FAXIMILE Adalah: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja & Gambar

Faximile adalah sebuah alat yang bisa digunakan untuk mengirim atau menerima pesan dalam bentuk dokumen lewat kabel telepon analog atau pada saat ini bisa melalui jaringan internet.

Faxsimile atau faksimili atau Fax yaitu gabungan antara telepon, scanner, printer dan mesin fotocopy dalam satu mesin.

Saat pengirim mengirim sebuah dokumen, maka penerima akan menerima dokumen yang sama dengan sebelumnya.

Maka dari itu, mesin ini disebut dengan telecopier atau mesin fotokopi jarak jauh.

Berbeda dengan email, whatsapp, line, messenger dan lainnya yang mengirimkan data dalam bentuk file atau softcopy, faksimile yaitu alat pengiriman dokumen yang berbentuk fisik atau hardcopy.

Untuk lebih jelasnya simak bahasan Faximile adalah: pengertian, fungsi, cara kerja & gambar berikut ini.

Pengertian Faximile

FAXIMILE Adalah: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja & Gambar

Faximile merupakan sebuah perangkat yang digunakan untuk mengirim dokumen secara elektronik menggunakan jaringan telepon.

Faximile juga disebut dengan telecopying karena sebagai transmisi dari scanned-in printer berupa teks atau gambar yang ditujukan ke nomor telepon yang terkait dengan printer atau perangkat lainnya.

Saat ini mesin Fax sudah menjadi alat multifungsi yang dilengkapi fitur dan print, scan dan copy, selain itu saat ini sudah banyak faks online atau server faks.

Dengan sistem berbasis internet bisa memfasilitasi transmisi Fax tapi tidak memerlukan pengguna untuk memiliki mesin Fax.

Meski begitu masih digunakan untuk mengirim dokumen dengan informasi sensitif seperti keuangan, laporan kesehatan, legal, dan untuk sektor manufaktur.

Mesin Faximile mengirimkan dokumen yang sama seperti data aslinya dengan bantuan pemindaian yang ada pada mesin Fax.

Dengan scanning dokumen, kemudian mengirimnya lewat email, lalu nanti penerima akan mencetaknya di mesin printer

Jika menggunakan mesin Fax, kamu cukup memasukkan dokumen ke mesin Fax, kemudian dokumen terkirim dan akan tercetak otomatis dalam bentuk kertas di mesin Fax penerima.

Hal ini mirip seperti mesin fotokopi, hanya saja ini penggunaannya secara jarak jauh.

Fungsi Faximile

Fungsi utama mesin Faximile yaitu untuk mengirim dan menerima pesan berupa dokumen, terlebih dokumen tersebut adalah dokumen rahasia atau dokumen penting.

  • Mengirim dokumen dengan mesin Fax lebih aman karena sulit untuk diretas jika dibandingkan menggunakan Email, apalagi jika mengirim menggunakan jasa kurir seperti contoh Pos, JNE, JNT dan lainnya yang waktunya lebih lama dan rentan hilang.
  • Mesin Fax digunakan untuk perusahaan, instansi dan lembaga. Terutama lembaga pertahanan dan perbankan. Ini dikarenakan data di sana sangat sensitif dan berbahaya jika dikirim lewat jaringan internet.
  • Selain mengirim dan menerima dokuman. Fungsi faksimile yaitu untuk melakukan panggilan telepon, scanning dokumen atau melakukan fotokopi.
  • Saat mengirim pesan penting, pengirim Fax akan terhubung melalui panggilan telepon untuk memastikan data telah terkirim dan dibaca oleh orang yang tepat.

Baca juga: INTERAKSI SOSIAL: Pengertian, Syarat, Macam Macam, Contoh dan Gambarnya, LENGKAP!

Sejarah Faksimile

FAXIMILE Adalah: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja & Gambar

Kata faksimile sendiri berasal dari bahasa latin yaitu ‘fac simile’ (make similar), yang dengan kata lain adalah duplikat yang sama dengan aslinya, dan di sekian banyak tempat, mesin faksimile dikenal sebagai telecopier.

Teknologi faksimile adalah teknologi komunikasi yang sering dipakai untuk mencatat dan mengantarkan dokumen yang sama dengan aslinya menggunakan jaringan telepon ke mesin faksimile penerima.

Setelah diterima, pesan faksimile tersebut akan atau bisa dicetak di kertas.

Pertama kali mesin faks diciptakan dan dipatenkan di tahun 1843 oleh Alexander Bain, yang merupakan seorang fisikawan Skotlandia.

Bermula ia menggambarkan perangkat komunikasi yang dinamakan telegraf, penemuan berikutnya berwujud awal mesin faksimile.

Mesin faks produksi Bain ini bekerja berdasarkan jam elektrik yang pada mulanya ditemukan.

Ide pembuatan mesin faksimile lalu dikembangkan Frederick Bakewell yang memperbaiki desain awal Bain.

Kemudian tahun 1851, Bakewell mempertontonkan karyanya ke pameran besar di London dan ternyata mesin ciptaan Bakewell dan Bain terbilang paling lemah dan menghasilkan gambar dengan mutu yang buruk.

Hal ini berlangsung dikarenakan masih belum adanya mekanisme terhadap sistem ekspedisi dan penerimaan.

Sejarah berlanjut di tahun 1862, ketika fisikawan Italia Giovanni Caselli membuat sebuah mesin yang didinamakan pantelegraph (perpaduan pada pantograph dan telegraf), yang berdasarkan pada penemuan Bain.

Lalu ia kemudian terhubung fasilitas komersial telefaks yang k esatu di Lyon dan Paris pada tahun 1865.

Seorang penemu dari Inggris, Shelford Bildwell, lalu merangkai scanning phototelegraph, adalah sebuah telefaks mesin kesatu yang bisa melaksanakan scanning di dalam format 2 dimensi.

Penemuan selanjutnya kian dikembangkan oleh para berpengalaman sampai tahun 1929 ditemukan hellschreiber oleh Rudolf Hell, yang menjadi penggagas pertama mekanisme ekspedisi dan scanning dokumen terhadap mesin faksimile.

Selama bertahun-tahun, mesin faksimile dioperasikan begitu rumit, mahal dan adanya masalah untuk digunakan, namun pada 1966 Xerox mengenalkan adanya telecopier MagnaFax, mesin faksimile yang lebih mudah digunakan dan bisa dihubungkan ke drainase telepon.

Dengan mesin ini, dokumen surat hanya butuh waktu 6 menit kegunaan dikirimkan, meski prosesnya lambat, di masa itu faksimile menjadi teknologi yang besar.

Meskipun perlengkapan dalam mengantarkan dokumen cetak secara elektronik sudah ada sejak mula abad ke-19, namun mesin faksimile jadi tidak sedikit digunakan dan dirasakan untung pada pertengahan tahun 1970-an.

Mesin faks digital pertama terhadap masa selanjutnya menjadi yang popular di Jepang dikarenakan adanya kebutuhan yang sangat urgen terhadap mesin faks.

Kemudian mesin faks menjadi mudah dicapai dan pada akhirnya familiar ke seluruh dunia.

Seiring berjalannya waktu, maka mesin faksimile terus mengikuti perkembangan, terlebih di dalam perbaikan kecepatan transmisinya (pengirimannya).

Hal ini berlangsung bertambah besar kecepatan transmisi, tambah cepat juga dokumen bisa terkirimkan.

Baca Juga: PENGERTIAN KEWIRAUSAHAAN: Proses, Ciri-Ciri & Sifat Wirausaha Menurut 2 Para Ahli

Cara Kerja Faximile

Untuk menggunakan Faximile penerima dan pengirim tentu harus memiliki mesin Fax, hanya pada perkembangannya mengirim Fax bisa dilakukan melalui Email, aplikasi tertentu atau layanan pihak ke-3 seperti cocoFax, haloFax dan sebagainya.

  • Proses pengiriman Fax melalui mesin Faximile, yaitu pengirim harus memasukkan dokumen pada feeder mesin, kemudian tekan nomor tujuan mesin Fax.
  • Setelah itu mesin Fax akan melakukan scanning pada dokumen dan mengubah menjadi sinyal listrik dengan bilangan biner 0 dan 1.
  • Setelah itu sinyal akan ditransmisikan atau dikirimkan melalui saluran kabel telepon pada mesin penerima Fax.
  • Mesin Fax penerima lalu akan menerjemahkan sinyal atau bahasa mesin yang telah terkirim tadi menjadi suatu dokumen yang sama persis seperti apa yang dikirimkan.
  • Setelah itu mesin Faximile akan mencetaknya secara langsung.

Kesimpulan

Faximile merupakan sebuah perangkat yang digunakan untuk mengirim dokumen secara elektronik menngunakan jaringan telepon.

Faximile juga disebut dengan telecopying karena sebagai transmisi dari scanned-in printer berupa teks atau gambar yang ditujukan ke nomor telepon yang terkait dengan printer atau perangkat lainnya.

Saat ini mesin Fax sudah menjadi alat multifungsi yang dilengkapi fitur dan print, scan dan copy, selain itu saat ini sudah banyak faks online atau server faks.

Penggunaannya menyasar pada perusahaan-perusahaan bisnis atau industri tertentu dimana keamanan dan kecepatan pengiriman data sangat dibutuhkan.

Sebelum email populer, penggunaan mesin Fax mudah ditemui, sama seperti misalnya telepon umum, dan beberapa wartel juga menyediakan layanan pengiriman data via Fax.

Di era internet seperti saat ini pengiriman data lebih mudah karena bisa mengirimkannya melalui berbagai aplikasi yang banyak muncul, dan salah satunya menggunakan jasa pengiriman lebih cepat.

Karena itu kamu bisa tahu lebih jelas mengenai FaxIMILE Adalah: Pengertian, Fungsi, Cara Kerja & Gambar seperti bahasan di atas.

Baca Juga:

Tinggalkan komentar