close button

SIMBOL FLOWCHART: Pengertian, 5 Jenis, Fungsi dan Contoh

  •   Jun 2022  •   6 min read  •   Comment

Pengertian Flowchart atau bagan alir adalah urutan proses kegiatan yang digambarkan dalam bentuk simbol.

Flowchart (bagan alir) bisa juga didefinisikan sebagai diagram yang menjelaskan aliran proses dengan menggunakan anotasi- anotasi contohnya persegi, panah, oval, wajik dan sebagainya.

Penggunaan bagan alir terbilang penting, karena melalui flowchart, kamu bisa melihat langkah-langkah proses secara mendetail, lengkap dari aktivitas yang terjadi.

bagan alir banyak digunakan juga sebagai alat komunikasi dan dokumentasi, lebih jelasnya kamu bisa simak bahasan SIMBOL FLOWCHART: Pengertian, 5 Jenis, Fungsi dan Contoh berikut.

Pengertian flowchart

Flowchart atau bagan alir merupakan sebuah diagram yang menampilkan langkah-langkah dan keputusan dalam melakukan sebuah proses dari sebuah program.

Setiap langkah digambarkan dalam bentuk diagram dan dihubungkan dengan garis atau arah panah.

Tujuan Membuat Flowchart:

  • Menggambarkan urutan atau tahapan dari penyelesaian masalah
  • Menggambarkan permasalahan secara sederhana, terurai, rapi dan jelas

bagan alir memiliki peranan penting dalam memutuskan sebuah langkah atau fungsionalitas dari sebuah proyek pembuatan program yang melibatkan banyak orang secara bersamaan.

Selain itu dengan menggunakan bagan alur proses dari sebuah program terlihat lebih jelas, ringkas, dan mengurangi kemungkinan dalam salah penafsiran.

Penggunaan bagan alir dalam dunia pemrograman merupakan cara yang baik untuk menghubungkan antara kebutuhan teknis juga non-teknis.

Bagan alir mampu mempermudah penyelesaian suatu masalah khususnya masalah yang harus dipelajari dan dievaluasi lebih lanjut.

Bila seorang analis dan programmer akan membuat bagan alir, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti:

  • Bagan alir digambarkan dari halaman atas ke bawah dan dari kiri kekanan.
  • Kegiatan yang digambarkan harus didefinisikan secara hati-hati dan definisi ini harus bisa di mengerti oleh pembacanya.
  • Kapan aktivitas dimulai dan berakhir harus ditentukan lebih jelas.
  • Setiap langkah dari aktivitas harus diuraikan dengan menggunakan deskripsi kata kerja.
  • Setiap langkah dari aktivitas harus ada pada urutan yang benar.
  • Lingkup dan range dari kegiatan yang sedang digambarkan harus ditelusuri lebih berhati-hati.
  • Percabangan-percabangan yang memotong kegiatan yang sedang digambarkan tidak harus digambarkan pada bagan alir yang sama.
  • Simbol konektor harus digunakan dan percabangannya berada pada halaman yang terpisah atau hilangkan semuanya jika percabangannya tidak berkaitan dengan sistem.
  • Gunakan simbol-simbol bagan alir yang standar berlaku.

Fungsi Flowchart

Fungsi utama dari bagan alir yaitu memberi gambaran mengenai jalannya sebuah program dari satu proses ke proses lainnya.

Sehingga, alur program menjadi lebih mudah dipahami oleh semua orang, dan selain itu, fungsi lain dari bagan alir yaitu untuk menyederhanakan rangkaian prosedur untuk memudahkan pemahaman terhadap informasi tersebut.

Program flowchart memiliki beberapa fungsi, dimana fungsi bagan alir tersebut antara lain:

Memastikan Program Memiliki Alur Sendiri

Bagan alir bisa membantu programmer untuk melihat alur atau pola saat akan membuat sebuah program/aplikasi.

Dengan demikian, bisa mencegah malfungsi dari program komputer yang sedang dibuat, dan program atau aplikasi yang dihasilkan juga dapat bekerja secara optimal.

Melihat Semua Program

Bagan alir membantu dalam melihat rangkaian program secara menyeluruh (universal).

Hal ini akan memudahkan siapa saja untuk melihat rancangan sebuah program, tidak terbatas bagi programmer saja.

Melihat Proses dari Sebuah Program Saat Dijalankan

Masih ada kaitannya dengan fungsi bagan alir pada poin kedua, dimana program bagan alir bisa digunakan untuk melihat proses-proses yang akan terjadi ketika program dijalankan.

Dimana, kamu bisa melihat penjelasan dari setiap proses di dalam program, seperti ketika akan membuat aplikasi neraca keuangan.

Di dalam neraca keuangan akan terdapat input penjualan, dan melalui program bagan alir kamu bisa melihat bagaimana input penjualan didapat, lengkap dengan dari mana data tersebut didapatkan.

Pedoman dalam Menyusun atau Mengembangkan Aplikasi

Fungsi program berikutnya yaitu menjadi pedoman dalam menyusun atau mengembangkan aplikasi.

Hampir sama seperti fungsi flowchart umumnya, program bagan alir juga bisa digunakan untuk melihat alur/tahapan proses sebuah program..

Lengkap dengan kegiatan yang terjadi,  hal ini akan banyak membantu pada saat pembuatan atau pengembangan sebuah program.

Simbol Simbol Flowchart Beserta Fungsinya

Bagan alir memiliki simbol- simbol tersendiri dari setiap anotasi- anotasi geometri yang dipakai.

Beberapa simbol flowchart sering digunakan dalam pembuatan sebuah sistem, sedangkan lain jarang digunakan, terkecuali dalam pembuatan proses yang rumit.

Pada dasarnya simbol dalam bagan alir memiliki arti yang berbeda-beda, berikut ini simbol-simbol yang umum digunakan dalam proses pembuatan bagan alir.

Flowchart

Simbol-simbol di atas memiliki jenis dan fungsi yang berbeda-beda, dimana ada yang berfungsi untuk menghubungkan satu simbol dengan simbol lainnya seperti simbol flow, on-page dan off-page reference.

Selain itu ada juga simbol yang berfungsi untuk menunjukkan sebuah proses yang sedang berjalan, dan yang terakhir terdapat simbol yang berfungsi untuk memasukkan input dan menampilkan output.

Baca Juga: PENGERTIAN INFORMASI: 7 Fungsi, Konsep Dasar & Jenisnya

Jenis-Jenis Flowchart

Bagan alir sendiri memiliki beberapa jenis, berikut ini adalah penjelasan singkat dari setiap jenis bagan alir.

Sistem Flowchart(System Flowchart)

Sistem flowchart yaitu sebuah bagan yang menunjukkan proses pekerjaan di dalam sistem.

Bagan ini akan menggambarkan arus pekerjaan secara jelas dan menyeluruh, jadi, kamu bisa melihat urutan-urutan proses/prosedur di dalam sistem.

Flowchart Dokumen (Document Flowchart)

Dokumen bagan alir atau yang sering disebut bagan alir formuliran diagram alir yang menggambarkan proses dari laporan dan formulir lengkap dengan tembusannya.

Simbol-simbol yang dipakai pada bagan alir dokumen masih sama seperti bagan alir sistem, adapun simbol-simbol flowchart dapat dilihat pada ulasan ‘Simbol dalam Flowchart’ di bagian bawah.

Flowchart Skematis (Schematic Flowchart)

Skematis Flowchart terlihat menyerupai bagan alir sistem, karena kedua flowchart ini sama-sama dipakai untuk menggambarkan prosedur/proses dalam sistem.

Simbol-simbol yang digunakan keduanya juga sama, hanya saja, bagan alir skematis (schematic flowchart) memiliki simbol yang lebih beragam.

Simbol bagan alir skematis lebih kompleks, dan juga menggunakan gambar-gambar komputer dan peralatan lainnya.

Hal ini bertujuan untuk memudahkan buat yang tidak familier dengan simbol-simbol dalam bagan alir untuk membaca informasi yang disampaikan.

Namun , pembuatan bagan alir ini memakan waktu lebih lama jadi kurang efektif jika kamu ingin membuat bagan alir yang mudah.

Flowchart Program (Program Flowchart)

Bagan alir program yaitu bagan alir yang menjelaskan tahapan dalam proses sebuah program.

Bagan alir ini menjadi produk ‘turunan’ dari sistem bagan alir, hal ini untuk memudahkan analis sistem dan programmer dalam memahami sebuah program.

Umumnya bagan alir program terbagi menjadi dua, yaitu flowchart logika program (program logic flowchart) dan flowchart program komputer details (detailed computer program flowchart).

Flowchart Proses Flowchart (Process Flowchart)

Lalu ada bagan alir proses atau yang disebut juga proses bagan alir ini, dimana flowchart ini banyak digunakan di sektor industri (bagian produksi) dan juga analis sistem.

Fungsi bagan alir ini bisa melihat prosedur dalam suatu proses produksi, selain itu, proses bagan alir ini juga banyak digunakan untuk melihat jarak dari langkah satu ke langkah lain, lengkap dengan time proses yang diperlukan.

Contoh Flowchart

Di bawah ini beberapa contoh bagan alir yang bisa kamu ketahui, yaitu:

Contoh Flowchart Sederhana

Flowchart

Contoh Flowchart Menyewa Buku

Flowchart

Baca Juga: STRUKTUR ORGANISASI: Pengertian, Bagan, Fungsi dan Tugas

Kesimpulan

Bagan alir merupakan sebuah diagram yang menampilkan langkah-langkah dan keputusan dalam melakukan sebuah proses dari sebuah program.

Setiap langkah digambarkan dalam bentuk diagram dan dihubungkan dengan garis atau arah panah.

Tujuan Membuat bagan alir

  • Menggambarkan urutan atau tahapan dari penyelesaian masalah
  • Menggambarkan permasalahan secara sederhana, terurai, rapi dan jelas

Dengan demikian memahami SIMBOL FLOWCHART: Pengertian, 5 Jenis, Fungsi dan Contoh cukup penting agar bisa mengetahui simbol mana saja yang bisa dipakai sesuai prosesnya.

Orang juga bertanya

English private teacher, seo writter, english translator, and content writer.

Tinggalkan komentar