuat brand, Logo Astra Daihatsu Motor pun terlihat terpasang dengan manis di sudut kiri bawah pintu bagasi.

Di sisi lain, pada sudut kiri atasnya tampak dengan jelas logo Dual VVT-I sebagai petunjuk teknologi mesin yang diusung oleh Daihatsu Sigra ini.

Sementara itu, untuk logo nama Sigra sendiri terlihat di sudut kanan bawah pintu bagasinya.

Namun, jika dilihat secara keseluruhan, desain eksterior dari spesifikasi Daihatsu Sigra ini terlihat jelas mengusung gaya desain yang cukup elegan dan stylish.

Dimensi Daihatsu Sigra

Selanjutnya, pada sesi ini yaitu untuk membahas mengenai sektor dimensi yang diusung dari spesifikasi Daihatsu Sigra.

Diklaim sebagai saudara kembar dari Toyota Calya yang mengusung dimensi luas, Daihatsu Sigra juga memiliki ukuran dimensi yang sama sehingga tampak lebih bongsor.

Untuk ukuran dimensinya, Daihatsu Sigra memiliki panjang 4.070 mm, lebar 1.655 mm dan tinggi 1.600 mm.

Dengan kata lain, mobil ini hanya sedikit lebih pendek 70 mm, lebih ramping 5 mm dan lebih rendah 95 mm jika dibandingkan dengan Xenia.

Sedangkan di sisi lain, jarak terendah ke tanah (ground clearence) mencapai 180 mm atau lebih pendek 20 mm jika dibanding Xenia generasi terbaru.

Dan, untuk menopang beban yang dibawa, Daihatsu Sigra ini didukung dengan suspensi yang kokoh. Di bagian depannya, mengandalkan suspensi MacPherson Strut.

Sedangkan, di bagian belakangnya mengusung suspensi tipe Torssion Beam di mana keduanya akan terpasang kokoh dengan per ulir untuk menghasilkan peredaman yang lebih halus.

Selain itu, untuk mendukung keselamatan maka Daihatsu Sigra juga mengandalkan fitur pengereman yang cukup mumpuni di mana di bagian depannya menggunakan rem cakram dan untuk sistem pengereman belakangnya diprediksi masih menggunakan rem tromol.

Untuk masalah roda, varian terendah diyakini menggunakan ring 13. Sedangkan untuk varian tertingginya, spesifikasi Daihatsu Sigra satu ini menggunakan alloy ring 14.

Fitur Daihatsu Sigra

Dan, akhirnya sampailah pada pembahasan berikut mengenai review spesifikasi Daihatsu Sigra. Pada pembahasan ini, Mas Sena akan mengulas tentang berbagai macam fitur yang disematkan pada mobil LCGC ini.

Sebagai mobil LCGC, tentunya keselamatan dan juga keamanan pengendaranya tentunya tetap harus diperhatikan.

Bahkan, kenyamanan penumpang juga harus mendapatkan fokus perhatian yang pokok. Oleh karena itu, untuk menunjang akan kebutuhan tersebut maka Daihatsu Sigra dilengkapi dengan fitur keselamatan berupa rem ABS, Air Bags, Brake Assist, pelindung benturan samping dan crash sensor dan sabuk pengaman.

Sementara itu, untuk menunjang keamanan sudah dilengkapi dengan Alarm Anti Maling dan Centra Lock.

Di sisi lainnya, untuk mendukung kenyamanan maka Daihatsu Sigra ini dilengkapi juga fitur hiburan yang di antaranya Audio-Visual, AC (Air Conditioner), Power Steering, Audio 2 DIN, dan port soket USB serta Bluetooth.

Melihat beberapa fitur pendukung tersebut, terlihat jika memang spesifikasi Daihatsu Sigra ini didukung beragam fitur lengkap dan canggih.

Baca juga: Gran Max Pick Up Modif Simple Semua Warna [Eksterior & Interior]

Mesin Daihatsu Sigra

Nah, setelah mengulas pada sektor eksterior, interior dan dimensinya, kini saatnya mengupas tuntas mengenai mesin yang diusung dari spesifikasi Daihatsu Sigra.

Perlu diketahui bersama bahwa Daihatsu Sigra ini mengusung 2 tipe mesin yang berbeda berdasarkan varian tertentu, yaitu varian 1.0 liter yang akan diusung Sigra D dan Sigra M.

Sementara itu, untuk mesin 1.2 liter diusung tipe Sigra X dan Sigra R. Pertama, untuk varian mesin 1.0 liter, akan menggunakan tipe mesin DOHC VVT-I 3 silinder 12 katup dengan kapasitas 1000 cc atau lebih tepatnya 998 cc.

Mesin Daihatsu Sigra akan mampu menghasilkan daya tenaga hingga 67 Ps pada putaran ke 6.000 rpm dan maksimum torsi hingga 8.7 Nm setiap putaran 3.600 rpm atau 89 Kgm pada putaran ke 4.400 rpm.

Sementara itu, untuk mesin 1.2 liter, akan mengusung tipe 3NR-VE DOHC Dual VVT-i 4 silinder 16 katup dengan kapasitas hingga 1.197 cc.

Mesin tipe ini berbeda dengan tipe sebelumnya. Karena, untuk mesin Daihatsu Sigra varian 1.2 liter dikatakan mampu menyemburkan tenaga hingga 88 Ps setiap putaran 6.000 rpm dan mampu mencapai torsi maksimal hingga 108 Kgm pada putaran ke 4.200 rpm.

Untuk tipe mesin 1.0 liter, tenaga mesin akan disalurkan melalui sistem transmisi manual 5-percepatan.

Sedangkan, untuk Daihatsu Sigra dengan tipe mesin 1.2 liter akan disalurkan melalui sistem transmisi manual 5 percepatan dan transmisi otomatis 4 percepatan.

Selain itu, dengan digunakannya tipe VVT-I tersebut, tentunya akan menjadikan konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit dan kompresi akan meningkat, yaitu 10.5:1.

Kompresi tersebut menyatakan jika spesifikasi Daihatsu Sigra ini tidak disarankan untuk menggunakan bahan bakar beroktan 88 atau premium.

Sebagai salah satu mobil LCGC terbaik di Indonesia, Daihatsu Sigra menawarkan berbagai fitur cukup lengkap untuk meningkatkan fungsionalitas dan kenyamanan penggunanya.

Namun jangan samakan fitur mobil ini dengan mobil MPV terbaik yang dibanderol di atas 200 Juta Rupiah.

Fiturnya tentu lebih sedikit jika dibandingkan Toyota Avanza yang notabennya lebih mahal. Meski begitu, Sigra tetap terlihat berkelas dan bisa bersaing dengan mobil MPV di segmen menangah ke atas.

Kelebihan Daihatsu Sigra

  • Harga Daihatsu Sigra cukup terjangkau
  • Dibekali sistem pengereman ABS pada tipe Sigra Matic yang akan mencegah terjadinya penguncian roda ketika mengerem mendadak
  • Desain cukup keren dan terlihat modern serta stylish
  • Memiliki ruang kabin yang luas dan dilengkapi leg room yang lega
  • Tersedia arm rest untuk meningkatkan kenyamanan dalam berkendara
  • Suspensinya cukup nyaman dan empuk
  • Tersedia fitur Dual SRS Airbag yang menjaga keselamatan saat terjadi benturan. Namun hanya tersedia untuk tipe X dan R
  • Memiliki bodi yang kuat dan didukung side impact beam
  • Mengusung mesin 1.2 Liter yang bertenaga dan hemat bahan bakar
  • Tersedia pula varian mesin 1.0 Liter yang harganya lebih terjangkau
  • Memiliki sensor belakang yang mempermudah parkir mundur

Kekurangan Daihatsu Sigra

  • Ukuran velg dan bannya sangat kecil
  • Belum menggunakan sistem audio berlayar sentuh
  • Tidak ada fitur Tilt Steering dan Telescopic Steering
Daftar Harga Daihatsu Sigra 2021
Tipe Daihatsu SigraHarga 
Harga Daihatsu Sigra 1.0 D (M/T)Rp 108,900,000
Harga Daihatsu Sigra 1.0 M (M/T)Rp 117,800,000
Harga Daihatsu Sigra 1.2 X (M/T)Rp 127,150,000
Harga Daihatsu Sigra 1.2 X Deluxe (M/T)Rp 132,650,000
Harga Daihatsu Sigra 1.2 X (A/T)Rp 139,950,000
Harga Daihatsu Sigra 1.2 X Deluxe (A/T)Rp 145,450,000
Harga Daihatsu Sigra 1.2 R (M/T)Rp 133,050,000
Harga Daihatsu Sigra 1.2 R Deluxe (M/T)Rp 136,850,000
Harga Daihatsu Sigra 1.2 R (A/T)Rp 145,850,000
Harga Daihatsu Sigra 1.2 R Deluxe (A/T)Rp 149,650,000

Ragam Aksesoris Sigra yang Banyak Dijual

Tidak sulit untuk bisa membuat penampilan Daihatsu Sigra berbeda jika dibanding Sigra lainnya. Apalagi ragam accessories mobil Sigra ini juga harganya relatif terjangkau.

Kamu pun bisa membelinya dari toko-toko online atau mendatangi sejumlah pusat penjualan aksesoris mobil Sigra di kota terdekat, seperti penjual aksesoris mobil Sigra Bandung, Jakarta, Jogjakarta, atau kota-kota lainnya.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi aksesoris Daihatsu Sigra yang bisa dipasang supaya penampilan mobil lebih keren sekaligus memiliki fungsi tambahan.

1. Emblem Daihatsu

Seperti yang diketahui, Daihatsu Sigra pada bagian gril depan meggunakan emblem berlogo “S” sebagai penanda jika Sigra juga masuk kategori LCGC.

Jika ingin aura LCGC ini hilang, maka bisa ganti emblem tersebut dengan emblem logo D khas Daihatsu.

Harga aksesoris mobil Sigra ini murah mulai Rp 50.000 hingga Rp 85.000 yang sudah dilengkapi juga dengan double tape 3M di bagian belakangnya agar emblem bisa merekat lebih tahan lama.

2. Outer Door Handle Cover

Jika aksesoris Sigra yang ini terpasang pada bagian gagang pintu mobil bagian luar. Biasanya aksesoris ini tersedia dalam warna hitam, carbon look, atau chrome.

Selain bisa sedikit meningkatkan penampilan eksterior mobil, aksesoris yang direkatkan menggunakan double tape tersebut bisa melindungi bagian gagang pintu yang sering lecet akibat terkena kuku saat hendak membuka pintu mobil.

Aksesoris ini juga cukup murah, harganya mulai dari Rp 85.000 hingga Rp 200.000-an.

Baca juga: Chiller Artinya: Pengertian dan Jenis-Jenis

3. Talang Air

Aksesoris mobil Sigra berikutnya yang juga direkomendasikan untuk dipasang adalah talang air. Aksesoris ini cocok untuk semua warna Sigra, termasuk dijadikan variasi mobil Sigra merah. Kegunanya untuk membuat air hujan tidak mudah masuk ke dalam kabin meski jendela pintu sedikit dibuka. Harga aksesoris ini antara Rp 120.000 hingga Rp 150.000.

4. Rear Upper Spoiler

Untuk Daihatsu Sigra yang belum dilengkapi spoiler atap belakang jangan bingung, karena banyak yang jual spoiler variasi khusus untuk Sigra.

Bahkan spoiler variasi ini ada juga yang sudah dilengkapi stop lamp LED. Untuk harganya, spoiler Daihatsu Sigra dibanderol mulai dari Rp 200.000-an hingga Rp 500.000-an dan umumnya sudah dicat sesuai warna bodi jadi cukup dipasang.

5. Reflektor Bagasi Belakang

Aksesoris mobil Sigra yang lainnya yaitu reflektor bagasi belakang. Untuk Sigra tipe X dan R aksesoris ini sebenarnya sudah dipasang oleh Daihatsu, namun untuk tipe D dan M belum ada.

Jika ingin membeli yang versi variasi, maka ada juga reflektor yang sudah dilengkapi LED. Sehingga reflektor bisa menyala mengikuti lampu rem atau lampu kota.

Harganya, untuk yang hanya berupa refkeltor seharga Rp 100.000, tapi jika sudah lengkap dengan LED ada di kisaran Rp 300.000.

Jika ingin pasang yang sudah lengkap dengan LED harap perhatikan jalur kabel pemasangannya.

6. Towing Bar Belakang

Aksesoris lain yang juga banyak dipasang oleh pemilik Daihatsu Sigra yaitu towing bar. Batang besi yang tersambung dengan bagian bemper belakang ini dianggap cara paling ampuh untuk meminimalisir kerusakan jika terjadi tabrakan dari arah belakang.

Meski sebenarnya aksesoris ini lebih tepat digunakan pada mobil-mobil SUV untuk kebutuhan offroad atau adventure, tapi tidak ada salahnya juga dipasang pada Daihatsu Sigra. Harganya mulai dari Rp 300.000 sampai Rp 400.000-an.

7. Center Console Box

Aksesoris mobil Sigra selanjutnya beralih ke bagian interior. Untuk ruang pengemudi dan penumpang depan, kamu bisa pasang center console box ini.

Berfungsi sebagai cup holder tambahan, meletakkan beberapa barang kecil, dan tempat uang koin yang mungkin berguna saat di jalan. Harganya juga murah mulai dari Rp 160.000-an.

8. Cover Jok

Jika aksesoris yang satu ini hampir setiap pemilk mobil memasangnya. Karena selain bisa meningkatkan penampilan dan kenyamanan di dalam kabin, cover jok juga sekaligus melindungi pelapis jok bawaan agar tetap bersih.

Harga untuk cover jok Sigra masuk kategori mobil 3 baris jok. Harganya tergantung dari bahan pelapis jok yang digunakan, mulai direntang Rp 600.000 sampai Rp 1.500.000.

9. Karpet Lantai

Aksesoris mobil Sigra ini juga bermanfaat untuk membuat ruang kabin mobil jadi selalu bersih.

Khususnya mengindari debu, kotoran, atau lumpur dari alas kaki yang dipakai pengemudi dan penumpang mengenai lapisan karpet dasar mobil yang umumnya masih berbahan beludru.

Kamu bisa pilih karpet lantai bermaterial karet atau plastik tebal, supaya mudah untuk dibersihkan atau dicuci.

Harganya mulai dari Rp 200.000-an sampai Rp 1 jutaan untuk yang berkualitas terbaik.

10. Cargo Net

Aksesoris Sigra berikut yang juga direkomendasikan untuk dibeli yaitu cargo net.

Tali berbentuk jaring ini biasa dipasang pada bagian bagasi belakang mobil. Tujuannya agar barang bawaan tidak mudah bergeser atau jatuh.

Untuk Sigra tipe R, cargo net ini sudah termasuk aksesoris yang didapat, tapi untuk tipe lain belum.

Jika mau beli di toko aksesoris, harga cargo net ini cukup terjangkau yaitu sekitar Rp 80.000-an.

Kesimpulan

Mobil keluaran dari Daihatsu satu ini dikenal dengan model Sigra, baik manual dan juga matic. Kedua jenis tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Namun, untuk Sigra manual memiliki spesifikasi terbaik yang patut untuk dicoba, hal yang berkaitan seperti aksesoris, kelebihan, kekurangan juga lainnya sudah dijelaskan pada bahasan Interior Mobil Sigra Manual di atas.

Orang juga bertanya

English private teacher, seo writter, english translator, and content writer.

Tinggalkan komentar