close button

PENGERTIAN AKUNTANSI: Fungsi, Tujuan, Sejarah & Bidang Bidang Akuntansi

  •   Jul 2022  •   11 min read  •   Comment

Akuntansi merupakan sebuah seni untuk mencatat, meringkas, menganalisis, dan melaporkan data yang berhubungan dengan transaksi keuangan dalam bisnis atau perusahaan, sedangkan untuk praktisi dalam bidang ini disebut dengan istilah akuntan.

Secara bahasa berdasarkan Wikipedia, pengertian akuntansi yaitu bentuk interpretasi dari keuangan perusahaan untuk mengukur dan menjabarkan kepastian tentang informasi yang berkaitan dengan keluar masuknya uang perusahaan.

Akuntansi sendiri telah disebut sebagai “bahasa bisnis” untuk mengukur hasil kegiatan ekonomi dalam sebuah organisasi dan menyampaikan informasi kepada berbagai pihak, termasuk investor, kreditor, manajemen, dan regulator.

Akuntansi sendiri sebagai “proses pengidentifikasian, pengukuran, pencatatan, dan pelaporan informasi ekonomi keuangan yang berfungsi untuk penilaian dan juga pengambilan keputusan untuk pihak yang membutuhkannya”.

Secara garis besar dapat kamu ketahui secara lengkap mengenai pengertian akuntansi: fungsi, tujuan, sejarah & bidang bidang akuntansi berikut ini.

Pengertian Akuntansi

Bisa dikatakan akuntansi sendiri adalah sebuah kegiatan yang ditujukan untuk melalukan perhitungan secara rinci mengenai pemasukan dan pengeluaran sebuah perusahaan dalam bentuk uang.

Selain itu pengertian akuntansi berdasarkan para ahli yaitu:

  • Charles T. Horngren dan Walter T. Harrison

Menurut Charles T. Horngren dan Walter T. Harrison, pengertian akuntansi yaitu sistem informasi yang mengukur aktivitas bisnis, memproses data menjadi sebuah laporan, dan mengkomunikasikan hasilnya kepada para pengambil keputusan.

  • Littleton

Menurut Littleton, pengertian akuntansi yaitu kegiatanyang bertujuan untuk melaksanakan perhitungan periodik antara biaya (usaha) dan hasil (prestasi). Definisi ini sebagai inti dari teori akuntansi dan merupakan ukuran yang dijadikan sebagai rujukan dalam mempelajari akuntansi.

  • Warren dkk

Menurut Warren dkk, pengertian akuntansi yaitu sebuah sistem informasi yang menghasilkan laporan kepada pihak-pihak yang berkepentingan mengenai aktivitas ekonomi dan kondisi perusahaan.

  • Rudianto

Menurut Rudianto, akuntansi yaitu sebuah sistem informasi yang menghasilkan laporan kepada pihak-pihak yang berkepentingan mengenai aktivitas ekonomi dan kondisi suatu badan usaha.

  • West Churman

Menurut C. West Churman, pengertian akuntansi yaitu pengalaman tertulis yang bermanfaat untuk pengambilan keputusan dan pengalaman yang tersusun berharga bagi pembuatan pilihan.

  • Suparwoto L

Menurut Suparwoto L, pengertian akuntansi yaitu suatu sistem untuk mengukur dan mengelola transaksi keuangan dan memberikan hasil pengelolaan tersebut dalam bentuk informasi kepada pihak-pihak internal dan eksternal perusahaan.

Pihak eksternal ini terdiri dari investor, kreditur pemerintah, serikat buruh, dan lainnya.

  • Arnold

Menurut Arnold, akuntansi yaitu suatu sistem untuk memberikan informasi (terutama keuangan) kepada siapa saja yang harus membuat keputusan dan mengendalikan penerapan keputusan tersebut.

  • Pengertian Akuntansi Menurut AAA

Menurut American Acounting Association (AAA), pengertian akuntansi yaitu sebuah sistem pengidentifikasian dan pengukuran untuk memberikan laporan info ekonomi dan penilaiannya.

Tujuan akuntansi yang dijelaskan dari Littleton yaitu untuk melakukan perhitungan secara periodik pada usaha atau cost terhadap hasil yang dicapai.

  • Pengertian Akuntansi Menurut ABP

Menurut Accounting Principle Board (APB) Statement no. 4 dalam Smith Skousen, akuntansi yaitu suatu aktivitas jasa yang adalah untuk menyediakan informasi kuantitatif, terutama yang memiliki sifat dalam pengambilan keputusan ekonomis dalam memberikan keputusan pilihan-pilihan yang logis di antara berbagai tindakan alternatif.

  • Pengertian Akuntansi Menurut AICPA

Menurut American Insitute of Certified Public Accounting (AICPA), definisi akuntansi yaitu seni pencatatan, penggolongan, dan pengikhtisaran dengan beberapa cara tertentu dalam ukuran moneter, transaksi, dan kejadian-kejadian yang umumnya bersifat keuangan termasuk menafsirkan hasil-hasilnya.

Jadi, pengertian akuntansi secara singkat merupakan sebuah sistem dalam bisnis yang membahas mengenai keuangan dan bagaimana uang itu masuk dan digunakan, jadi, akuntansi sangat penting dalam bisnis sebagai analisis laba dan rugi di masa mendatang dan sekarang.

Baca Juga: ARTIFICIAL INTELLIGENCE: Pengertian, Tujuan & Contohnya

Sejarah dan Tujuan Akuntansi

PENGERTIAN AKUNTANSI: Fungsi, Tujuan, Sejarah & Bidang Bidang Akuntansi

Para ahli memiliki pendapat bahwa akuntansi sudah ada sejak dahulu dimana ketika manusia melakukan transaksi dengan menggunakan uang sebagai alat pembayaran yang sah.

Tujuan Akuntansi

Tujuan akuntansi secara umum yaitu untuk mengumpulkan dan melaporkan informasi yang berhubungan dengan keuangan, kinerja, posisi keuangan, dan arus kas dalam sebuah bisnis.

Informasi ini yang akan digunakan sebagai dasar dalam membuat keputusan ekonomi.

Jadi ada beberapa tujuan akuntansi, diantaranya sebagai berikut:

Tujuan Secara Umum

  • Memberikan informasi tentang keuangan, baik itu aktiva maupun passiva perusahaan.
  • Menyediakan informasi tentang perubahan pada berbagai sumber ekonomi (netto) perusahaan.
  • Memberikan informasi keuangan perusahaan yang bisa membantu dalam pembuatan estimasi potensi keuntungan perusahaan.
  • Memberikan informasi tentang perubahan pada berbagai sumber ekonomi perusahaan, baik itu aset, hutang, dan modal.
  • Menyediakan informasi lainnya terkait laporan keuangan dalam membantu pengguna laporan tersebut.

Tujuan Secara Khusus

Secara khusus, tujuan akuntansi yaitu untuk menyediakan informasi dalam bentuk laporan yang memuat posisi keuangan, hasil usaha, dan perubahan posisi keuangan lain secara wajar sesuai Prinsip Akuntansi Berterima Umum (PABU) atau Generally Accepted Accounting Principles (GAAP).

Tujuan Secara Kualitatif

Terdiri dari:

  • Memberikan informasi yang relevan
  • Menyampaikan informasi yang sudah teruji kebenaran dan validitasnya
  • Informasi yang disampaikan bisa dimengerti oleh pihak-pihak yang berkepentingan
  • Menyampaikan laporan keuangan untuk kepentingan semua pihak yang terkait dengan aktivitas perusahaan
  • Memberikan informasi transaksi yang real time, atau sesegera mungkin
  • Informasi yang disampaikan sesuai dengan Prinsip Akuntansi Berterima Umum (PABU) dan bisa diperbandingkan
  • Penyampaian laporan keuangan yang lengkap dan memenuhi standar pengungkapan laporan keuangan

Fungsi Akuntansi

Akuntansi sudah tentu sangat dibutuhkan dalam bisnis karena beberapa fungsinya sebagai berikut:

1. Recording Report

Recording report yaitu merekam catatan transaksi secara sistematis dan kronologis menjadi sebuah fungsi utama dari akuntansi.

Rekam catatan transaksi kemudian dikirim ke Account Ledger sampai menyiapkan akun akhir untuk mengetahui profit dan loss dari bisnis di akhir periode akuntansi.

2. Melindungi Properti dan Aset

Fungsi akuntansi berikutnya yaitu untuk menghitung jumlah Penyusutan Aset dengan menggunakan metode yang tepat dan berlaku untuk aset tertentu.

Itulah sebabnya sistem akuntansi dibuat untuk melindungi properti dan aset bisnis dari pemakaian yang tidak sah.

3. Mengkomunikasikan Hasil

Fungsi akuntansi selanjutnya yaitu untuk mengkomunikasikan hasil dan transaksi yang dicatat ke semua pihak yang tertarik pada bisnis tertentu.

Seperti investor, kreditor, karyawan, kantor pemerintahan, peneliti, dan instansi lain.

4. Meeting Legal

Fungsi akuntansi yang berhubungan dengan perancangan dan pengembangan sistem.

Contohnya sistem untuk memastikan catatan dan pelaporan hasil selalu memenuhi persyaratan hukum.

Sistem ini nantinya diperlukan dalam mengaktifkan kepemilikan atau wewenang untuk mengajukan berbagai pernyataan, seperti Pengembalian Penjualan-Pajak, Pengembalian Pendapatan Pajak, dan sebagainya.

5. Mengklasifikasikan

Lalu fungsi akuntansi yang juga penting adalah sebagai klasifikasi terkait dengan analisis sistematis dari semua data yang tercatat.

Dengan adanya klasifikasi ini akan memudahkan dalam pengelompokkan jenis transaksi atau entri aktivitas klasifikasi ini dilakukan pada buku yang disebut sebagai “Ledger”.

6. Membuat Ringkasan

Aktivitas meringkas melibatkan penyajian data rahasia dengan penyampaian yang bisa dipahami dan berguna bagi internal dan eksternal pengguna akhir dari laporan akuntansi tersebut.

Aktivitas yang mengarah pada penyusunan laporan:

  • Neraca Saldo
  • Laporan laba rugi
  • Neraca

7. Analisis dan Menafsirkan

Fungsi akuntansi yang terakhir yaitu untuk melakukan analisis dan menafsirkan data keuangan.

Data keuangan yang sudah melewati proses analisis lalu diinterpretasikan dengan cara yang mudah dimengerti sehingga bisa membantu dalam membuat penilaian tentang kondisi keuangan dan profitabilitas operasional bisnis.

Manfaat Akuntansi

Setelah mengetahui mengenai fungsi dari akuntansi, lamu juga perlu mengetahui apa saja manfaat akuntansi dalam kehidupan sehari-hari saat ini.

Beberapa manfaat yang dari adanya akuntansi yaitu sebagai berikut :

1. Sebagai Informasi Keuangan kepada Pihak yang Membutuhkan

Informasi keuangan yang telah disusun pasti sangat memudahkan dan jika kamu memiliki berbagai transaksi keuangan dan tidak melakukan pencatatan, bisa jadi kamu akan lupa ke mana lalu lintas uang yang dimiliki.

2. Sebagai Bahan Evaluasi Keuangan

Dengan mencatat, kamu bisa tahu apa yang harus dilakukan di masa depan, sebagai contoh dengan akuntansi, ketika kamu sadar jika keuangan kamu “minim” karena sering dipakai untuk membeli hal yang tidak dibutuhkan.

Untuk busa memahami cara membuat laporan keuangan dari muai membuat transaksi, jurnal, buku besar hingga pada akhirnya menjadi laporan keuangan.

3. Sebagai Bukti Keuangan yang Dapat Dipertanggungjawabkan

Ada saatnya ketika memiliki masalah dengan orang lain perihal keuangan, seperti hutang yang tidak kunjung dibayar, atau lainnya.

Dengan adanya akuntansi dan pencatatan keuangan, kamu akan bisa mempertanggungjawabkan keuangannya dengan baik.

4. Membantu Pencatatan Ekonomi Keluarga

Ketika kamu sudah menikah, masalah keuangan menjadi masalah yang cukup diperhitungkan dalam rumah tangga.

Sehingga, akuntansi akan sangat dibutuhkan dan bermanfaat, karena setelah membangun rumah tangga, banyak sekali keutuhan yang harus diperhitungkan.

Dan pengeluaran tersebut tentunya harus diperhitungkan dengan pemasukan dan pengeluarannya.

Baca Juga: FAXIMILE Adalah: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja & Gambar

Jenis jenis Akuntansi

1. Akuntansi Pemeriksaan (Auditing)

Jenis akuntansi ini adalah akuntansi pemeriksaan atau yang disebut dengan audit Dalam sebuah pemeriksaan akuntansi (auditing), dilakukanlah kegiatan pemeriksaan hasil pencatatan dan laporan dalam keuangan.

Bidang ini berhubungan dengan audit yang secara bebas dilakukan pada laporan yang telah dihasilkan oleh akuntansi keuangan.

Meski tujuan utama dari audit agar informasi akuntansi yang disajikan bisa dipercaya, namun ada tujuan lainnya seperti ketaatan terhadap kebijakan, prosedur dan menilai efisiensi dan efektifitas sebuah kegiatan.

Dalam konsep tersebut, yang menjadi dasar sebuah auditing yaitu objektivitas dan independensi dari seorang pemeriksa dan kerahasiaan dan pengumpulan bukti-bukti yang terbilang signifikan.

2. Akuntansi Biaya (Cost Accounting)

Akuntansi biaya adalah sebuah bidang akuntansi yang mencatat, menghitung dan menganalisa sebuah data biaya di suatu perusahaan industri yang secara detail.

Dengan adanya akuntansi biaya, didapatkan laporan harga untuk menyusun laporan keuangan.

Bidang ini hanya fokus pada penetapan dan sebuah kontrol atas biaya, dan akuntansi biaya akan mengacu pada penetapan biaya yang berdasarkan aktivitas (activity based costing).

Fungsi dasar hanya mengumpulkan dan menganalisa data biaya, biaya yang telah terjadi dan yang akan terjadi.

3. Akuntansi Keuangan (Financial Accounting)

Pada bidang ini berkaitan dengan akuntansi sebuah unit ekonomi secara menyeluruh.

Akuntansi keuangan mengacu pada pelaporan keuangan untuk pihak-pihak di luar perusahaan, dan laporan yang berhasil akan bersifat serba guna (general purpose).

Kegiatannya terdiri dari pencatatan finansial, bertujuan untuk menyajikan laporan keuangan, meliputi neraca, laporan laba rugi dan laporan perubahan modal atau laporan laba ditahan selama jangka waktu tertentu.

4. Akuntansi Manajemen (Management Accounting)

Akuntansi manajemen yaitu sebuah bidang akuntansi yang memiliki tujuan untuk memberikan informasi kepada manajemen dalam menjalani usahanya.

Ada banyak hal dalam akuntansi biaya yang datanya digunakan oleh para akuntansi manajemen.

Ketika kedua bidang akuntansi ini berbeda tujuan, dalam sebuah pelaksanaannya tetap bisa dilakukan bersamaan.

Kegunaan dari akuntansi manajemen ini untuk mengatur kegiatan perusahaan, mengontrol arus kas dan menilai alternatif dalam pengambilan sebuah keputusan.

Pengendalian perusahaan dengan aktivitas yang dijalankan (activity based management), menjadi sebuah kebiasaan baru dalam akuntansi manajemen.

Hal ini dilaksanakan perusahaan dalam rangka membangun strategi yang pas untuk memenangkan persaingan dalam pasar tertentu kesaat tika memasuki sebuah industri.

5. Akuntansi Perpajakan

Selanjutnya Akuntansi perpajakan, merupakan akuntansi yang kegiatannya berhubungan dengan arah penentuan objek pajak yang menjadi beban perusahaan dan perhitungannya mengacu kepentingan penyusunan laporan pajak.

Dalam kegiatan akuntansi perpajakan berfungsi membantu manajemen untuk menentukan pilihan-pilihan transaksi yang akan terjadi, berhubungan dengan pertimbangan-pertimbangan perpajakan.

Karena itu, akuntansi yang bekerja di bidang ini harus mengetahui jelas mengenai undang-undang perpajakan yang berlaku.

6. Budgeting

Jenis akuntansi selanjutnya yaitu bidang akuntansi yang menyusun anggaran baik pendapatan dan biaya.

Anggaran menjadi sebuah pedoman penuh bagi perusahaan, perorangan dan pemerintah dalam melakukan kegiatan finansialnya di masa mendatang.

Bidang ini berhubungan dengan sebuah penyusunan rencana keuangan yang terkait oada kegiatan perusahaan untuk jangka waktu tertentu di masa yang akan datang dan juga analisis serta pengawasannya.

Anggaran juga dimaksudkan sebagai saran untuk memaparkan tujuan perusahaan, anggaran berisi rencana kegiatan yang akan dilaksanakan dan nilai uangnya di masa mendatang.

Ada berbagai macam anggaran, seperti anggaran penjualan, anggaran produksi, anggaran bahan baku, dan masih banyak lagi lainnya.

7. Sistem Akuntansi (Accounting System)

Jenis akuntansi ini adalah sistem akuntansi, dimana sistem akuntansi ini adalah bidang akuntansi yang menjalankan kegiatan dengan mengatur cara pencatatan akuntansi agar efektif dan efisien.

Dimulai dari mengatur dokumen sampai pada menyusun prosedur pencatatannya.

8. Akuntansi Anggaran (Budgetary Accounting)

Akuntansi anggaran yaitu akuntansi yang memiliki kegiatan berkaitan dengan pengumpulan dan pengolahan data operasi keuangan yang telah terjadi, dan taksiran kemungkinan yang akan terjadi, tentunya untuk kepentingan penetapan rencana operasi keuangan perusahaan (anggaran) dalam suatu periode tertentu.

9. Akuntansi Pemerintahan (Governmental Accounting)

Jenis akuntansi ini adalah akuntansi pemerintahan yang terbilang juga sebagai bidang akuntansi keuangan yang diterapkan di lembaga pemerintahan.

Akuntansi pemerintahan memiliki tujuan untuk menyajikan laporan keuangan, mengatur dan pengawasan keuangan negara.

Akuntansi dalam pemerintahan diharapkan harus mengatur administrasi keuangan di negara dengan baik.

Dalam bidang ini dikhususkan pada pencatatan juga pelaporan banyaknya transaksi di badan pemerintahan.

10. Akuntansi Perbankan

Jenis akuntansi yang terakhir yaitu akuntansi perbankan yang mengacu pada pengertian akuntansi untuk proses pencatatan, penganalisa, pengklasifikasian dan juga penafsiran data keuangan.

Secara umum dapat diketahui bahwa akuntansi perbankan menjadi sebuah metode akuntansi bank yang meliputi sebuah pencatatan, penganalisa, pengklasifikasian, penafsiran data di keuangan bank yang dilakukan secara sistematis, untuk memenuhi kebutuhan semua pihak yang berkepentingan baik internal dan juga eksternal.

Kesimpulan

Bisa dikatakan akuntansi sendiri adalah sebuah kegiatan yang ditujukan untuk melalukan perhitungan secara rinci mengenai pemasukan dan pengeluaran sebuah perusahaan dalam bentuk uang.

Akuntansi sendiri telah disebut sebagai “bahasa bisnis” untuk mengukur hasil kegiatan ekonomi dalam sebuah organisasi dan menyampaikan informasi kepada berbagai pihak, termasuk investor, kreditor, manajemen, dan regulator.

Dengan adanya kegiatan akuntansi ini bisa diketahui pemasukan dan juga pengeluaran sebuah perusahaan dan juga bisa tahu keuntungan dan kerugian yang ditaksir dicapai dalam waktu tertentu.

Oleh sebab itu pentingnya memahami pengertian akuntansi: fungsi, tujuan, sejarah & bidang bidang akuntansi jika kamu bergelut dalam dunia akuntan.

Orang juga bertanya

English private teacher, seo writter, english translator, and content writer.

Tinggalkan komentar