close button

7 Cara Keluar Dari Google Classroom Paling Mudah

  •   Sep 2022  •   15 min read  •   Comment

Bagi para pelajar atau mahasiswa yang saat ini sedang belajar dari rumah tentu saja pernah mendengar istilah Google Classroom tentunya.

Nah pada kesempatan artikel berikut akan dijelaskan secara lengkap.

Namun, apabila ingin keluar Google Classroom apakah masih bisa mengakses layanan tersebut kembali ? jawabannya yaitu tentu saja bisa.

Sebelum masuk ke pembahasan, ada beberapa hal yang perlu di ketahui dari aplikasi belajar online Google Classroom, simak bahasan Cara Keluar Dari Google Classroom berikut.

Pengertian Classroom

Google Classroom yaitu sebuah layanan berbasis internet yang disediakan dan dikembangkan dari Google untuk kegiatan e-learning (pembelajaran daring), sehingga memudahkan guru dalam mengelola kelas, juga meningkatkan komunikasi dengan peserta didik tanpa harus menggunakan kertas dan tatap muka secara langsung.

Google Classroom sendiri dirilis pada tahun 2014 sebagai salah satu bagian dari Google Apps for Education.

Google Classroom menjadi salah satu aplikasi yang tidak berbayar (gratis), yang disediakan sebagai alat dalam membantu pelaksanaan pembelajaran.

Google Classroom membantu guru dalam membuat dan mengatur tugas kelas dengan cepat dan mudah, memberikan umpan balik kepada siswa secara efisien langsung, dan berkomunikasi bersama siswa tanpa terbatas baik ruang dan waktu.

Google Classroom juga menjadi sebuah aplikasi yang memungkinkan munculnya ruang kelas di dunia maya.

Aplikasi ini membantu memudahkan guru juga siswa dalam melakukan proses belajar dengan lebih mendalam dan tanpa kontak fisik secara langsung dan lebih ramah terhadap lingkungan karena tidak harus menggunakan kertas dalam mengumpulkan tugas.

Pengertian Google Classroom

Berikut ini adalah definisi dan pengertian Google Classroom dari berbagai sumber:

  1. Menurut Hakim (2016), Google Classroom yaitu sebuah layanan berbasis Internet yang disediakan oleh google sebagai sebuah sistem e-learning.
  2. Menurut Afrianti (2018), Google Classroom yaitu sebuah alat produktivitas yang didesain untuk memudahkan guru dalam menghemat waktu, mengelola kelas dan meningkatkan komunikasi dengan peserta didik.
  3. Menurut Iskandar dkk (2020), Google Classroom yaitu sebuah serambi pembelajaran yang dapat diperuntukan terhadap ruang lingkup pendidikan yang dimaksudkan dalam membantu menemukan jalan keluar atas kesulitan yang dialami dalam membuat penugasan tanpa menggunakan kertas (paperless).
  4. Menurut Corbyn (2019), Google Classroom yaitu sebuah platform pembelajaran campuran yang dikembangkan oleh google untuk sekolah yang bertujuan menyederhanakan pembuatan, pendistribusian juga penetapan tugas dengan cara tanpa kertas.

Fungsi dan Manfaat Google Classroom

Google Classroom bertujuan untuk memudahkan guru dan siswa dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara lebih lengkap.

Hal ini karena baik siswa dan juga guru dapat mengumpulkan tugas, mendistribusikan tugas, dan berdiskusi tentang pelajaran di mana saja tanpa terikat batas waktu atau jam pelajaran.

Berikut ini adalah beberapa fungsi dan manfaat Google Classroom adalah sebagai berikut:

  • Kelas bisa disiapkan dengan mudah. Pengajar bisa menyiapkan kelas dan mengundang siswa serta asisten pengajar. Kemudian di dalam aliran kelas, mereka bisa berbagi informasi seperti tugas, pengumuman dan pertanyaan.
  • Menghemat waktu dan kertas. Pengajar bisa membuat kelas, memberikan tugas, berkomunikasi dan melakukan pengelolaan, semuanya di satu tempat.
  • Pengelolaan yang lebih baik. Siswa bisa melihat tugas di halaman tugas, di aliran kelas maupun di kalender kelas. Semua materi otomatis tersimpan di dalam folder Google Drive.
  • Penyempurnaan komunikasi dan masukan. Pengajar bisa membuat tugas, mengirim pengumuman dan memulai diskusi kelas secara langsung. Siswa bisa berbagi materi antara satu sama lain dan berinteraksi dalam aliran kelas melalui email. Pengajar juga bisa melihat dengan cepat siapa saja yang sudah dan belum menyelesaikan tugas, dan langsung memberikan nilai dan masukan real-time.
  • Bisa digunakan dengan aplikasi yang anda gunakan. Kelas ini berfungsi bersama Google Document, Calender, Gmail, Drive dan Formulir.
  • Aman juga terjangkau. Kelas disediakan secara gratis. Kelas tidak memuat iklan dan tidak pernah menggunakan konten atau data siswa untuk tujuan iklan.

Baca juga: 4 Tutorial Cara Mengganti Background Zoom Di HP Oppo Mudah

Karakteristik Google Classroom

Google Classroom dibuat untuk membantu guru membuat dan mengumpulkan tugas tanpa kertas, termasuk fitur yang menghemat waktu seperti kemampuan dalam membuat salinan Google dokumen secara otomatis untuk setiap siswa.

Google Classroom juga terhubung dengan semua layanan Google For Education lainnya, sehingga pendidik bisa memanfaatkan Google Mail, Google Drive, Google Calendar, Google Docs, Google Sheets, Google Slides, dan Google Sites dalam proses pembelajarannya.

Adapun beberapa karakteristik yang dimiliki Google Classroom yaitu sebagai berikut:

a. Assigmenments (tugas)

Penugasan disimpan dan dinilai di rangkaian aplikasi produktivitas Google yang memungkinkan kolaborasi antara guru dan siswa atau siswa kepada siswa.

Dokumen yang ada di Google Drive siswa dengan guru, file di drive siswa dan lalu diserahkan untuk penilaian.

Guru bisa memilih file yang kemudian diperlakukan sebagai template sehingga setiap siswa dapat mengedit salinannya sendiri dan lalu kembali ke nilai kelas yang membiarkan semua siswa melihat, menyalin, atau mengedit dokumen yang sama.

Siswa juga bisa menentukan untuk melampirkan dokumen tambahan dari drive mereka ke tugas.

b. Grading (pengukuran)

Google Classroom support banyak skema penilaian yang berbeda.

Guru memiliki pilihan untuk melampirkan file tugas sehingga siswa bisa melihat, mengedit, atau mendapatkan salinan perorangan.

Siswa bisa membuat file kemudian menempelkannya ke tugas jika salinan file tidak dibuat oleh guru.

Guru memiliki pilihan untuk memantau kemajuan dari tiap siswa pada tugas di mana mereka bisa memberi komentar dan edit.

Mengembalikan tugas bisa dinilai oleh guru dan dikembalikan dengan komentar agar siswa bisa merevisi tugas dan masuk lagi.

Setelah dinilai, tugas hanya bisa diedit oleh guru kecuali jika guru mengembalikan tugas masuk sebelumnya.

c. Communication (komunikasi)

Pengumuman bisa diposkan guru ke arus kelas yang bisa dikomentari oleh siswa yang memungkinkan komunikasi 2 arah antara guru dan siswa.

Siswa juga bisa memposting ke aliran kelas tapi tidak akan setinggi prioritas sebagai pengumuman oleh seorang guru dan bisa juga dimoderasi.

Beragam jenis media dari produk Google seperti file video YouTube dan Google Drive bisa dilampirkan ke pengumuman dan pos untuk berbagi konten.

Gmail juga menyediakan opsi email untuk guru untuk mengirim email ke satu atau lebih siswa di Google Classroom.

Kelas bisa diakses di website atau melalui aplikasi seluler Android dan IOS Classroom.

d. Time-Cost (hemat waktu)

Guru bisa menambahkan siswa dengan memberi siswa kode dalam mengikuti kelas.

Guru yang mengelola banyak kelas bisa menggunakan kembali pengumuman, tugas, atau pertanyaan yang ada dari kelas lainnya.

Guru juga bisa berbagi tulisan di berbagai kelas dan arsip kelas dalam kelas masa depan.

Pekerjaan siswa, tugas, pertanyaan, nilai, komentar semua dapat diatur oleh satu atau semua kelas, atau diurutkan menurut apa yang perlu dikaji.

e. Archive Course (arsip program)

Kelas memungkinkan instruktur dalam mengarsipkan kursus di akhir masa jabatan atau tahun.

Ketika kursus diarsipkan, situs tersebut dihapus dari beranda dan ditempatkan di arsip kelas untuk membantu guru mempertahankan kelas saat ini.

Saat kursus diarsipkan, guru dan siswa bisa melihatnya, namun tidak bisa melakukan perubahan apa pun sampai dipulihkan.

f. Mobile Application (aplikasi dalam telepon genggam)

Aplikasi seluler Google kelas, yang diperkenalkan bulan Januari 2015 lalu, tersedia untuk perangkat IOS dan android.

Aplikasi yang membiarkan pengguna dalam mengambil foto dan menempelkannya ke tugas masing-masing, berbagi file dari aplikasi lain, dan mendukung akses secara offline.

g. Privacy (privasi)

Lain hal dengan layanan konsumen Google, Google Classroom, sebagai bagian dari G Suite for Education, tidak menampilkan iklan apa pun dalam antarmuka untuk siswa, fakultas, dan guru, dan data pengguna tidak akan dipindai atau digunakan untuk tujuan periklanan.

Cara Menggunakan Google Classroom

Saat pertama menggunakan Google Classroom, terlebih dahulu harus masuk atau membuat akun google.

Selanjutnya mencari produk Google Classroom tersebut melalui Pencarian Google.

Setelah masuk pada akun Google Classroom, kamu akan dihadapkan pada 3 menu utama yaitu, stream (aliran), classwork (aktivitas siswa), dan people (orang).

Penjelasan dari 3 menu utama tersebut yaitu sebagai berikut:

  1. Stream yaitu fasilitas google class untuk membuat pengumuman, mendiskusikan gagasan, atau melihat aliran tugas, materi, quiz dari topik-topik yang diajarkan oleh guru.
  2. Classwork dipakai oleh guru untuk membuat soal tes, pretes, quiz, mengunggah materi, dan mengadakan refleksi. Materi yang diunggah pada bilah classwork dapat berupa file Word, Excel, Powerpoint, Pdf dan juga video.
  3. People dipakai untuk mengundang siswa dengan kode akses yang telah tersedia, dan untuk mengundang guru lain sebagai kolaborator hanya dengan mengundang guru lewat email masing-masing.

Cara memakai Google Claassroom dapat dibagi menjadi 2 kelompok pengguna, yaitu:

a. Penggunaan untuk guru

Langkah-langkah yang dilakukan oleh guru dalam menggunakan Google Classroom yaitu:

  1. Membuat Kelas. Pertama, Login atau masuk ke aplikasi Google Clasroom yang sudah didownload atau buka di laman classroom.google.com. Lalu pada layar akan muncul sejumlah pilihan, dibagian layar atas ada menu classes page, dan klik Add lalu klik create class. Lalu, isi formulir tersebut, lalu klik create maka kelas berhasil dibuat.
  2. Mengundang Siswa. Pertama, pilih kelas yang akan dibagikan. Kedua, lihat di bagian kiri bawah judul kelas ada menu Kode Kelas, klik kode tersebut. Setelah itu, copy kode tersebut dan bagikan ke para siswa.
  3. Membuat Tugas. Pertama di menu klik Tugas Kelas, dan pilih Tugas. Lalu isi judul tugas beserta petunjuk pengerjaannya. Jika kamu tidak menambahkan materi atau melampirkan file, maka klik saja menu Tambahkan. Setelah itu, masuk ke bagian setting dan atur ketentuan tugas seperti poin, dan batas waktu pengerjaan. Jika semua sudah selesai, klik Tugaskan.
  4. Memposting Materi. Pertama di menu klik Tugas Kelas, dan pilih Materi. Lalu isi judul dan deskripsi materi tersebut. Dan klik Tambahkan untuk melampirkan materi atau file dari link, file, google drive, atau youtube. Kemudian masuk ke bagian setting dan atur mau ditujukan kepada siapa saja materi dan topik tersebut.
  5. Melihat tugas yang dikirim. Di menu klik Tugas Kelas, dan pilih atau klik Tugas. Lalu pada menu tersebut akan ditampilkan detail tugas, dan klik Diserahkan. Kemudian akan muncul data atau file jawaban dari siswa yang telah menyerahkan tugas. Setelah itu tinggal klik file tersebut, dan lalu berikan penilaian atau tanggapan. Jika sudah selesai, klik menu atau tombol Kembalikan.

Baca juga: Cara Upload Story WA HD 100% Dijamin Berhasil

b. Penggunaan untuk siswa

Untuk langkah-langkah yang dilakukan oleh siswa dalam menggunakan Google Classroom yaitu:

  1. Bergabung Kelas. Pertama langsung login atau masuk ke aplikasi Google Classroom yang telah didownload atau masuk ke laman classroom.google.com. Dan pilih tanda + yang berada di atas sudut kanan dan pilih Gabung Kelas. Setelah itu, masukkan kode kelas yang telah diberikan guru dan klik Gabung.
  2. Mengirim Tugas. Di menu klik Tugas Kelas, dan pilih tugas yang akan kamu kerjakan. Setelah itu, akan muncul detail tugas-tugas yang bisa dipilih, lalu klik Lihat Pertanyaan untuk jawab pertanyaan. Selanjutnya kamu akan diarahkan ke halaman pertanyaan, kamu juga bisa menjawabnya di kolom yang telah disediakan. Jika sudah selesai menjawab atau mengerjakan, klik Serahkan dan selesai.

Kelebihan dan Kekurangan Google Classroom

Seperti jenis media dan metode pembelajaran pada umumnya, Google Classroom juga memiliki kelebihan dan kekurangan, antara lain yaitu :

a. Kelebihan Google Classroom

Kelebihan atau keunggulan Google Classroom adalah:

  1. Mudah dipakai. Desain Google Kelas sengaja dibuat simple antarmuka instruksional dan opsi yang dipakai untuk tugas pengiriman dan pelacakan, komunikasi dengan keseluruhan kursus atau individu.
  2. Menghemat waktu. Ruang kelas google dibuat untuk menghemat waktu. Ini mengintegrasikan dan mengotomatisasi pemakaian aplikasi google lainnya, termasuk dokumen, slide, dan spreadsheet, proses pemberian distribusi dokumen, penilaian, penilaian formatif, dan umpan balik yang disederhanakan.
  3. Berbasis cloud. Google Classroom menghadirkan teknologi yang lebih profesional dan otentik dalam penggunaannya di lingkungan belajar karena aplikasi google mewakili sebagian besar alat komunikasi perusahaan berbasis cloud yang digunakan di semua angkatan kerja profesional.
  4. Fleksibel. Aplikasi yang mudah diakses dan dapat digunakan oleh instruktur dan peserta didik di lingkungan belajar tatap muka dan lingkungan Online. Hal ini memungkinkan para pendidik dalam mengeksplorasi dan memengaruhi metode pembelajaran yang dibalik lebih mudah dan mengotomatisasi dan mengatur distribusi dan pengumpulan tugas dan komunikasi dalam beberapa milik instruksional.
  5. Gratis. Google kelas sudah bisa digunakan oleh siapa saja untuk membuka kelas di google kelas asalkan memiliki akun gmail dan bersifat gratis. Selain itu bisa mengakses semua aplikasi lainnya, seperti Drive, Document, Spreadsheets, Slides, dan lainnya.
  6. Ramah seluler. Google Classroom dibuat agar responsif. Mudah dipakai pada perangkat mobile manapun. Akses mobile ke materi pembelajaran yang menarik dan mudah dalam berinteraksi sangat penting dalam lingkungan belajar terhubung web masa kini.

b. Kekurangan Google Classroom

Kekurangan atau kelemahan Google Classroom yaitu:

  1. Google Classroom yang berbasis web mengharuskan pendidik dan peserta didik untuk bisa terkoneksi dengan internet sehingga jika daerah dengan koneksi internet yang tidak mumpuni tentu akan sulit untuk mengaksesnya.
  2. Pembelajaran yang dilakukan bersifat individul sehingga mengurangi pembelajaran sosial peserta didik.
  3. Jika peserta didik tidak kritis dan terjadi kesalahan materi akan berefek ke pengetahuannya.
  4. Kurangnya interaksi antara pendidik dan peserta didik atau antar peserta didik sehingga memperlambat terbentuknya nilai dalam proses belajar mengajar.

Cara Keluar dari Google Classroom di Laptop Sebagai Siswa

Cara Keluar dari Google Classroom di Laptop Sebagai Siswa

Bagaimana jika tiba-tiba pengguna ingin membatalkan keanggotaan Google Classroom yang sudah didaftarkan? jika demikian, maka tinggal mengikuti tutorial keluar dari Google Classroom di bawah ini.

  1. Lakukan Google Classroom Login seperti biasanya.
  2. Pilih salah satu dari beberapa kelas yang biasa kamu ikuti.
  3. Klik di bagian titik tiga yang berada di kanan atas layar.
  4. Pilih menu Unenroll.
  5. Setelah itu akan muncul peringatan apakah benar kamu ingin dihapus dari kelas pilihan kamu. Jika kamu setuju maka kamu bisa langsung menekan tombol Unenroll di kanan bawah menu.
  6. Proses selesai, alhasil, kamu tidak lagi terdaftar di kelas GC tadi.
  7. Jika setelah keluar kamu ingin bergabung lagi dengan kelas tersebut, maka harus meminta izin mengikuti kelas seperti ketika pertama kali bergabung di kelas tersebut.

Cara Keluar Dari Google Classroom di HP Sebagai Siswa

Untuk Cara keluar dari Google Classroom lewat HP berikut ini bagi yang menggunakan ponsel pintar untuk melakukan kegiatan belajar seperti:

  1. Masuk ke akun GC kamu dan pilih kelas yang ingin kamu tinggalkan.
  2. Setelah menu utama muncul, maka klik ikon tiga titik yang tampak di kanan atas layar.
  3. Pilih menu Unenroll pada pilihan yang tersedia.
  4. Setelah muncul menu yang memastikan keputusan kamu, maka kamu bisa langsung menekan tombol Unenroll yang ada di kanan bawah menu.
  5. Kamu sudah berhasil keluar dari Google Classroom.

Cara Keluar Dari Google Classroom di Laptop Sebagai Pengajar

Sebagai pengajar, dimana kamu bertanggungjawab terhadap beberapa kelas. Saat materi sudah selesai, maka akan ada beberapa kelas kosong yang tidak terpakai lagi.

Gunakan cara berikut untuk keluar dari kelas tersebut di Google Classroom agar materi tidak menumpuk banyak:

  1. Masuk ke akun GC kamu dulu.
  2. Perhatikan tampilan menu yang ada kemudian klik garis tiga di sisi kanan atas layar.
  3. Pilih menu Classes di sisi kiri layar.
  4. Klik 3 titik di bagian kanan atas menu kemudian pilih Unenroll.
  5. Akan muncul menu konfirmasi, maka kamu bisa menekan tombol Unenroll yang ada di kanan bawah sebagai konfirmasi bahwa kamu memang ingin keluar dari kelas tersebut.
  6. Proses selesai, kamu tidak lagi bergabung di kelas tersebut.

Cara Mengeluarkan Siswa dari GC di Laptop

Sebagai pengajar kamu juga bisa mengeluarkan siswa kamu dari kelas mereka dengan cara berikut:

  1. Masuk terlebih dahulu ke akun kamu dulu.
  2. Pilih kelas tempat siswa yang akan kamu keluarkan bergabung lalu klik menu People di bagian atas layar.
  3. Setelah muncul kotak menu yang memuat nama-nama siswa kamu maka kamu tinggal memilih siswa mana saja yang akan kamu keluarkan dari kelas.
  4. Klik pilihan Action di menu di bagian atas layar kemudian tekan tombol Remove untuk mengkonfirmasi tindakan kamu tadi.
  5. Proses selesai sehingga nama-nama siswa tadi sudah tidak tergabung di kelas kamu lagi.

Cara Mudah Keluar Google Classroom

Pertama kamu bisa buka aplikasi Google Classroom di HP dan kemudian login seperti biasa. Lalu pilih ikon 3 titik di bagian kanan atas dan klik Batalkan Pendaftaran.

Baca juga: 6 Cara Download Lagu Di Telegram Dijamin Berhasil

Berikut ini cara yang paling mudah, selain itu, kamu juga dapat menggunakan cara lain dengan langkah-langkah berikut:

  1. Pertama klik tombol pilihan di bagian kiri atas lalu masuk ke menu Kelas.
  2. Kamu akan melihat opsi kelas dan tekan tombol batalkan pendaftaran.
  3. Nantinya akan ada pop up peringatan, kamu dapat klik Tap Batalkan Pendaftaran jika sudah yakin untuk keluar dari Google Classroom. Jika kamu ragu, maka dapat pilih Batal.
  4. Setelah kalian keluar dari kelas Google Classroom, kamu masih bisa mengakses semua data yang tersimpan di akun, Google Form, Google Drive atau Google Doc.
  5. Kamu juga nantinya bisa bergabung kembali ke Google Classroom dengan menggunakan email baru. Kamu dapat meminta kode akses kepada guru agar bisa berinteraksi kembali di dalam kelas seperti sebelumnya.

Cara Keluar Dari Google Classroom di iPhone

Cara Keluar Dari Google Classroom di iPhone

Simak langkah berikut ini:

  1. Pertama buka aplikasi Google Classroom di Iphone atau Ipad.
  2. Lalu pilih tanda garis yang berada di bagian atas Lalu pilih menu “Kelas”.
  3. Lihat daftar kelas yang akan dikeluarkan.
  4. Pilih tanda titik tiga yang ada di atas kanan kelas. Dan akan muncul “batalkan pendaftaran” dan “laporan penyalahgunaan” Klik “batalkan pendaftaran” Nantinya akan keluar dari kelas .

Cara Menghapus Akun di Google Classroom

Akun untuk guru di Google Classroom memiliki fitur hapus kelas, arsipkan kelas, dan memulihkan kelas. Ketiga fitur ini berfungsi untuk pembelajaran antara guru dan mahasiswa.

Fitur arsip berguna dalam menyimpan bahan ajar melalui Google Drive. Sedangkan fitur menghapus kelas bisa dilakukan secara permanen.

Berikut ini cara menghapus kelas yang sudah diarsipkan di Google Classroom:

  1. Buka classroom.google.com di browser laptop.
  2. Kemudian pilih garis tiga di bagian atas menu.
  3. Gulir ke bawah hingga menemukan kelas yang diarsipkan.
  4. Untuk menghapus kelas secara permanen, pilih titik 3 yang ada di pojok kanan kelas.
  5. Kemudian pilih hapus (delete). Dan nantinya akan muncul pemberitahuan kelas sudah dihapus.
  6. Perlu kamu ketahui, jika kelas yang sudah dihapus tidak bisa dikembalikan lagi.

Kesimpulan

Buat yang sudah tidak ingin bergabung lagi dalam aplikasi Google Classroom, maka bisa gunakan Cara Keluar Dari Google Classroom seperti penjelasan di atas.

Tidak perlu bingung, karena cara di atas termasuk mudah dan juga cepat, sehinga setelahnya kamu sudah tidak tergabung dalam kelas di google.

Selamat mencoba!.

Orang juga bertanya

English private teacher, seo writter, english translator, and content writer.

Tinggalkan komentar