PENGERTIAN KEWIRAUSAHAAN: Proses, Ciri-Ciri & Sifat Wirausaha Menurut 2 Para Ahli

Dalam zaman ekonomi digital seperti sekarang ini, kewirausaahaan atau dikenal dengan enterpreneurship merupakan salah satu kata yang sering didengar.

Secara sederhana, kewirausahaan dapat diartikan sebagai kemampuan untuk menciptakan visi, inovasi dan mampu melihat suatu peluang di masa datang.

Dalam bahasa yang sangat sederhana kamu akan menemukan istilah wirausahawan atau pengusaha, dimana mereka adalah orang-orang yang menjalankan praktek kewirausahan atau bisnis.

Jadi, yang dimaksud dengan kewirausahaan secara lengkap kamu bisa simak penjelasan PENGERTIAN KEWIRAUSAHAAN: Proses, Ciri-Ciri & Sifat Wirausaha berikut.

Pengertian Kewirausahaan

PENGERTIAN KEWIRAUSAHAAN

Tentang pengertian kewirausahaan ada banyak pengertian dari kewirausahaan seperti berikut ini ulasannya.

1. Pengertian Kewirausahaan Menurut Suparman Sumahamijaya

Kewirausahaan yaitu sebuah kemampuan dalam berpikir secara kreatif dan melakukan inovasi.

Pikiran kreatif dan inovasi ini menjadi dasar dan juga sumber penggerak sehingga bisa digunakan sebagai tumpuan dalam menghadapi tantangan di depan.

2. Pengertian Kewirausahaan Menurut S Wijandi

Menurut S Wijiandi merupakan sebuah sifat, yaitu sifat berani dalam mengambil resiko.

Kedua pengertian tersebut adalah dasar dari pengertian dari kewirausahaan dan jika digabung, kewirausahaan adalah sebuah pikiran dan juga sifat.

Pikiran dimana seorang wirausahawan bisa mencari inovasi dengan pikiran kreatif dan sikap berani dalam mengambil keputusan dan memulainya.

Apabila sebuah pikiran kreatif tidak dibarengi dengan adanya keberanian untuk mengambil tindakan untuk memulai sebuah kewirausahaan, maka kewirausahaan tidak akan terjadi, begitu juga sebaliknya.

Jadi kewirausahaan dan wirausaha sendiri adalah sebuah upaya yang melibatkan sumber daya lainnya seperti sumber daya alam, modal dan teknologi, sehingga mampu menciptakan kekayaan dan kemakmuran lewat penciptaan lapangan kerja, penghasilan dan produk yang dibutuhkan masyarakat.

Baca Juga: Negara Maju dan Berkembang: Pengertian, Ciri & Contoh (2022)

Konsep Kewirausahaan

Contoh konsep dasar dalam kewirausahaan yang wajib diketahui adalah sebagai berikut.

1. Kelincahan atau Agility

Kelincahan atau agility, adalah kemampuan yang dimiliki seseorang untuk mengubah arah dengan cepat dan tepat pada waktu untuk bergerak tanpa kehilangan keseimbangan, sehingga bisa beradaptasi dan bertahan dengan semua perubahan zaman.

Kelincahan berkaitan antara kecepatan dan kemampuan belajar terhadap hal yang baru, masa pandemi yang datang tiba-tiba seolah mempercepat kebiasaan hidup masyarakat.

Dari sisi wirausaha, seseorang dituntut untuk gesit dalam merespon kondisi ini, baik secara strategi, hasil, dan pasar.

2. Daya Tahan (Eundurance)

Daya tahan atau endurance menjelaskan keadaan yang menekankan pada kapasitas kerja secara terus menerus.

Banyak sektor ekonomi gulung tikar di masa pandemi, imunitas pada diri pribadi, dan perusahaan, yang terdampak oleh pandemi.

Daya tahan juga dipengaruhi oleh kelancaran produksi, dan penjualan, jika produk yang dihasilkan masih dibutuhkan banyak konsumen di masa pandemi, maka dengan sendirinya pemasukan perusahaan akan lancar.

Hanya untuk yang memiliki daya tahan tinggi, yang bisa lolos dari masa pandemi ini.

3. Kecepatan

Kecepatan yaitu kemampuan dalam melakukan gerakan berkesinambungan dalam waktu secepatnya.

Seorang wirausaha, harus memiliki kecepatan dalam berinovasi untuk berkembang maju untuk menjawab tantangan pasar dan secepat apa juga mampu melaju melebihi pesaingnya.

4. Kelenturan

Kelenturan yaitu seseorang yang mampu menyesuaikan kehidupan dimana tempatnya, dan kelenturan menjadi salah satu faktor yang dibutuhkan saat beradaptasi.

Seorang wirausahawan, harus memiliki kemampuan beradaptasi yang baik, dimana saja tempatnya, mampu memaksimalkan potensi ruang yang ada, untuk melakukan proses usaha, tanpa harus mengeluh dengan kondisi tempat yang tersedia.

5. Kekuatan

Kekuatan atau strength, adalah kemampuan kondisi fisik manusia yang dibutuhkan dalam peningkatan prestasi.

Kekuatan menjadi salah satu unsur kondisi fisik yang penting dalam memberikan respon kegiatan kewirausahaan, karena dapat membantu meningkatkan fungsi komponen-komponen seperti kecepatan, kelincahan juga ketepatan.

Jika ingin menjadi yang terdepan atau mampu bertahan dalam pandemi seperti sekarang, tentu harus memiliki semua unsur ini dalam diri seorang pelaku usaha, maka akan sangat besar kemungkinan bisa bertahan dan memajukan diri menjadi lebih baik.

Manfaat Kewirausahaan

Pengertian Kewirausahaan

Banyaknya yang ingin menjadi wirausahawan disebabkan kewirausahaan sendiri memiliki beberapa manfaat, diantaranya yaitu:

1. Membuka Lapangan Kerja Baru

Ketika seseorang sudah memiliki usaha yang cukup besar, maka untuk memajukannya tentu butuh karyawan tambahan agar dapat memenuhi kebutuhan.

Oleh sebab itu, dengan kewirausahaan bisa mampu membuka lapangan kerja baru, sehingga bisa membantu memberikan peluang baru untuk masyarakat.

2. Berperan dalam Pertumbuhan Ekonomi

Kewirausahaan akan selalu berhubungan dengan ekonomi, maka ketika sudah berwirausaha, maka secara langsung sudah berperan untuk mengembangkan pertumbuhan ekonomi, baik dalam skala daerah atau nasional.

3. Bisa Memiliki Usaha Sesuai Bidang yang Disuka

Bekerja sesuai dalam bidang yang disuka pastinya akan sangat menyenangkan dan bisa mendapatkan penghasilan.

Dengan berwirausaha, maka bidang yang disukai bisa menjadi sebuah usaha yang menguntungkan, seperti seseorang yang suka masak bisa memiliki usaha catering atau rumah makan.

4. Mengetahui Hal-Hal baru yang Sedang Trend

Manfaat berikutnya dari kewirausahaan yaitu bisa mengetahui hal-hal yang sedang trend, sehingga tidak ketinggalan informasi yang terbaru.

Terlebih lagi, sebuah usaha bisa terus berkembang, jika secara terus menerus mengikuti trend yang sedang berjalan.

Karakteristik Kewirausahaan

Untuk menjadi seorang wirausaha, maka harus memiliki karakteristik kewirausahaan.

Dimana karakteristik ini sangat diperlukan karena bisa memudahkan dalam mewujudkan usaha yang akan dibangunnya.

Karakteristik wirausaha yaitu seperti berikut:

1. Disiplin

Karateristik wirausaha yang pertama yaitu disiplin, dimana disiplin bisa berarti sebagai sebuah motivasi agar bisa menjalankan usaha dengan maksimal.

Adapun contoh dari karakteristik disiplin, yaitu pandai mengatur waktu, mampu membuat target, dan sebagainya.

2. Jujur

Jujur menjadi salah satu karakteristik wirausaha yang harus dimiliki, hal ini dikarenakan dengan sifat jujur, maka akan membuat banyak konsumen yang tertarik untuk membeli produk yang diperjualbelikan.

3. Mandiri

Menjadi hal umum jika dalam menjalankan usaha harus bisa mengambil keputusan dengan cepat.

Oleh karena itu, perlu memiliki karakteristik mandiri agar tidak terlalu bergantung pada orang lain dalam mengambil keputusan.

4. Inovatif

Perkembangan zaman yang terus berubah, sehingga kebutuhan dan keinginan konsumen tentu akan ikut berubah juga.

Maka dari itu, seorang wirausaha harus memiliki daya inovatif agar produk yang dibuatnya kian disukai oleh para konsumen.

5. Memiliki Komitmen yang Tinggi

Sebuah usaha akan sulit untuk mengalami perkembangan jika tidak adanya komitmen tinggi, maka dari itu, seorang wirausaha butuh memiliki komitmen tinggi dalam mengembangkan usaha tersebut.

Dengan demikian, usaha yang dikembangkan tentu akan mampu bersaing dengan kompetitor.

Tujuan Kewirausahaan

Dalam sebuah usaha, ketika seorang wirausahawan membuat perencanaan, tentu memiliki tujuan. Besar dan kecil, kegiatan kewirausahaan ini memiliki efek pada kehidupan. Untuk jelasnya, simak beberapa tujuan kewirausahaan.

1. Mendukung Adanya Usaha-usaha Kecil

Sebuah kegiatan kewirausahaan yang muncul, tentu akan melibatkan banyak orang untuk mendukung berjalannya sebuah usaha.

Keterkaitan sumber daya manusia ini, bisa diakui secara langsung atau tidak, akan membentuk karakter-karakter baru sebagai pelaku usaha.

Di masa pandemi seperti saat ini, banyak sektor ekonomi yang terhenti, karena banyak sumber daya manusia kehilangan sumber pendapatannya.

Saat ini, yang dibutuhkan yaitu sebuah kegiatan kewirausahaan yang berpihak pada ekonomi kerakyatan.

Jika kegiatan ekonomi kerakyatan didukung penuh, maka lapangan pekerjaan baru akan terbuka, dan perekonomian masyarakat bisa terbantu.

2. Kesejahteraan Masyarakat Terangkat

Menurunnya perekonomian akibat pandemi, berdampak pada meningkatnya angka kemiskinan dalam masyarakat.

Namun masih adanya beberapa kegiatan ekonomi yang berjalan, diharapkan mampu memberikan bantuan bagi perekonomian nasional.

Dengan adanya konsep kewirausahaan yang kuat, maka inovasi baru akan muncul, sehingga demikian, ruang-ruang usaha baru akan muncul, dan menekan angka pengangguran yang kian meningkat.

3. Menumbuhkan Semangat Berinovasi

Ketika seseorang dalam kondisi tekanan tertentu, terkadang akan memicu semangat berpikir yang berbeda dari sebelumnya.

Tidak jarang, adanya inovasi-inovasi baru akan muncul dari kondisi yang seperti ini, karena itu, jika dimaknai dengan sikap yang positif, pandemi juga memiliki peran, membentuk pribadi seseorang untuk lebih maju.

Dalam kewirausahaan juga pengusaha harus memiliki jiwa semangat, serta mampu untuk mengerjakan pekerjaan yang sulit dan penuh resiko, juga mengandalkan kemampuan sendiri untuk mengambil keputusan yang tepat.

Dengan begitu, jika tujuan kewirausahaan bisa tercapai, maka perekonomian nasional akan bertumbuh maju.

Proses Wirausaha

Untuk menjadi seorang wirausahawan, tentu ada proses yang perlu diikuti, seperti yang disebutkan diatas bahwa kewirausahaan merupakan pikiran yang kreatif dan juga sikap berani untuk mengambil tindakan.

Meski kedua hal tersebut saling bergantung, tapi yang penting harus dilakukan yaitu cara untuk mendapatkan ide kreatif.

Mendapatkan ide kreatif menjadi proses pertama dalam berjalannya kewirausahaan, untuk mendapatkan ide kreatif, maka berikut ini proses yang harus dilakukan.

1. Mencari Masalah dan Peluang

Sebuah ide kreatif dan inovatif bisa mendapatkan perhatian jika ada sebuah masalah yang mendasar dalam masyarakat.

Masalah mendasar inilah yang nantinya menjadi sebuah peluang untuk membuka usaha.

Jika ada masalah tentu banyak orang yang ingin mencari solusinya, jika menawarkan penyelesaian untuk masalah ini, maka peluang besar untuk kemajuan kewirausahaan akan terbuka lebar.

Oleh karena itu  jika ingin memulai kewirausahaan maka mulai cari masalah dalam masyarakat yang mendasar sesuai pada bidang yang ditekuni dan cari solusi dari masalah tersebut.

Karena terkadang peluang tidak datang dengan sendirinya namun harus dibuat.

2. Tentukan Besar Kecilnya Peluang

Supaya kewirausahaan menjadi sukses, maka selanjutnya yang perlu diperhatikan yaitu mengenai besar kecilnya peluang yang dimiliki.

Saat kamu menemukan masalah, tentu hal penting yang harus dilakukan yaitu mengetahui seberapa dalam masalah tersebut terjadi dan seberapa banyak orang yang rugi karena masalah tersebut.

Makin banyak yang mengalami masalah, maka makin besar pula peluang yang dimiliki, selain itu untuk mengetahui besar kecilnya peluang ini juga perlu membuka diri untuk komunitas karena mereka bisa memberikan pandangan terhadap masalah yang ingin diselesaikan secara bijak.

3. Perencanaan

Saat peluang sudah terbentuk, maka hal lain yang harus dilakukan yaitu melakukan perencanaan.

Perencanaan ini digunakan untuk mengetahui lebih lanjut tentang usaha yang dijalankan, mulai dari segmen pasar, syarat produksi, rencana keuangan, organisasi dan hal-hal lain yang berhubungan dengan kebutuhan modal.

4. Mulai Mencari Sumber Daya

Setelah melakukan perencanaan dasar dalam usaha, maka perlu mulai melakukan pencarian sumber daya.

Pencarian sumber daya bisa dilakukan untuk mendapatkan sumber daya termurah untuk produksi produk yang dibuat.

Jika produk yang digeluti adalah jasa, maka cari sumber daya manusia yang belum terampil dan bisa dididik untuk mendapatkan modal yang lebih kecil.

5. Mulai Usaha

Jika hal di atas sudah beres, maka mulailah melakukan usaha dan tentu keberanian diperlukan, karena keberanian dalam mengambil sikap dan resiko untung dan rugi di masa depan penting dimiliki.

Ciri Ciri Kewirausahaan

Kewirausahaan memiliki ciri-ciri yang menyebabkannya berhasil atau tidak. Berikut ini ulasannya.

1. Keyakinan

Salah satu ciri kewirausahaan yang berhasil yaitu mengenai keyakinan, seorang wirausahawan yang sukses akan yakin dengan produk yang dibuatnya.

Hal ini karena dalam pengambilan ide wirausahawan yang sukses sudah yakin bahwa produk yang dimilikinya akan laris di pasaran karena memberikan ide dan solusi dalam masalah di masyarakat.

2. Dekat dengan kompetitor

Salah satu ciri kewirausahaan yang berhasil lain adalah mengenai kompetitor, sebuah kewirausahaan yang baik yaitu kewirausahaan yang mengetahui bagaimana kondisi dan apa yang ditawarkan oleh kompetitornya.

Dan mereka tidak akan meniru kompetitornya tapi mencari apa yang kurang darinya.

Oleh karena itu seorang pelaku wirausaha yang sukses tentu memiliki wawasan yang luas terlebih dalam bidang yang digeluti karena ia harus mengenal banyak produk kompetitor setelah tahu dan dianalisa.

3. Orientasi Masa Depan

Berikutnya ciri kewirausahaan yang sukses yaitu mengenai orientasinya, dimana sebuah kewirausahaan yang sukses memiliki orientasi ke masa depan tidak hanya apa yang akan laku dijual pada saat ini.

Bisnis dalam kewirausahaan yang sukses harus mempertimbangkan bagaimana popularitas produknya di masa depan dan juga kegunaan produknya di masa mendatang.

Jadi jangan harap bisa berjualan jus buah untuk waktu yang lama dan menjadi wirausahawan yang sukses.

Sebaliknya ciptakan produk yang menguntungkan dan memiliki peluang bisnis dalam jangka panjang.

Sifat-Sifat Wirausaha

Berikut ini beberapa sifat wirausahawan yang menunjukkan mengenai sifat dasar yang harus dimiliki oleh seorang wirausahawan agar kewirausahaan bisa terus maju.

Lalu apa saja sifat yang harus dimiliki oleh wirausahawan agar bisnisnya kian maju, berikut ini adalah ulasannya.

1. Sifat berani

Kewirausahaan harus memiliki sifat berani dalam pengertiannya, yaitu seorang wirausahawan harus memiliki keberanian dalam mengambil keputusan dan juga resiko bagi perusahaannya.

2. Sifat kepemimpinan

Seorang wirausahawan yang sukses tentu memiliki sifat kepemimpinan yang baik, tidak hanya memimpin agar perusahaannya bisa berjalan dengan sukses tapi juga mampu memimpin untuk menciptakan pemimpin yang baik.

Jika sebuah perusahaan dipimpin oleh seorang pemimpin yang baik dan bisa menjadi teladan, maka ia akan mendapatkan rasa hormat dari anak buahnya.

Hal ini akan membuat perusahaannya mampu berjalan dengan lebih baik dan mampu berkembang.

3. Sifat Rendah Hati

Banyak orang merasa tinggi hati karena usahanya sukses, perlu kamu tahu banyak orang yang merasa sombong karena usahanya bisa berjalan dengan baik namun sayang tidak akan bertahan lama.

Hal ini karena orang yang sombong tidak akan berpikir jauh ke depan, berbeda dengan orang yang rendah hati.

Mereka lebih bersiap dengan kemungkinan yang terjadi pada bisnisnya di masa mendatang.

Tahapan Pertumbuhan dalam Wirausaha

Tahapan pertumbuhan dalam wirausaha ada beberapa langkah berikut ini ulasannya.

1. Tahapan Imitasi

Adalah tahapan permulaan dimana wirausahawan hanya mencari barang yang handal dan melakukan duplikasi karena sudah terbukti banyak orang menyukainya.

Biasanya dalam tahap ini wirausahawan akan menggunakan strategi menjual barang lebih murah untuk mendapatkan perhatian pasar.

2. Tahap Duplikasi dan Pengembangan

Dalam tahapan ini wirausahawan mulai melakukan pengembangan ide-ide, masih memiliki unsur duplikat tapi karena sudah mengetahui bagaimana reaksi pasar wirausahawan maka lebih berani dalam mengambil keputusan untuk mengembangkan produknya.

3. Tahap Creating

Tahap ini yaitu tahap ketika sebuah kewirausahaan sudah bisa berdiri dengan kekuatannya, dan sudah banyak dipercaya sehingga berani melakukan resiko yang lebih besar untuk menciptakan barang miliknya sendiri.

Dalam hal ini biasanya inovasi sudah mulai dilakukan.

Faktor Penyebab Kesuksesan dan Kegagalan Wirausaha

Selain memiliki sifat dan juga ciri di atas, ada juga beberapa faktor yang nantinya mempengaruhi sukses atau tidaknya sebuah kegiatan kewirausahaan. Diantaranya, yaitu:

  • Faktor managerial
  • Faktor sumber daya manusia
  • Faktor pengalaman
  • Perencanaan yang kurang
  • Pengendalian modal yang kurang

Kesimpulan

Jadi kewirausahaan dan wirausaha sendiri adalah sebuah upaya yang melibatkan sumber daya lainnya seperti sumber daya alam, modal dan teknologi, sehingga mampu menciptakan kekayaan dan kemakmuran lewat penciptaan lapangan kerja, penghasilan dan produk yang dibutuhkan masyarakat.

Dimana dalam menjalankan dan menciptakan sebuah usaha, seorang wirausahawan wajib memiliki bekal pengetahuan yang baik, agar usaha yang dijalankannya bisa berjalan lancar, dan mampu mengatasi permasalahan yang muncul pada saat usaha berjalan.

Sehingga mampu mengembangkan dan juga memberikan efek positif baik untuk pembeli dan juga masyarakat sekitarnya.

Karena itu bagi yang ingin mencoba dunia wirausaha patut mempelajari mengenai PENGERTIAN KEWIRAUSAHAAN: Proses, Ciri-Ciri & Sifat Wirausaha seperti penjelasan di atas.

Baca Juga:

Tinggalkan komentar