Mengenal Format File Doc dan Docx Microsoft Word

Mengenal Format File Doc dan Docx Microsoft Word – Microsoft Word adalah salah satu aplikasi yang sering digunakan untuk menulis, membuat makalah dan sebagainya yang ada di perangkat PC, laptop dan komputer.

Jika menggunakan Microsoft Word, tentu kamu akan dihadapkan pada format file yang digunakan seperti DOC dan DOCX.

Namun tahukah kamu ternyata format tersebut memiliki fungsi yang berbeda jika digunakan.

Format file DOC menjadi format file untuk aplikasi Microsoft Office sedangkan untuk Format DOCX baru diperkenalkan dengan peluncuran Microsoft office Word 2007.

Lebih lengkapnya pada artikel berikut!

Sejarah dan Perkembangan Document Format DOC dan DOCX

Di bawah ini beberapa penjelasan mengenai format DOC dan DOCX untuk mengenal format file Doc dan Docx Microsoft Word, yaitu:

1. Microsoft Office Word Document (DOC)

Mengenal Format File Doc Dan Docx Microsoft Word

Microsoft Office Word menggunakan format file DOC lebih dari 30 tahun lamanya, dimana format DOC sudah digunakan ketika Microsoft merilis versi Word pertamanya untuk MS-DOS.

Di versi awal Format file DOC menjadi format file milik Microsoft dan hanya didukung oleh aplikasi Microsoft Word itu sendiri.

Di tahun 1990-an hingga awal tahun 2000-an, ada beberapa aplikasi pengolahan kata lainnya yang bekerja dengan file DOC walau sebagian besar format tidak dapat didukung di jenis pengolah kata lainnya.

Di tahun 2008, Microsoft merilis versi terbaru dari format DOC yang bisa digunakan di program lain dengan beberapa batasan yang  fungsional.

2. Microsoft Office Word Document Open XML (DOCX)

Mengenal Format File Doc Dan Docx Microsoft Word

Di awal tahun 2000-an, Microsoft mengalami persaingan dengan Open Office, yang menjadi rangkaian aplikasi gratis dan sumber dengan versi format pengolah kata sendiri yang dikenal sebagai Open Document Format (ODF).

Hal tersebut membuat Microsoft berinovasi dan mengembangkan standar format dokumen yang lebih luas, sehingga menghadirkan format file DOCX untuk format file Microsoft Word bersamaan dengan format aplikasi Microsoft Office lainnya seperti format PPTX untuk PowerPoint dan format XLSX untuk Excel.

Dalam format DOCX, Standar hadir dengan nama Office Open XML dan didasarkan pada Extensible Markup Language, bukan format yang berbasis biner yang lebih lama dan terbatas.

Bahasa baru pada DOCX hadir lebih banyak kelebihan seperti ukuran file yang jauh lebih kecil, lebih sedikit file rusak, dan gambar terkompresi yang terlihat lebih bagus.

Apa Perbedaan Format File DOC dan DOCX ?

Perbedaan utama antara kedua format file ini yaitu pada format DOC dokumen tersimpan dalam file biner yang menyertakan semua pemformatan terkait dan data-data yang berkaitan.

Sedangkan pada file DOCX adalah file zip dengan semua file XML yang terkait dengan dokumen tersebut.

Sehingga dapat mengganti ekstensi DOCX dari file tersebut dengan .ZIP dan tetap membuka dokumen dengan perangkat lunak kompresi zip manapun.

Selain itu, terdapat beberapa perbedaan antara file DOC dan DOCX, yaitu :

  • DOC menjadi ekstensi default format dari Microsoft Word versi 2003 sedangkan DOCX menjadi ekstensi default format dari Microsoft Word versi 2007 ke atas.
  • File DOCX tidak bisa dibuka pada Microsoft Word 2003 dan yang lebih lama tanpa adanya paket kompatibilitas.
  • DOC menjadi format biner sedangkan DOCX didasarkan pada XML.
  • DOCX menjadi standar terbuka sedangkan DOC menjadi hak milik. Sehingga dalam format DOCX bisa dengan mudah dilakukan perbaikan dan edit dokumen dalam prangkat yang berbeda.
  • DOCX memungkinkan untuk bisa bekerja dengan fitur-fitur baru Microsoft word, sedangkan DOC tidak bisa.

Jadi, Manakah yang Lebih Baik apakah DOC atau DOCX ?

DOCX jelas menjadi salah satu bentuk format file Microsoft Word yang lebih baik dan direkomendasikan jika dibandingkan dengan format DOC.

Format DOCX yang terbaru membuat file lebih kecil, lebih ringan, dan lebih mudah untuk dibuka, dibaca, dan ditransfer pada Microsoft Word.

Selain itu, memperbaiki file DOCX yang rusak jauh lebih mudah.

Satu-satunya kelebihan format file DOC yaitu karena memungkinkan untuk membuka dan bekerja dengan file yang berumur lebih dari sepuluh tahun.

Tapi saat ini format DOC sudah cocok dengan banyak aplikasi pengolah kata. Namun, pilihan terbaik saat ini bagi pengguna Microsoft Word yaitu format file DOCX.

Baca Juga: Cara Membuat Kolom Koran Microsoft Word

Cara Mengubah Format DOC Menjadi DOCX

Sudah mengenal format file Doc dan Docx Microsoft Word? lalu, bagaimana cara konversi formatnya?

Untuk mengubah format file DOC menjadi DOCX dapat melalui fitur yang terdapat pada Microsoft Word.

Berikut ini beberapa langkah-langkah mengubah format tersebut:

  1. Buka file dokumen Word yang akan diganti atau diubah dari format DOC menjadi DOCX.
  2. Buka menu File > Save As.
  3. Kemudian di kolom Save as type pilih Word Document.
  4. Klik Save.
  5. File sudah berubah format menjadi DOCX.

Jadi, format .DOCX lebih baik, hal ini dikarenakan dapat menghasilkan output ukuran file yang lebih kecil dan lebih ringan.

Namun dengan begitu format .DOCX juga bisa menimbulkan masalah jika membuka format .DOCX masih menggunakan aplikasi Microsoft Office 2003 atau yang lebih tua dari itu.

Karena aplikasi Ms.Word 2003 atau yang lebih tua dari itu tidak support untuk bisa membuka jenis file format .DOCX.

Kesimpulan

Jadi, dengan mengenal format file Doc dan Docx Microsoft Word, sudah paham akan hal mana saja yang baik untuk digunakan.

Format DOCX lebih baik dari versi sebelumnya yakni DOC dikarenakan dengan isi file yang sama mampu menyimpan dengan ukuran yang lebih kecil meskipun tidak kompatibel dengan versi lawas.

Tinggalkan komentar