Pengertian, Mengenal Template Aplikasi Microsoft Word, Fungsi, Macam dan Contoh

Mengenal Template Aplikasi Microsoft Word – Pengguna yang menggunakan program Microsoft Word tentu bisa mencoba sebuah template sesering mungkin.

Ketika template digunakan, salinan dari template tersebut dibuat sebagai dokumen baru dan dapat menemukan template untuk semua tipe dokumen.

Jika belum puas dengan template yang ada, kamu bisa mengunduh dari situs penyedia template atau membuat sendiri sesuai keinginan.

Bila ingin mengunduh template dari situs di luar situs Microsoft, pastikan jika template tersebut aman dari virus.

Sebelum menggunakan fitur ini, ada baiknya mengetahui penjelasan yang berkaitan seperti bahasan artikel berikut.

Baca juga:
cara menghapus halaman kosong microsoft word
cara menggabungkan file word

Mengenal Template Aplikasi Microsoft Word

Mengenal Template Aplikasi Microsoft Word

Pengertian Template

Template yaitu sebuah file yang berfungsi sebagai titik mula untuk sebuah dokumen baru yang dibuat menggunakan Microsoft Word.

Ketika membuka template, biasanya sudah diformat sebelumnya dengan berbagai cara.

Template atau templat mempunyai ruang untuk nama dan alamat pemakainya dimana area untuk alamat penerima berada di bawah di situs, ada area untuk badan pesan dan tempat untuk tanda tangan juga ada.

Template bisa menghemat waktu dalam pembuatan dokumen, karena kamu dapat membuat dokumen dengan gaya dan format yang sama, tanpa harus membuat ulang gaya dan format tersebut.

Dengan menggunakan template untuk membuat dokumen dengan format tertentu yang sama namun tidak akan selalu isinya berupa berisi teks yang juga sama.

Seumpama belum puas dengan template yang ada, kamu juga dapat mengunduh dari situs penyedia template atau juga bisa membuatnya sendiri sesuai kebutuhan.

Meski biasanya template Blank document yang digunakan, juga dapat menggunakan template tertentu yang memiliki gaya dan format khusus yang dibutuhkan untuk membuat dokumen agar terkesan berbeda.

Template yang bisa saja terdiri dari teks dengan jenis dan ukuran tertentu, seperti contoh logo, tabel, gambar dan sebagainya.

Template juga memiliki orientasi tertentu untuk kebutuhan khusus seperti contohnya resume, katalog, kartu ulang tahun, spanduk dan sebagainya.

Tujuan dan Fungsinya

Selain mengenal template aplikasi Microsoft Word, juga berfungsi untuk mengontrol tampilan dan tata letak dari sebuah output dari file.

Menyuguhkan framework (kerangka kerja) yang mampu menyatukan fitur umum, modul dan komponen juga menyediakan lembar gaya untuk hasilnya.

Dalam komputer, ketika sebuah aplikasi seperti desain dan pengolah kata pertama kali di instal, beberapa template akan langsung disertakan secara otomatis.

Kemudian, fungsi utama template sendiri yaitu sebagai pradesain yang dapat di gunakan untuk membuat output atau keluaran lainnya dengan cepat tanpa harus ada pemformatan.

Dengan template, banyak pengaturan atau setting desain yang lebih besar yang bisa ditentukan sebelumnya.

Jenis Template

Adapun beberapa jenis template yang perlu di ketahui adalah sebagai berikut:

  • Programming Template

Adalah kelas generik (umum) atau unit kode sumber lain yang bisa digunakan sebagai dasar untuk unit kode unik.

  • Web Design Template

Jenis selanjutnya web design template yaitu sebuah template untuk membantu menyusun desain keseluruhan halaman web yang digunakan.

  • Spreadsheet dan Database Template

Jenis berikutnya  spreadsheet dan database yaitu sebuah template berupa bentuk formulir kosong yang menunjukkan bidang mana yang ada, lokasi , dan berapa panjangnya.

  • Word Processor Template

Yang digunakan sebagai pengganti lembar kerja dan style sheet.

  • Keyboard Template

Keyboard template yaitu sebuah diagram plastik atau kertas yang dapat di letakkan di keyboard untuk menunjukkan arti dari berbagai tombol untuk program tertentu.

Contoh Template (Templat)

Terdapat beberapa macam contoh template yang seringkali digunakan yaitu seperti:

  • Ruler (penggaris);) yang digunakan saat desainer akan menggambar sebuah garis lurus.
  • Standard cover dan belakang dokumen; bagian pembukaan dan penutupan standar yang diisi adalah templat yang dapat di salin dan kemudian diisi bagian variabelnya.
  • Overlay keyboard pada komputer; memberi tahu tentang kombinasi tombol khusus untuk aplikasi tertentu dan merupakan templat untuk memilih tombol yang sesuai untuk ditekan.
  • Template flowcharting; membantu programmer menggambar diagram alur atau urutan logika dalam menulis kode meski saat ini sudah jarang digunakan.
  • Microsoft PowerPoint memiliki templat desain yang membantu menyediakan tampilan yang menarik  dan visual untuk presentasi.

Ada banyak template yang tersedia untuk semua program Microsoft Office dan program lainnya, seperti Adobe InDesign, Google Docs, dan program Office dan desain lain, masing-masing dengan pilihan yang serupa.

Baca Juga: Cara Menyimpan Dokumen Microsoft Word (DOCX) Ke Format PDF

Mengapa Template Penting?

Template biasanya merujuk pada titik awal yang dibuat sebelumnya, atau pola di mana sebuah objek atau karya baru.

Ini digunakan dalam banyak hal yang berbeda seperti stensil yang dapat dilacak untuk dibuat, huruf standar atau pola yang mungkin di ikuti atau rencana kerja yang digunakan untuk memastikan hasil yang tetap dalam usaha bisnis.

File templat menyediakan cara yang terbaik untuk memulai masing-masing file baru dan memastikan jika itu dimulai dengan set atau pengaturan, fitur, dan standar yang tepat.

Menggunakan template akan menjamin sebuah proyek yang berhasil mampu disusun dengan baik.

Kesimpulan

Jadi, berdasarkan dari pembahasan mengenai mengenal template aplikasi Microsoft Word serta pengertian dan contohnya juga hal yang membuatnya menjadi begitu Penting seperti penjelasan di atas.

Dapat disimpulkan bahwa, template menjadi sebuah alat untuk membuat juga mendirikan tata letak standar, tampilan dan nuansa untuk digunakan membuat sesuatu yang berbeda dan baru, baik itu projek, rencana, karya atau file juga dokumen baru.