Ini Dia 8 Komponen NOS, Harga & FAQ Seputar NOS

  •   Jun 2023  •   13 min read  •   Comment

NOS – Kamu pasti pernah mendengar NOS sebelumnya, karena sering diucapkan di film Fast & Furious.

Sebenarnya NOS ini hanya diketahui oleh penggemar balap serius, yang kemudian diperkenalkan di film The Fast & The Furious pada tahun 2001.

NOS merupakan merek produk buatan komponen aftermarket otomotif bernama Holley.

Gas yang tidak memiliki warna atau nitrous oxide ini biasanya digunakan di dunia kesehatan untuk menghilangkan rasa sakit, seperti ketika melakukan pembedahan.

Sejarah NOS

Teknis ini juga digunakan selama World War II yang digunakan oleh pesawat luftwaffe dengan sistem GM-1 untuk mempertahankan output mesin pesawat ketika di ketinggian di mana kerapatan udaranya lebih rendah.

Oleh sebab itu, NOS hanya dipakai oleh pesawat khusus seperti pesawar pengintai di ketinggian yang tinggi, dan pesawat bom dengan kecepatan tinggi.

Terkadang juga digunakan dalam bentuk injeksi methanol-air Luftwaffe yang ditunjuk MW 50 untuk menghasilkan peningkatan substansial dalam kinerja pesawat temput dalam waktu singkat.

Pemakaian Nitrous Oxide System di Inggris ketika Perang Dunia II ialah modifikasi mesin Merlin yang dilakukan oleh Heston Aircraft Company yang dipakai di varian pesawat tempur malam dari de Havvilland Mosquito dan veri PR dari Supermarin Spitfire.

Pengertian NOS

Nitrous Oxide System atau yang biasa disingkat sebagai NOS merupakan bagian dari nitrous.

NOS ini adalah merk nitrous dari Holley Motor Company.

Nitrous merupakan senyawa yang terdiri dari Nitrogen dan Oksigen (N20).

Nitrous membantu pembakaran pada mesin, ketika ia dilepaskan dari botol yang bertekanan tinggi, maka senyawa ini pun berubah bentuk dari air menjadi gas.

Gas tersebut disalurkan ke sistem asupan udara mesin, lalu masuk ke ruang pembakaran.

Unsur molekul Nitrous Oxide di suhur 300oC akan terpisah menjadi dan molekul oksigen molekul nitrogen.

Panas dari kompresi di ruang pembakaran akan memecah gas nitrous dan memberikan tambahan pada pasokan oksigen pada ruang pembakaran.

Nah, dengan bertambahnya oksigen membuat bertambah juga jumlah bahan bakar yang bisa dibakar.

Hal ini menambah daya panas dan ledakkan di ruang mesin dan membuat meningkatkan tekanan pada piston, dan hasilnya tenaga mesin akan meningkat.

Jumlah peningkatan tenaga tersebut tergantung dari jumlah nitrous dan tambahan bahan bakar yang disalurkan, umumnya berkisar 50- 15-hp.

Peningkatan tenaga bisa terjadi asal internal mesin bisa menahan tekanan batas beban kerjanya.

Bila tidak, maka resikonya adalah hancur.

Nitrous masuk ke sistem forced induction, seperti turbocharger meskipun di beberapa kalangan lain berpendapat sebaliknya.

Nitrous tidak memaksa udara untuk masuk ke ruang pembakaran, jadi tidak bisa disebut sebagai forced induction.

Komponen Sistem Nitrous

Berikut beberapa komponen sistem Nitrous, di antaranya:

  • Tabung / Botol Nitrous: Botol yang bertekanan tinggi ini menyimpan nitrous dalam bentuk cairan.
  • Selang Nitrous / Nitrous Feed Line: Selang yang berfungsi untuk menyalurkan nitrous dari botol ke plat nitro.
  • Plat Nitrous: Plat yang dipasangkan di antara throttle body dan intake manifold. Plat ini merupkana tempat nitrous disuntikkan, dan merupakan salah satu metode menyuntikkan nitrous.
  • Solenoids: Komponen yang terletak di Plat Nitrous, yang berfungsi sebagai switch off/on untuk nitrous yang akan disuntikkan.
  • Adapter Bahan Bakar / Fuel Rail Adapter: Berfungsi untuk menghubungkan selang bahan bakar ke fuel rail.
  • Brass Jets: Merupakan mara spray/nozzle, bentukya hampir sama dengan yang ada di karburator. Ukurannya pun berbeda – beda, tergantung nitrous dan bahan bakar yang ingin disuntikkan.
  • Relay dan Sensor: Digunakan ketika mode otomatis, dan berungsi untuk menghubungkan solenoids dengan throttle position sensor. Nitrous secara otomatis akan aktif jika mesin bekerja pada putaran RPM tertentu.
  • Valve Purge: Komponen opsional yang berfungsi untuk membuang sisa nitrous yang ada di selang nitrous setelah nitrous digunakan. Hal tersebut untuk memastikan suplai nitrous selanjutnya bisa langsung masuk ke Plat Nitrous. Gas nitrous dari proses ini akan menyemprot keluar dari mobil dan terkadang digunakan untuk atraksi.

Tipe Sistem Nitrous

Berikut beberapa tipe dari Nitrous Oxide System beserta penjelasannya:

Dry / Kering

Di dalam sistem nitrit kering, metode pengiriman nitrit hanya menyediakan nitrit.

Bahan bakar ekstra yang dibutuhkan dimasukkan melalui injektor bahan bakar, menjaga manifold bahan bakar tetap kering.

Hal inilah yang memberi nama sistem kering, aliran bahan bakar dapat ditingkatkan baik dengan meningkatkan tekanan atau dengan meningkatkan waktu injektor bahan bakar tetap terbuka.

Sistem nitrous kering biasanya bergantung pada metode pengiriman nozzle tunggal (Single Nozzle), tetapi keempat metode pengiriman utama dapat digunakan dalam aplikasi kering.

Sistem kering biasanya tidak digunakan dalam aplikasi karburator karena sifat fungsi karburator dan ketidakmampuan untuk menyediakan bahan bakar sesuai permintaan dalam jumlah besar.

Sistem nitrous kering pada mesin injeksi bahan bakar akan menggunakan peningkatan tekanan bahan bakar atau lebar pulsa injektor pada aktivasi sistem sebagai sarana untuk menyediakan rasio bahan bakar yang benar untuk nitrous.

Wet / Basah

Dalam sistem nitrous basah metode pengiriman nitrous menyediakan nitrous dan bahan bakar bersama-sama sehingga intake manifold menjadi “basah” dengan bahan bakar, memberikan kategori namanya.

Sistem basah ini dapat digunakan di keempat metode pengiriman utama.

Dalam sistem basah pada bahan bakar/mesin injeksi langsung, perawatan harus dilakukan untuk menghindari serangan balik yang disebabkan oleh pengumpulan bahan bakar di saluran masuk atau manifold dan/atau distribusi campuran nitrous/bahan bakar yang tidak merata.

Port dan mesin injeksi bahan bakar langsung memiliki sistem asupan yang dirancang untuk pengiriman udara saja, bukan udara dan bahan bakar.

Karena sebagian besar bahan bakar lebih berat daripada udara dan tidak dalam bentuk gas bila digunakan dengan sistem nitro, kemungkinan bahan bakar terdistribusi secara tidak merata ke ruang bakar mesin yang menyebabkan kondisi lean/detonasi dan/atau penyatuan di bagian saluran intake/manifold yang menyebabkan situasi berbahaya di mana bahan bakar dapat dinyalakan secara tidak terkendali yang menyebabkan kegagalan fatal pada komponen .

Mesin injeksi karburator dan satu titik/throttle body menggunakan desain manifold basah yang dirancang untuk mendistribusikan campuran bahan bakar dan udara secara merata ke semua ruang bakar, sehingga sebagian besar tidak menjadi masalah untuk aplikasi ini.

Single Nozzle

Sistem nitrous nozzle tunggal memperkenalkan campuran nitrous atau bahan bakar/nitrous melalui satu titik injeksi.

Nozel biasanya ditempatkan di pipa/saluran intake setelah filter udara, sebelum intake manifold dan/atau throttle body dalam aplikasi injeksi bahan bakar, dan setelah throttle body dalam aplikasi karburator.

Dalam sistem basah, tekanan tinggi dari nitrous yang disuntikkan menyebabkan aerosolisasi bahan bakar yang disuntikkan bersama-sama melalui nozzle, memungkinkan distribusi campuran nitro/bahan bakar yang lebih menyeluruh dan merata.

Direct Port

Sistem nitrous direct port memperkenalkan campuran nitrous atau bahan bakar/nitrous sedekat mungkin dengan port intake engine melalui nozzle individual langsung di setiap runner intake.

Sistem nitrous direct port akan menggunakan nozzle yang sama atau serupa dengan yang ada di sistem single nozzle, hanya dalam jumlah yang sama dengan atau dalam kelipatan jumlah port intake mesin.

Karena sistem direct port tidak harus bergantung pada desain saluran intake/manifold untuk mendistribusikan campuran nitrous atau bahan bakar/nitrous secara merata, sistem ini secara lebih presisi daripada metode pengiriman lainnya.

Jumlah nozzle yang lebih besar juga memungkinkan jumlah total nitro yang lebih besar untuk dikirim daripada sistem lain.

Beberapa “tahap” nitrous dapat dicapai dengan menggunakan beberapa set nozzle di setiap port intake untuk lebih meningkatkan potensi daya.

Sistem nitrous direct port adalah metode pengiriman yang paling umum dalam balapan.

Plate

Sistem pelat nitro (Nitro Plate) menggunakan spacer yang ditempatkan di suatu tempat antara throttle body dan port intake dengan lubang yang dibor di sepanjang permukaan interiornya, atau dalam tabung yang digantung dari plate, untuk distribusi nitrous atau campuran bahan bakar/nitrous.

Sistem ini memberikan solusi tanpa bor dibandingkan dengan metode pengiriman lainnya karena pelat umumnya khusus untuk aplikasi dan cocok antara komponen yang ada seperti throttle body-ke-intakemanifold atau upper-intake-manifold-to-lower-intake-manifold persimpangan.

Bergantung pada aplikasinya, sistem ini dapat memberikan distribusi campuran nitrit atau bahan bakar/nitrogen yang tepat serupa dengan sistem direct port.

Bar

Sebuah sistem bar nitrous menggunakan tabung berongga, dengan sejumlah lubang dibor sepanjang panjangnya, ditempatkan di dalam pleno untuk memberikan nitrous.

Metode pengiriman bar nitrous hampir secara eksklusif seperti sistem nitrous kering karena kemungkinan distribusi bahan bakar yang tidak optimal dari bar.

Sistem nitrous bar sangat populer di kalangan pembalap yang lebih memilih penggunaan nitrous mereka untuk disembunyikan, karena metode distribusi nitrous tidak mudah terlihat dan sebagian besar komponen terkait dari sistem nitrous susah terlihat oleh kasat mata.

Propane atau CNG

Sistem nitrous dapat digunakan dengan bahan bakar gas seperti propane atau gas alam terkompresi.

Hal ini memiliki keuntungan karena secara teknis sistem kering karena bahan bakar tidak dalam keadaan cair saat dimasukkan ke saluran masuk.

Masalah Keandalan

Penggunaan nitrous oxide disertai dengan kekhawatiran tentang keandalan dan umur panjang mesin yang hadir dengan semua penambah daya.

Karena tekanan silinder yang sangat meningkat, mesin secara keseluruhan ditempatkan di bawah tekanan yang lebih besar, terutama komponen yang terkait dengan rakitan putaran mesin.

Mesin dengan komponen yang tidak mampu mengatasi tekanan yang meningkat akibat penggunaan sistem nitrous dapat mengalami kerusakan mesin besar, seperti piston retak atau hancur, batang penghubung, poros engkol, dan/atau blok.

Penguatan komponen mesin yang tepat selain pengiriman bahan bakar yang akurat dan memadai adalah kunci penggunaan sistem nitrous tanpa kegagalan yang fatal.

Selain itu, nitrous oxide tidak boleh digunakan pada kendaraan dengan transmisi otomatis, karena peningkatan tenaga dan torsi mesin yang tinggi dapat menyebabkan kerusakan tegangan pada torque converter dan transmisi itu sendiri.

Legalitas jalanan

Sistem injeksi oksida nitrat untuk mobil adalah ilegal untuk penggunaan jalan di beberapa negara.

Misalnya, di New South Wales, Australia, Roads & Traffic Authority Code of Practice for Light Vehicle Modifications (digunakan sejak 1994) menyatakan dalam klausul 3.1.5.7.3 bahwa penggunaan atau pemasangan sistem injeksi nitrous oxide tidak diizinkan.

Di Inggris Raya, tidak ada batasan penggunaan N2O, tetapi perubahan tersebut harus diberitahukan kepada perusahaan asuransi, yang kemungkinan akan mengakibatkan premi yang lebih tinggi untuk asuransi kendaraan bermotor atau penolakan untuk mengasuransikan.

Di Jerman, terlepas dari aturan TÜV yang ketat, sistem nitrous dapat dipasang dan digunakan secara legal di mobil yang dikendarai di jalan.

Persyaratan untuk standar teknis sistem serupa dengan konversi gas alam aftermarket.

Aturan balap

Beberapa badan sanksi dalam balap mengizinkan atau melarang penggunaan nitrous oxide dalam kelas tertentu atau memiliki kelas khusus nitrous oxide.

Nitrous diperbolehkan dalam kompetisi Formula Drift.

Cara Kerja Nitrous

Berikut lima cara kerja nitrous, yaitu:

  1. Cara yang paling mudah untuk mengaktifkan Nitrous Oxide System ialah melalui sistem otomatis yang bekerja dari throttle position sensor. Jadi nitrous ini akan aktif bila mobil mencapai RPM tertentu.
  2. Pengemudi menyalakan switch on agar sistem nitrous aktif dan stand by hingga mesin mencapai RPM yang sudah ditentukan. biasanya switch ini dinyalakan di gigi 2 – 3 keatas.
  3. Setelah sistem nitrous sudah menyala dan mobil sudah mencapai RPM tertentu, sensor nitrous mendapat sinyal dari throttle position sensor. Lalu sensor nitrous memerintahkan solenoid nitrous dan solenoid fuel untuk menyala. Proses ini yang akan membuka pasokan nitrous dan fuel ke mesin.
  4. Kemudian, nitrous akan keluar dari botol yang bertekanan tinggi, dan wujudnya pun berubah menjadi gas karena nitrous keluar ke atmosfir normal. Lalu ketika berubah menjadi gas, suhu akan menurun menjadi -88,5 °C.
  5. Terakhir, ketika piston berkompresi, tekanannya menyebabkan suhu mesin naik dan dapat memisahkan unsur nitrous (N2O) menjadi Oksigen dan Nitrogen.

Tambahan oksigen digabungkan dengan tambahan bahan bakar yang akan meningkatkan tekanan dan juga suhu ledakkan di ruang bahan bakan yang lebih besar lagi.

Hal itu yang meningkatkan tenaga dari mesin.

Harga Produk NOS

Berikut beberapa harga produk NOS beserta fiturnya:

1. NOS Sniper Wet Nitrous Plate Kit – 4150 Square Bore

NOS

Harga: $608.95 atau Rp.9.315.838

Dapat disesuaikan dari 100-150 tenaga kuda 4150 Plate Kit.

Termasuk 10 lb Sniper Orange Bottle, 4150 plate, dan item instalasi.

Fitur: 

  • Harga sangat terjangkau
  • Aman dan terpercaya
  • Sistem sepenuhnya dapat disesuaikan

2. NOS Powershot Wet Nitrous System for 4150 4-barrel Carburetor – Black

NOS

Harga: $599.95 atau Rp.9.178.155

Cocok untuk Holley 4150 dan Carter AFB, Fixed 125 HP, termasuk Botol Hitam 10 lb.

Fitur:

  • Termasuk plat aluminium setebal 1/2 inci, distribusi nitro dan bahan bakar yang sangat baik
  • Termasuk pengaliran tetap untuk 125 tenaga kuda
  • Sistem basah (wet system) ini memberikan pengiriman daya yang sangat mulus
  • Botol terbuat dari aluminium 6061-T6

3. NOS Diesel Nitrous System

NOS

Harga: $868.95 atau Rp. 13.293.370

Diesel Nitrous System dengan ukuran botol 10 lb.

Fitur:

  • Dirancang khusus untuk mesin diesel, termasuk Duramax®, Cummins® dan Power Stroke®
  • Pengaturan HP yang dapat disesuaikan
  • Bisa ditingkatkan hingga 75HP pada STOCK Application
  • Tingkatkan sistem bahan bakar dan dapatkan tambahan 60-150 HP

4. NOS Pro 2 Stage Plate System

NOS

Harga: $1,279.95 atau Rp. 19.580.931

Dual Stage Big Shot Nitrous System Pro 2-Stage V8 Holley 4 bbl

Fitur:

  • 2 Set Solenoid Nitrous / Bahan Bakar (Fuel Solenoids)
  • Termasuk 2 Cheater Solenoid
  • Termasuk SuperProShot Nitrous Solution
  • Lebih Banyak Gradual Power Application

5. NOS Pro Race Fogger “Professional” Nitrous System – Annular Nozzles

NOS

Harga: $1,245.95 atau Rp.19.060.792

Pro Race Fogger “Professional” Nitrous System V8 Systems dengan Annular Nozzles tanpa botol.

6. NOS Sneeky Pete Hidden Nitrous System

NOS

Harga: $437.95 atau Rp.6.699.846

Sneeky Pete Hidden Nitrous System Komplit Kit dengan botol ukuran 10 oz untuk Carbureted Applications Only.

Fitur:

  • Tidak butuh sumber bahan bakar tambahan
    Sistem portabel
  • Menggunakan dua baterai 9-Volt

7. NOS Pro Race Fogger “Professional” Nitrous System

NOS

Harga: $1,245.95 atau Rp.19.060.792

Pro Race Fogger “Professional” Nitrous System V8 Systems dengan Stainless Soft Plume Nozzles, tanpa botol.

8. NOS Pro Shot Fogger “Professional Kit” Nitrous System w/ “Super A” Nozzle – No bottle

NOS 8 1

Harga: $1,123.95 atau Rp.17.194.411

Pro Shot Fogger “Professional Kit” Nitrous System dengan “Super A” Nozzle baru- Tanpa botol.

Fitur:
  • Kit yang hampir mirip dengan 02462NOS, tapi tanpa botol nitrous.

9. NOS Big Shot Nitrous System (Holley 4150 Flange)

NOS

Harga: $973.95 atau Rp.14.899.681

Big Shot Nitrous System Holley 4 bbl (Holley 4150 Flange) 190-300 HP dengan botol ukuran 10 lb.

Fitur:

  • Desain Plat Fogging yang unik
  • Sangat meningkatkan aliran nitrous
  • Meningkatkan atomisasi bahan bakar
  • Meningkatkan distribusi campuran

10. NOS Big Shot Nitrous System (Holley 4500 Flange)

Harga: $955.95 14624314.29

Big Shot Nitrous System Dominator (Holley 4500 Flange) 190-300 HP dengan botol ukuran10 lb.
  • Record Breaking Runs
  • Includes Necessary Electrical Hardware
  • Unique Fogging Plate Design
  • Vastly Improves Nitrous Flow

Fitur:

  • Termasuk electric hardware yang dibutuhkan
  • Desain Plat Fogging yang unik
  • Sangat meningkatkan aliran nitrous

11. NOS “DUAL SHOT CHEATER” Holley Dominator

NOS

Harga: $1,204.95 atau Rp.18.433.566

Dual Shot Cheater Nitrous System V8 Holley Dominator 2-Stage Kit 100-250HP

Fitur:
  • Termasuk Electrical Hardware
  • Aircraft Quality Braided Hose
  • Termasuk 1/2 inch Plat Injektor
  • Performa maksimum dari garis awal

12. NOS Sportsman Fogger Nitrous System

NOS

Harga: $1,139.95 atau Rp.17.439.183

Sportsman Fogger Nitrous System 4 Cyl, dan Mazda Rotary Carbureted 75HP minimum dengan botol ukuran 10 lb.

Fitur:

  • Termasuk Mounting Hardware
  • Termasuk Electrical Hardware
  • Tingkat keandalan yang ekstrim
  • Tingkat daya yang dapat disesuaikan

Pertanyaan Seputar NOS

Bagaimana Nitrous Oxide Membuat Mobil Melaju Lebih Cepat?

Ketika Nitrous Oxide System dipanaskan hingga 570 derajat F, molekulnya terpecah menjadi nitrogen dan oksigen.

Ini berarti lebih banyak oksigen diproduksi untuk pembakaran, memungkinkan mesin menghasilkan lebih banyak tenaga dalam prosesnya.

Apakah NOS Legal?

Nitrous Oxide System, juga dikenal sebagai Nitrous Oxide System, mungkin diizinkan untuk digunakan tergantung pada peraturan kota setempat.

Nitrous Oxide System legal untuk digunakan di beberapa kelas mobil sport.

Apakah Nitrous bisa Merusak Mesin Mobil?

Jawabannya adalah Tidak.

Menggunakan nitrous berkualitas tinggi yang dipasang dengan benar dan sesuai dengan persyaratan mobilmu harus aman untuk mesin dan tidak akan menyebabkan mesin menjadi terlalu panas atau bahkan meledak.

Bagaimana Cara Menerapkan Nitrous ke Mobil?

Pertama-tama kamu harus menemukan tempat teraman untuk memasang botol nitrous.

Kemudian harus memasang saluran nitrous dengan melepas karburator dan memasang Plat Nitrous.

Bisakah Kamu Membeli NOS Untuk Mobilmu?

Nitrous Kit tersedia dan dapat dengan mudah dipasang di mobil.

Harganya juga lebih terjangkau dibandingkan dengan sistem turbo atau supercharger untuk kendaraanmu.

Kesimpulan

Demikian sejarah, pengertian, delapan komponen, hingga pertanyaan seputar NOS.

Apakah kamu tertarik untuk menggunakana NOS di mobilmu ?

Bava juga artikel di carakami lainnya, ya!

Orang juga bertanya

Fiana is an Europeanist, freelance writer, and write SEO friendly content.

Tinggalkan komentar